alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016465546/aplikasi-asal-bandung-yooi-bisa-sms-tanpa-mengetik
Thumbs up 
[Aplikasi Asal Bandung] Yooi, Bisa SMS Tanpa Mengetik
[Aplikasi Asal Bandung] Yooi, Bisa SMS Tanpa Mengetik

Pengembang aplikasi asal Bandung, Jawa Barat, telah membuat sebuah aplikasi ponsel yang memungkinkan penggunanya bisa berkomunikasi sms maupun panggilan telepon tanpa harus menyentuh perangkat.

Dengan kemampuannya itu, Yooi, akan sangat membantu bagi pengguna yang tengah mengemudikan mobil karena sms dapat dilakukan hanya dengan perintah suara.

Sepintas, aplikasi itu mirip dengan teknologi pengenal suara Apple iPhone Siri. Perbedaanya, iPhone Siri harus tetap terhubung online ke server Apple sedangkan aplikasi Yooi langsung tertanam pada perangkat.

"Kalau Siri membutuhkan waktu sekitar satu menit untuk merespon perintah karena harus terhubung ke Internet dan itu belum kalau sinyalnya jelek. Tapi, aplikasi ini hanya butuh 10 detik untuk merespon perintah tanpa terhubung ke Internet," kata Kepala Pengemang Aplikasi Yooi, Suyanto, ketika berpartisipasi dalam Indonesia ICT Award (INAICTA) 2012 di Jakarta pada Jumat (14/9).

Suyanto mengatakan aplikasi lokal itu dapat meminimalisir gangguan-gangguan ketika kita sedang berkendara atau sedang rapat. Uniknya, aplikasi memuat kosakata bahasa daerah seperti bahasa Sunda, Jawa, Batak, Tegal dan Betawi selain bahasa utama Indonesia.

Suyato memperagakan, "Anda tidak perlu repot-repot mengetik, cukup dekatkan ponsel pintar ke mulut anda dan ucapkan 'maaf saya sedang di jalan, nanti saya hubungi kembali atau saya sedang rapat'. Lalu anda bilang kirim ke nama yang dituju misal Budi. Maka pesan secara otomatis akan tertulis di layar pesan teks dan langsung terkirim ke Budi."

"Aplikasi ini dapat meminimalisir gangguan-gangguan yang menggangu fokus ketika sedang berkendara mobil," kata Dosen jurusan Artificial Intellegence di STT Telkom, Bandung Sayangnya, aplikasi itu baru menyimpan sekitar seribu kosakata yang hanya bersifat darurat seperti ketika mengemudi mobil atau berada di dalam rapat. Untuk saat ini, belum dapat digunakan untuk mengetik pesan atau catatan yang terdiri dari banyak kata.

"Untuk saat ini memang masih terbatas ketersediaan kosakatanya tapi kami masih akan terus mengembangkan. Para pengguna bisa menambahkan sendiri kata-kata yang diinginkannya. Aplikasi ini tidak menyediakan bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya, asli Indonesia," katanya.

"Untuk penambahan perbendaharaan kosakata daerah, kami akan menggandeng komunitas kedaerahan untuk bersedia memasukan kosakata daerahnya ke database aplikasi ini," katanya.

Meskipun demikian, aplikasi ini bisa menangkap perintah di tempat yang bising sekali dan mengatur kecepatan suara. Untuk mendapatkan aplikasi itu, anda bisa mengunduhnya di Google Play.

"Kata Yooi diambil dari kata-kata yang umum digunakan masyarakat yang berarti iya," kata Jeffry Adityatama, salah satu staf pengembang.


SUMBER

Nih gan....video demo-nya....[khusus utk android gan]

youtube-thumbnail


keren....aplikasinya memuat bahasa daerah pula...emoticon-2 Jempol
Wuahh ... makin canggih saja ya. emoticon-Belo

Ada link aplikasinya nggak Nu ,
Biar bisa dicoba.
Siri 1 menit?itu mah inetnya aja lemot
Keren pasti.

Tapi, masalahnya mana linknya? emoticon-Big Grin

Trus, lucunya kalo lagi berdesah gitu, gimana nanti hasilnya ya di dlm teksnya itu, misal, "oh yes ishh isshh ummmhh oh no yeah yeah" emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By Khoontol
Wuahh ... makin canggih saja ya. emoticon-Belo

Ada link aplikasinya nggak Nu ,
Biar bisa dicoba.


wah...belum nemu om...mungkin om bisa bantu cariin...emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By ibnutiangfei
wah...belum nemu om...mungkin om bisa bantu cariin...emoticon-Hammer2



Walahh ... Ibnu yang pinter saja belum bisa nemukan ,

Apalagi aku Nuuuu .... emoticon-Ngacir
nih pasti bikinnya pake android, yg memang udah ad contoh aplikasinya tentang voice to text tinggal nambah bikin databasenya doank n ngembangin dikit emoticon-Big Grin
kalau ada link lebih bagus lagi gan
jadi penginn nyobain
Quote:Original Posted By Khoontol
Wuahh ... makin canggih saja ya. emoticon-Belo

Ada link aplikasinya nggak Nu ,
Biar bisa dicoba.


Quote:Original Posted By dhiyaa
kalau ada link lebih bagus lagi gan
jadi penginn nyobain


link-nya....www.yooi.us..........tapi masih under construction gan....emoticon-Big Grin
ane nyumbing ngan.. bisa ngak muat oang nyumbing?
Quote:Original Posted By secondclass
nih pasti bikinnya pake android, yg memang udah ad contoh aplikasinya tentang voice to text tinggal nambah bikin databasenya doank n ngembangin dikit emoticon-Big Grin


ngembangin dikit gmn gan?
kayanya yang dikembangin banyak, kecuali mereka pake teknologi siri / s-voice punya apple dan samsung emoticon-Big Grin

di market ko belom ada ya?
Jangan lupa dengan bahasa prokem nya milik anak muda. emoticon-Big Grin

Selamat deh atas inovasinya.

Kalau bisa, ponsel tersebut bisa inet tanpa batas emoticon-Hammer
android gw bisa kok kirim pesen dari suara, tinggal setting bahasanya mo inggris apa indonesia...
Quote:Original Posted By samrus
ngembangin dikit gmn gan?
kayanya yang dikembangin banyak, kecuali mereka pake teknologi siri / s-voice punya apple dan samsung emoticon-Big Grin

di market ko belom ada ya?

dikit karena di tiap android juga ada voice recognize macem gitu, "tinggal" disesuaikan aja sama suara orang sini
iyah sama kaya mesin pencari google d androit ye, tinggal ngomong doang ntar d cari, brarti nih tinggal otak atik databasenya yah...emoticon-Big Grin
tetep ajua sms pas nyetir bahaya, gak dianjurkan
Walau kampus nggak terkenal, tapi orang STT selalu dimana - mana. BTW, pak Suy ini orangnya emang jago, nggak kalah inovatif sama mahasiswa.
wah pak suyanto dosen AI gw dulu..emoticon-Belo
beliau emang top...
mana dosennya baik pula...emoticon-thumbsup:


ralat gan...bukan STT Telkom lagi namanya tapi IT Telkom...emoticon-Big Grin
aplikasinya keren ini..emoticon-I Love Indonesia (S)
keren banget, kalo di mobil kan jadi gak ribet lagi emoticon-Big Grin
sistemnya gimana nih
bahasa yang diapakai bahasa normal atau gaul juga bisa? emoticon-Ngakak (S)

penasaran gimana ngatasin noise nya
nih linknya
http://www.bestappsmarket.com/p/app?...-sms-dictation

Yooi adalah aplikasi berbasis smartphone Android untuk menulis SMS menggunakan suara. Aplikasi ini memungkinkan pengguna menulis dan mengirim SMS menggunakan suara, tanpa perlu mengetik dengan keyboard. Yooi di desain khusus untuk pengguna yang berbahasa Indonesia. Yooi mampu mengenali suara penggunanya kemudian ditampilkan ke dalam bentuk teks tanpa harus terhubung koneksi Internet (offline). Mengingat keterbatasan memory smartphone, maka Yooi difokuskan untuk mengenali hanya sekitar seratusan kalimat yang sering digunakan pada kondisi darurat, misalkan ketika pengguna sedang ruang rapat, di tepi jalan, di terminal, stasiun dan tempat umum lainnya. Ketika sedang menyetir mobil atau motor yang membutuhkan konsentrasi, sebaiknya pengguna menepi sebentar dan bisa membalas SMS secara cepat menggunakan suara. Contoh kalimat: 'Mohon maaf, saya sedang di jalan.', 'Tunggu sebentar.', 'Sorry, gue lagi nyetir.', 'Aku lagi meeting.', '10 menit lagi ya.', 'Nanti aku telpon.', dan sebagainya.
Agar fitur pendiktean SMS bisa bekerja, anda harus download file pelengkapnya di [url]www.yooi.us[/url]

Fitur Yooi:
- Perintah mengetik dan mengirim SMS menggunakan suara. Cukup ucapkan 'kirimkan' atau 'kirimkan pesan' untuk mengirimkan sebuah SMS
- Bekerja secara offline dan tidak memerlukan koneksi internet sehingga pengguna tidak perlu khawatir kehabisan pulsa untuk akses data
- Menyediakan template pesan untuk SMS lebaran (idul fitri)
- Pengaturan keadaan lingkungan pengguna, bising atau sunyi dengan durasi bicara yang cepat atau lambat
- Pengaturan ukuran kosakata, kecil hingga sangat besar, sesuai dengan spesifikasi smartphone. Kosakata kecil bisa mengenali 100-an kata, sedang untuk 200-an kata, besar untuk 300-an kata.
- Singkatan dan Simbolisasi. Kata “lagi” disingkat “lg”. Emoticon-senyum disimbolkan “:-)”. Anda bisa melihat dan meng-update singkatan dan simbol yang terdapat pada file Yooi.sym yang terletak pada folder Yooi.
- Akses phonebook menggunakan suara. Saat ini baru sedikit nama kontak yang tersedia. Silahkan kunjungi [url]www.yooi.us[/url] untuk penjelesan lebih jauh.

*situs yooi nya lagi ada galian