alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016572769/mau-50-sekalipun-tetapi-harus-merata-jangan-ada-yang-tidak-naik-ada-setengah-naik
Ngakak 
Mau 50% Sekalipun, tetapi harus merata, Jangan Ada Yang Tidak Naik, Ada Setengah Naik
Pengusaha Protes Tarif Listrik Golongan 'Tidak Mampu' Sudah 10 Tahun Tak Naik
Quote:Jakarta - Para pengusaha memprotes keputusan pemerintah menaikan tarif listrik 15% tahun depan, apalagi ditambah pemerintah tidak mengenakan kenaikan untuk golongan 'tidak mampu' yang tarif listriknya sudah 10 tahun lebih tidak naik.

Dikatakan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofan Wanandi, para pengusaha terima berapapun kenaikan tarif listrik yang dilakukan pemerintah asal merata untuk semua golongan.

"Berapapun kami terima kenaikan tarif listrik,mau 50% sekalipun, tetapi harus merata, jangan ada yang tidak naik, ada setengah naik dan yang naik penuh, bahkan ada yang dicabut subsidinya," kata Sofjan kepada detikFinance, Sabtu (22/9/2012).

Menurut Sofjan, apalagi keputusan pemerintah tidak menaikkan tarif listrik untuk golongan R1 450 va dan 900 va yang dianggap tidak mampu, padahal golongan tersebut memakan subsidi listrik paling banyak mencapai Rp 32 triliun lebih.

"Kenapa golongan 450 dan 900 tidak naik, mereka paling banyak makan subsidi lebih dari Rp 32 triliun, dan tarif mereka sudah 10 tahun tidak naik," ujarnya.

Kenapa pemerintah tidak menaikkan tarif listrik golongan 450 - 900 tersebut paling tidak naik Rp 5.000 setahun.

"Kenapa tidak dinaikkan Rp 5.000 per tahun, tarif merekatidak pernah naik selama 10 tahun, sementara mereka paling banyak dapat subsidi," tandas Sofjan.

[URL="http://finance.detik..com/read/2012/09/22/145305/2030874/1034/pengusaha-protes-tarif-listrik-golongan-tidak-mampu-sudah-10-tahun-tak-naik?f9911023"]sumber[/URL]

Nah lo, baru mau naik kalo yang lain ikut naek. Kalo yang "tidak mampu" ikut2an naik ntar daya belinya berkurang, barang dagangannya gak laku kan susah juga tuh emoticon-Big Grin
Ntar kalo ada kenaikkan BBM buat industri bisa tuh ditiru alasannya. Subsidi BBM paling banyak kan buat yang "tidak mampu". Kalo BBM untuk industri mau naik 50% juga gak masalah, asal yang lain ikut naik emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By redCT
Ntar kalo ada kenaikkan BBM buat industri bisa tuh ditiru alasannya. Subsidi BBM paling banyak kan buat yang "tidak mampu". Kalo BBM untuk industri mau naik 50% juga gak masalah, asal yang lain ikut naik emoticon-Big Grin


Bukannya justru kalo biaya BBM industri naik malah harga barang barang bakal naik gan?

Paling bagus ya sistem kayak chip/scanner gitu.. Jadi cuma kendaraan plat hitam milik pribadi/swasta yang naik, dengan catatan harga kendaraan diatas 200 juta.. Mobil utk umum, atau berhubungan dengan sembako ga usah naik..
Quote:Original Posted By mas_bowo
Bukannya justru kalo biaya BBM industri naik malah harga barang barang bakal naik gan?

Paling bagus ya sistem kayak chip/scanner gitu.. Jadi cuma kendaraan plat hitam milik pribadi/swasta yang naik, dengan catatan harga kendaraan diatas 200 juta.. Mobil utk umum, atau berhubungan dengan sembako ga usah naik..


Maksud saya nyindir yang diatas itu gan.
Kan sama aja tuh, kalo tarif listrik pengusaha naik, brang ikut naik..
Nah kalo tarif listrik yang "tidak mampu" ikut naik kan daya beli jadi berkurang..
Ujung2nya pengusaha dobel ruginya emoticon-Big Grin
emoticon-Ngakak (S) golongan tidak mampu ya jelas gak mampu, masa dinaikin juga??
Dilematis gan kalau dah naik-naikan gini...
Ane mending ngikut keputusan pemerintah aja dah baiknya gimana...
Ndak terlalu paham juga...
emoticon-Belomatabeloemoticon-Matabelo
wah banyak juga ya yang daya listriknya 450-900. ternyata udah ngabisin subsidi sampe 32 trilyun emoticon-Berduka (S)

makanya ane setuju subsidi listrik itu jangan diliat dari daya yang dipakai, tetapi pemakaian selama sebulan. kalau pemakaian cuman Rp 50.000 sebulan mungkin itu wajib disubsidi pemerintah alias ga perlu bayar karena dijamin itu warga kurang mampu, dirumahnya ga ada eletronik macem2. kalau bayarnya dalam sebulan lebih dari Rp. 50.000 atau Rp. 100.000 wajib bayar sendiri ga pake subsidi untuk golongan rumah tangga, karena dirumahnya pasti banyak macem2

jadi yang bener2 nerima subsidi itu warga yang bener2 kurang mampu, bukan warga miskin yang belagu kaya dirumahnya banyak macem2. sekalian ngajarin untuk ngga belagu dalam hidup. emoticon-Nohope
alesannya terlalu kekanak kanakan banget sih....
mau naik asal diratain....
kalo ente ga mau dinaikkin ya jangan jadi pengusaha yang pemakaian listriknya tiap hari diatas 900 va emoticon-Cape d... (S)
lebih baik naek 50%, tapi pengusaha dilindungin dari praktik pungli.
Quote:Original Posted By UltimateKuriboh
alesannya terlalu kekanak kanakan banget sih....
mau naik asal diratain....
kalo ente ga mau dinaikkin ya jangan jadi pengusaha yang pemakaian listriknya tiap hari diatas 900 va emoticon-Cape d... (S)


Nah itu gan... sebenernya keberatan naik apa gak jadi ambigu.
Seolah-olah permasalahannya bukan karena kenaikan tarif listriknya, tetapi karena yang tidak mampu gak dinaikkan jadi mereka keberatan.
Kalo tarif listrik buat yang tidak mampu naik, sekalipun tarif listrik naik 100% juga mereka setuju ikut naik emoticon-Cape d...
ternyata subsidi listrik gede juga ya untuk golongan gak mampu

kalau dinaikin proporsional untuk semua golongan paling banter 10-20% doang.
Quote:Original Posted By nubisenior
Gua ga percaya kalo pemerintah ga Ada uang utk subsidi. Pajak kan skrg dmana mana. Kemana uang itu?


Kalo ditanya kemana uang itu ya ribet gan. Lha uangnya udah kemana-mana. Dari atas sampe bawah dapet emoticon-Big Grin
mending langsung bikin PLTN ooooyyy kenape masih takut seeh....
itu yang dibahas kenaikan untuk tipe U atau untuk tipe R sih emoticon-Bingung

kalo tipe U (usaha) untuk abonemen dan tarip emang beda taripnya.. emoticon-Big Grin

lebih murah emang yang tipe R (rumah tangga) mangkanya banyak usaha yang masih pake tipe R padahal dia sebenarnya lebih banyak menggunakan listrik di rumah untuk usaha (usaha rumahan)

kalo tarip tipe R dinaikkan.. yang pertama kali kena dampaknya ya usaha2 yang masih pake listrik rumahtangga untuk usaha emoticon-Nohope
yang ane yakin modalnya gak segede korporasi emoticon-Big Grin
kesannya TDL mulai ikut2xan latah pembatasan bbm subsidi juga, 50-50 gitu
udah terbukti kan 50-50 gitu gagal total mbatasin bbm
masih gak belajar dari sejarah dan mau diulangi lagi di TDL ???
pemerintah tolol itu namanya
sebenarnya SBY itu bisa mimpin gak sich???
asli ane gak respek ama pemerintahan skarang ini
Quote:Original Posted By not4given
itu yang dibahas kenaikan untuk tipe U atau untuk tipe R sih emoticon-Bingung

kalo tipe U (usaha) untuk abonemen dan tarip emang beda taripnya.. emoticon-Big Grin

lebih murah emang yang tipe R (rumah tangga) mangkanya banyak usaha yang masih pake tipe R padahal dia sebenarnya lebih banyak menggunakan listrik di rumah untuk usaha (usaha rumahan)

kalo tarip tipe R dinaikkan.. yang pertama kali kena dampaknya ya usaha2 yang masih pake listrik rumahtangga untuk usaha emoticon-Nohope
yang ane yakin modalnya gak segede korporasi emoticon-Big Grin


Kalo yang ngomong ketua umum APINDO sih kayaknya yang dibahas tipe U.. emoticon-Big Grin
kalo gak salah, ada thread yang ngbahas tentang subsidi listrik dinikmati oleh orang kaya, pengusaha...

seperti mall, itu masih di subsidi katanya...
ane lupa lagi threadnya....
Quote:Original Posted By krankz
kalo gak salah, ada thread yang ngbahas tentang subsidi listrik dinikmati oleh orang kaya, pengusaha...

seperti mall, itu masih di subsidi katanya...
ane lupa lagi threadnya....

Wah, baru tahu saya kalo pengusaha juga dapat subsidi listrik. emoticon-Hammer2
listrik kan kebutuhan semua golongan jadi kenapa ga semua kelas masyarakat disubsidi juga emoticon-Nohope pake milih-milih segala mana yang mau dinaikin mana yang kaga emoticon-Berbusa (S)