alexa-tracking

Joko Widodo Bisa Saja Gagal Jadi Gubernur DKI

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016571444/joko-widodo-bisa-saja-gagal-jadi-gubernur-dki
Joko Widodo Bisa Saja Gagal Jadi Gubernur DKI
semoga tidak emoticon-Blue Repost

Meskipun unggul dalam Pemilukada DKI Jakarta, Joko Widodo masih belum bisa tenang. Pasalnya, kader PDI Perjuangan itu terancam tidak bisa menjabat Gubernur DKI Jakarta kalau pengunduran dirinya sebagai Walikota Solo ditolak DPRD Solo. Apalagi suara PDI Perjuangan dan Gerindra di kota tersebut cuma 17 kursi dari 44 kursi di DPRD Solo.

Guru Besar Ilmu Politik Universitas Indonesia Prof. Iberamsjah mengatakan Jokowi berpotensi besar tidak akan bisa duduk sebagai orang nomor satu di Pemprov DKI. Pasalnya kuat dugaan anggota DPRD Solo tidak akan memberikan surat persetujuan pengunduran diri Jokowi.

Iberamsjah mengungkapkan ada indikasi kuat DPRD Solo tidak mau melepas Jokowi. Sebab alasan Jokowi mengundurkan diri bukan karena hal-hal yang bisa diterima publik dan peraturan. “Keputusan mundur Jokowi mundur hanya karena motif ingin mengejar kekuasaan yang lebih besar,” tegasnya, Jumat (21/9).

Sperti Prijanto
Dihubungi terpisah, Direktur Eksekutif Komite Pemantau dan Pemberdayaan Parlemen Indonesia (KP3I) Tom Pasaribu menjelaskan mayoritas pemilik kursi DPRD Solo merupakan parpol, yang mendukung Foke dalam pemilukada DKI.

PDI Perjuangan yang mendukung Jokowi hanya memiliki 15 kursi di DPRD Solo dari 40 kursi. Sementara Gerindra yang mendukung kandidat wakil gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok hanya memiliki dua kursi di DPRD Solo.

Selebihnya milik Partai Demokrat (tujuh kursi), Partai Golkar (empat kursi), Partai Keadilan Sejahtera (empat kursi), Partai Amanat Nasional (empat kursi) dan Partai Hanura (dua kursi). Artinya partai pendukung Fauzi Bowo memiliki 21 kursi di DPRD Solo. Sisanya, Partai Damai Sejahtera (PDS) yang netral dalam Pemilukada DKI memiliki dua kursi.

“Besar kemungkinan, Jokowi mengalami nasib serupa yang dialami Wakil Gubernur DKI Prijanto. Keinginan Prijanto mengundurkan diri ditolak paripurna DPRD DKI,” terangnya. Menurutnya, mekanisme pengunduran diri diawali dengan pengajuan dalam sidang paripurna DPRD. Disampaikan dan dinyatakan secara terbuka dalam sidang paripurna apa penyebab harus mundur..

Ia menambahkan, DPRD berwenang untuk menerima atau menolak. “Bila tak diterima DPRD kepala daerah atau wakil kepala daerah tak bisa mundur.” Bila diterima, katanya, DPRD lalu mengusulkannya ke gubernur. “Setelah itu gubernur juga melakukan kajian dan menelaah apakah sudah sesuai norma dan aturan. Gubernur juga bisa tak meneruskannya kalau mendapati ada yang melanggar aturan,” paparnya.

Dihubungi terpisah, anggota KPU DKI Sumarno menjelaskan, sesuai UU No. 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan PP No. 49 Tahun 2008 tentang Perubahan Ketiga atas PP No. 6 Tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan Pengangkatan, dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, setiap kepala daerah yang berniat mengundurkan diri harus melalui persetujuan DPRD setempat.

Sejak Awal
Sementara itu, anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Solo RM Kusrahardjo mengatakan, tidak ada alasan kuat DPRD Solo untuk menolak pengunduran diri Jokowi. Kusrahardjo mengungkapkan, jika Jokowi dipersulit, seharusnya dari awal Jokowi tidak boleh mencalonkan diri sebagai gubernur DKI.

“Kalau tidak boleh seharusnya sejak awal. Tapi ini kan prosesnya sudah selesai yang menhabiskan biaya miliaran rupiah, dan itu uang rakyat. Jakarta sudah susah payah menentukan pilihannya. Ini harusnya dihargai,” tandasnya.

Mundur
Sementara itu, Jokowi mengaku akan secepatnya mengurus proses pengunduran dirinya sebagai walikota Solo. “Pengunduran diri akan diurus. Ya setelah ini sesegera mungkin,” ujar Jokowi di rumah singgahnya Jalan Batu Arab I, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (21/9).

Rencananya Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta akan menggelar rapat pleno penetapan pemenang Pilkada pada 3 Oktober mendatang. Dan jika semuanya lancar, maka Jokowi dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 7 Oktober 2012.

jadi mau ngingetin aja, klo "perjuangan" belum selesai,tapi semoga hal itu tidak terjadi, karena ga bisa bayangin apa yang akan di lakukan oleh semua masyarakat pecinta Jokowi jika mundurnya beliau tidak di restui

sumber
http://www.harianterbit.com/2012/09/...-gubernur-dki/
oww tidak bisa,pejabat mundur kok ga boleh..
DPRD solo pasti setuju deh..
emoticon-Big Grin










Terus aku kudu ngomong Horok ngunuwh ? emoticon-Confused:
kursi dprd-nya banyak juga antara PDIP ama Gerindra. gw pikir PDIP itu udah mulai ditinggalkan, kalo gerindra mah no komeng dah

KASKUS Ads
Hanya anggota DPRD yg berhati busuk yg tidak mengijinkan Jokowi mengundurkan diri,,
mungkin itu hanya perasaan pak pengamat saja emoticon-Ngakak

satar
boong banget kalo dprd solo sampe nolak jokowi mumdur padahal minimal ada 2 orang yang girang gemirang waktu jokowi menang:
-rudyatmo (wakilnya jokowi)
-bibit (gubernur jateng + musuhnya jokowi)

keep dreaming bemokarat emoticon-Big Grin
Quote:


Setuju banget nih ama pendapat ini.. emoticon-Big Grin
Quote:


ane setubuh juga dgn agan yang ini emoticon-Big Grin
Quote:


Quote:

bukan berhati busuk, tapi ga mikirin kemauan rakyat...emoticon-Ngakak
Quote:

perasaan itu kan pertanya foke k jokowi waktu debat d meto emoticon-Ngakak
Quote:


oknum yang nomer 2 emoticon-Ngakak

menohok banget titelnya (musuh jokowi)

sebentar lagi jabatannya sama tuh.. sama2 gubernur emoticon-Big Grin
penasaran ane kalo jokowi ketemu bibit kira2 kayak apa suasananya
ya seharusnya pihak dprd sono malah seneng toh.
waduh jangan sampe aja ya emoticon-Bingung (S)
ga mungkin lah di gondeli toh harus lega donk.. dprd solo

Ngakak 

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S) udah menang gan tinggal nunggu dilantik aja,
pake kagak jadi segala, kalo sudah kalah yah sudah, ngga usah banyak komen lagi.emoticon-Cape d... (S)
banyak yang sirik ternyata emoticon-Embarrassment
ya bisa terjadi kejadian kek gitu

kalau DPRD gak mau ngelepas
rakyat Solo mau ngelepas

ntar kalau DPRD didemo oleh rakyat Solo gimana tuh pak pengamat politik??

Bibit (gub jateng) aja ribut dengan Jokowi, langsung rakyat solo turun ke jalan demo...emoticon-Ngacir
ah cuma isu aja. masa anggota DPRD-nya mau dihujat ato dibully rakyat se Indonesia kayak waktu cawagub no 1 kmrn ngomong sara emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:


lu kira gampang apa ngatur kota,
ngatur satu kota aja sulit apalagi dua,emoticon-Nohope
doakan yang terbaik aja deh.......
gak sabar perubahan di ibukotaemoticon-Smilie
udah pilkada 2 putaran baru di ungkap???? selama ni DPRD solo kemana??? plesiran yah ? emoticon-Mad: