alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016534916/jembatan-tayan-mulai-dibangun
Inspiratif 
Jembatan Tayan,Jembatan Terpanjang Ke 2 Setelah Suramadu Mulai Dibangun
Jembatan Tayan Mulai Dibangun

Quote:
Rencana pembangunan jembatan Tayan Kabupaten Sanggau segera akan direalisasikan. Dinas Pekerjaan Umum Kalimantan Barat menjadwalkan penancapan tiang pertama pembangunan jembatan tersebut pada 18 September 2012. Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto akan hadir dalam acara tersebut.

“Kita harapkan menteri yang nanti melakukan penancapan tiang pertama. Mudah-mudahan beliau bisa datang,” ungkap Kepala Dinas PU Kalbar, Jakius Sinyor, usai rapat persiapan bersama jajaran Pemkab Sanggau, Selasa (11/9) di Pontianak. Ia mengakui, rencana pembangunan jembatan terpanjang di Kalbar ini sempat molor.

Sebab, ternyata masih ada permasalahan dalam kontrak kerja antara Menteri PU dengan kontraktor China yang ditandatangani pada Nopember 2011 lalu. “Dalam kontrak itu masih ada beberapa persyaratan yang belum dipenuhi terkait surat pernyataan perjanjian jaminan kredit antara Indonesia dengan Bank China. Makanya, waktu itu kita tunggu dulu,” katanya.

Namun, sekarang masalah tersebut sudah rampung dan telah disetujui oleh Kementerian Keuangan sehingga proses pembangunan bisa dilaksanakan. “Staf ahli

Kementerian Keuangan sudah menandatanganinya 8 Agustus lalu (delapan bulan setelah kontrak). Setelah itu baru kita berani mulai pembangunan,” ujarnya. Menurut Jakius, penancapan tiang pertama akan dilanjutkan dengan pelaksanaan konstruksi jembatan. Ia berharap tidak ada kendala selama pembangunan. Jembatan Tayan ini akan menghubungkan ruas Jalan Trans-Kalimantan Poros Selatan (Kalbar-Kalteng). Sebagaimana diketahui, proses pembangunan Jalan Trans-Kalimantan Poros Selatan juga sudah hampir rampung.

Jembatan Tayan memiliki panjang 1.420 meter dan lebar 11,5 meter (2 jalur, 2 lajur). Biaya untuk merealisasikan jembatan ini diperoleh dari berbagai sumber yaitu APBN, pinjaman luar negeri dan APBD provinsi. Khusus untuk jembatan saja, dana yang dibutuhkan mencapai Rp740 miliar. Sehari sebelum penancapan tiang pertama Jembatan Tayan, pemprov juga akan meluncurkan acara penggusuran sekaligus pelebaran ruas jalan Tayan-Sosok dan Sosok-Sanggau. Acara akan dipusatkan di Batang Tarang. Menurut Jakius, ruas jalan ini akan dilebarkan karena spesifikasinya tidak lagi sesuai dengan status jalan tersebut sebagai jalan nasional. “Lebar existing-nya 8-9 meter. Itu akan kita lebarkan jadi 14 meter,” katanya.

Ruas jalan Tayan-Sosok memiliki panjang 20 km sedangkan Sosok-Sanggau 100 km. Sementara ruas jalan yang akan mengalami pelebaran kira-kira sepanjang 78 km. Dana yang diperlukan untuk proyek ini mencapai sekitar Rp500 miliar. Dana tersebut diperoleh dari bantuan ADB dan APBN. Jakius mengakui, upaya pelebaran jalan tersebut sempat mengalami kendala berupa masalah sosial. Namun, pihaknya bekerjasama dengan tim dari Pemkab Sanggau sudah mengambil langkah dengan menggandeng masyarakat, tokoh adat, kepala desa hingga camat. Dengan demikian, masalah sosial menyangkut pembebasan lahan ini dapat dituntaskan. “Kita harapkan masalah sosial ini sudah selesai semua pada tanggal 12 September,” ujar dia.


Mudah-mudahan jembatan ini cepat di selesaikan dengan lancar, dan tidak ada penggelapan dana supaya pembangunanya bisa sempurna,kuat dan kokoh, rakyat kalimantan juga bisa menjaga jembatan itu kalau sdh jadi, jgn smp ada yg nyolong2 mur baut,dll sprti d tempat2 lain. emoticon-Big Grin

sumber

Jgn lupa emoticon-Rate 5 Star ya gan
bagus dah kalo begitu PERTAMAX ANE AMANIN YEE
mudah-mudahan jembatannya cepat selesai dibangun gan
mudah2an ga cepet ambruk. udah banyak infrastruktur yg cpet super ambruk di 7 taon blakangan ini. tapi ga ada yg peduli.
Quote:Original Posted By docexcalibur
mudah2an ga cepet ambruk. udah banyak infrastruktur yg cpet super ambruk di 7 taon blakangan ini. tapi ga ada yg peduli.


iya gan asal jgn smp ada yg korupsiin dananya aja.
makin lancar deh ntar ke palangkaraya dgn banjarmasin emoticon-Embarrassment skrg aja udah bisa kok
semoga sukses jalan trans kalimantan ini emoticon-siul: biar makin memajukan ekonomi kalimantan.
mudah-mudahan pembangunan jembatan tayan lancar tanpa kendali, kalau jembatan telah dibangun artinya seluruh wailayah kalimantan telah terhubung, cuma kal-bar provinsi kalimantan yang terpisah dari ketiga provinsi kalimantan lainnya.

hore unda bisa bulik ka banua sorang kada jalan langit...
janagan dikorupsi ya!!
biar gak runtuh laig
hahahaaiiiiiiiiii...akhirnya mulai terealisasi juga...emoticon-Recommended Seller
kirain gk jd ..dulu sktr 2006 ane ikut pengukuran awal pake total station
Infrastruktur kalbar yang semakin baik akan mendorong pertumbuhan dan kemajuan daerah pedalaman kalbar.emoticon-I Love Indonesia (S)
cepet selesai, dan diawasi, waspadai kontraktor nakal,,,,
Quote:Original Posted By clcyep
makin lancar deh ntar ke palangkaraya dgn banjarmasin emoticon-Embarrassment skrg aja udah bisa kok
semoga sukses jalan trans kalimantan ini emoticon-siul: biar makin memajukan ekonomi kalimantan.


iya gan semoga kehidupan rakyat kalimantan bisa semakin maju dgn adanya pembangunan jembatan ini
Quote:Original Posted By frabuku
bagus dah kalo begitu PERTAMAX ANE AMANIN YEE


Oii... awas tar di jadiin V-bot anak band loh..

semoga dengan di bangunnya jembatan ini,

bisa meningkatkan roda perekonomian bagi masyarakat disana.
semoga gak hanya bisa membangun ya harus bisa merawat nya emoticon-Matabelo
desainnya cukup kuat gak tuh..
ntar ambruk lagi..emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By andrimanyu
semoga gak hanya bisa membangun ya harus bisa merawat nya emoticon-Matabelo


setuju gan semoga mur sama besi2nya gak ada yang ilang dan di kiloin sama oknum2 yang gak bertanggung jawab
Quote:Original Posted By gawokireng
hahahaaiiiiiiiiii...akhirnya mulai terealisasi juga...emoticon-Recommended Seller
kirain gk jd ..dulu sktr 2006 ane ikut pengukuran awal pake total station

bijimane tuh gan ngukurnya ? emoticon-Belo
Quote:Original Posted By ArdianIrs
setuju gan semoga mur sama besi2nya gak ada yang ilang dan di kiloin sama oknum2 yang gak bertanggung jawab

itu tergantung kesadaran mreka sndri gan

Quote:Original Posted By clcyep
bijimane tuh gan ngukurnya ? emoticon-Belo


entah gan,yg pasti dy ngukurnya bkn pke tali rafia gan emoticon-Ngakak


mdh2an aja pembuatan jembatan yg sempat tertunda ini bisa berjalan lancar stelah masalah2nya sdh diselesaikan
Quote:Original Posted By Narc99
itu tergantung kesadaran mreka sndri gan



entah gan,yg pasti dy ngukurnya bkn pke tali rafia gan emoticon-Ngakak


mdh2an aja pembuatan jembatan yg sempat tertunda ini bisa berjalan lancar stelah masalah2nya sdh diselesaikan

emoticon-Ngakak (S)

amin, masalhnya pasti klasik
butuh penyelesaian yg lama dgn warga di sekitar situ
mudah2an aja pembangunannya sesuai dengan besteknya...

jangan dikurangin sana sini ujung2 nya malah kualitasnya jadi parah

atau malah dana proyeknya yang di mark up