alexa-tracking

Usulan Hukum Mati Koruptor Disetujui

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016503746/usulan-hukum-mati-koruptor-disetujui
Usulan Hukum Mati Koruptor Disetujui
WASPADA ONLINE

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengapresiasi wacana Nahdlatul Ulama (NU) yang menginginkan para koruptor dihukum mati.

Namun Priyo menilai, pemberlakuan hukuman mati itu tidak kepada seluruh koruptor dan hanya kepada koruptor yang tertangkap berulang kali.

"Intinya jangan mencegah lhukuman mati. Kalau pun itu dilakukan kepada mereka yang sudah melakukan berulang-ulang dan masif. Saya fikir itu harus mendapat apresiasi. Karena ada dua mahzab, yang satunya lagi menyetujui, satu lagi menyetujui secara masif. Saya kira pendapat itu jelas," ujar Priyo di Gedung DPR, Senayan, hari ini.

Priyo menilai, wacana hukuman mati bagi para koruptor dinilai akan efektif untuk mengurangi praktik-praktik korupsi di Indonesia. "Intinya mereka ingin memberikan terapi kejut dan yang dilakukan kepada mereka berulang-ulang! Saya kira itu baru boleh dilakukan," jelasnya.

Dia menambahkan, penerapan hukuman mati seharusnya tidak hanya di berlakukan kepada koruptor saja tetapi kepada seluruh terpidana yang dinilai melakukan tindak pidana merugikan seluruh umat seperti teroris dan narkoba. "Saya termasuk penganut mahzab hukuman mati bukan hanya koruptor. Tetapi seluruh. Bukan hanya pada terorisme dan narkoba.

Lembaga lainnya, seperti Kejaksaan Agung juga mengamini perihal hukuman mati bagi para koruptor. Jaksa Agung, Basrief Arief, tampaknya mendukung usulan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang membahas fatwa agar pelaku koruptor harus dihukum mati.

"Saya kira itu tergantung dengan regulasi yang ada sekarang terkait hukuman mati itu. Apabila terjadi sesuatu dalam bencana atau kejadian istimewa," jelas Basrief saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, hari ini.

Namun, kata Basrief, kalau dalam hal korupsi biasa, memang belum ada regulasinya dan tidak dikenakan pidana hukuman mati. "Dalam keadaan yang biasa atau tidak darurat, kita tunggu saja regulasinya," tegasnya.

Kejaksaan Agung, diakui Basrief akan melihat secara menyeluruh dan nasional. Dimana nanti pihaknya akan melakukan perbandingan pada proses itu. "Kalau memang kita sepakati, maka kenapa tidak," tutupnya.


Sebelumnya, Nahdlatul Ulama (NU) mengeluarkan wacana keras terkait pemberantasan korupsi. Wacana tersebut adalah pemberlakukan hukuman mati kepada koruptor yang telah berulang kali melakukan korupsi.

"Semuanya dilandasi dengan keprihatinan bahwa korupsi di Indonesia tidak pernah kunjung reda. Justru ada gejala atau indikasi bahwa korupsi itu semakin marak. Sehingga kawan-kawan peserta atau musyawirin dalam sidang sepakat sesuai dengan rujukan yang dipakai Alquran dan As-sunah dan pandangan para ulama, maka pelaku korupsi yang berulang kali melakukan korupsi dan tidak pernah jera itu boleh dikenakan hukuman mati," jelas pimpinan sidang Komisi Bahtsul Masail Ad-Diniyah Al-Waqi'iyah, KH Arwani Faishal di Cirebon hari ini.

Selain hukuman mati, NU juga mengeluarkan wacana penyitaan aset kepada para koruptor. Hal ini agar para koruptor merasa jera. "Harta hasil korupsi wajib dikembalikan seluruhnya atas pengembalian kepemilikan meskipun pelaku telah dikenakan hukuman atas tindakannya," jelasnya.

Arwani melanjutkan, memeriksa dan memutuskan kekayaaan yang diduga didapat dari hasil korupsi adalah wajib meskipun tersangka pelaku telah meninggal. Dan apabila terpenuhi bukti, bahwa harta tersebut adalah hasil korupsi maka wajib dikembalikan kepada negara dan untuk membersihkan harta warisan dari harta haram.

langsung menuju sumbernya

sumber : IYAA.com
_______________
semoga terealisasikan secepatnya ..biar pada modar koruptor koruptor ngeheQQQQQQqq.... emoticon-Cendol (S)
Mantap emoticon-Big Grin
Harus gini emang harusnya NU,
kalo dulu terkesan cuma jadi kendaraan politik aja.. emoticon-Big Grin
HUKUM MATI wajib bagi koruptor newbie/perdana, walau cm 10 juta. Kalo Gayus, Nazar mesti keluarganya mati jg, krn ikut menikmati duit haram ratusan milyar! emoticon-Mad (S)
korupsi berulang kali memangnya bisa gan????
koruptor yang sudah di penjara memangnya masih punya kesempatan untuk melakukan korupsi lagi???????


kalau mo menerapkan hukuman mati ya langsung saja ga usah nunggu koruptornya melakukan perbuatan itu lagi....
Maling itu lebih pinter lho.. ini bukan 1 langkah yg pasti akan menghentikan mereka. emoticon-Big Grin
Mereka punya otak,mereka bisa berpikir,dan mereka bisa mencari cara korupsi yg lebih aman lagi
emoticon-Hammer2
mending sekalinya korupsi langsung hukum mati aja,kn negara bisa rugi bnyak banget kalo nunggu kasus korupsinya berulang ulang.emoticon-Hammer (S)

akhirnya koruptor jadi berfikir kya gni : "mending korupsi sekali aja tp nominalnya super gede,jd gk bisa di hukum mati" emoticon-Cape d... (S)
Kayaknya lebih bagus ikutin sistemnya hongkong saja, dimana yg mnjadi tersangka diusir dari indonesia dan hartanya tidak dirampas negara, kecuali harta tak bergerak seperti tanah dan rumah itu disita oleh negara.
Nah, yg merasa tidak korupsi dipersilahkan tinggal tapi jika terbukti secara sah akan dihukum penjara minimal 20thn tanpa adanya remisi dan seluruh hartanya menjadi milik negara.
Dan hukuman trsebut berlaku jika terdapat kasus korupsi dgn minimal nilainya 1juta.

jika ada yg berani menerapkan sistem ini, dijamin indonesia akan lebih makmur drpd singapura.. emoticon-Angkat Beer
Ah terlalu banyak syarat dan ketentuan berlakunya....
kok ada syaratnya?
berulang kali? kalo tiap kali korupsi bermilyar2, harus nunggu kerugian berapa lagi untuk menghukum mati?
hukum mati bagi semua koruptor, biar dia ga bisa nikmatin hasil ngembat duit orang emoticon-Mad:
ga dihukum mati pun ga papa kok,,asal terpidana koruptor dimiskinkan dan dipermalukan dengan cara dirampas seluruh harta dia dan keluarganya (keluarga = istri, 1 generasi ke atas dan 1 generasi ke bawah), sisakan buat dia cukup 1% saja,,setelah itu dicambuk di depan umum,,dan ga perlu dipenjara,,biar negara ga perlu ngasi makan penjahat..
masih usulan...masih lama terealisasi-nya emoticon-Cape d... (S)

harusnya sekarang aja diberlakukan, mumpung lagi banyak2nya koruptor ketangkep emoticon-Big Grin
Quote:


peraturannya aja lembek, belum lagi masalah realisasi emoticon-Big Grin
jauh panggang dari asap emoticon-Big Grin
kalo peradilannya sesat gimana? .. percuma ntar ga jalan juga.
Benahi dulu penegak hukumnya, sekarang aja kalo penegak hukumnya bersih, koruptor pasti kebat kebit.
ane stuju banget koruptor dihukum mati aja,,biar ada efek jera seriusan
ah yang boneng gann????

klo emang terealisi itu hukuman mati, negara ini selangkah lebih maju..
tapi kayakya susah... hahahah pesimis gw..
Quote:


penegak hukumnya aja bisa di sogok ya gan emoticon-Cape d... (S)

sulit klo di indo ini utk disiplin
[QUOTE=;749758521
Namun Priyo menilai, pemberlakuan hukuman mati itu tidak kepada seluruh koruptor dan hanya kepada koruptor yang tertangkap berulang kali.[/QUOTE]

kayaknya nih org terindikasi korupsi sekali ini, makanya da ingomong gini.........udh jiper dulu-an.

buset kalau tunggu berkali2 mah sama aja bilang kalau maling sekali masih tidak perlu dipenjara, nanti kalau sudah maling berkali2 baru dipenjara...............ckckckck kwalitas koruptor memang pintar
gw setuju hukuman mati bagi terpidana korupsi.
tapi usul gw mending hukuman mati itu d terapkan apabila tersangka mengkorup uang dalam jumlah besar, misalnya sebesar 5m itu langsung kena hukuman mati.
Lho kok, trus yang korupsinya cm sekali ngga di hukum mati gt!! nnt mkin bnyk donk yang korupsi, makin pinter aj dah penjahatnya..