alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016500415/tari-kebo-kinul-oleh-omk-hky-sukoharjo---berharap-masyarakat-bisa-hargai-alam
TARI KEBO KINUL OLEH OMK HKY SUKOHARJO - Berharap Masyarakat Bisa Hargai Alam
Monday, 17 September 2012
Delapan penari remaja tampak mengenakan busana jerami orang– orangan sawah berwarna hijau.Di atas kepala mereka digunakan penutup seperti kepala tanduk kerbau.

Secara atraktif para anak muda yang berasal dari Orang Muda Katholik (OMK) Gereja Hati Kudus Yesus Sukoharjo ini menampilkan tarian rakyat Kebo Kinul yang menunjukkan wujud keprihatinan mereka atas kekeringan yang melanda di daerah – daerah yang ada di Indonesia. Sosok Kebo Kinul ini dipercaya sebagai sosok buruk rupa penjelmaan makhluk penunggu padi yang sering bersekutu dengan hama tanaman.

Akibatnya para petani pun panik karena terancam gagal panen dan akhirnya mereka pun menyadari kelalaiannya serta bersahabat kembali dengan Kebo Kinul untuk menjaga kesuburan,kemakmuran serta turut menjaga keutuhan alam.

“Secara refleksi,Kebo Kinulmerupakan simbol orang lemah dan miskin penjelmaan dari makhluk penunggu padi.Kami ingin coba tunjukkan bila orang yang lemah dan tersingkir bisa ambil bagian di dalam menjaga alam.Ini terinspirasi dari peristiwa akhir – akhir ini yang muncul di Sukoharjo dan tempat lainnya yang di musim kemarau terjadi kesulitan air,”ujar Motivator dan Pelatih OMK Gereja Hati KudusYesus Sukoharjo, Yohannes Sri Raharjo usai mengisi acara Komisi Kitab Suci Kevikepan Surakarta Pentas Seni dan Budaya OMK Se - Kevikepan Surakarta, Pameran Kitab Suci Dalam Rangka BKSN 2012di Taman Balekambang Solo kemarin.

Bisa jadi kondisi tersebut, lanjut dia,karena perusakan alam seperti penebangan pohon sesuka hati.Dia berharap melalui kesenian rakyat ini dapat menggugah masyarakat untuk lebih mencintai dan menghargai alam.Kesenian ini semakin menarik ditonton ketika diiringi lagu tradisional macam cublak - cublak suweng dan lainnya dengan sajian musik tradisional seperti jimbe,kentongan,hingga kendang.

Sementara itu Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menambahkan,pentas seni dan budaya semacam ini menunjukkan keterlibatan umat Khatolik dalam melestarikan seni dan budaya warisan leluhur Indonesia.

“Terbukti apa yang menjadi impian dan harapan Indonesia dibuktikan dengan pentas seni dan budaya ini. Ini termasuk memasyaratkan nilai - nilai budaya dan seni menjadi suatu wujud di dalam pembentukan karakter di dalam generasi mendatang,”kata dia. Menurutnya apa yang disajikan dalam kegiatan ini memiliki tujuan yang positif karena kesemuanya dilakukan untuk kepentingan bersama.? SITI ESTUNINGSIH Surakarta

Spoiler for Penampakan Bokinul:


Sumber : Koran Sindo

Komen TS...
Masyarakat jaman sekarang memang susah untuk diajak menghargai alam..
Namun di sisi lain tak sedikit ajakan2 untuk kembali menghargai alam, entah itu lewat kampanye go green, pembuatan produk2 yang lebih ramah lingkungan, dsb. Semoga Tari Bokinul bisa menjadi media untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga alam kita yang saat ini sudah semakin rusak. emoticon-Big Grin
ketahuan bib*t siap siap aja diomelin dihina dan direndahkan ...........emoticon-Ngacir



bidah itu
hargailah alam dgn membuang teknologi emoticon-thumbsup:
Quote:Original Posted By dwyan
Ane pertamax gan. .
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

asem...emoticon-Nohope
jangan cuma pertamax, pake komen dikit kek...

Quote:Original Posted By priyatin
ketahuan bib*t siap siap aja diomelin dihina dan direndahkan ...........emoticon-Ngacir





Emang hubungannya apa? emoticon-Bingung

Quote:Original Posted By muhas14
bidah itu
hargailah alam dgn membuang teknologi emoticon-thumbsup:


yah sebenernya ga bijak juga membuang semua teknologi, secara jaman sekarang justru banyak riset2 teknologi yang ramah lingkungan. emoticon-Stick Out Tongue
kampanye go green tapi sambil ngrokokemoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By black_
kampanye go green tapi sambil ngrokokemoticon-Malu (S)


emang siapa yang ngrokok? emoticon-Bingung
perasaan ga ada yang ngrokok deh emoticon-No Hope
ane setuju dengan pemikiran ini....tapi alangkah bijaknya jika diiringi dengan tembang ini

TARI KEBO KINUL OLEH OMK HKY SUKOHARJO - Berharap Masyarakat Bisa Hargai Alam
wah tar bakalan ada "kebo" yang ngerasa dihina yah klo liat tu tarian???
pernah lihat tariannya di HKY. Keren dan kreatif
emoticon-thumbsup:
Quote:Original Posted By tyrani
ane setuju dengan pemikiran ini....tapi alangkah bijaknya jika diiringi dengan tembang ini

TARI KEBO KINUL OLEH OMK HKY SUKOHARJO - Berharap Masyarakat Bisa Hargai Alam


ini sosok yg menginspirasi tarian tadi?

emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By tyrani
ane setuju dengan pemikiran ini....tapi alangkah bijaknya jika diiringi dengan tembang ini

TARI KEBO KINUL OLEH OMK HKY SUKOHARJO - Berharap Masyarakat Bisa Hargai Alam


kapan lagi punya president yng bisa nyanyi
hahah apa coba manfaatnya nari kebo buat alam, buat penanaman 1000 pohon misalnya malah nari kebo, nggak masuk akal bner. emoticon-Cape d... (S)
nama tariannya agak menyinggung seseorang gitu .... emoticon-Bingung (S)

kostumnya cocok tuh di pake sama beliau...emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By tyrani
ane setuju dengan pemikiran ini....tapi alangkah bijaknya jika diiringi dengan tembang ini

TARI KEBO KINUL OLEH OMK HKY SUKOHARJO - Berharap Masyarakat Bisa Hargai Alam


Quote:Original Posted By mbahmomon
wah tar bakalan ada "kebo" yang ngerasa dihina yah klo liat tu tarian???



Quote:Original Posted By randeganutara
nama tariannya agak menyinggung seseorang gitu .... emoticon-Bingung (S)

kostumnya cocok tuh di pake sama beliau...emoticon-Ngacir


emoticon-Ngakak
padahal ane ga pernah punya pikiran sampe kesana gan.

Quote:Original Posted By wiepio
pernah lihat tariannya di HKY. Keren dan kreatif
emoticon-thumbsup:


emoticon-thumbsup

Quote:Original Posted By Rifdi
hahah apa coba manfaatnya nari kebo buat alam, buat penanaman 1000 pohon misalnya malah nari kebo, nggak masuk akal bner. emoticon-Cape d... (S)


dibaca & ditelaah dulu isi beritanya gan. kalo manfaatnya secara langsung memang g ada. Cz ini cm suatu bentuk simbolisasi dari cerita tradisional yang ada di daerah kami, dan dari simbolisasi ini diharapkan bisa menjadi ajakan...
yang boneng kau gan masa si gan?
tarian minta hujan kali
Quote:Original Posted By tyrani
ane setuju dengan pemikiran ini....tapi alangkah bijaknya jika diiringi dengan tembang ini

TARI KEBO KINUL OLEH OMK HKY SUKOHARJO - Berharap Masyarakat Bisa Hargai Alam


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

klo itu bwt pembuka sebelum mulai tariannya... emoticon-Stick Out Tongue
Quote:Original Posted By a47b
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

klo itu bwt pembuka sebelum mulai tariannya... emoticon-Stick Out Tongue


jangan gitu lah gan emoticon-Malu
mo gimana juga doi presiden negara kita.. emoticon-Malu
malah oot.. emoticon-Malu
halah ini tarian ga lain dan ga bukan buat nyinggung kebo di istana emoticon-Ngakak
wah ini bentuk asimilasi budaya lokal dengan ajaran agama emoticon-thumbsup

memang harusnya agama tidak melulu bicara soal surga dan neraka.. tapi juga peka jaman dan peka sosial

tp aneh juga.. biasanya simbol perusak tanaman itu kan celeng atau tikus emoticon-Bingung

kalo kebo kan simbol sahabat petani atau kekuatan dan keteguhan..

jaman kerajaan dulu.. karena kultur agraris nama kebo atau mahisa itu gelar kehormatan lhoo contoh: keboiwa di bali.. mahisajenar, keboijo, lembusora (jawa) dsb dsb