alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016590202/presiden-ini-tidak-bekerja-sungguh-sungguh-menyelesaikan-kasus-ham
Kesel 
Presiden ini, Tidak Bekerja Sungguh-Sungguh Menyelesaikan Kasus HAM
Presiden ini, Tidak Bekerja Sungguh-Sungguh Menyelesaikan Kasus HAM

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dinilai tidak sungguh-sungguh dalam menyelesaikan sejumlah kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang terjadi di masa lalu.

Penilaian itu disampaikan Deputi Direktur Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (Elsam), Zainal Abidin dalam konferensi pers bertajuk "Presiden Harus Segera Menyelesaikan Pelanggaran HAM Masa Lalu" di Jakarta, Minggu (23/9/2012).

"ELSAM memandang selama pemerintahan SBY hampir tidak ada inisiatif yang sungguh-sungguh untuk menyelesaikan pelanggaran HAM masa lalu," kata Zainal.

Ia mengataka, penyelesaian kasus pelanggaran HAM masa lalu di zaman pemerintahan Yudhoyono, jalan di tempat. Presiden Yudhoyono dinilainya tidak menindaklanjuti rekomendasi-rekomendasi yang dibuat Dewan Perwakilan Rakyat dan Komisi Nasional (Komnas) HAM terkait penyelesaian sejumlah kasus pelanggaran HAM masa lalu.

Terkait kasus penghilangan paksa aktivis 1997/1998 misalnya, ada sejumlah rekomendasi DPR dan Komnas HAM yang belum dijalankan. Presiden Yudhoyono belum membentuk pengadilan HAM ad hoc, mencari 13 orang yang dinyatakan hilang, merehabilitasi, memberi kompensasi terhadap keluarga korban, serta meratifikasi konvensi anti penghilangan paksa. "Pusat kemandekan itu di SBY," ujarnya.

Hal ini, lanjutnya, berbeda dengan penyelesaian kasus HAM pada zaman pemerintahan presiden yang lain. Zinal mengatakan, pada zaman pemerintahan Habibie, Megawati Soekarnoputri, dan Abdurahman Wahid (Gus Dur), ada gebrakan-gebrakan yang diciptakan dalam menyelesaikan kasus HAM.

Habibie, kata Zainal pernah menginisiasi pelanggaran HAM di Aceh sekaligus meminta maaf kepada korban pelanggaran HAm di Aceh. Selain itu, Habibie juga berinisiatif meminta maaf pada korban tragedi Mei 1998.

Sementara Gus Dur, merealisasikan Undang-Undang tentang Pengadilan HAM No.26/2000 dan memberikan pernyataan minta maaf atas pelanggaran HAM. "Kemudian Megawati berhasil menggelar dua pengadilan HAM untuk kasus pelanggaran HAM tahun 1999 di Timor-Timur dan Tanjung Priok tahun 1984," ujar Zainal.

Oleh karena itulah, menurut Zainal, ELSAM mendesak Presiden Yudhoyono agar segera melakukan tindakan nyata dalam menyelesaikan kasus pelanggaran HAM masa lalu. ELSAM meminta Presiden menindaklanjuti semua rekomendasi DPR dan Komnas HAM.

Hal lain yang penting, menurut ELSAM, Presiden Yudhoyono harus meminta Kejaksaan Agung dan institusi negara yang lain untuk mengambil tindakan dalam menyelesaikan pelanggaran HAM masa lalu. Khususnya, kata Zainal, dengan menindaklanjuti hasil penyelidikan Komnas HAM.

"Peran LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban) dalam hal ini juga penting, dengan memberi bantuan korban pelanggaran HAM, khususnya bantuan medis dan rehabilitasi psiko sosial," ujarnya.

ELSAM juga merilis sejumlah kasus pelanggaran HAM masa lalu yang dianggapnya belum diselesaikan Presiden Yudhoyono.

Kasus-kasus itu di antaranya, tragendi penembabahan mahasiswa Universitas Trisaksi di Semanggi I dan II yang terjadi tahun 1998 dan 1999, peristiwa Mei 1998 berupa pembunuhan, penghilangan paksa dan pembakaran, penghilangan orang secara paksa tahun 1997-1998, peristiwa pembunuhan, penyiksaan, penganiayaan dan penghilangan paksa di Talangsari, Lampung tahun 1989, dan peristiwa pelanggaran HAM tahun 1965.


SUMBER

Quote:TS: Kalau saya bilang dia memang engga kerja!!, Negeri ini sdh bekerja untuknya secara otomatis!!! Presiden ini hanya bisa : Mengecam, Mengutuk, dan Ber-Retorika. Heran , saya selama ini salah pilih presiden lagi, kok bisa ya ketipu 2x emoticon-Hammer
presiden ini memang TERLALU..!!
gak ngurus pemerintah, mangan ae angel gan, opomane bahas ham....
Apapun presidentnya ,
Kasusnya tetep saja Ham.


Elektabilitas diri dan golongan yang selalu di kedepankan.
Quote:Original Posted By INCUBATOR
gak ngurus pemerintah, mangan ae angel gan, opomane bahas ham....


Lha justru iku cak, nek gak di urus, lak tambah angel mangane..!!! yen iso sampe keselek-selek lan muntah..piye toh hehehe...
HAM?? emoticon-Ngakak

ham golongan mana dolo neh emoticon-Big Grin
orang2 "HAM" baru teriak2 kalo yg diserbu itu dari golongan "anu" emoticon-Big Grin
tapi kalau golongan yg laen yg diserang atau bahkan di bantai dan dicincang2,
, mereka pura2 bego bin idiot emoticon-Big Grin

apalagi yg namanya MUNIR emoticon-Tai:

menolak lupa?
LUPAKAN SAJALAAAAH emoticon-Stick Out Tongue
lupa kali gan sama janji janji waktu kampanye dulu
Quote:Original Posted By telenji200772
Lha justru iku cak, nek gak di urus, lak tambah angel mangane..!!! yen iso sampe keselek-selek lan muntah..piye toh hehehe...


wis pokok e manut pemerintah ae, awak awak dewe iku wong susah lan ra duwe jabatan opo2...piye ngomong HAM HAM MAN????
ada hubungannya dengan om prabowo dong om?? paling2 ntar diusutnya deket2 2014, biar kagak bisa nyalon tuh jendral...emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By GayusTambunan.
HAM?? emoticon-Ngakak

ham golongan mana dolo neh emoticon-Big Grin
orang2 "HAM" baru teriak2 kalo yg diserbu itu dari golongan "anu" emoticon-Big Grin
tapi kalau golongan yg laen yg diserang atau bahkan di bantai dan dicincang2,
, mereka pura2 bego bin idiot emoticon-Big Grin

apalagi yg namanya MUNIR emoticon-Tai:

menolak lupa?
LUPAKAN SAJALAAAAH emoticon-Stick Out Tongue



WADUHH.. Iling gan..iling..sing sabar
Quote:Original Posted By INCUBATOR
wis pokok e manut pemerintah ae, awak awak dewe iku wong susah lan ra duwe jabatan opo2...piye ngomong HAM HAM MAN????


Quote: HAM HAM MAN???? emoticon-Ngakak

iku bukane daging toh mas...wkwkwkw...
Quote:Original Posted By GayusTambunan.
HAM?? emoticon-Ngakak

ham golongan mana dolo neh emoticon-Big Grin
orang2 "HAM" baru teriak2 kalo yg diserbu itu dari golongan "anu" emoticon-Big Grin
tapi kalau golongan yg laen yg diserang atau bahkan di bantai dan dicincang2,
, mereka pura2 bego bin idiot emoticon-Big Grin

apalagi yg namanya MUNIR emoticon-Tai:

menolak lupa?
LUPAKAN SAJALAAAAH emoticon-Stick Out Tongue


banyak yang alpa (trmasuk penggiat HAM itu) apa arti HAM itu sendiri emoticon-Big Grin
dikira satu pihak aja yg melanggar ham tapi yg lain melakukan hal sama enggak emoticon-Hammer

Satpol PP menggusur PKL dibilang melanggar ham tapi PKL berdagang trus bikin macet juga melanggar HAM pengguna jalan emoticon-Gila
Pelaku terror ditembak mati dibilang melanggar HAM tapi para teroris itu sendiri membom dan membunuh korbannya gak berani mengutuk melanggar ham emoticon-Busa:
Pemberontak ditembak mati TNI dibilang melanggar HAM tapi klau anggota dibantai pemberontak, malah buang muka dan menutup mata emoticon-Cape d... (S)
Masih banyak pekerjaan rumah yg perlu mendapatkan fokus dan perhatian khusus.
Quote:Original Posted By Uthe18
banyak yang alpa (trmasuk penggiat HAM itu) apa arti HAM itu sendiri emoticon-Big Grin
dikira satu pihak aja yg melanggar ham tapi yg lain melakukan hal sama enggak emoticon-Hammer

Satpol PP menggusur PKL dibilang melanggar ham tapi PKL berdagang trus bikin macet juga melanggar HAM pengguna jalan emoticon-Gila
Pelaku terror ditembak mati dibilang melanggar HAM tapi para teroris itu sendiri membom dan membunuh korbannya gak berani mengutuk melanggar ham emoticon-Busa:
Pemberontak ditembak mati TNI dibilang melanggar HAM tapi klau anggota dibantai pemberontak, malah buang muka dan menutup mata emoticon-Cape d... (S)


ini dia komen yg cerdas...emoticon-thumbsup:

mikiro lan makaryo ojo muk sendiko
na loh negara kita masih ada presiden yah emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By
TS: Kalau saya bilang dia memang engga kerja!!, Negeri ini sdh bekerja untuknya secara otomatis!!! Presiden ini hanya bisa : Mengecam, Mengutuk, dan Ber-Retorika. Heran , saya selama ini salah pilih presiden lagi, kok bisa ya ketipu 2x


maklum, namanya juga negara sinetron. Sebagian rakyatnya memang gemar dengan adegan termehek-mehek (terutama kalo aktornya guanteng atau cantik), sementara di sisi lainnya poli-tikusnya gemar pencitraan. Suka nggak suka, itulah fakta.

Some of Indonesians are just gullible & too naive in nature.. emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By Uthe18
banyak yang alpa (trmasuk penggiat HAM itu) apa arti HAM itu sendiri emoticon-Big Grin
dikira satu pihak aja yg melanggar ham tapi yg lain melakukan hal sama enggak emoticon-Hammer

Satpol PP menggusur PKL dibilang melanggar ham tapi PKL berdagang trus bikin macet juga melanggar HAM pengguna jalan emoticon-Gila

yang diprotes penggusurannya yang brutal gan. Padahal cara diplomatis dan manusiawi pun sebenarnya bisa. Seperti mendiang romo Mangun yang merubah bantaran Kali Code, tanpa huru-hara yang nggak perlu.
Quote:
Pelaku terror ditembak mati dibilang melanggar HAM tapi para teroris itu sendiri membom dan membunuh korbannya gak berani mengutuk melanggar ham emoticon-Busa:
Soalnya selama ini tersangka teloris selalu ditembak mati duluan, tapi tidak diketahui apakah memang ada upaya untuk melumpuhkan tersangka tersebut. Padahal kalau tersangka teloris selalu ditembak tewas terus, para simpatisan teloris selalu menggunakan kesempatan ini untuk mengeluh "terdzholimi"
Quote:
Pemberontak ditembak mati TNI dibilang melanggar HAM tapi klau anggota dibantai pemberontak, malah buang muka dan menutup mata emoticon-Cape d... (S)

Sejauh yang saya tahu, HAM memang dianggap tidak berlaku bagi personil keamanan negara selama menjalankan tugas "kekerasan" dari negara (masih menjadi polemik di dunia internasional)


Quote:Original Posted By real.simple
bukan gitu gan emoticon-Big Grin

konsepsi HAM itu dari sononya berlaku vertikal emoticon-Embarrassment
makanya ujung2 nya pemerintah itu yang jadi sasaran tembak emoticon-Embarrassment

gw sih belum ngeh juga tentang konsepsinya... karena dinamikanya berkembang pesat emoticon-Big Grin

iya betul. emoticon-Big Grin
dalam studi HAM, negara harus diawasin dengan ketat. Hal ini karena negara merupakan satu-satunya institusi yang dilimpahkan wewenang kekuasaan oleh rakyatnya. Karena kekuasaannya yang bertumpuk itu, negara dipandang sebagai satu-satunya entitas yang berpotensi menyalahgunakan kepercayaan rakyatnya, maka harus diawasi..
Quote:Original Posted By Uthe18
banyak yang alpa (trmasuk penggiat HAM itu) apa arti HAM itu sendiri emoticon-Big Grin
dikira satu pihak aja yg melanggar ham tapi yg lain melakukan hal sama enggak emoticon-Hammer

Satpol PP menggusur PKL dibilang melanggar ham tapi PKL berdagang trus bikin macet juga melanggar HAM pengguna jalan emoticon-Gila
Pelaku terror ditembak mati dibilang melanggar HAM tapi para teroris itu sendiri membom dan membunuh korbannya gak berani mengutuk melanggar ham emoticon-Busa:
Pemberontak ditembak mati TNI dibilang melanggar HAM tapi klau anggota dibantai pemberontak, malah buang muka dan menutup mata emoticon-Cape d... (S)


bukan gitu gan emoticon-Big Grin

konsepsi HAM itu dari sononya berlaku vertikal emoticon-Embarrassment
makanya ujung2 nya pemerintah itu yang jadi sasaran tembak emoticon-Embarrassment

gw sih belum ngeh juga tentang konsepsinya... karena dinamikanya berkembang pesat emoticon-Big Grin
simple,,
soale presidenya nyambi jadi satpam gan,,

Presiden ini, Tidak Bekerja Sungguh-Sungguh Menyelesaikan Kasus HAM
kalo uda bahas HAM gak ada abisnya gan...emoticon-Thinking
mending bahas yang pasti2 aja...emoticon-Amazed
Quote:Original Posted By caddrafter
simple,,
soale presidenya nyambi jadi satpam gan,,

Presiden ini, Tidak Bekerja Sungguh-Sungguh Menyelesaikan Kasus HAM


busyeeeeet ... ngakak ane gan wkakwakwkakwaw
*ngakakgulingguling