alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016564373/mari-e-pangestu-indonesia-krisis-tenaga-ahli

(Mari E Pangestu) Indonesia Krisis Tenaga Ahli

(Mari E Pangestu) Indonesia Krisis Tenaga Ahli

"Kami sudah bertemu dengan pihak Sony Music
Intertainment, Konami dan Ministry Economic, Trade,
and Industry Jepang untuk memfasilitasi para
pemangku kepentingan yang terlibat di sektor ini.
-- Mari E Pangestu"


Quote:

TOKYO, KOMPAS.com - Di tengah maraknya pertumbuhan industri game, Indonesia krisis tenaga ahli. Para produsen kerap kewalahan melayani permintaan klien dari dalam dan luar negeri.

Di sisi lain, Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan industri game. Berangkat dari persoalan ini, Pemerintah Indonesia tengah menjalin kerja sama untuk melatih tenaga ahli di bidang industri game.

Menteri Pariwisatan dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dan rombongan menghadiri serangkaian pertemuan dengan pihak swasta dan Pemerintah Jepang. Agenda penting dalam rentetan pertemuan itu adalah mengejar kekurangan tenaga ahli dalam bidang industri game.

"Kami sudah bertemu dengan pihak Sony Music Intertainment, Konami dan Ministry Economic, Trade, and Industry Jepang untuk memfasilitasi para pemangku kepentingan yang terlibat di sektor ini. Target jangka pendek, kami dapat mengirim pelajar Indonesia mendalami keahlian dalam bidang industri game," tutur Mari Elka Pangestu kepada wartawan Kompas Andy Riza Hidayat yang melaporkan dari Tokyo, Jumat (21/9/2012).

Mari juga menemui pejabat Kementerian Pendidikan dan Teknologi Jepang untuk membicarakan kerja sama serupa. Pada saat yang bersamaan, Indonesia ambil bagian dalam Tokyo Game Show 2012 yang berlangsung 20 - 23 September di Tokyo, Jepang.

Acara ini menjadi ajang pameran produk dan inovasi terbaru bidang industri game. Beberapa perusahaan game yang ambil bagian antara lain Sony Playstation, Nintendo, Sega, Namco Bandai, dan Capcom Co Ltd. Adapun Indonesia diwakili oleh produsen game PT Mythic Perspektif Indonesia dan Agate.

Meski krisis tenaga ahli, ada hal yang membanggakan dalam acara ini. Shieny Aprilia Chief Operating Officer (CEO) Agate menjadi satu-satunya pembicara dari Asia Tenggara di ajang itu.

CEO PT Mythic Perspektif Indonesia Wong Lok Dien, produsen game Altermyth mengatakan krisis tenaga ahli menyulitkan pengembangan industri game. "Pertumbuhan perusahaan game di Indonesia terus meningkat. Potensi keuntungan untuk dua perusahaan saja mencapai 1 juta Dollar Amerika Serikat per tahun," kata Wong Lok Dien.




Di film sudah tembus internasional .. masih menunggu dunia game Indonesia merambah dunia emoticon-I Love Indonesia (S)

PIC Game Show 2012 yang berlangsung meriah
Spoiler for :
Aduh ada pict Seger-seger di pagi buta(Mari E Pangestu) Indonesia Krisis Tenaga Ahli

Indonesia justru terlalu banyak mempunyai Tenaga Ahli Korupsi(Mari E Pangestu) Indonesia Krisis Tenaga Ahli
Jadi berbanggalah(Mari E Pangestu) Indonesia Krisis Tenaga Ahli
wah ane setuju banget nih ama Mari E Pangestu, ngomong2 itu game shownya rame banget yah sebenarnya ane malas mengomentari thread ini, tapi karena berhubung kok rada menarik ya ane coba sajalah untuk kasi komen ditrit ini.
Setelah ane baca, ane fahami, dan ane hayati. kata kata di trit agan maka ane dapat menyimpulkan bahwa kata kata di trit agan begitu kondusif,clear dari sifat yang negatif, sehingga bisa dimengerti oleh sebagian pihak,sahabat,teman dan guru bahasa Indonesia terkecuali oleh orang yang memang tidak bisa membaca.
trit agan memang sungguh sangat relevan,singkat,padat, bermakna dan trit agan bisa dicernah sehingga kata katanya bisa dimengerti.
trit agan juga sangat orisinil,jauh dari kata kata yang menyimpang, karena memang tak ada persimpangan karena trit yang agan buat memang sangat akurat,singkat,padat dan mantap.
didalam trit agan ini,ane tak akan mengomentari secara panjang lebar karena komentar yang sangat panjang dan lebar itu bisa bikin saya capek,pusing, bingung dan menyita waktu untuk mengetiknya

tapi kalau dipikir2 banyak komen2 yang luar biasa lho kaya memuji gitu, ato mengkritik, banyak bgt hal2 yang bisa bikin ts senang, contoh bnyak yang komen, rate nya 5, nah mantap kan? jadi ane si seneng aja kalo ts tu seneng dihargai trit nya, kan ga gampang toh bikinnya, kadang capcai nya salah, atau bhkan isinya yang ga bermutu tapi di komen panjang lebar, nah lho kan, bisa begitu gawat kan , tapi jangan salah gan, trit yang banyak komennya bisa aja banyak yang mau nge junks kan, ato bahkan spamming, nah gawat bgt gan.

ane sebenenya males komen panjang tapi ga ada artinya, kadang mending kita komen yg simple2 aja kan contohnya kaya, “nice info gan”, keep posting gan “mantep gan”, “sundul gan” ato “ngakak gan” tapi sayangnya kenapa yang simple-simple begitu malah besar resikonya untuk dibanned id karena dianggap junk, padalah kan ga gampang juga untuk bikin id kaksus, mesti bikin email dulu dan kadang bikin emailnya suka salah gitu kan gan, ada aja yg salah contoh namanya diisi bejo tp tinggal nya di amerika, fail banget kan? nah ato engga capcai nya salah masukin, password ketik ulang, kan jadinya cape deh..

Ya udahlah sobat, komentar ane sampe disini dulu, capek juga ternyata ngetik panjang2 & mungkin dalam pikiran agan “kok komennya panjang banget? apa gak capek ngetiknya?” ane cuma mau bilang kalo ane juga ga tau! sebenarnya ane juga bingung mau komen apa ya jadinya hanya tulisan-tulisan kecil ini yang bisa ane ketik.
maafkan kalau komentar ane yang begitu sangat membingungkan ini kurang berkenan dihati agan, ”karena,gold lebih mantap dari silver ” adalah manusia biasa yang tak mempunyai daya upaya dan tak pandai dalam mengukir kata kata akan tetapi walaupun saya tak bisa berkata yang indah indah,namun bagi saya itu wajar. percuma kalau saya berkomentar panjang lebar hasilnya dapat menimbulkankata kata yang berlebihan ( LEBAY ).
sebelum komentar ini ane sudahi ada baiknya ane ingin katakan sepata kata lagi,bahwa trit yang tlah agan buat ini adalah trit yang dominan,begitu sopan dan menyenangkan, pokoknya mantep banget dah.

kalo agan pengin ngobrol panjang lebar ama ane yah datang aja kerumah ane dan jangan lupa bawa gula,teh sama kopi nya ya biar ngobrolnya enak, o iya bawa cemilannya juga biar tambah enak lagi ngobrolnya
semoga bisa dimengerti dan juga dpt dipahami, salam kompak Yaa ??
ahli pembuat game? memang di Indonesia kayaknya masih jarang emoticon-Big Grin

coba misalkan ada matakuliah "Game Developing" di prodi IT, pasti banyak banget yg minat emoticon-Hammer2
bisa jadi ahli kalo bidangnya ada dan berkembang, kalo baru mo mulai gak perlu ngedumel lah, need eksyen githu lhooo emoticon-Big Grin
(Mari E Pangestu) Indonesia Krisis Tenaga Ahli

bener2 manic game nich orang...angkat 10 jempols
kenapa harus sony ?

kenapa bukan negara yang memberdayakan orang2 ahli dinegara ini ?

buat apa kementrian kementrian komunikasi dan informatika, kementrian riset dan teknologi ? kalo ga bisa menampung dan memberdayakan orang ahli di negeri ini ?

negara ini cuma ngejar proyek sama pajak doank.
Sarjana kita banyak, koq dibilang kekurangan tenaga ahli? emoticon-Amazed

Kalau begitu, berarti kualitas lulusan dalam negeri kita, khususnya dalam bidang TI perlu ditinjau ulang dong emoticon-Hammer
kalau menurut ane perkembangan video game di Indonesia malah ahrus di tekan. atau minimal dibuat stagnan lah. liat tuh permainan tradisional terpuruk semua. yang perlu di kembangin itu permainan tradisional. tp gatau lah bagaimana pemerintah dan masyarakat menyikapi... kalau ane sih lebih milih keuntungan budaya daripada keuntungan ekonomi semata emoticon-Big Grin
ya jelas aj indonesia kekurangan tenaga ahli. secara kan yg namanya tenaga ahli itu kuliah nya jurusan tehnik (red:jurusan2 yg lama lulusnya). lu bayangin aj coba udah kuliah nya lama/sulit, begitu lulus sulit cari kerja (red:tidak dihargai dgn layak oleh dukungan dari pemerintah/masyarakat). makanya tenaga2 ahli indonesia pada kabur deh keluar negri. coz diluar negri keahlian mereka dihargai dan kesempatan utk memiliki hidup yg layak lebih besar daripada menetap di indonesia emoticon-Nohope
walah tenaga ahli buat game to, tak kira tenaga ahli ilmu pengetahuan
emoticon-Matabelo SPG game bening-bening kaya spg rokok emoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By SemarGoyang
walah tenaga ahli buat game to, tak kira tenaga ahli ilmu pengetahuan


emang bikin game gak peke ilmu pengetahuan dari seorang ahli???
bukannya industri game lagi krisis? beberapa studio sony & zynga udah ditutup,banyak yg dipecatin juga?

nih pameran mau cari programmer atau mau cari wilayah pasar baru? sejak ekonomi eropa & amrik lesu dunia digital entertainment& multimedia sesial2xnya jualan juga di asia, tapi ga mungkin ngehargain device setara di eropa & amrik
oke bu, setuju ... karena itu kita harus impor tenaga ahli !! begitu kan maksudnya bu ??
habis impor garam sekarang kita impor tenaga ahli ... anda emang einstein banget bu !! emoticon-thumbsup
Booth Babes nya Taito bener2 sedap dipandang mata emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By Theist
Sarjana kita banyak, koq dibilang kekurangan tenaga ahli? emoticon-Amazed

Kalau begitu, berarti kualitas lulusan dalam negeri kita, khususnya dalam bidang TI perlu ditinjau ulang dong emoticon-Hammer


Adik saya dulu ikut olimpiade sains nasional.. Pengajarnya dari ITB, jadi belajarnya sama2 dengan yang lagi kuliah s2 gan.. Ternyata mahasiswa2 yang kuliah s2 itu goblok banget.. karena hal hal yang basic aja mereka tidak ngerti.. Adik saya sampe gak percaya kalo itu beneran lagi kuliah s2, dikira mahasiswa s1 yang masih baru / maba.. emoticon-Cape d... (S)

Kesimpulannya banyak orang di indonesia kuliah untuk mendapat selembar kertas (ijazah), bukan karena mau dapat ilmunya.. Mungkin mereka waktu s1 kuliah sering bolos, ujian nyontek.. Yang penting lulus dan cari kerja.. Kadang yang punya gelar sarjana itu kualitasnya ga jauh beda sama lulusan SMA.. Cuma beda curiculum vitae doang

Ada kenalan saya kerja di suatu perusahaan IT.. Dia manajer di sana.. Sekarang pabrik perusahaan itu udah tutup, dan pindah produksi ke malaysia.. Alasannya apa? Karena mencari tenaga ahli/sarjana IT yang berkualitas di indonesia itu susaaaahh banget.. Padahal mereka sampe mencari bibit anak yang berbakat di SMA utk mereka sekolahkan, tapi tetap ga dapat sampe 500.. Di malaysia kualitas ilmu sarjananya beda jauh sama di indonesia katanya.. Sarjana sini kadang dia nggak percaya kalo pernah kuliah, krn banyak yang punya gelar tapi ilmunya minim sekali.. emoticon-Cape d... (S)
ahli import barang2 dari china kan udah di pindah ke ahli pariwisata, gimana perkembangan pariwisata kita buk?
Quote:Original Posted By Salpen
ini menteri bisa dibilang kurang peka
banyak kok sebenarnya tenaga ahli di indonesia, cuma memang pemerintah aja ga peduli
banyak yg akhirnya memilih keluar dari indonesia karena di indonesia minimnya penelitian dan perhatian dari pemerintah
kalau di luar negeri.... research research research research and research
kalau di indonesia..... tunjangan + korupsi, tunjangan + korupsi, tunjangan + korupsi

itu bedanya..jelas sekali


Setuju ane sama pendapat agan ini... Banyak sebenarnya kita punya tenaga ahli cuma pemerintahnya saja tidak memfasilitasi... emoticon-Cape d...

emoticon-I Love Indonesia
emang gan.. pemerintah kita kurang peka emoticon-Blue Guy Bata (L) , seharusnya wakil rakyat yang lebih peka terhadap yang diwakilinya.. yaitu rakyat emoticon-No Hope