alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016498010/negara-bayar-mahal-bbm-bersubsidi-untuk-kendaraan-pribadi
Negara Bayar Mahal BBM Bersubsidi untuk Kendaraan Pribadi
Senin, 17 September 2012 20:34 WIB

Negara Bayar Mahal BBM Bersubsidi untuk Kendaraan Pribadi

Ratusan kendaraan terjebak kemacetan parah selepas keluar pintu gerbang tol Cililitan menuju tol dalam kota di Jakarta, Senin (17/1). Belum diketahui pasti kesia-siaan uang negara yang terbakar percuma karena macet parah seperti itu. Di sisi lain ketiadaan transportasi umum yang layak dan andal mendorong orang membeli mobil pribadi berlatar, yang BBM-nya dibiayai negara. (FOTO ANTARA/Widodo S Jusuf)


Quote:Jakarta (ANTARA) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik, mengatakan, kuota BBM bersubsidi selalu meningkat setiap tahun karena jumlah kendaraan juga selalu meningkat. Saban (tiap, TS) tahun sekitar 1 juta mobil dijual di Indonesia, belum lagi sepeda motor, yang dibeli masyarakat karena transportasi umum buruk kualitas, manajemen, dan kuantitasnya.

Sejatinya, BBM bersubsidi didedikasikan bagi warga tidak mampu. Toh begitu, banyak pemilik mobil pribadi yang bukan tidak mampu menikmati fasilitas itu; walhasil uang negara banyak habis di sektor non produktif itu.

"Jumlah kendaraan yang diproduksi atau lahir selalu bertambah," kata Wacik di Jakarta, Senin. Mobil lama juga ada banyak. Perkiraan Gabungan Industri Kendaraan Indonesia, jumlah sepeda motor pada 2013 akan bertambah 10 juta unit. Sedangkan jumlah mobil akan bertambah 1 juta unit tahun ini; atau malah lebih banyak lagi.

Di satu sisi pendapatan negara dari industri dan pasar otomotif banyak, namun uang negara --pajak rakyat-- jauh lebih banyak habis untuk membuat mereka tetap bergerak. Belum lagi kerugian ikutan, pencemaran udara, kerugian waktu karena macet, konflik sosial terkait di jalan, dan macam-macam lagi.

Pada 2012, pemerintah mengajukan penambahan 4 juta kiloliter kuota BBM bersubsidi, dari sebelumnya dialokasikan 40 juta kiloliter. BBM bersubsidi pada 2013 dialokasikan 46,1 juta kiloliter.

Alokasi APBN untuk pembiayaan infrastruktur umum, terutama angkutan massal yang tepat waktu, aman, dan nyaman, sedikit sekali ketimbang mewujudkan jalan-jalan tol yang memanjakan kendaraan pribadi. Ujung-ujungnya, jebol lagi uang negara untuk beli BBM bersubsidi.

"Karena itu, kami optimistis DPR akan menyetujui penambahan kuota BBM bersubsidi. Penambahan sebanyak 2 juta kiloliter setiap tahun rasanya cukup realistis," katanya.

Menurut Jero, alokasi BBM bersubsidi pada 2013 sebanyak 46,1 juta kiloliter sudah ditekan dengan adanya upaya penghematan yang dilakukan pemerintah. Bila tidak ada penghematan, maka BBM bersubsidi yang dibutuhkan pada 2013 diperkirakan sebanyak 48 juta kiloliter.

"Tetap ada usaha efisiensi dan penghematan BBM yang dilakukan pemerintah. Tapi saya akui upaya itu memang belum optimal," katanya.

(SDP-49/S025)


Sepertinya mmg perlu ada regulasi utk kepemilikan kendaraan bermotor. Terlalu dibebaskan hanya akan menyedot dana APBN utk subsidi BBM, sementara hasilnya cuma menimbulkan kemacetan dimana2 CMIIW
emoticon-Angkat Beer
ane setuju transportasi massal..



~۞۩ஜ~ Real Project dengan Dividen Saham tinggi (8 - 20 % per Bulan) ~۞۩ஜ~
jadi makhluk-makhluk di bawah ini dibayari negara dong emoticon-Hammer

Negara Bayar Mahal BBM Bersubsidi untuk Kendaraan Pribadi

karena itulah ane lebih setuju subsidi untuk transportasi umum saja, ane juga punya kendaraan pribadi, tapi ane menggunakan non subsidi...

selain itu apa orang sudah pada lupa minyak bumi adalah SDA TIDAK TERBAHARUI dan JUMLAHNYA MAKIN MENIPIS.....
Semua pemilik kendaraan itu kan bayar pajak jg. Masa engga bole menikmati subsidi jg?
meski kuota subsidi dinaikin tetep aja bakaln kurang soalnya yang makek juga makin tambah banyak aja.
mending di hapus aja subsidinya skalian.
nga mungkin pemerintah mau hapus premium pada pemerintahan yang sekarang,
uang haram paling wangi ya di premium,
yang bisa selundupin BBM bersubsidi 1 tangker itu bukan rakyat biasa,
hanya orang orang dengan jabatan dan kekuasaan yang bisa..

ada kubu dalam pemerintahan yang teriak teriak naikin harga,
itu cuma bargaining power,
ketika permintaan kenaikan jatah setoran wajib ditolak,
you know lah politik..

semakin mahal harga minyak,
semakin ngantri permintaan pasar gelap,
pertamina rugi?
kata mereka "itu sih derita loe!! yang penting quota selang gue ga berkurang"

kalo memang harga ke-ekonomian premium itu 9.000,
pas premium di harga 6.000 dengan alasan kenaikan harga minyak dunia,
kenapa diturunin lagi jadi 4.500 pas harga minyak turun?
katanya nilai ke-ekonomiannya 9.000???
karna sepertinya di harga 4.500 itu udah untung kaleeee...


btw, ane bukan ahli perminyakan,
ane cuma asal ngomong aja..
jadi kalo ada pakar minyak yang tanya data mana? data mana?
jawabnya "IQ? IQ? IQ mana?"
Mau bayar mahal atau murah untuk kepentingan rakyat itu kan hal biasa,karena itu sudah menjadi kewajiban negara.kalo negara menganggap hal seperti ini sebagai sesuatu yang mahal,lalu seberapa mahal kebutuhan BBM dengan korupsi yang sudah terjadi dan semakin merajalela??...intinya segala sesuatu bisa menjadi murah kalo tidak ada korupsi di indonesia.
Wah, enaknya negara ini..... bensin aja dibayarin ama negara..... emoticon-Big Grin
ini kerjaan si Kumis tolol ini emoticon-Nohope

bukannya buru2 bangun MRT si koruptor keparat ini malah sibuk korupsi dana bansos,

giliran kena macet malah lawan arus.

emoticon-Nohope
naikin jadi 6000 ga terlalu masalah buat ane emoticon-Embarrassment

bikin ga terlalu sering keluar ntar emoticon-Embarrassment
kendaraan pribadi juga pemiliknya dari kalangan rakyat, ga usah dikotomi2 segala kalau ga mampu beli ya jalan kaki aja toh lebih sehat.
harus dibuat aturan yang tegas dan tidak memberatkan rakyat kecil
moga indonesia tidak bangkrut....emoticon-Cape d... (S)
sepertinya harus jelas nih aturan mengenai kendaraan pribadi yang seperti apa,,
subsidi bbm hilangkan
gelontorkan ke subsidi pendidikan semuanya beres emoticon-Big Grin
hadeh emang dech keterlaluan para pencuri di indonesia, kreatip bgt emoticon-Cape d...
Ini pasti gara gara orang kaya baru pemilik mobil sejuta umat yang baru kred....eh maaf,beli maksudnya.
"Negara Bayar Mahal BBM Bersubsidi untuk Kendaraan Pribadi"...
omongan kek gini..mirip ama ..
"subsidi BBM lebih banyak dinikmati orang kaya"
"kuota akan habis..bla.bla.bla"

Usul ane..dari pada cuap-cuap..naekin aja sekarang...
Kebanyakan ngomong...tapi gak dieksekusi...emoticon-Cape d... (S)
utang rakyat menumpuk, kasihan nanti anak cucu kita
dari dulu keluhan nya sama
tapi aksinya belu ada juga
gak usah didramatisir terus...langsung aja naekin..