alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016461744/sembrono-tuding-kerohanian-islam-rohis-sarang-teroris-metro-tv-menuai-protes-luas
Sembrono Tuding Kerohanian Islam (ROHIS) Sarang Teroris, Metro TV Menuai Protes Luas!
Sembrono Tuding Kerohanian Islam (ROHIS) Sarang Teroris, Metro TV Menuai Protes Luas!

Metro TV Terus Menunai Protes soal Rohis Sarang Teroris
Sabtu, 15 September 2012 10:12 WIB

TRIBUNNEWS.COM - Stasiun televisi Metro TV terus menuai protes. Setelah "kampanye" protes dan ancaman somasi beredar melalui jaringan Twitter, kali ini melalui pesan berantai BlackBerry Messenger (BBM). Metro TV menuai kecaman karena dalam satu tayangannya menyebut Rohani Islam atau Rohis sebagai pintu masuk teroris di sekolah-sekolah. Islam atau Rohis sebagai pintu masuk teroris di sekolah-sekolah.
http://www.tribunnews.com/2012/09/15...sarang-teroris

MUI: Rohis Bukan Sarang Teroris
Sabtu, 15 September 2012, 10:58 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG--Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Lampung mengecam pemberitaan salah satu stasiun televisi swasta nasional tentang kegiatan rohani Islam (Rohis) di sekolah dan kampus. Dalam siaran terserbut, Rohis disebut sebagai sarana pembentukan teroris muda. "Bagaimana mungkin, organisasi yang memiliki peran besar dalam menyelamatkan pemuda agar memiliki pribadi yang berkarakter, justru dinyatakan sebagai tempat pembentukan teroris," kata Ketua MUI Lampung, Drs H Mawardi AS, di Bandarlampung, Sabtu (15/9).

Dia minta media televisi tersebut segera meralat pemberitaan tersebut, karena dapat membentuk opini menyesatkan bagi masyarakat luas. "Justru saya lihat lewat Rohis itulah anak-anak muda mulai mengerti dan memahami ajaran agamanya dengan baik, belum tentu orang tua mereka memberikan pendidikan agama yang baik dan diperlukan mereka," ujar dia lagi.

Berkaitan marak aktivitas teroris yang diindikasikan menyusup dalam kegiatan umat Islam, MUI meminta kepada masyarakat tidak mengeneralisir bahwa Islam dan Rohis di dalamnya semua telah melakukan kegiatan yang menyesatkan. "Kita harus bisa selektif dengan organisasi yang berkedok agama untuk kegiatan terorisme seperti itu, tapi tidak dibenarkan juga menyamaratakan organisasi keagamaan itu semuanya sebagai sarang teroris," kata Mawardi.

Mantan aktivis Bimbingan Rohani Mahasiswa (Birohmah) Universitas Lampung (Unila), Sabiq, juga menyayangkan adanya pemberitaan tersebut, karena hal itu akan menimbulkan pemikiran skeptis yang buruk terhadap organisasi keagamaan pemuda dan remaja Islam dimaksud. "Kami mengajak seluruh masyarakat untuk mengirimkan protes atas pemberitaan tersebut ke Komisi Penyiaran Indonesia," kata dia.
http://www.republika.co.id/berita/na...sarang-teroris

Penjelasan Metro TV Soal Rohis dan Teroris
Sabtu, 15 September 2012 17:59 WITA

TRIBUN-TIMUR.COM -- Melalui websitenya, [url]www.metrotvnews.com[/url], Metro TV memberikan penjelasan terkait banyaknya sorotan mengenai berita teroris muda. Berikut penjelasannya:

Sehubungan dengan maraknya twitter dan SMS yang menyampaikan kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) bahwa Metro TV bersalah dengan menyebut Rohis sebagai sarang teroris, dengan ini ditegaskan bahwa Metro TV tidak pernah menyebutkan hal tersebut.

Pada 5 September 2012, Metro TV mengadakan dialog di program Metro Hari Ini bersama narasumber Guru Besar Universitas Islam Negeri Jakarta Profesor Bambang Pranowo, mantan Kepala Badan Intelijen Negara Hendropriyono dan pengamat terorisme Taufik Andri.

Dalam dialog tersebut Profesor Bambang Pranowo menyampaikan hasil penelitiannya bahwa ada lima pola rekrutmen teroris muda. Salah satunya melalui ekstrakurikuler di masjid-masjid sekolah. Saat dialog berlangsung, ditayangkan info grafik berisi poin-poin lima pola rekrutmen versi Profesor Bambang Pranowo.

Memang redaksi tidak menyebutkan sumber dari info grafik tersebut yang kemudian menimbulkan tafsir bahwa lima pola itu bersumber dari Metro TV. Untuk itu, Metro TV meminta maaf karena telah menimbulkan kesalahpahaman.

Metro TV kembali ingin menegaskan bahwa tidak benar jika dikatakan telah menyebutkan Rohis sebagai sarang teroris. Ketiga narasumber yang hadir juga tidak pernah menyebutkan bahwa Rohis adalah sarang teroris dalam dialog tersebut. Metro TV segera menyampaikan surat resmi dan tayangan lengkap ke KPI dan Dewan Pers. Terima kasih.
http://makassar.tribunnews.com/2012/...is-dan-teroris

---------------

Sembrono Tuding Kerohanian Islam (ROHIS) Sarang Teroris, Metro TV Menuai Protes Luas!

Itulah akibat kebiasaan suka bikin dan sebar pemberitaan berbau provokator! Makanya enak aja menuding pihak lain tanpa mengindahkan kaidah profesionalisme jurnalisme. Buat info-grafik itu seharusnya menyebutkan sumber beritanya atau referensinya. Lihat itu tivi CNN, BBC atau NBC atau FOX. Mereka semua tak pernah kelupaan menaruh sumber berita dari info grafik yang sedang mereka tayangkan. Biar kapok, agar tidak semberono dan agar selalu bersikap professional, adukan saja ke KPI atau ke polisi. Bawa saja ke ranah hukum.
emang bisa rekrutnya dari mana lagi selain dari anak2 yang pola pikirnya memang jenis2 gitu?

masa anak basket mau jadi teroris. emoticon-Ngakak (S)

hmm, tp kali aja ada sih. ane tunggu laporan metro tv tentang anak basket aja.
terus gw harus bilang wow gtuh emoticon-Belo
astaghfirullah

itu berita gak pake otak apa yah?

asal tuding kayak gitu
emang yg mati ditembakin itu mantan rohis.

dari dulu rohis2 jadi sasaran NII KW9 yg dipelihara badan intelijen.



klo pemred masih jurnalis senior spt elman saragih nggk bakalan keluar berita spt ini. metro tipi juga bikin keputusan konyol rekrut jurnalis ingusan jadi pemred. demi sensasi malah konyol kyk tvone.
di fb lagi "banyak advokat" rohis.....wkwkwkwk, ABG sekarang kreatif2
jadi inget waktu smu dulu ane diajakin bikin negara Islam sama anak2 rohis
memang gak semuanya dan gak semuanya mau
tapi bukan berarti tidak mungkin dan tidak masuk akal karena cara2 tersebut dilakukan kelompok tertentu menjaring calon2 pengantinnya.
tergantung siapa pembina rohisnya
kalo pembina rohisnya berdasar Alquran dan sunnah sesuai pemahaman salaf, bagus.
kalo pembinanya dari parpol, jelas arahnya kemana
kalo pembinanya dari khawarij, dijamin ....
kalo pembinanya dari ahlu lainnya ya terserah anda
aduhh si Metro TV emang sering kaya gini gan, suka2 gak hati-hati nulis laporan beritanya. Kan kalo kaya gini lagi, beribet lagi urusannya jadi panjang ckckck emoticon-Cape deeehh
Quote:Original Posted By halim9082
astaghfirullah

itu berita gak pake otak apa yah?

asal tuding kayak gitu


koq bisa ya metro tv kayak gitu,,
biasain kalo bikin thread tuh di cek dulu repost apa kagak!!! udah ada banyak mih thread nya.. ngotorin bp aje lu!!!!emoticon-Mad:
Quote:Original Posted By fothermucker
biasain kalo bikin thread tuh di cek dulu repost apa kagak!!! udah ada banyak mih thread nya.. ngotorin bp aje lu!!!!emoticon-Mad:


biasa malam minggu, lagi Galau.... trit close aja dech!!!! emoticon-Blue Guy Peace
pelajaran buat media, berhati hatilah dalam mewartakan informasi. memang sebelumnya pengamat teroris di Asia Tenggara, Sydney Jones pernah menyarankan agar hati2 ama rohis, tapi berita metro tv yg ini hanya membuat statement ttg rohis di Indonesia bahwa komunitas Islam itu adalah ancaman buat negara. waktu magang di sebuah kantor media, ane pernah dikasih tauin ama jurnalis di sana bahwa dalam mewartakan tak bisa berasumsi, harus diamati dulu. apakah berita ttg rohis itu emang hasil pengamatan Metro TV di lapangan ato kutipan dari sumber?



Metro TV offside....

Tendangan Bebas buat....emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Sembrono Tuding Kerohanian Islam (ROHIS) Sarang Teroris, Metro TV Menuai Protes Luas!
Berita gak pake otak begini jadinya....., Media gak pernah belajar jadinya GOBLOK [removed]void(0);
parah tuh, nanti yang masuk rohis jadi dikit, jadi remaja jauh dah sama agama,
metro tv sama tv one udah langganan predikat tv paling guobllokkk emoticon-Big Grin
Kalau ane lihat sih, siaran MetroTV itu nggak serta merta menuduh Rohis = sarang teroris. Tapi kalau kita perhatikan, anak yang secara aktif berminat masuk Rohis, sudah memiliki "dasar" yaitu keinginan untuk belajar dan kesediaan untuk menurut pada gurunya. Dia punya rasa "haus" akan keIslaman dan umurnya sedang pada masa2 pembentukan kepribadian yang penting. Pengalaman ane, anak yang sifatnya kritis/skeptis sekaligus aktif Rohis itu minoritas (walau ada). Ini pedang bermata dua, si anak yang ingin belajar itu bisa dibentuk jadi orang baik, atau dipengaruhi seperti ulasan MetroTV itu. Kalau anak yang hobi dugem, anak band, atau anak cheerleader misalnya, boro2 diajak berkorban nyawa demi ideologi. Yang ada diketawain die.
Siapa yang menanam akan menuai
dasar metro tv bikin berita asal aj