alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016524068/kenaikan-tarif-listrik-1-persen-per-bulan-apa-pendapat-agan2-semia
Poll: Setujukah tarif listrik naik 1% per bulan?
Setuju 38.46% (5 votes)
Tidak setuju sama sekali 53.85% (7 votes)
Setuju, tetapi dengan pertimbangan 7.69% (1 votes)

Inspiratif 
kenaikan tarif listrik 1 persen per bulan, apa pendapat agan2 semua?

Pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia mengakui tidak keberatan adanya kenaikan tarif listrik. Namun, syaratnya kenaikan diberlakukan secara bertahap sebesar 1 persen per bulan. Hal ini untuk mengantisipasi agar biaya produksi tidak meningkat secara signifikan.

"Kita juga antisipasi pada tahun baru itu biasanya semua naik, karena dampak kenaikan ini, upah minimum regional (UMR) pun juga naik karena inflasi juga naik itu yang kita minta supaya tidak bersamaan karena dapat mengganggu pertumbuhan ekonomi," ujar Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Industri, Riset dan Teknologi Bambang Sujagad di JW Marriot Hotel, Rabu (19/9).

Dia mendesak kenaikan tarif listrik harus dibarengi dengan adanya efisiensi yang dilakukan PT PLN. Saat ini masih banyak pembangkit listrik yang memakai bahan bakar minyak (BBM). "Kalau batubara itu kan harganya Rp 450 per kwh, sekarang kita sudah Rp 680 sampai Rp 790. Kalau dengan BBM, dia itu akan menjadi RP 2100 per kwh, artinya apa, maka ada subsidi RP 1300 per kwh," katanya.

Dengan subsidi yang tinggi karena penggunaan BBM, maka PLN harus melakukan berbagai langkah efisiensi. Kadin menjamin, jika pemberlakuan tarif 1 persen per bulan, tidak akan ada pengusaha yang mempermasalahkannya. "Kan dulu gas gitu juga. Dulunya kenaikannya langsung, terus direvisi jadi secara bertahap, sekarang enggak bergejolak lagi," ungkapnya.

Sebelumnya, dengan perdebatan yang sengit, akhirnya pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui kenaikan Tarif Dasar Listrik sebesar 15 persen pada tahun 2013. Saat ini subsidi listrik dipatok sebesar Rp 78,63 triliun.

http://www.merdeka.com/uang/pengusah...per-bulan.html

artinya kalo tiap bulan naik harusnya semua biaya hidup ikut naik, termasuk tunjangan, gaji atau apapun yg berhubungan dengan biaya sehari-hari
kalo mo naik ya naik aja, toh bbm naik ato tidak harga nasi padang di sebelah kantor juga udah naik dari sejak lebaran kemaren emoticon-Embarrassment
Quote:Sebelumnya, dengan perdebatan yang sengit, akhirnya pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui kenaikan Tarif Dasar Listrik sebesar 15 persen pada tahun 2013. Saat ini subsidi listrik dipatok sebesar Rp 78,63 triliun.

yang di subsidi di bawah 2200watt aja lah di atas entu gak si subsidi susah amet mikirnya tuh wakil rakyat .........
memang g ada cara lain ? apakah mesti dengan naik listrik menjadi solusi yg utama
Kesannya Mnrut pemerintah untuk rakyat ga berat. Hanya 1 persen, tapi tahun depan kan kerasa. Kenaikannya udah terakumulasi. Sama aja bohong. Dari dulu opsi penambahan gas buat PLN ternyata mandek.
suka - ga suka tetep harus mau bos kalau pemerintah udah mutusin buat menaikkan TDL.

Tinggal kita pinter-pinter cari penghasilan tambahan aja neeh
listrik untuk perumahan jangan naik deh
kalo untuk tempat usaha dan perkantoran gpp dinaikin
mau naik mau ke LN mau korupsi, rakyat bawah tetep aja susah
layanan kaya kampret sering dimatiin sembarangan pengen naik, emoticon-Cape d... (S)
memang paling gampang tinggal lemparin beban ke masyarakat ya, subsidi membengkak tinggal naikin harga, pajak genjot terus, tapi pengeluaran gak di rem, wtf, anggaran dinas aja bisa nyampe 23 T, proyek2 gajebo macem hambalang, diklt kementerian koperasi di cisarua gak ditekan, basi nih pemerintah...
Setiap bulan naik, ah makin gila ni pemerintah, BBM naik ,listrik juga naik , kapan turunya nih emoticon-I Love Indonesia
listrik naik, biaya hidup naik. gaji ga naik. lama-lama naik darah.

TRIT ANE GAN (SUDI MAMPIR)

______________________________
satu KASKUS, satu INDONESIA, selamanya
VCC 100%BuKanKloNenGanBiaSa
naik 1 persen setiap bulan

berarti kalo 3 taun naeknya jadi 36 persen, wah 3 taun kedepan gimana ya harga2 kebutuhan pokok?
ane setuju kalo naik pelan2, jadi ga kaget lagi dengan kenaikan harga mendadak
naekkin aja 100 kali lipat, nanggung amat sih naek cuma 1 % emoticon-Embarrassment

kalo mau liat rakyat marah, besok kasih pengumumam...TDL naek 100 kali lipat. emoticon-shakehand:

kalo mau nyiksa rakyat, jangan setengah hati gitu emoticon-shakehand:
ini perusahan sangat aneh,
monopoli malah sambat tekor, g untung. malah minta subsidi mulu.
skrg mintanya naik, dan naik, dan naik.

semoga aja bukan karena kesalahan pak dahlan saat jabat dirut PLN yg mengkonversi batubara ke solar, kerugiannya rakyat malah suruh nanggung emoticon-Shutup

mustinya kurangi dah acara seremonial dari pemerintah (yg cuman penuh tepuk-tangan & puji2an), jangan cuman lempar wacana pengiritan (hemat) setelah itu hilang dibawa angin lalu, mirip asap emoticon-Embarrassment
emoticon-Mad (S) parahhhhh dahhhhhh emoticon-Mad (S) sampe 100bln jd 100 persen dongg emoticon-Najis (S)
Gak setuju sih ,

Tapi apa daya , listrik yang punyak daya.

mendua

setuju: karena harga energi naik

tidak setuju: karena pln tdk ada rencana konkrit untuk efisiensi operasionalnya
ah beli pulsa listrik yang banyak buat disimpen dulu