alexa-tracking

[Masih Rencana]Jalur KA Madiun-Ponorogo akan Dibuka Kembali

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016564989/masih-rencanajalur-ka-madiun-ponorogo-akan-dibuka-kembali
[Masih Rencana]Jalur KA Madiun-Ponorogo akan Dibuka Kembali
Quote:PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional VII Madiun siap membuka kembali lintas cabangnya yang melayani jalur Madiun-Ponorogo guna mengatasi kepadatan lalu lintas dari arah Madiun ke Ponorogo dan sebaliknya.

Manajer Hubungan Masyarakat PT KAI Daop VII Madiun Sugianto, di Madiun, Jumat (21/9), mengatakan, jalur Madiun-Ponorogo tersebut memiliki panjang 58 kilometer spoor dan telah ditutup sejak 1983.

Jalur tersebut pada masa lalu terbentang antara Stasiun Madiun hingga Stasiun Slahung, Ponorogo.

"Pembukaan lintas cabang ini akan menjadi solusi saat kepadatan lalu lintas dari dan ke Madiun serta sebaliknya, meninggi. Pengurangannya bisa mencapai 50%. Ini sebuah tawaran dari PT KAI saat kami rapat koordinasi dengan pejabat Pemkot dan Pemkab Madiun beberapa waktu lalu," ujar Sugianto.

Ia mengatakan, memang saat ini belum dilakukan tahapan pembukaan sama sekali. Namun ia memastikan PT KAI siap untuk mengaktifkan jalur tersebut.

Jalurnya adalah dari Stasiun Besar Madiun menuju Stasiun Sleko, Pagotan, Mlilir, Ponorogo, hingga Slahung.

"Jika nantinya jalur Madiun-Ponorogo bisa diaktifkan lagi, maka akan mirip dengan jalur Solo-Wonogiri, Jawa Tengah. Jalur tersebut saat ini juga dibuka kembali," kata dia.

Ia menjelaskan, jika jalur itu disetujui untuk dibuka kembali, otomatis sejumlah stasiun yang sudah mati harus dihidupkan lagi. Rel yang sudah tertutup bangunan, juga harus diperbaiki dengan berbagai pembongkaran.

Ia mengatakan, untuk pembongkaran jelas akan membutuhkan biaya yang amat besar. Namun, hal itu menjadi kewajiban pemerintah daerah demi kelancaran lalu lintas di daerah setempat.

"Untuk mewujudkannya harus membahasnya terlebih dahulu dengan tiga pemda yang dilewati jalur, yaitu Pemkot Madiun, Pemkab Madiun, dan Pemkab Ponorogo," katanya.

Terkait banyaknya bangunan semi permanen maupun permanen di atas tanah PT KAI yang sebagian besar tepat di atas rel, Sugianto menyatakan, semua pemilik bangunan itu hanya penyewa.

Kepada para penyewa, PT KAI memiliki kontrak yang salah satu klausulnya menyatakan penyewa wajib menyerahkan tanah yang disewa tanpa ganti rugi.

Dia mengatakan, pembukaan kembali jalur kereta api lintas Madiun-Ponorogo akan dilakukan secara serius begitu pihak pemda memberi sinyal positif.

Hal itu, katanya, mungkin akan menjadi agenda KAI setelah jalur ganda selesai pada 2014.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Madiun Soekardi ketika diminta menanggapi hal itu terkesan memilih belum berkomentar banyak.

Ia mengatakan, persoalan itu masih harus dikaji oleh pihak berwenang lainnya yaitu Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan Umum. (Ant/OL-3)


Sumber

Apa tidak terlalu sulit membuka jalur ini, mengingat pasti banyak yang ngomel jika bangunan yang mereka dirikan di tanah PT KAI bakal digusur...
madiun - ponorogo???? jalan juga gak macet...
manteb gan.. kayaknya bakal jadi solusi macet nih...
Quote:Original Posted By japek
Sumber

Apa tidak terlalu sulit membuka jalur ini, mengingat pasti banyak yang ngomel jika bangunan yang mereka dirikan di tanah PT KAI bakal digusur...


santap ae lah, langsung rubuhin kalo ga mau pindah emoticon-Ngakak (S)
emoticon-Ngacir
nunggu dobel trek jadi dolo baru yang kek ginian dihidupkan lagi emoticon-Big Grin
bukannya bekas2 rel udah ga ada sama sekali?

mudah2an aja ga cuma sekedar wacana

btw baguslah klo jadi di aktifin,tp keknya prioritas doble trek dulu deh emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By INCUBATOR
madiun - ponorogo???? jalan juga gak macet...


sekarang emang ga macet

tapi ga ada salahnya kan antisipasi?
semoga saja berjalan dengan lancar selancar-lancarnya emoticon-Angel
wow mantab ni kota reog bakal ada kereta api lagi

tapi akan ada penggusuran besar2an kyknya soalnya rel keretanya sudah banyak yang dibangun ruko2 dan rumah...

Smile 
Mantaph gan...

Berita mantap gan emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
Ane warga Kota REYOG Ponorogo soale emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
Semoga segera terealisasi emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
itu sudah didiskusikan dengan pemkab ponorogo belum? jangan hanya dengan yang madiun...emoticon-Embarrassment

selain itu sudah siap gak PT KAI DAOP setempat tanggung semua beban operasionalnya

kalau harga tiketnya kemahalan ntar jadinya kek kejadian railbus Solo-Wonogiri pp

emoticon-Embarrassment
asikk , jd gak jauh2 naik angkutan umum kalo k rmh sodara emoticon-Big Grin
semoga relnya bablas trenggalek tembus tulungagung.
selama ini wong nggalek kalo mau naik kereta harus ke tulungagung dulu, ato malah ke kediri.
dekade 80-an dekade paling ancur sejarah perkeretaapian emoticon-Marah
setuju gan..
setidaknya ada alternatif transport laen slaen CENDANA emoticon-Big Grin
semoga tujuannya gak sekedar cari proyek.
Semoga bukan hanya wacana dn rencana....biar pariwisata ponorogo semakin maju
Quote:Menteri Perhubungan Setujui Jalur KA Madiun - Ponorogo

[Masih Rencana]Jalur KA Madiun-Ponorogo akan Dibuka Kembali
KUNJUNGAN KERJA - Menteri Perhubungan EE Mangindaan (duduk paling kiri) didampingi sejumlah Dirjen mengunjungi dan mencoba Kereta Api (KA) produksi PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun, Selasa (25/9).


Menteri Perhubungan (Menhub), EE Mangindaan menyetujui rencana menghidupkan kembali jalur Kereta Api (KA) Madiun - Ponorogo sepanjang 58 kilometer.

Kepastian ini disampaikan Mangindaan usai mendengarkan berbagai masukan mengenai rencana menghidupkan jalur itu bersama Dirjen Perhubungan Darat, Suroso Alimoeso, Dirjen Perkeretaapian, Tundjung Inderawan, Dirjen Perhubungan Udara, Heey Bhakti S Gumay, sejumlah staf dan pimpinan PT Industri Kereta Api (KAI) serta Walikota Madiun, Bambang Irianto di ruang rapat PT Inka Madiun, Selasa (25/9/2012).

"Jelas akan kami hidupkan jalur itu, tetapi saya minta ditertibkan terlebih dahulu bangunan-bangunan yang menghalangi. Pokoknya semua tertib secara manusiwi dan tidak ada masalah, jalur Madiun, Ponorogo, Slahung dan bahkan Pacitan bisa dilaksanakan dan sudah saya setujui," terangnya kepada Surya, Selasa (25/9/2012).

Selain itu, kata Mangindaan menghidupkan jalur lama itu, hanya tinggal menunggu hasil kesepakatan antara PT KAI, Walikota dan sejumlah Bupati yang dilintasi jalur KA Madiun - Ponorogo itu.

"Sedang dibicrakan lagi antara PT KAI dan Walikota. Informasinya tadi Walikota sudah siap. Kalau demikian, maka pertama jalurnya yang harus disiapkan," tegasnya.

Mangindaan mengungkapkan, jika jalur KA Madiun - Ponorogo dipastikan bakal tetap menggunakan jalur lama. Alasannya, selain untuk menghemat anggaran juga untuk meminimalisir adanya masalah pembebasan lahan.

"Kalau ada jalur lama, kenapa pakai jalur baru. Kami efisien saja dalam membuka lahi jalur ini. Kalau bangunan yang dibangun permanen di atas tanah PT KAI harus dibersihkan secara damai melalui sosialisasi. Pokoknya jangan sampai pakai gusur-gusuran," paparnya.

Walikota Madiun, Bambang Irianto mengaku karena rencana pembukaan jalur Madiun - Ponorogo itu untuk kepentingan umum pihaknya siap menertibkan warganya yang menempati bangunan semi dan permanen di atas lahan PT KAI.

"Semua bergantung KAI kapan siapannya. Kami akan membantu," katanya.

Sementara, Manager Humas PT KAI Daop VII Madiun, Sugianto menegaskan pihaknya belum bisa memastikan kapan jalur KA Madiun - Ponorogo bakal mulai dikerjakan. Alasannya, pihaknya menunggu persetujuan pemerintah daerah mulai Pemkot Madiun, Pemkab Madiun dan Pemkab Ponorogo.

"Kalau pemerintah daerah menyetujui, untuk masalah 1.500 bangunan semi dan permenan di atas jalur KA akan kami selesaikan. Karena mereka semua sistemnya kontrak yang diperbaruhi selama setahunan. Insyaallah tak ada penggusuran karena kami akan lakukan sosialisasi dulu," urainya.

Sedangkan, KA bakal cocok untuk di jalur Madiun - Ponorogo yang tak difungsikan sejak Tahun 1983 menggunakan KA terakhir KA uap (KA Kluthuk), bakal disiapkan KA komuter.


http://www.tribunnews.com/2012/09/25...adiun-ponorogo

kita lihat saja nanti kelanjutannya, tapi yang penting adalah jalur ganda selatan harus rampung dulu.....
Quote:Original Posted By japek
http://www.tribunnews.com/2012/09/25...adiun-ponorogo

kita lihat saja nanti kelanjutannya, tapi yang penting adalah jalur ganda selatan harus rampung dulu.....


jalur ganda selatan 2014 yah ,itu 2014 baru mulai apa emang dateline tahun segitu rampungnya?
klo beneran jadi nanti KRD madiun jaya terusin aja tuh ampe kota reog emoticon-Big Grin
wahh,mantaff tuu....moga2 aja bisa mengurangi macet..emoticon-thumbsup