alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016509213/bela-polri-dpr-quotserangquot-kpk
Thumbs down 
Bela Polri, DPR "Serang" KPK

Bela Polri, DPR "Serang" KPK

sumber


TEMPO.CO, Jakarta - Sejumlah anggota Komisi Hukum Dewan Perwakilan Rakyat "menyerang" Komisi Pemberantasan Korupsi dalam rapat kerja dengan Komisi Pemberantasan Korupsi, Kapolri dan Jaksa Agung. Tak mempermasalahkan penarikan penyidik dari KPK, Komisi Hukum malah menyalahkan KPK karena membiarkan penyidik terus bekerja meski surat perintah penugasannya sudah habis.

"Bisa dipermasalahkan keabsahan penyidikannya karena para penyidik tersebut bekerja tanpa ada surat perintah,” ujar anggota Komisi Hukum dari Fraksi Hanura, Syarifuddin Suding, Senin, 17 September 2012.

Mabes Polri menarik 20 orang anggotanya yang menjadi penyidik di KPK. Akibatnya, KPK yang tengah mengusut banyak perkara, kelabakan.

Penarikan tersebut juga memperuncing hubungan KPK-Polri yang sedang tak harmonis. Kedua lembaga sama-sama ngotot menangani kasus korupsi simulator kemudi di Korps Lalu Lintas Polri.

Pekan lalu, KPK mengumumkan telah bekerja sama dengan TNI untuk menempatkan tahanannya di rumah tahanan Pomdam Jaya. Banyak yang menduga sel tersebut untuk tersangka polisi dalam kasus simulator yang ditangani KPK. Tak berselang lama, polisi menarik penyidiknya di KPK.

Suding mempertanyakan kinerja KPK dalam mengawasi masa tugas penyidiknya. Menurut Suding, sejumlah penyidik bahkan masa tugasnya sudah habis sejak Mei 2012 ini.

"Apa konsekuensi penyidik yang berakhir masa tugasnya dalam melakukan penyidikan sebuah kasus? Hasil penyidikannya bisa cacat. Bagaimana kalau pengacara mempertanyakan," kata dia.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan, Ahmad Yani, juga mempertanyakan fungsi supervisi KPK yang dinilai lemah. Yani mengklaim, mendapatkan informasi bahwa banyak laporan dari daerah yang tak tertangani oleh KPK. Menurut dia, kasus-kasus tersebut sebaiknya diusut polisi atau kejaksaan. "Semangat pembentukan KPK adalah melakukan supervisi dan koordinasi untuk memperkuat lembaga penegak hukum lain," ujarnya.

Yani mencontohkan kasus simulator kemudi. Menurut dia, KPK tak perlu mengambil alih kasus ini. KPK, lanjut dia, seharusnya menjalankan fungsi supervisi terhadap Polri. "Jadi tidak harus diambil alih karena KPK memiliki fungsi supervisi dan koordinasi," katanya.

Wakil Ketua Komisi Hukum Nasir Djamil juga mengatakan gagapnya KPK dalam menyikapi penarikan penyidik disebabkan perencanaan yang tak matang. Hal ini tak akan terjadi jika KPK sudah mengantisipasi dengan menempatkan penyidik dari unsur non-polisi. Ke depan, menurut dia, berbagai kasus yang sedang ditangani para penyidik yang ditarik tadi, bisa ditangani oleh penyidik kejaksaan yang berada di KPK.

”Kami berharap KPK tidak boleh terhambat dengan penarikan ini. Walau prosesnya tidak secepat ketika penyidik dari polisi masih ada," katanya.

Dia menilai KPK harus menghormati keputusan Polri yang ingin menarik penyidiknya. Menurut dia, KPK tak bisa memaksa Polri untuk memperpanjang masa tugas mereka. »Kalau sudah diputuskan Kapolri, ya KPK harus menghormati. Toh, selama ini KPK eksis karena Polri.”


=================================

Beginilah kalo DPR itu ga waras. ( sekalipun hanya beberapa yg bersih )
itu otak korupsi dan otak maling semua.
alias melindungi sesama bajingan.


Saatnya KPK membikin lembaga pendidikan sendiri buat rekrut team penyidik KPK.
Quote:Original Posted By avanza1.5
Saatnya KPK membikin lembaga pendidikan sendiri buat rekrut team penyidik KPK.


kalo diijinkan ama komisi III DPR RI, gan, tp kalo sebaliknya, gimana tuh??
satu2nya harapan pemberantasan korupsi nasibnya di ujung tanduk, kalau kpk nyerah maka berbahagialah para koruptor.

sebaiknya kpk punya penyidik sendiri, diambil langsung dari lulusan universitas dengan ip tinggi.
tapi itu pun masih terhalang regulasi, ntar dipertanyakan keabsahan penyidikannya. dasar pemerintah bobrok, ini ga bisa itu ga bisa, pengen revolusi rasanya.
Pasti lah dpr membela sesamanya. Sesama itu tuuuh...


Bukan sesama vbot emoticon-Mad:
KPK akan disingkirkan jika meresahkan, tp jika negara ini mejadi baik tentunya rakyat mendukung 100 %
Mulai lagi nih, usaha pengkerdilan KPK. Gak dari polrinya gk dari dprnya sama aja saling melindungi emoticon-Blue Guy Bata (L)
Pakai penyidik TNI aja sekalian...
semoga dengan ditariknya penyidik polri di KPK bisa membuat KPK lebih leluasa lagi dalam membongkas kasus korupsi
gara gara KPK banyak anggota dewan h masuk bui
bener2 negara ini dikuasai oleh koruptor koruptor dan penjahat penjahat emoticon-Cape d...
jadi kalo ada tindak kejahatan dijalanan trus ada polisi yang mau pulang kebetulan liat tindak kejahatan tersebut, si polisi tidak boleh melakukan tugasnya karena gak ada surat perintah???


ibaratnya boleh makan pas jam makan aja gitu? jam 7, 12 sama jam 19
kalo telat makan atau terlalu cepat gak boleh walau laper setengah mati?

bukankah yang di lakukan itu menegakkan hukum?

ternyata teori lebih penting daripada fakta.
kpk lagi dikerjain,,,,, rakyat yg menilai!!! maju pantang mundur KPK emoticon-I Love Indonesia (S)
senjata makan tuan... nggak masuk akal,mau ganti kok nggak ada koordinasi buat calon penggantinya... emoticon-Cape d... (S)
KPK dilema....
dituntut rakyat untuk beraksi hebat. sekalinya beraksi, dijegal kanan-kiri oleh lembaga negara lainnya. satu-satunya yang bisa melindungi KPK dari serangan lembaga lainnya adalah gerakan rakyat.

rakyat segera bertindak dan turun kejalan manakala KPK didholimi.
kapan nih terealisasinya KPK ngegandeng TNI ?!!! tapi ngeri juga ya klo TNI dilibatin tar ky rezimnya pak Harto lg emoticon-Takut (S)
Quote:Original Posted By selamat..datang
sama aj ni polri & DPR jangan saling membela biar kan KPK yang menyelesaikan biar cepat selesai & ketahuan siapa dalang itu semua..



Specialize classic Music Box
Spoiler for nitip lapak classic music box:


ini bocah baca beritanya kagak sih? dalang apaan yg dimaksud? emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By airbender2010
bener2 negara ini dikuasai oleh koruptor koruptor dan penjahat penjahat emoticon-Cape d...


jangan pesimis gans, masih ada orang baik..... JK, DI, MD, SBY, GUSDUR, SOEKARNO, HATTA dst

kpk isinya orang pejuang, KASUS SIM cuman di perlama aja...ujung2nya ntar ada tersangka dan terdakwa.....

SUDAH BERAPA POLITISI MASUK BUI, kalau bukan KPK SIAPA LAGI emoticon-I Love Indonesia (S)
sesama bejat harus saling melindungi emoticon-Cendol (S)

kalau seperti ini jangan harap korupsi bisa diberantas emoticon-Big Grin
"Politicians are just like gangsters. You never catch them, except: red-handed."