alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016507457/iklan-kampanye-termasuk-pengeluaran-terbesar-pilkada
Iklan Kampanye Termasuk Pengeluaran Terbesar Pilkada
JAKARTA - Indonesia Corruption Watch (ICW) mengatakan sebagian besar dana kampanye para pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta digunakan untuk kepentingan pemasangan iklan.

"Sebagian besar dana kampanye tersebut digunakan oleh kedua pasangan calon untuk memasang iklan, terutama di media televisi dan cetak," kata Koordinator ICW Apung Widadi dalam diskusi bertajuk 'Menguak Manipulasi Dana Kampanye Pilkada DKI' di Cikini, Jakarta Pusat, hari ini.

Berdasarkan data ICW, pada Pilkada putaran pertama, pasangan Fauzi Bowo (Foke)-Nachrowi Ramli (Nara) menghabiskan dana sekitar Rp13 miliar, sedangkan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sekitar Rp5 miliar.

Terkait dana tersebut, Apung mengungkapkan audit yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum dapat ditindaklanjuti karena belum ada verifikasi yang jelas.

"Pasangan Foke-Nara hanya melaporkan dana kampanye untuk iklan sekitar Rp10 miliar, padahal yang terpakai Rp13 miliar. Sedangkan untuk pasangan Jokowi-Ahok ada dana yang tidak dilaporkan sekitar Rp5 miliar," ujar Apung.

Apung menilai dari besarnya pengeluaran untuk iklan, terlihat bahwa setiap pasangan cagub-cawagub lebih mengutamakan kampanye yang bersifat instan.

Selain itu, Apung juga mengkritik tidak adanya laporan penggunaan dana kampanye dari kedua pasangan calon tersebut dalam Pilkada putaran kedua.

"Berbeda dengan putaran pertama, pada putaran kedua ini tidak ada pasangan yang melaporkan dana kampanye ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD)," kata Apung.

Menurut Apung, setiap pasangan calon seharusnya melaporkan dana kampanye ke KPUD agar terhindar dari praktek money laundry atau pencucian uang.

langsung ke sumbernnya yeee

sumber : IYAA.com
____________
coba kalau duitnya dibuat bikin pembangunan.. bisa makmur ini Jakarta emoticon-Cendol (S)