alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016472043/hotgunung-lokon-meletus-tinggi-asap-1500-meter
[HOT]Gunung Lokon Meletus, Tinggi Asap 1.500 Meter
HT emoticon-Smilie

[HOT]Gunung Lokon Meletus, Tinggi Asap 1.500 Meter

Quote:VIVAlife - Gunung api Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara kembali meletus. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi telah menyampaikan informasi kepada Posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bahwa Gunung api Lokon meletus pada 15 Sept 2012, pukul 18:53 WITA.

Letusan diawali letusan eksplosif, dengan ketinggian asap 1.500 m dari Kawah Tompaluan. Letusan ini menggetarkan kaca-kaca Pos G Lokon, yang berjarak sekitar 5 km dari Kawah Tompaluan. Disusul, dengan letusan strombolian (lontaran material pijar), dengan ketinggian sekitar 600 m dari kawah Tompaluan.

Sebelumnya, PVMBG Badan Geologi juga sudah menyampaikan peringatan dini bahwa sejak Minggu pagi (15 September) pukul 08.30 WITA, telah terjadi peningkatan kegempaan. Sampai pukul 12.00 WITA, tercatat 56 kali gempa Vulkanik dalam, 91 kali gempa Vulkanik dangkal, dan 11 kali gempa hembusan asap.

Jika peningkatan kegempaan kegempaan Gunung Lokon terus berlangsung dengan ritme yang sama, maka dapat diikuti letusan. Kepala Pusat Data, informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho Kepala Pusat Data, informasi dan Humas BNPB mengimbau agar tidak ada aktivitas masyarakat dalam radius 1.5 km dari Kawah Tompaluan.

Meskipun Gunung api Lokon meletus, status tetap Siaga (level 3). Belum perlu ada pengungsian. Masyarakat diminta tetap tenang dan waspada. Sejak ditetapkan status Siaga pada 24 Juli 2011 oleh PVMBG, Gunung api Lokon beberapa kali meletus dan tidak menimbulkan korban jiwa atau kerusakan yang besar.

Tipikal gunung Lokon memang terjadi peningkatan aktivitas yang cepat dan diikuti meletus, kemudian aktivitasnya menurun hingga periode tertentu. BNPB telah meminta BPBD Sulawesi Utara dan BPBD Kota Tomohon untuk mengambil langkah-langkah antisipasi. (eh)


meskipun belum ada pengungsian atau masih di level 3 tetap saja kita harus waspada,
semoga kejadian di merapi tidak terulang di lokon emoticon-Smilie
Merapi diatas ubun-ubun kosan ane udah mulai aktif juga nih, alamat libur dadakan nih emoticon-Nohope
Letusan Gunung Lokon Terdengar Hingga Manado

[HOT]Gunung Lokon Meletus, Tinggi Asap 1.500 Meter

Quote:VIVAnews - Gunung Lokon di Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara kembali aktif. Bunyi letusan dahsyat gunung itu terdengar hingga ke Kota Manado, pukul 18.53 Sabtu 15 September 2012.

"Letusan gunung di Kota Tomohon itu terdengar hingga ke Kota Manado, padahal jarak Manado dan Tomohon cukup jauh, itu sekitar 35 km" kata Juli warga yang tinggal di Kelurahan Kleak, Kota Manado.

Ketua Pos Pemantau Gunung Lokon, Farit Bina saat dihubungi VIVAnews menuturkan, letusan Lokon diawali dengan letusan eksplosif. Ketinggian asap yang dipantau secara visual setinggi 1500 meter dari kawah Tompaluan.

"Letusan strombolian atau lontaran material pijar dengan ketinggian sekitar 600 meter," kata Farit.

Secara terpisah, Hoyke Makarawung Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi Sulawesi Utara saat dikonfirmasi mengatakan saat ini dilarang adanya aktivitas masyarakat dalam radius 1,5 Km dari kawah Tompaluan.

"Telah ada petugas di lokasi dan masyarakat diimbau untuk tidak beraktivitas dalam radius 1,5 km dan ini sudah dilaporkan ke gubernur. BNPB Sulut tetap berkoordinasi dengan pemerintah pusat serta instansi terkait," kata Hoyke. (eh)


Padahal jarak gunung di Tomohon dengan Manado sekitar 35 kilometer.
Letusan Lokon Belum Ganggu Penerbangan
[HOT]Gunung Lokon Meletus, Tinggi Asap 1.500 Meter
Quote:VIVAnews - Erupsi Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara, tak mengganggu aktivitas penerbangan Bandara Samratulangi Manado, Minggu 16 September 2012. Gunung ini meletus Sabtu malam kemarin.

Letusan eksplosif gunung itu mengeluarkan asap setinggi 1.500 meter dan gemuruhnya terdengar hingga Kota Manado. Alan Pusung, Kepala Bidang Humas Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado, menjelaskan semburan gunung Lokon belum mengganggu penerbangan dan operasional bandara. "Pesawat tiba dan berangkat tetap normal," kata Alan.

Ketua Pos Pemantau Gunung Lokon, Farid Bina, mengatakan hembusan abu vulkanik sudah menipis. "Sekitar 50 meter semburannya dari kawah Tompaluan," kata Farid.

Meski begitu, aktivitas gunung tersebut masih intensif, ditandai dengan tingginya frekuensi kegempaan. "Terekam di alat tremor vulkanik, tercatat dalam angka tremor, amplituda 5 sampai 7 mm," jelasnya.

Hingga kini, status Gunung Lokon masih dinyatakan "Siaga" atau ada di level III. Pemerintah setempat melarang warga beraktivitas di radius 2,4 kilometer dari gunung.

Hoyke Makarawung, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Provinsi Sulawesi Utara, mengungkapkan saat ini belum ada warga mengungsi akibat letusan gunung. "Namun warga tetap waspada dan kami tak mengijinkan ada aktivitas dalam radius yang direkomendasikan pos pemantau." (kd)



Meski abu vulkanik menipis, aktivitas Gunung Lokon masih tinggi.
Quote:Original Posted By 123qwerty123
Merapi diatas ubun-ubun kosan ane udah mulai aktif juga nih, alamat libur dadakan nih emoticon-Nohope


posisi gw di bantul, belom ada kabar sih.. ya semoga aja aman ya gan emoticon-norose

Quote:

Tembok Rumah Retak Usai Letusan Gunung Lokon

VIVAnews - Letusan Gunung Lokon semalam, Sabtu, 14 September 2012, membuat banyak dinding rumah warga retak dan kaca jendela pecah berantakan. Hingga saat ini warga dilarang beraktivitas dalam radius 2,4 kilometer dari pusat kawah Tompaluan.

Akibat letusan itu, abu vulkanik menyelimuti atap rumah warga di kota Tomohon, Sulawesi Utara. Salah satu warga yang juga memiliki penginapan, Meydi, menjelaskan letusan Gunung Lokon mengagetkan warga. "Letusan Lokon tadi malam sangat keras terdengar, hingga kaca penginapan bergetar. Getarannya cukup lama. Kami sangat kaget," ujarnya kepada VIVAnews.

Senada dengan Meydi, warga kota Tomohon Jemmy, menjelaskan letusan Gunung Lokon sempat memecahkan kaca setebal 0,5 cm. Tembok rumahnya juga retak gara-gara letusan itu. "Letusannya sampai membuat kaca pecah," ujarnya.

Petugas Pos Pemantauan Gunung Lokon, Farid Bina, menjelaskan usai meletus tadi malam, hingga hari ini aktivitas gunung masih intensif. Hal ini ditandai dengan tingginya frekuensi kegempaan. "Terekam di alat tremor vulkanik, tercatat dalam angka tremor, amplitudo 5 sampai 7 mm," kata dia.

PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) masih menetapkan status Gunung Lokon "Siaga" atau ada di level III. Seperti diketahui, Gunung lokon meletus Sabtu kemarin pukul 18.53 WITA. Dentumannya yang dahsyat terdengar sampai Kota Manado. Padahal, jarak Kota Tomohon dan Kota Manado berjarak sekitar 35 km.
Quote:Original Posted By 123qwerty123
Merapi diatas ubun-ubun kosan ane udah mulai aktif juga nih, alamat libur dadakan nih emoticon-Nohope


itu makanya sekarang dikebut bikin barak pengungsinya, kayaknya sih meletup lagi ini (meskipun katanya normal kemaren) emoticon-Nohope
Quote:Original Posted By mrjack
posisi gw di bantul, belom ada kabar sih.. ya semoga aja aman ya gan emoticon-norose


iya nih,, belom ada kabar apa2 tentang merapi,,
Quote:Original Posted By eugen
itu makanya sekarang dikebut bikin barak pengungsinya, kayaknya sih meletup lagi ini (meskipun katanya normal kemaren) emoticon-Nohope

untung gw belom maen ke kaliurang emoticon-Nohope
tiba tiba duar habis gw emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By caddrafter
iya nih,, belom ada kabar apa2 tentang merapi,,


he eh, bingung.. kurang informasi apa ya emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By eugen
itu makanya sekarang dikebut bikin barak pengungsinya, kayaknya sih meletup lagi ini (meskipun katanya normal kemaren) emoticon-Nohope


oooo...makanya kemarin ada yg kebelet beli tenda VIP....emoticon-Malu (S)



mikiro lan makaryo ojo muk sendiko
Quote:Original Posted By 0ralucu


oooo...makanya kemarin ada yg kebelet beli tenda VIP....emoticon-Malu (S)



—mikiro lan makaryo ojo muk sendiko™


tenda ladang ibadah ya mbah emoticon-Malu (S)

semoga gunung lokon gak seperti merapi emoticon-Frown
ngeri sangat pict nya.. emoticon-Takut
itu asli apa sekedar ilustrasi om emoticon-Takut























om
Quote:Original Posted By ngintip.oye
ngeri sangat pict nya.. emoticon-Takut
itu asli apa sekedar ilustrasi om emoticon-Takut









om

asli emoticon-Takut (S)

gw juga heran masih belom ada pengungsian emoticon-Takut (S)
semoga penanganan bencana kita tidak amburadul ...................

tetap siaga emoticon-army:
Quote:Original Posted By Ryuu..
semoga penanganan bencana kita tidak amburadul ...................

tetap siaga emoticon-army:


yang terpenting tetap ada bilik cinta dong yu emoticon-Big Grin
semoga gak terjadi hal-hal yang lebih buruk dari yang udah terjadi sekarang emoticon-Berduka (S)
kemaren2 ada aktifitas matahari, lsg banyak gempa n gunung meletus.

apakah berhubungan emoticon-Blue Guy Peace
Quote:Original Posted By mjbr
semoga gak terjadi hal-hal yang lebih buruk dari yang udah terjadi sekarang emoticon-Berduka (S)

amin amin emoticon-Kiss (S)

Quote:Original Posted By kolakola
kemaren2 ada aktifitas matahari, lsg banyak gempa n gunung meletus.

apakah berhubungan emoticon-Blue Guy Peace


gak tau secara ilmiah bagaimana menjelaskannya om emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By mrjack
yang terpenting tetap ada bilik cinta dong yu emoticon-Big Grin


kalau itu mah gunung atas dan bawah ikut meletus juga emoticon-Malu
Quote:Original Posted By Ryuu..
kalau itu mah gunung atas dan bawah ikut meletus juga emoticon-Malu


soalnya aspek penting yang kadang terlupakan lho itu emoticon-Big Grin
semoga jangan sampe ada korban jiwa.

Quote:Original Posted By 123qwerty123
Merapi diatas ubun-ubun kosan ane udah mulai aktif juga nih, alamat libur dadakan nih emoticon-Nohope


merapi udah aktif lagi ya?