alexa-tracking

[Ekonomi]Pemerintah akan Bentuk PN Garam

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016477462/ekonomipemerintah-akan-bentuk-pn-garam
[Ekonomi]Pemerintah akan Bentuk PN Garam


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan pemerintah akan membentuk Perusahaan Nasional (PN) Garam untuk memaksimalkan program Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (Pugar).

"Untuk melindungi petani garam saya usulkan PN Garam saja. Perusahaan ini nantinya akan membeli garam petani menjelang musim panen. Selain itu perusahaan ini juga untuk menstabilkan harga dalam negeri," kata Hatta Rajasa usai menghadiri wisuda periode II 2012 di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Sabtu.

Menurutnya, rencana pembentukan perusahaan ini sudah dirapatkan bersama dengan kementerian terkait. Program ini untuk melindungi petani garam harus terwujud dalam aksi pembelian garam sesuai hpp.

"Sudah diputuskan harus ada perusahaan dalam negeri yang membeli. Tidak boleh saat panen harga garam anjlok," ujarnya.

Sementara Mengenai kebijakan impor, Hatta menegaskan bahwa pemerintah tidak membolehkan lagi impor garam selama persedian dalam negeri masih mencukupi. "Tidak boleh, garam harus dibeli rakyat dulu, kalau kurang baru boleh impor. Kita tidak ingin kurang, sehingga kita tingkatkan melalui program pugar," katanya.

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah menghentikan impor garam konsumsi sejak 30 Juni lalu sebagai upaya melindungi petani garam lokal menjelang musim panen.

Penghentian impor garam tersebut sesuai dengan keputusan Rapat Koordinasi Tim Swasembada Garam Nasional (terdiri dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian serta Kementerian Kelautan dan Perikanan) pada 16 Februari 2012 yang menyatakan bahwa periode impor garam konsumsi tahun 2012 dimulai pada bulan Maret sampai dengan Juni 2012.

Dalam pertemuan tersebut ditetapkan bahwa alokasi impor garam konsumsi nasional tahun 2012 sebesar 533.000 ton dibagi ke dalam dua tahap, yaitu tahap pertama (Maret-April 2012) sebesar 300.000 ton dan tahap kedua (Mei-Juni 2012) sebesar 233.000 ton.

Kemudian berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Perindustrian, Kemendag mengeluarkan pengakuan sebagai Importir Produsen (IP) Garam Konsumsi untuk melakukan impor tahap pertama sebesar 290.500 ton dengan realisasi sebesar 266.641 ton dan tahap kedua sebesar 242.500 ton dengan realisasi sebesar 228.432 ton.

Pemerintah mengeluarkan ketentuan mengenai penghentian impor garam melalui Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 58/M-DAG/PER/9/2012 tentang Ketentuan Impor Garam. Permendag tersebut menetapkan masa larangan impor garam konsumsi dimulai dari bulan Juli (satu bulan sebelum masa panen raya) sampai dengan Desember 2012 (dua bulan setelah masa panen raya).
-------------------
Hehehe.......akhirnya ada yang berbicara pembentukan PN GARAM.... emoticon-Embarrassment, jualan citra 2014 pak hatta?... emoticon-Busa:

Kenyataan dilapangan bagaimana?....butuh brapa tahun lagi perbaikan nasib petani? Perlukah SBY dipilih lagi atau bung hatta yang dipilih untuk memperbaiki nasib petani....?
Nasib petani garam di indonesia, muali dari jaman belanda, hingga jaman sekarang belum juga mendapat perubahan, mudah2an solusi ini bisa memberikan penyelesaian
yang penting itu bukan pembentukan PT atau badan atau apapun. Yang perlu dibangun itu adalah keseriusan dan kepedulian dalam mengatasi masalah "pergaraman" ini
Kalau PN Garam dibangun, bukankah ini tambah runyam? Pasti dibutuhkan seorang Komisaris utama, Direktur Utama, Direktur Keuangan, Direktur Produksi, Direktur Pemasaran, dan di bawah masing - masing direktur dibutuhkan Manajer ... Berapa gaji mereka yang harus dibayarkan?

Petani Garam tidak butuh mereka, yang dibutuhkan adalah perlindungan serius dari pemerintah.
kanapa gak diberdayakan aja bulog na...^^
memang butuh sih.. tapi bakal ada 'raja2 koruptor' baru semacam kabulog2 dong emoticon-Berduka (S)

dasar negara bejat korup emoticon-Cape d... (S)
Quote:


laut luas, pantai banyak, ternyata garam masih import, emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)
Quote:


betul gan emoticon-Berduka (S)

akan lebih bagus lagi kalau para petani itu diberikan fasilitas, pendidikan, modal dll, dirikan penampungan garam untuk menampung hasil kerja meraka, & pendistribusiannya juga , lha ini sama aja bo ong emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)

jadi terkesan main replace, buang petani garam, dirikan perusahaan garam, rakyat lg yg menderita emoticon-Cape d... (S)
Bukannya udah ada?
Ane ingat dulu pas Oktober 2011 lalu pernah baca tentang ini di Kompas. Tentang fungsi PT Garam yang seharusnya bukan sebagai pembeli tapi sebagai penyangga harga.

Spoiler for Senja bagi Petani Garam Madura:
Quote:


masalah gaji pegawai dll masalah kecil itu mah

tujuan dari pembentukan PN garam ini adalah untuk menyetabilkan harga garam disaat nanti uu yang bertujuan mengurangi impor garam diberlakukan

cara kerjanya

mirip bulog lah,pemerintah akan membeli langsung garam dari petani dan kemudian dijual ke konsumen dengan harga yang hampir sama dengan harga pembelian pemerintah ke petani.

hal ini untuk menyetandarkan harga dan melindungi masyarakat dari penimbun yang mencari untung.

Tentu saja hal ini harus dibarengi dengan pelarangan menimbun dan pelarangan mengekspor garam.Kalaupun dibolehkan ekspor garam pasti dikenai tarif yang tinggi.

produksi pasti ditingkatkan lah
×