alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016542457/makam-pendiri-kota-purwokerto-dibongkar-untuk-hotel

Kesel 
Makam pendiri kota Purwokerto dibongkar untuk hotel

Galian tanah itu masih terlihat jelas. Bongkahan tanah kering menutup liang lahat yang terkesan tak rapi itu. Dari lima makam di kawasan itu, kini terlihat hanya ada dua makam.

"Kami tidak rela makam yang dikeramatkan ini dibongkar," kata Imam Wahyono (30) salah satu pemuda Kelurahan Purwokerto Kulon, Banyumas, Kamis (20/9).

Siang itu, puluhan warga Purwokerto Kulon menggelar aksi penolakan pembongkaran makam Mbah Purwokarta. Makam yang terletak di belakang Hotel Mulia itu, dibongkar untuk keperluan perluasan hotel.

Mereka percaya, Mbah Purwokarta merupakan salah satu pendiri kota yang terkenal dengan mendoannya itu. Dia dulu merupakan penyebar Agama Islam pertama di Purwokerto. Letak makam yang berada di sekitar Pasar Wage meneguhkan penjelasan itu. Pasar Wage sendiri dulunya merupakan pusat perdagangan Banyumas sebelum era penjajahan Belanda.

Sementara Hotel Mulia, merupakan hotel yang pertama kali didirikan di Purwokerto. Hotel itu didirikan tahun 1921 dan hingga kini masih berdiri kokoh.

Untuk mencapai makam Mbah Purwokarta, peziarah harus melewati halaman depan Hotel Mulia. Hotel ini dikelilingi pagar sehingga peziarah tak bisa masuk tanpa seizin pengurus hotel.

Dartum, ketua rukun tetangga setempat mengatakan, setiap malam Jumat Kliwon dan hari besar agama, makam tersebut banyak dikunjungi oleh masyarakat baik lokal maupun dari luar kota. "Sebagai pendiri kota, kami tak ingin jejaknya terhapuskan," kata dia.

Dia mengatakan, sebelum pembongkaran, pengurus hotel belum meminta izin secara resmi ke pengurus RT. Dia sendiri menyayangkan, pemerintah setempat tak melindungi makam yang sudah ada sejak jaman Belanda itu.

Kuasa hukum Hotel Mulia, Fadoli mengatakan, dia saat ini sedang menelusuri ahli waris pemilik makam itu. "Sertifikatnya saja belum jelas," katanya.

Dia mengatakan, sudah meminta izin pembongkaran ke RT setempat. Selain itu, rencananya makam tersebut juga akan dipindah sesuai dengan permintaan warga. "Akan kami buatkan yang lebih bagus dan sesuai permintaan warga setempat," kata dia.

Lurah Purwokerto Kulon, Agus Puji Santoso tak banyak berkomentar soal masalah itu. "Akan kami mediasikan dulu, bagaimana duduk masalah yang sebenarnya," katanya.

http://www.merdeka.com/peristiwa/mak...tuk-hotel.html

emoticon-Mad (S) hanay demi uang sampai menggusur makam

Makam pendiri kota Purwokerto dibongkar untuk hotel
Kasihan mayatnyaaa...

Mudah2an gak kualat tuh yg mau ngebangun hotel
Quote:Original Posted By labera
Kasihan mayatnyaaa...

Mudah2an gak kualat tuh yg mau ngebangun hotel


kalau menurut ane kan makam tersebut bisa di manfaat kan untuk wisata dan pengunjung bisa nginep di hotel itu kan lokasinya di belakang malah ramai kan kok malah main gusur aja emoticon-Cape d... (S)
nyong wong purwokerto yakin ora ngerti ana sing arane mbah purwokerto
kalau memang itu pendiri kota, bisa kualat tuh
masih teringat ada kuburan di jkt, mayatnya utuh....semoga ga terjadi apa2 ama investor tuh!!! serem emoticon-Berduka (S)

emang ga ada lahan lain..tanggung sendiri resikonya
jiah, anak kecil napa diajak juga gan emoticon-Cape d...
Spoiler for title:
nah kl ini keteraluan dah...

apa lagi itu makam pendiri kota,seharus nya bukan di gusur tapi di rapikan n di buat se nyaman mungkin buat orang2 yang mao kesana...

di negara2 maju,ada juga koq yang kuburan di buat wisata,tp emang di buat sebagai objek wisata...kl disana bisa knp disini ga bisa,apa lagi pejiarah biasa nya bnyk...
Quote:Original Posted By INCUBATOR
masih teringat ada kuburan di jkt, mayatnya utuh....semoga ga terjadi apa2 ama investor tuh!!! serem emoticon-Berduka (S)

emang ga ada lahan lain..tanggung sendiri resikonya


kasus priok another kumis yang failed emoticon-Cape d... (S)
duit mampu membuat orang jadi lupa segalanya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By GPO2A
kasus priok another kumis yang failed emoticon-Cape d... (S)


Hooh iki mbah priok dulu juga warga malah ngelawan sampe berdarah2 gitu...

Untung warga setempat masih pada warasss emoticon-Big Grin

Biarlah yg gak waras itu yg gusur makam itu emoticon-Big Grin
Ini ide gila kaum kapitalis yg sdh gak bisa ditolerir, kemarin dulu ada cerita makam mbah priok di jakarta, terus ada cerita gedung tempat perumusan proklamasi dijadikan tempat esek2, nah ini lebih gila lagi makam pendiri kota pun mau digusur utk kepentingan kaum kapitalis, pemerintah dan masyrakat Purwokerto harus bisa mencegahnya,......emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)emoticon-Mad (S)
Belanda yang mendirikan hotel semenjak tahun 1921 saja tidak menggusur makam, kalau digusur pun wajar saja soalnya mereka penjajah, sekarang udah merdeka, kepemimpinan udah dikuasai putra-putri bangsa sendiri malah berprilaku semena-mena emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By debbieexcited
Belanda yang mendirikan hotel semenjak tahun 1921 saja tidak menggusur makam, kalau digusur pun wajar saja soalnya mereka penjajah, sekarang udah merdeka, kepemimpinan udah dikuasai putra-putri bangsa sendiri malah berprilaku semena-mena emoticon-Cape d... (S)


berarti lebih manusiawi belanda dari pada pribuminya sendiri gitu bro maksudnya emoticon-Blue Guy Peace
Quote:"Kami tidak rela makam yang dikeramatkan ini dibongkar," kata Imam Wahyono (30) salah satu pemuda Kelurahan Purwokerto Kulon, Banyumas, Kamis (20/9).

Makam sih makam, tapi jangan ada Kramat2 segala lah , dasar Syirik emoticon-Cape d...
waduh makam pendiri daerah kok dibongkar emoticon-Bingung (S)
ga ada penghargaannya banget nih yang pengen bangun hotel emoticon-Marah
Quote:Original Posted By randyarmy
Makam sih makam, tapi jangan ada Kramat2 segala lah , dasar Syirik emoticon-Cape d...


emang sirik d mananya banyak makm keramat di jatim tapi kagak ada sirik2an emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By randyarmy
Makam sih makam, tapi jangan ada Kramat2 segala lah , dasar Syirik emoticon-Cape d...


cuman bisa senyum baca komen ente gan emoticon-Smilie
dengan mudahnya mengatakan orang ntu syirik..
Rasa hormat kepada yang meninggal saja sudah nggak ada ,

Apalagi kepada yang hidup. emoticon-Metal:
wah parah . . .
demi bisnis makam pendiri daerah mau dibongkar. . .
ga punya tata krama .. Makam pendiri kota Purwokerto dibongkar untuk hotel