alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016474189/kemarau-monyet-serbu-rumah-untuk-menggasak-makanan-soft-news
Kemarau, Monyet Serbu Rumah untuk Menggasak Makanan (Soft News)
Seekor monyet ekor panjang yang merupakan spesies asli Jakarta di pohon di kawasan Balai Konservasi Suaka Margasatwa Muara Angke, Jakarta, Sabtu (8/9).

Kemarau, Monyet Serbu Rumah untuk Menggasak Makanan (Soft News)

Purwokerto - Kasmiyah, 50 tahun, tampak kesal. Sudah sepekan ini, atap rumahnya jebol tiga kali. Bukan angin atau gempa bumi yang menyebabkannya, tapi monyet ekor panjang yang menjadi biang keladinya. Selama musim kemarau ini, monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Banyumas, menyerbu rumah penduduk untuk mendapatkan makanan. "Jumlahnya ribuan, bahkan saat ini tidak hanya ada di desa ini, tapi sudah sampai ke desa tetangga," kata Kasmiyah, Ahad, 16 September 2012.

Monyet-monyet itu tak hanya menjebol atap rumah yang rata-rata terbuat dari genting. Setelah berhasil membuka atap rumah, mereka turun dan mengambil semua makanan yang ada di rumah. Tak terkecuali bumbu dapur yang turut menjadi sasaran aksi mereka. Rumah-rumah penduduk penganut Islam Alif Rebo Wage atau Aboge itu memang kebanyakan terbuat dari kayu bukan tembok. Pintu rumah pun terbuat dari kayu dengan kunci pintu yang masih sederhana. Hanya menggunakan kait kayu.

Jika tak dijaga, seringkali monyet-monyet itu bisa masuk ke rumah melalui pintu. "Mereka cukup pintar, bisa membuka kait kayu dan masuk ke rumah," katanya. Turahman, 60 tahun, mengatakan monyet tak hanya mengambil makanan di rumah tapi juga merusak tanaman warga. "Mereka sering merusak tanaman dan mengambil nira kelapa," katanya.

Di musim kemarau ini kera semakin liar karena ketersediaan makanan di kawasan hutan Perhutani sudah jarang. "Warga di sini sudah kenyang dengan ulah kera liar. Kera-kera itu sering mengambil makanan, buah-buah, dan nira kelapa. Apalagi di musim kering sekarang ini, pucuk daun muda yang biasanya jadi makanan kera sudah jarang tumbuh dan ditemui," ujarnya. Akibat ulah kawanan kera yang kelaparan itu, tak sedikit warga yang mempunyai pekerjaan sebagai penderes nira kelapa dirugikan. Nira kelapa yang harusnya dapat diolah menjadi gula kelapa, malah sering habis karena diminum oleh kera.

Warga lainnya, Sulam, 41 tahun, mengatakan selama beberapa tahun terakhir warga sudah terbiasa dengan ulah kawanan kera liar tersebut. "Warga sudah terbiasa tiap hari menghadapi ulah kera. Warga harus pandai-pandai ketika harus menanam atau menaruh makanan. Karena kera-kera ini sudah mulai masuk ke pemukiman," ujar pria yang juga menjadi juru kunci Masjid Saka Tunggal. Kepala Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Suyitno mengatakan karena bantuan pakan kera dari pemkab terbilang tak dapat diandalkan, maka mau tidak mau warga setempat harus berkorban makanan untuk para kera.

Padahal, sebagai objek wisata di Banyumas, kompleks Masjid Saka Tunggal dan Taman Kera Cikakak memerlukan banyak dukungan infrastruktur. "Yang jelas kalau soal makanan untuk monyet, warga sudah berkorban banyak. Sayangnya, hingga kini janji perbaikan jalan wisata saja belum terealisasi apalagi untuk penambahan aset wisata. Entah kapan. Padahal, kalau begini warga yang harus terkena dampaknya," Suyitno menerangkan.

Komentar dan harapan : pinter juga nich hewan, semua merasakan kemarau panjang ini, kalau giliran hujan, pada ngeluh banjir...manusia2, ngeluh mulu!!! emoticon-Cape d... (S)

Sumber : Link
mestinya masyarakat dan pemerintah menyiapkan makanan buat monyet
daripada menyerang warga??

monyet juga punya hak
monyet juga warga negara indonesia emoticon-Shutup


Kemarau, Monyet Serbu Rumah untuk Menggasak Makanan (Soft News)

mungkin belum dapet gajian dari babu emoticon-Big Grin

di babu juga lagi krisis
Quote:Original Posted By priyatin
mestinya masyarakat dan pemerintah menyiapkan makanan buat monyet
daripada menyerang warga??

monyet juga punya hak
monyet juga warga negara indonesia emoticon-Shutup




diajarin nyoblos aja biar dapet, nasi kuning ama air mineral!!! emoticon-table
naluri yang lagi lapar emang kayak gitu ya, ga cuma binatang tapi manusia juga, bahkan manusia mungkin lebih sadis
saya dukung monyet jd presiden emoticon-Add Friend (S)
Ayo nih, yg lagi kampanye, cari cara dong biar bisa dapet suara dari monyet..... emoticon-Big Grin
kawan saya td ada yg konfirmasi,intinya mereka minta maaf karna persediaan makanan dihutan juga lg seret,jd sedikit kami ambil dari pihak manusia.
kasihan monyet nyaemoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)




~۞۩ஜ~ Real Project dengan Dividen Saham tinggi (8 - 20 % per Bulan) ~۞۩ஜ~
emang kemarau kali ini seakan-akan panjang banget

belum pernah ujan ampe sekarang
wah,,, negara monyet sudah mulai menyerang emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By halim9082
emang kemarau kali ini seakan-akan panjang banget

belum pernah ujan ampe sekarang


sama gan,,, ane belum pernah ngrasain ujan nih emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By aquapink
wah,,, negara monyet sudah mulai menyerang emoticon-Ngakak


wah,,, negara monyet sudah mulai menyerang emoticon-Ngakak

siapa gubernurnya gan?????
itulah kalo keseimbangan alam tergangu..
yang rugi kite juga kanemoticon-Bata (S)
lebih parah manusia kali gan.
uang rakyat aja diserbu, monyet aja kalah. emoticon-Ngakak (S) mungkin sebutannya undermonkey
Perpaduan panas dan lapar memang berbahaya, ini berlaku juga untuk monyet emoticon-Big Grin
Coba kalo monyet bisa beli AC ,

Gak bakalan dia ganggu warga.
Quote:Original Posted By Khoontol
Coba kalo monyet bisa beli AC ,

Gak bakalan dia ganggu warga.


dipasang nang uwet ta TOL? nyolok kabele nang irung e sopo??? isok ae tol2emoticon-Blue Guy Peace
gitu2 galak juga ya gannn....udah mirip macan atau harimau aja pake nyerang warga sekitar emoticon-Takut (S)
Quote:Original Posted By INCUBATOR
dipasang nang uwet ta TOL? nyolok kabele nang irung e sopo??? isok ae tol2emoticon-Blue Guy Peace



Kalo Kebo bisa di Istana ,

Lhaa lapo Monyet kok gak bisa , In . emoticon-Stick Out Tongue



emoticon-Stick Out Tongue Padahal pinteran kethek timbang Kebo yo In. emoticon-Big Grin
×