alexa-tracking

soal quiz IQ

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016525266/soal-quiz-iq
soal quiz IQ
kak, katanya ga pake cara ribet ato formula aneh2, gimana cara pecahin nya tapi ya?

untuk expresi dibawah ini n, m, p dan k adalah nomor bulat positif (bukan pecahan) yang lebih besar dari 1

n^(5/3) = m^(7/2)

nm = p^k

berapa nilai k paling kecil yang diperbolehkan?
A. 6
B. 11
C. 31
D. 41
Quote:

coba bantu jawab,,emoticon-Smilie

n^(5/3) = m^(7/2)
n=m^(21/10)

maka
n.m = p^k
m^(21/10) * m =p^k
m^(22/10)=p^k

dimana diketahui bahwa n, m, p dan k adalah nomor bulat positif

sehingga bisa dianggap m=p dan k=22/10
sehingga tinggal memikirkan gimana k menjadi bilangan bulat positif

dengan mengingat m bisa menjadi sebuah bilangan berpangkat juga alias m bisa sama dengan 4 atau 2^2 atau 8 alias 2^3 dll

maka k yang paling kecil yang diperbolehkan hanya pada saat apabila
m= a^5

sehingga
k= 22/10 * 5 = 11

sehingga jawabanya 11
^^

CMIIW
^^"
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


harusnya 21/10 + 1 bukan 22/10 gan, tapi 31/10.
Sehingga m^(31/10)=p^k
Dengan cara yang sama:
m=n^(10/21)
maka
n.m = p^k
n^(10/21)*n=p^k
n^(31/21)=p^k
Karena n,m,p,k adalah bilangan bulat lebih besar dari 1, maka n bulat minimal =p^21 dan m bulat minimal p^10. Sehingga n.m minimal p^31.
Maka nilai k minimal 31 emoticon-Big Grin
Quote:


eh y..haha, setidaknya seperti itulah langkah2nya..^^"
hoho
^^

emoticon-thumbsup:
Quote:


Iya gan. Cara ente udah mantep menurut ane. Cuma mis perhitungan dikit.
emoticon-thumbsup:

Btw, ane lagi kepikiran kalo n^(a/b) = m^(c/d) dan nm = p^k
bisa ngga ya kita langsung pake rumus k minimal = a.d+b.c
Soalnye TS bilang ga pake cara ribet ato formula aneh2.

Ane belum sempet coba & buktikan sih, tapi hasilnya kebetulan sama untuk contoh soal di atas.
Quote:


dua sisi pangkatin 6, jadi n^10=m^21
mn=p^k
ya K tu 31, emoticon-Ngakak (S)
Quote:


kok bisa langsung dikalikan gitu sih kk? mohon penjelasannya utk yg ini?

Quote:


gan, saya sudah mendapatkan m^(31/10) = p^k = n (31/21)
tapi saya bingung di langkah selanjutnya kenapa k = 31?
karena kalo kita taruh pangkat 31 di semua sisi, bukankah p nya juga menjadi p^31k?
Quote:


karena ini gan :
"dengan mengingat m bisa menjadi sebuah bilangan berpangkat juga alias m bisa sama dengan 4 atau 2^2 atau 8 alias 2^3 dll"

maka disana m bisa aja menjadi bilangan yang berpangkat 10
dan/atau n juga bisa menjadi bilangan yang berpangkat 21

contoh m=2^10 (cara agar menemukan k paling kecil) maka saat

n.m = p^k
m^(21/10) * m =p^k
m^(31/10)=p^k

jadi
(2^10)^(31/10) = p^k (ingat p dan k adalah bilangan bulat)
menjadi
2^31 = p^k
sehingga
p=2 = bilangan bulat lebih dari 1
k= 31 = bilangan bulat lebih dari 1

itu yang kecil paling memungkinkan
dimana m = 2^10 atau = 1024
^^

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:

kalo ini si salah pembuktianya..xD
tapi kalo untuk cari cara cepet jawabnya bisa aja..^^
kaya rumus juga..hoho
Quote:

cara di atas g ribet kok sederhana..emoticon-Smilie
cuman pengetahuan bilangan bulat yang cukup, soal di atas bisa diselesaikan..^^

yup pake rumus a.d+b.c emang bisa gan..emoticon-Smilie
karena m atau n itu bisa jadi pangkat berapa aja..^^

dan memang udah terbukti bisa rumus itu,
penjelasanya sama kaya penjelasan sebelumnya..^^
rumus itu penyederhanaanya.
Bingung ah.. PRnya susah banget gan.. emoticon-Hammer (S):
soal quiz IQ

..iseng2..
Quote:


sama...
×