alexa-tracking

NU Bolehkan Hukum Mati Koruptor, Tapi......

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016477260/nu-bolehkan-hukum-mati-koruptor-tapi
NU Bolehkan Hukum Mati Koruptor, Tapi......


TEMPO.CO, Jakarta - Nahdlatul Ulama membolehkan hukuman mati bagi koruptor. Namun hukuman mati baru boleh diterapkan setelah perbuatannya dilakukan berulang-ulang dan tidak menimbulkan efek jera.

Hal tersebut terungkap dalam sidang komisi Bahtsul Masail Ad Dinoyah Al Waqi''iyah di Pesantren Kempek, Ahad, 16 September 2012. "Space kita terhadap toleransi sebenarnya sangat kecil," katanya KH Saifuddin Amsir, Ketua Komisi sekaligus Rois Syuriah PBNU.

Namun menurut Amsir, Islam sangat berhati-hati dalam menghilangkan nyawa seseorang. "Kita tidak bisa begitu saja menghilangkan nyawa seseorang," katanya. Selama masih ada sesuatu yang samar-samar, nyawa seseorang tidak bisa begitu saja dihilangkan.

Seseorang baru bisa dijatuhi hukuman mati jika telah masuk dalam kriteria sudah merusak, tidak bisa diatasi, serta tidak ada jalan keluarnya lagi. "Kasus (korupsinya) pun dilakukan berulang-ulang," kata dia. Jika masuk dalam kriteria ini, hukuman mati bagi koruptor bisa dilakukan.

Hal yang sama pun diungkapkan KH Arwani Faishal, Wakil Ketua Bahtsul Masail. "Boleh dilakukan hukuman mati, jika pelaku sudah melakukannya berulang-ulang," kata dia.

Hukuman mati ini untuk menimbulkan efek jera bagi pelaku korupsi karena terus berulang kali melakukan tindakan korupsi.

Karena berulang-ulang, maka hukuman mati baru bisa dijatuhkan jika seseorang sebelumnya sudah diberi hukuman sebelumnya di pengadilan. "Jadi memang tidak melihat besar dan kecilnya (korupsi) tetapi dari tindakannya yang berulang-ulang," kata dia.

Namun karena bersifat fatwa, Arwani pun menjelaskan jika sifatnya tidak memaksa. "Tidak ada satu ormas pun yang bisa memaksakan fatwa kepada pemerintah," katanya. Namun fatwa ini akan tetap diberikan kepada pemerintah.
-----------------------
Ada niat baik dari NU....tapi....yah jikalau dilakukan berulang2...tapi yang didakwa hanya 1 saja.... emoticon-Nohope
kenapa tidak potong tangan saja?
lebih islami kan
hukum mati koruptor pasti banyak orang NU takut
noch lihat tim ahlinya Ca Imin (muhaimin iskandar) dah jelas2
kalo tim ahli ikut, kok si menteri ga dimintai tanggung jawab....
aya2 wae....
Quote:


nanti kan diselidiki bro, dilakukan sekali apa berulang2.

gw setuju sekali dengan NU.

hukuman mati buat dosa besar yg berulang2, atau dosa besar yang lebih besar emoticon-Hammer2 walaupun sekali.
Ya baguslah ,

Meski hanya Fatwa , nampak juga Kepedulian NU terhadap Negri ini. emoticon-thumbsup:
Quote:


qishosh kan tidak hanya potong tangan atau kaki gan emoticon-Big Grin
sekalli korupsi juga beloom tentu ketahuann

maw berulanng2 baruu di hukum, bakalann nyari bekel dulu d bwat nyogok aparatt emoticon-Ngacir
Quote:


iya potong tangan aje emoticon-Big Grin
korupsi 1x potong tangan 1
korupsi lagi potong lagi 1 emoticon-Big Grin
masih korupsi juga potong kaki 1
trus gitu aje emoticon-Big Grin
Pembicaraan ini menjadi topik hangat di hari ULTAH NU di cirebon..... emoticon-Big Grin
kalo sampe berulang2, yang dihukum mati ya bukan koruptornya, tapi pemerintahnya... bisa2nya digoblokin sampe berulang2 emoticon-Nohope
ya udah kalo mau dibantai bantai aja koruptornya. emoticon-Big Grin

bisa2 satu isi gedung bokong ijo mokat dong. emoticon-Shutup
belom juga diadakan diskusi pertemuan yg membahas hukuman mati koruptor. emoticon-Cape d... (S) besok kali sby mau diskusi sama nu
Namanya korupsi, pasti berulang-ulang, tidak mungkin dilakukan 1 kali aja. Berarti, bila sudah terbukti melakukan korupsi ... boleh dikesot tuh manusia. emoticon-Big Grin
Quote:


ane lebih setuju potong kemaluan gan..jadi pati takut banget para koruptor emoticon-Ngakak
lah yang banyak jadi koruptor ada di dpr/dprd, walikota, gubernur, semuanya itu yang milih kita, jadi seharusnya kita juga ikut bertanggung jawab kenapa memilih orang yang ga amanah,
jangan sampe dah people power kembali emoticon-Big Grin
semoga kepercayaan masyarakat seperti ane bisa dipulihkan dengan hukum kita emoticon-Big Grin
kalau koruptor dihukum mati, berarti banyak rakyat indonesia harus mati ,karna koruptor juga hidup di lingkungan paling kecil masyarakat/ non pemerintah..emoticon-Blue Guy Smile (S)