alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016468323/pic-sebuah-masjid-baru-berarsitektur-cantik-berdiri-megah-di-puncak-bogor
[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor
[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

Spoiler for ini foto-foto cantik lainnya dari masjid Al Muqsith Puncak, Bogor:


Satu Lagi Masjid Keren, Masjid Al Muqsith di Kawasan Puncak
Selain Atta'awun!
Jumat, 14/09/2012 12:34 WIB

Bogor - Tidak cuma Masjid Atta'awun yang memukau dari kawasan wisata Puncak, Jawa Barat. Sebenarnya masih ada satu lagi masjid unik yang melengkapi kecantikan Puncak. Beberapa waktu lalu, detikTravel melakukan perjalanan menuju Bandung. Karena menggunakan motor, saya dan seorang teman memilih Puncak, Bogor sebagai rute perjalanan. Awal perjalanan tidak ada macet yang menghadang. Namun sayang, sesampainya di Gadog, antrean kendaraan macet mulai terjadi.

Jam di tangan sudah menunjukkan sekitar pukul 14.00 WIB. Karena belum salat Zuhur, kami teman memutuskan untuk singgah terlebih dahulu di sebuah masjid. Awalnya, Masjid Atta'awun menjadi pilihan kami untuk singgah dan beristirahat sejenak. Tidak terburu-buru, kami tetap menikmati secuil udara sejuk di tengah kemacetan Jalan Raya Gadog. Maklum saja, ini belum sampai Puncak Pass jadi wajar kalau udaranya agak panas.

Setelah sampai di depan jalur menuju Taman Safari, Cisarua, barulah kami terlepas dari kemacetan. Beban yang cukup berat dalam tas ransel, membuat pinggang dan kaki terasa pegal. Nah, tidak jauh dari jalur ini ada sebuah masjid putih dengan desain yang tidak biasa. Ya, masjid tersebut memiliki bentuk yang terbuka dan terlihat menggunakan tenda putih nan kokoh sebagai atapnya. Tanpa pikir panjang, motor kami rapatkan ke parkiran masjid.

Wuussh! Semilir angin nan sejuk menyapa kedatangan kami. Masjid Al Muqsith, begitulah yang tertulis di pilar depan masjid. Tidak hanya itu, dingin yang menusuk cukup membuat saya terkejut ketika menginjakan kaki di lantai masjid. Beberapa ibu-ibu yang sedang mengantar anak-anaknya mengaji, menoleh melihat saya menggigil. Sedikit mempercepat langkah, saya langsung duduk di karpet masjid. Rasanya malas untuk bersentuhan dengan air di masjid ini. Akhirnya, kami pun bergantian salat karena harus ada yang menjaga barang-barang.

Selama menunggu giliran saya memperhatikan bentuk masjid yang berada di Jalan Raya Puncak KM 83, Bogor. Kalau dari arah Jakarta Anda bisa melihat masjid ini di sebelah kiri jalan. Pada dinding di sebelah bedug terdapat sebuah prasasti peresmian yang melekat pada dinding masjid. "2 April 2009 Masjid Al Muqsith diresmikan oleh Ketua Umum PBNU KH A Hasyim Muzadi" begitu sedikit keterangan yang tertulis.

Ternyata masjid ini baru 'berumur' sekitar tiga tahun. Pantas saja, desain arsitekturnya sangat modern, minimalis, dan unik. Kenyataannya masjid yang dibuat oleh Yayasan Adnyadna Jawa Dwipa ini punya tiga lantai. Lantai pertama yang berada di kolong masjid berfungsi sebagai tempat wudhu pria dan wanita, sedangkan lantai dua dan tiga untuk ruang salat pria dan wanita. Kalau umumnya masjid memiliki kubah di bagian atasnya, Al Muqsith justru memasang tenda yang mirip seperti payung sebagai atapnya. Nuansa hitam dan putih pada dinding masjid semakin menimbulkan kesan minimalis.

Saat menaiki lantai dua masjid, ternyata ada anak-anak kecil yang sedang belajar mengaji. Mendengar penjelasan dari seorang ibu yang menunggu anaknya, Ikah, ternyata, pukul 14.30 sampai sore masjid juga digunakan sebagai Taman Pendidikan Al Quran (TPA) anak-anak usia 4-8 tahun."Setiap sore, memang selalu ada pengajian. Di sini juga kalau siang selalu ramai sama yang mau ke Puncak," ucapnya.

Suasana semakin syahdu ketika lantunan surat Al Fatihah menyatu dengan belaian lembut angin yang berhembus. Dari atas masjid, saya juga bisa melihat panorama cantik pegunungan. Ya, saya bisa leluasa melihat keindahan alam sekitar dari dalam Al Muqsith.

Berbeda dengan Atta'awun yang bisa membuat wisatawan tercengang karena biaya parkirnya, di Al Muqsith pelancong bebas parkir dan hanya dikenakan biaya parkir seikhlasnya. Apalagi di sekitar masjid ini banyak terdapat pedagang cemilan, seperti gorengan, es buah, bakso, dan lain-lain. Punya rencana berakhir pekan ke daerah Puncak, Jawa Barat? Jangan lupa sempatkan singgah untuk salat atau sekadar meluruskan kaki di masjid 'tenda' Al Muqsith.
[url]http://travel.detik..com/read/2012/09/14/123423/2019030/1383/satu-lagi-masjid-keren-di-kawasan-puncak-selain-attaawun?9933011024[/url]

-----------------

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

Masjid yang indah, suasana Puncak yang dingin dan syahdu, bikin masjid ini sangat cocok untuk anak-anak muda yang akan melangsungkan pernikahannya di masjid ini
alhamdulillah masjidnya bagus euy...
semoga suatu saat gw bisa sholat disana...emoticon-Big Grin
bagus, suasananya keknya adem tuh emoticon-Smilie

semoga vbot rajin sholat
Masya Allah
cantik masjidnya gan emoticon-Belo
yahhh... calon bini ane kok dipasang gan...

maluuu atuh...

emoticon-Hammer2


kalau hujan angin... bisa kemasukan air yah....?
allahu ekber,,, cantiknyeee masjidnye
Woman Mosque, Sakirin Mosque Turkey,
the Beatiful Mosque on Islam Modern Architecture


[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor
Sang Arsitek, Zeynep Fadillioğlu


Masjid Şakirin (shah-KEER-een) terletak di Turki. Masjid ini dirancang oleh seorang arsitek wanita dari Turki yang bernama Zeynep Fadillioğlu. Masjid ini dibangun untuk menghormati almarhumah seorang ibu dari keluarga besar Şakirs.


[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor
The Şakirin Mosque from its entry gate


Masjid yang berbentuk Dome yang diapit oleh dua menara ini mempunyai desain interior yang sangat menawan. Hal pertama yang menarik perhatian gw ketika melihat masjid ini adalah lampu gantungnya yang terbuat dari kaca. Bentuknya seperti tetesan air, tergantung di langit-langit. It's super cool!


[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor
Looking up the stairs to the balcony

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

Mimbar dan Mihrab
Yang nggak kalah kerennya lagi adalah mimbar / mihrab nya. Unik, karena untuk ke mimbar / mihrab nya ini, kita harus menaiki beberapa step anak tangga dulu. Lalu space nya yang kecil, membuat mimbar / mihrabnya ini bener-bener terlihat spesial, khusus lebih tepatnya.



[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor
Penampakan dari balkon


Lalu di bagian dindingnya, dipadukan antara material kaca dan dindingnya yang bolong-bolong, entah apalah namanya (gue lupa), yang terdiri dari pola lingkaran dan segi delapan. Di bagian langit-langit dan balkonnya, banyak kaligrafi Arab yang menawan, yang menciptakan rasa religius bagi masjid ini.



[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor
An exterior view of the mosque


After marveling at the elegant exterior design of the mosque, one enters the courtyard to see a dome-like fountain that reflects the fluted roofs surrounding it.

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor
The fluted roof surrounding the courtyard…


[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor
…and the domed fountain that reflects its image.


As you enter the mosque itself, the first thing that catches your eye is the mihrap, the niche that indicates the direction of mecca. The Şakirin mihrap is a golden niche surrounded by a bold, turquoise tulip-shaped frame.
I was particularly taken with the mahfili, what we would consider the pulpit. Often a centerpiece in classical mosques, this one seemed to flow smoothly from the floor to the glass windows above the back wall. It was molded in what looked like a beige marble, covered with what I thought were Arabic letters. As I drew closer, though, I realized that the pattern was actually an intricate design of dried flowers, again pulling the natural world into the mosque’s interior.

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

A man and a woman prays beside the mahfili, the mosque’s stylized “pupit”

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor
A close-up of the dried floral designs gracing the mahfili


And then there’s the chandelier. Oh, my goodness! Hundreds of blown glass droplets hang from a circular flowing arrangement of Arabic lettering and clear plastic calligraphy-like designs. I can’t wait to return in the evening to see the dome and interior of this stunning mosque lit by that myriad of glass droplets.

[img]http://amershon.edublogs.org/files/2009/05/sakirin-mosque.jpg
A magical chandelier reflects both light and color inside the airy mosque.

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor
Glass droplets hang from the swirling chandelier


Of course, there has been controversy over this new mosque. Fadillioğlu admits that she expected problems during the construction of the mosque, and she was pleased when nothing came up. Since its opening, however, a number of Islamic traditionalists have spoken out against a woman “overstepping” her position in Islamic society. Many refuse to set foot in a mosque designed by a woman, but while we were there a number of traditionally dressed worshippers prayed in the sanctuary. Many Turks applaud this progressive step and look forward to women becoming more involved in Islamic worship. I sure do.

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor

[PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor
Designer Zeynep Fadillioğlu in her stunning Şakirin Mosque.

original picture source:
http://amershon.edublogs.org/2009/05...womans-mosque/
http://www.ittaleem.com/showthread.php?t=86702
source: http://putrikumalasari.blogspot.com/...ul-mosque.html
tanda" akhir jaman kali yah
masjid" pada megah" emoticon-Belo
masjidx bagus gan, ud lama kalo ga salah itu..

Saudara ane akad nikah disana..
Semoga saja kemegahan mesjid ini disertai dengan banyaknya yang memakmurkannya...

Benar kata rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam
Subhanalloh, Allohumma Sholli 'Alaa Muhammad...
Semoga Alloh mencurahkan hidayah bagi kita semua...Amiin
Quote:Original Posted By Cyberphreak
tanda" akhir jaman kali yah
masjid" pada megah" emoticon-Belo

kalau tanda2 akhir jaman dari dulu juga udah keliatan..
manusia semakin lama semakin kaya...banyak gedung2 pencakar langit yang seakan-akan ingin menandingi tingginya gunung...dll
emoticon-Big Grin




masjid yang di turki ya allah...bagus banget...emoticon-Belo
bener-bener pengen ngerasain sholat jamaah disana...
bening gan mesjidnya apalagi yang berjilbab emoticon-Matabelo
moga aja makin betah itikaf di masjid emoticon-Smilie
mesjid dibangun bagus-bagus tapi dipergunakan untuk orang pacaran nongkrong buat apaan. Yang ada mengundang murka Allah aja.

Emang orang kalau sudah pacaran sudah macam binatang saja, tidak ada punya malu lagi, sampai lingkungan mejidpun dijadikan tempat pacaran.
subhanallah..keren banget nih yang di turki ama yang di puncak, jadi pengen kesana buat akad nikah emoticon-Big Grin
bagus agan masjidnya...

Thread: [PIC] Sebuah Masjid Baru Berarsitektur Cantik, Berdiri Megah di Puncak-Bogor Reply to Thread
masjidnya keren gan,,,unik elegan gitu
klo menurut ane sich bagus itu gk terlalu penting, yg penting jama'ahnya banyak gk cuma ada imam, mu'adzin n tiang masjid hehe
konsepnya modern banget gan, keren dah ane salut emoticon-thumbsup:
Cocok untuk pernikahan, cocok juga untuk nikah lagi dan cerai lagi

fibot pengen nikah-cerai gak? emoticon-Ngakak