alexa-tracking

[Ekonomi]Sofjan Wanandi Ingatkan Dampak Kenaikan TDL

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016538474/ekonomisofjan-wanandi-ingatkan-dampak-kenaikan-tdl
[Ekonomi]Sofjan Wanandi Ingatkan Dampak Kenaikan TDL
Sofjan Wanandi Ingatkan Dampak Kenaikan TDL


[Ekonomi]Sofjan Wanandi Ingatkan Dampak Kenaikan TDL


TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan rencana kenaikan tarif tenaga listrik sebesar 15 persen akan memukul usaha kecil. Kenaikan tarif ini akan menyebabkan daya saing industri kecil dalam negeri melemah, terutama terhadap barang impor. "Nanti bisa terjadi pengangguran, atau mereka lebih memilih menjadi pedagang daripada produsen karena tidak bisa bersaing," kata Sofjan ketika dihubungi Tempo, Rabu, 19 September 2012.

Meskipun pemerintah berjanji tidak menaikkan tarif untuk pelanggan dengan daya 450 Watt dan 900 Watt, Sofjan menilai keringanan ini tak berarti untuk industri. Soalnya hampir tak ada industri kecil yang menggunakan daya di bawah 1.300 Watt.

Sofjan mengatakan kenaikan tarif tenaga listrik ini akan membuat biaya produksi naik sekitar 3-5 persen. Kenaikan ini beragam tergantung besaran komponen biaya listrik terhadap biaya produksi. Pada industri garmen misalnya biaya listrik mencakup 25 persen dari biaya produksi dan untuk produsen es, biaya listrik mencapai 90 persen dari biaya produksi.

Sofjan mengatakan tak jadi masalah jika pasar mau menerima kenaikan harga ini. Yang menjadi masalah ketika konsumen lebih memilih barang impor ketika harga produksi dalam negeri, naik. "Sekarang saja permintaan pasar domestik meningkat lebih banyak diisi oleh barang impor," kata Sofjan.

Sofjan mengatakan dalam pembicaraannya dengan para anggota asosiasi, kemampuan mereka menghadapi kenaikan tarif listrik beragam. Usaha yang besar masih sanggup menanggung kenaikan tarif sebesar 7-10 persen. "Yang lebih kecil ada yang tidak sanggup, ini yang berusaha kami carikan solusinya," kata Sofjan.

Sofjan mengatakan pembebanan kenaikan tarif kepada dunia usaha tidak tepat. Soalnya industri juga sudah dikenai kenaikan harga gas sebesar 50 persen dan upah minimum juga akan naik pada 2013.

Komisi VII DPR RI menyetujui usulan pemerintah untuk menaikkan tarif tenaga listrik sebesar 15 persen pada 2013. Kenaikan ini akan berlaku untuk pelanggan dengan daya 450 Watt dan 900 Watt.

BERNADETTE CHRISTINA
------------------------
Antara hidup enggan mati tak mau...lebih baik menjadi importir dah.... emoticon-Big Grin

Pengusaha adalah dompet...yang selalu diperas keringatnya, pajak dan terutama pungutan2 liar.....emoticon-Embarrassment

Apakah pengusaha mampu mempertahankan harga komoditasnya?....Problematika pengusaha kecil dan menengah.....emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By tyrani

Antara hidup enggan mati tak mau...lebih baik menjadi importir dah.... emoticon-Big Grin

Pengusaha adalah dompet...yang selalu diperas keringatnya, pajak dan terutama pungutan2 liar.....emoticon-Embarrassment

Apakah pengusaha mampu mempertahankan harga komoditasnya?....Problematika pengusaha kecil dan menengah.....emoticon-Embarrassment


upah minimun naik,gas naik,TDL naik,pajak jg ikutan naik pasti,isi amplop untuk kanan kiri wajib hukumnya untuk naik...
ya mending jualan barang jadi aja...emoticon-Big Grin

mikiro lan makaryo ojo muk sendiko
Di masa depan bukan hanya TDL saja yang naik, tetapi juga segalanya yang merupakan kebutuhan pokok manusia. Jangan sampai kita rakyat Indonesia semakin tergerus oleh situasi tersebut.

Di masa depan siapa yang siap akan bertahan dan yang tidak siap akan tersingkir atau bahkan musnah. Oleh karena itu, marilah kita sebagai manusia modern untuk mulai berinvestasi.

investasi tidak harus selalu menggunakan modal yang banyak dan mahal. Ada cara yang mudah dan gratis. Cara tersebut sangat terbuka lebar di internet. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi trit ane berikut:

Cara Mudah Cari Tambahan Uang Di Internet
Quote:Sofjan mengatakan tak jadi masalah jika pasar mau menerima kenaikan harga ini. Yang menjadi masalah ketika konsumen lebih memilih barang impor ketika harga produksi dalam negeri, naik. "Sekarang saja permintaan pasar domestik meningkat lebih banyak diisi oleh barang impor," kata Sofjan.

Sebuah pengamatan yang jeli dari seorang pengusaha yang sudah berpengalaman..
Quote:Original Posted By faruq.abidin
Sebuah pengamatan yang jeli dari seorang pengusaha yang sudah berpengalaman..


Sudah pasti jeli gan. Pengusaha model kayak begini yang dilihat pasti detail2 kecil yang nantinya akan mempengaruhi seluruh aspek perekonomian Indonesia. Pasti di setiap kebijakan ada efek domino.
gimana lagi pak?Kalau bensin yang dinaikkan bakalan jauh lebih banyak mahasiswa yang mau protes karena nggak bisa pelesiran dengan pacarnya semurah duluemoticon-Embarrassment

sedangkan subsidi BBM menyedot uang negara dengan cepat,maka yah listrik aja yang dinaikkan sementara ini
Quote:Original Posted By 0ralucu


upah minimun naik,gas naik,TDL naik,pajak jg ikutan naik pasti,isi amplop untuk kanan kiri wajib hukumnya untuk naik...
ya mending jualan barang jadi aja...emoticon-Big Grin

—mikiro lan makaryo ojo muk sendiko™


Jualan barang (jadi pedagang) pun butuh modal lumayan Bro. Kalau display barang dikit, pembeli pasti enggan berkunjung.

Yang jelas, kalau tarif listrik naik, negara ini bisa ngalami stagnasi. Saya sangat yakin.
Quote:Original Posted By Theist
Jualan barang (jadi pedagang) pun butuh modal lumayan Bro. Kalau display barang dikit, pembeli pasti enggan berkunjung.

Yang jelas, kalau tarif listrik naik, negara ini bisa ngalami stagnasi. Saya sangat yakin.


bukannya sekarang udah stagnasi bro..
pemerintah naekinnya Januari 2013, gw dr September 2012 diem2 udah naekin harga produk jualan 10%, tp konsumen gw gak tau/gk nyadar & blm ada yg komplen, jd intinya gw dah siap2 dr sekarang emoticon-Big Grin

tambahan profit 10% itu ya buat : pajak 2013, umk 2013, TDL 2013, sembako 2013, transportasi 2013....

berhubung blm naek, profit 10% itu gw pk dulu buat mempercantik produk jualan gw mulai dr sekarang, jd pd saatnya tiba nanti, gw tinggal tidur nyenyak.. emoticon-Big Grin
pasti semua jadi naik juga
emang pasti sih dampaknya bakalan begitu....

cuma tingkat parah atau tidaknya yang kita belum tau
ada pihak2 yg menganggap "kalangan pengusaha itu kaya2, jadi gak masalah kalo semua hal di bebankan ke mereka"


ada yg lebih parah lagi, byk org menganggap, "buka usaha di indonesia itu biayanya dikit, semua main sogok, jadinya secara real biayanya dikit"
dan kalo ada kasus suap, lsg aja pengusaha yg dituding miring dulu.. inilah itulah..

apa iya begitu?

saya bukan pengusaha sih, malah pengangguran menyedihkan
tapi yg saya lihat, buka usaha di indonesia ini ribet "urusan belakang", secara yg tercatat di pembukuan resmi, emang ga byk biaya, terlihat dikit.
tapi sadar gak, bahwa "biaya tidak resminya selangit"
gimana kalo "biaya tidak resmi ini" tidak dibayar?
banyak orang bilang, sogokan biar lebih cepet urusan... apa iya cuma itu?
brp byk org yg sadar (selain yg pengusaha tentunya), bahwa kalo main jujur, tdk sogok2, bisa mati malahan usahanya.
misal ijin usaha aja, kalo kaga disogok, bisa jadi bukan lama keluar perijinannya, salah langkah malah mpe kiamat perijinan kaga pernah keluar emoticon-Hammer (S)

kaga gampang juga kan jadi pengusaha? hal2 tdk resmi disini cukup mencekik, kalo hal2 resminya naik juga, gimana mo jalan tuh usahanya?
buruknya pemerintah kita sekarang itu ya gini

habis manis sepah dibuang

padahal kalo dilihat dari sejarah hampir semua krisis ekonomi di Indonesia diselamatkan oleh UKM, termasuk pada krisis 1998

sekarang waktu ekonomi Indonesia lagi growth UKM malah dianaktirikan emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By ChefChoi
gimana lagi pak?Kalau bensin yang dinaikkan bakalan jauh lebih banyak mahasiswa yang mau protes karena nggak bisa pelesiran dengan pacarnya semurah duluemoticon-Embarrassment

sedangkan subsidi BBM menyedot uang negara dengan cepat,maka yah listrik aja yang dinaikkan sementara ini


karena itulah ane sejak dulu setuju subsidi BBM untuk kendaraan pribadi dihapus, karena lebih dimanfaatkan buat abg labil untuk pamer kendaraan kreditan.....
Quote:Original Posted By japek


karena itulah ane sejak dulu setuju subsidi BBM untuk kendaraan pribadi dihapus, karena lebih dimanfaatkan buat abg labil untuk pamer kendaraan kreditan.....


emoticon-Ngakak
setuju ama agan..dengan bgitu juga meminimalkan geng bermotor yg keliling habisin subsidi pemerintah..

gara2 BBM gak jadi naik..sekarang malah PBB uda naik..berikutnya TDL..
itu juga gara2 tim PLN yg gak serius ngurusin mereka yg nyuri listrik...di kota ane itu yg jualan di pinggir jalan..listriknya tinggal nyantol dari tiang listrik (jualannya malam..jadi mungkijn karena itu gak pernah tertangkap.. )

btw waktu om Sofjan Wanandi di wawancarai.. saya sempat emoticon-Matabelo dengan pandangannya ttg kenaikan TDL..mmg beda pandangan dia dgn para DPR" yg taunya plesiran aj...

btw kalo yg PLN nya prabayar..itu gmana naik nya..apakah pembelian pulsanya jd lebih mahal?? (kalo iya..mau isi token dulu ni)
Listrik naik semua kelimpungan
Dikasih solusi listrik murah dengan tenaga nuklir semua menolak
Heran ama kemauan bangsa Indonesia ini
Quote:Original Posted By lonelyandsadkid
Listrik naik semua kelimpungan
Dikasih solusi listrik murah dengan tenaga nuklir semua menolak
Heran ama kemauan bangsa Indonesia ini


kalau ane sih sejak dulu mendukung listrik tenaga nuklir, persetan dengan yang koar-koar menolak.......

maklum, masih banyak yang gampang dicuci otak dan diprovokasi....
Quote:Original Posted By lonelyandsadkid
Listrik naik semua kelimpungan
Dikasih solusi listrik murah dengan tenaga nuklir semua menolak
Heran ama kemauan bangsa Indonesia ini


bukannya gak mau gan...

cuman takut tragedi chernobyll n fukushima terulang emoticon-Big Grin
naik terus kagak mau turun

kalau naik lupa ampe turun

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
kalo TDL atau harga BBM naik ..biasanya imbas nya cukup cepat kepada kenaikan harga2 sembako nih