alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016546783/pic-taman-hutan-kota-penjaringan-yang-kesepian

(Pic) Taman Hutan Kota Penjaringan Yang Kesepian

Taman Seluas Hutan, Sesepi Kuburan

Ruang kota Jakarta yang memberikan izin bagi pepohonan untuk tumbuh bebas, tanpa banyak diusik oleh kebutuhan manusia, sangatlah langka. Taman Hutan Kota Penjaringan, yang terletak di sisi jalan tol menuju bandara Soekarno-Hatta, adalah satu dari yang sedikit itu.

Jika ditarik garis tegak lurus, taman ini memiliki garis terpanjang mencapai dari 1,8 kilometer dan garis terlebar sekitar 150 meter. Luasnya mencakup 13,6 hektare; hampir empat kali lipat dari Taman Menteng, delapan kali lipat Taman Suropati, atau delapan belas kali lipat Taman Ayodya.

Walaupun cukup luas, jalan masuk menuju taman ini sungguh tak terduga. Saya, yang tinggal di sekitar lokasi taman, tidak pernah menyadari sebelumnya bahwa keberadaan taman ini hanya lima menit bersepeda dari rumah. (Teks dan foto: Robin Hartanto)

FOTO Taman Hutan Kota Penjaringan Yang Kesepian:

Spoiler for :


Tentang Taman Hutan Kota Penjaringan

Taman hutan kota itu dibangun di lahan seluas 13,6 hektare yang berlokasi di Kampung Kebon Pisang, Pejagalan, Penjaringan. "Lokasinya di sisi jalan tol menuju Bandara Soekarno-Hatta,"

Lahan Kampung Kebon Pisang sebelumnya dimiliki oleh empat pihak, yakni Pemerintah Provinsi DKI Jakarta seluas 4,4 hektare, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) seluas 9.578 meter persegi, PT Jawa Barat Indah (JBI) seluas 4,2 hektare, dan lahan yang masih dimiliki masyarakat perorangan seluas 1,1 hektare.

PT Jakpro yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah telah menyetujui lahan tersebut untuk dijadikan taman. Pemerintah DKI Jakarta sendiri sedang melakukan negosiasi pembelian lahan milik PT JBI dan masyarakat perorangan. Adapun tahun lalu, Pemerintah DKI Jakarta telah mengusir orang yang secara ilegal menempati lahan itu.

Terdiri dari lahan basah dan kering. Ditanami dengan tanaman hutan dan tanaman rawa karena sebagian dari lahan ini merupakan rawa. Di lahan kering dibangun jalur pejalan kaki, jalur sepeda sepanjang 1,5 kilometer, dan lintasan joging. Juga ada danau kolam pemancingan karena memang sebagian besar merupakan lahan basah.

Pembangunan taman di Jakarta tersebut melihat tren masyarakat yang sedang berkembang. "Kalau dulu orang ke taman hanya untuk duduk dan mengobrol, sekarang kegiatannya semakin banyak. Ada yang menjadikan taman seperti sentra komunitas, seperti di taman Menteng. Banyak juga yang menggunakan taman sebagai tempat berolahraga.

Direncanakan menjadi sentra rekreasi keluarga dan interaksi masyarakat. Menara pengaman, kantor pengelola, dan patroli taman akan dipersiapkan untuk mendukung sarana dan prasarana taman ini.

Gimana gan, pernah jalan-2 kesana gak?
Thx Bang FOKE .. bye bye emoticon-Shakehand2
gw baru tau lho klo ada taman ini, selama ini gw lewat taman ini, gw kira lapangan biasa klo mau ke Kelapa Gading dan airport Soetta
itu kaga kerawat emoticon-Cape d... (S)
ada gubuk2 dan kambing pula..emoticon-Nohope
enaknya jadi tempat maen bola bocah aja deh...

kumis kumisss emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
baru tau ane ada taman hutan kota di Penjaringan, udah lama nih gan?emoticon-Belo
Quote:Original Posted By murdockk
baru tau ane ada taman hutan kota di Penjaringan, udah lama nih gan?emoticon-Belo


ane jg baru denger tuh emoticon-Bingung (S)
emg ada ya gan hutan kota emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By murdockk
baru tau ane ada taman hutan kota di Penjaringan, udah lama nih gan?emoticon-Belo


Quote:Original Posted By fadhlierlanda
gw baru tau lho klo ada taman ini, selama ini gw lewat taman ini, gw kira lapangan biasa klo mau ke Kelapa Gading dan airport Soetta


Quote:Original Posted By kang.tampan
ane jg baru denger tuh emoticon-Bingung (S)
emg ada ya gan hutan kota emoticon-Bingung


emoticon-Ngakak bener kan banyak yg kagak tau
Kesana cuman serem gan .. sepi banget takut ada .... terutama yg cewekemoticon-Takut
Pintu masuknya dmn?
pict yg ke2 itu kaya di lampu merah seasons city, bnr ga sih?emoticon-Malu
gan ini dimane??emoticon-Bingung

gw 24 thn hidup di penjaringan kagak tau ada ni taman,
salah siapa ya?
salah gubernur yg lama kah emoticon-Shutup
Quote:Original Posted By

Thx Bang FOKE .. bye bye emoticon-Shakehand2


Serius lu kasi thx ama tu si pokemon?? Diliat dr kondisi tamannya, dananya uda kesunat tuh paling emoticon-Nohope dana dr APBD sekian puluh milyar yang dipake buat taman kota cuman brapa milyar doank sisanya bagi2 angpao dah emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By tyDi
Serius lu kasi thx ama tu si pokemon?? Diliat dr kondisi tamannya, dananya uda kesunat tuh paling emoticon-Nohope dana dr APBD sekian puluh milyar yang dipake buat taman kota cuman brapa milyar doank sisanya bagi2 angpao dah emoticon-Cape d... (S)


ane positip tingking aja gan .. soal itu ane kaga tahu.
Semoga gubernur baru lebih perhatian sama taman2 kota. Dan menjadikan lebih nyaman dan representatif buat warga.

pokemon, Awas jangan curang ye di KPUD. Jangan pake gugat2an ye.
kalo hutan kota dicibubur pada tau gak ya emoticon-Bingung (S)
Nice info.
Ane juga heran kalo lagi naik tol menuju bandara, yang di bawah itu apaan yah koq ada lingkaran gitu.
lebih banyak hutan beton yang ada emoticon-norose
taman hutan penjaringan? dimana tuh??

tapi ngomong2 kok pohonnya masih imut2 gitu ya? (jadi arealnya keliatan agak2 botak gitu)
(Pic) Taman Hutan Kota Penjaringan Yang Kesepian

ikan nya ikan apaaan ne gans??? lele, mujair, emas, atau yang lain. kek nya seru
semoga bisa lebih ditata lagi ....
agak lucu juga sih, jogging ama kambing
emoticon-Big Grin
gw kalo ke bandara lewat tol pasti liat taman ini
ternyata ini taman kota penjaringan ya
baru ngerti
bagus tempatnya cuma pohonnya baru tumbuh jadi masih tandus
tepatnye deket daerah mana nih gan

mau coba main ke sana emoticon-I Love Indonesia (S)
Sosialisasinya kurang sehingga banyak yang nggak tau kalo ada taman ini.

Foke & Team gimana sih nih sosialisasinya?!?!? emoticon-Malu