alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016461142/ritual-aneh-ratusan-warga-perang-lempar-nasi
Ritual Aneh, Ratusan Warga Perang Lempar Nasi
Ndak Nyangka Jadi Hot Thread emoticon-Malu (S):

Spoiler for "bukti":



SURYA Online, NGAWI - Ritual yang digelar di punden Dusun Tambakselo, Desa Planglor, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi tergolong aneh.

Pasalnya, dalam menjalankan setiap ritual, nasi yang dibawa peserta ritual selalu dimakan dan sebagian digunakan makan bersama. Namun tidak demikian, di kampung yang tergolong berdekatan dengan hutan jati ini.

Nasi yang dibungkus dalam daun pisang dan jati itu, ditumpuk di tengah acara ritual. Selanjutnya, usai diberi doa-doa oleh sesepuh desa setempat, jutsru nasi itu digunakan bahan untuk perang nasi di tanah lapang sekitar lokasi punden desa itu dengan peserta mulai dari kalangan anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga kalangan orangtua.

Padahal, ritual yang selama ini disebut warga nyadran keselamatan dan meminta berkah atas hasil panen berlimpah ini, juga untuk mendapatkan berkah dan ridlo Allah SWT.

Salah seorang toko masyarakat setempat, Martono mengatakan semua peserta ritual membawa nasi yang dibungkus sebagian daun pisang dan sebagian lagi daun jati termasuk lauk pauknya. Bahkan dirinya sendiri juga membawa lauk pauk lengkap beserta nasinya. Setelah dikumpulkan menjadi sekitar 7 gungan nasi bungkus, kemudian warga mengitarinya dan membacakan doa-doa. Seusai doa, langsung dilaksanakan perang nasi dengan cara melempar nasi bebas ke arah mana pun dan ke siapa pun.

"Catatannya tidak ada dendam antar peserta meski kena lempar nasi sebesar kepalan tangan," terangnya kepada Surya Online, Jumat (14/9/2012) usai ritual.

Selain itu, Martono mengungkapkan jika awalnya sejak jaman nenek moyangnya ritual di pundem desa nasinya hanya digunakan ritual, didoakan dan kemudian di makan bersama peserta ritul. Namun, sekitar 15 tahun lalu, usai nasi didoakan di pundem nasi dan lauknya tidak dimakan warga bersama-sama lagi. Akan tetapi, sejak 15 tahun terakhir tradisi ini diubah dengan perang nasi.
Tradisi ritual ini diilhami maraknya anak muda yang sering bertengkar dan tawuran. Oleh karenanya pertama kali ritual dilaksanakan guna untuk mengurangi kenakalan remaja dalam bentuk tawuran diganti dengan ritual saling lempar nasi.

"Perang nasi ini hanya untuk menjalin keakraban dan persaudaraan. Demi begitu, semua unek-unek peserta terlampiaskan dan tidak ada dendam dengan warga lainnya," tegasnya.

Sementara, Kepala Desa Planglor, Suyadi menegaskan jika tradisi ini akan dilaksanakan setiap jumat legi setiap setahun sekali seusai lebaran. Tradisi itu, sudah dilaksanakan turun temurun sejak jaman nenek moyangnya penghuni awal di desanya. Tradisi ini, kata Kades untuk mendapatkan berkah dan keselaman bagi warganya. Selain itu, sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen yang melimpa kemarin.

"Memang untuk perang nasi ini, efektif dapat mengurangi tawuran antar remaja di kampung kami. Karena dulunya nasi hanya dibuat ritual dan didoakan sekarang dibuat perang nasi," urainya.

Sementara, usai mengikuti perang nasi sebagian warga memunguti sisa nasi yang masih bisa diselamatkan dari tumpukan nasi yang berserakan dan berceceran di sekitar punden desa. Namun, warga memungut sisa nasi ini bukan untuk dimakan akan tetapi untuk dikeringkan digunakan untuk pakan ternak.

"Kami kumpulkan sisanya untuk pakan ternak ayam dan unggas kami di rumah," tandas Sayinem (37) warga setempat.

sumber

Ritual Aneh, Ratusan Warga Perang Lempar Nasi

Ritual Aneh, Ratusan Warga Perang Lempar Nasi

Tadi sempat liat beritanya juga di TVRI Jatim. Agak miris sih mengingat tradisi jahiliyah kayak gini masih dipelihara. Katanya ungkapan rasa syukur, tapi ko ya yg terasa malah cuma buang-buang nasi!

Yg lebih miris, ada warga yg kurang mampu yg memungut sisa-sisa nasi yg udah ga karuan bentuknya, dikumpulkan buat makan katanya. Miris! emoticon-Berduka (S)
nasi kok malah nggo bandem2an emoticon-Cape d...

vbotminggatkono
"Kami kumpulkan sisanya untuk pakan ternak ayam dan unggas kami di rumah,"

tradisi indonesia macem2, mungkin ini salah satu budaya yg gak patut dilestarikan kek nya
gimana mau dapat ridho Allah orang nasi aja dibuang-buang gitu emoticon-Nohope
Quote:Original Posted By INCUBATOR
"Kami kumpulkan sisanya untuk pakan ternak ayam dan unggas kami di rumah,"

tradisi indonesia macem2, mungkin ini salah satu budaya yg gak patut dilestarikan kek nya


Itu yg di TVRI Jatim langsung dikecam sama pembaca beritanya. Soalnya keliatan banget pasca acara banyak pengemis, gelandangan yg memunguti sisa nasi. Sayang ga nemu video online-nya.
Quote:Original Posted By vikiejeleek
gimana mau dapat ridho Allah orang nasi aja dibuang-buang emoticon-Nohope

Ritual aslinya sih ga gitu.....ini baru mulai 15 tahun lalu




Siapa sih yang ngajarin kayak gini?
sayang nasinya gan emoticon-Frown







.MnNm™ post ©2012
Itu namanya Kearifan Lokal gan... emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By Kimak.Kaw
Itu namanya Kearifan Lokal gan... emoticon-Ngacir


kearifan lokal NDASMU!!!!!! mikir lagi klo komentar

Quote:Original Posted By Kimak.Kaw
Beeeuh... nih orang Galak bener... emoticon-Ngacir


galak, loe asal komentar, maksudnya membela gt????

makanya KALO KOMENTAR JANGAN ASAL KOMENTAR,,,BUANG2 NASI LOE PIKIR ADA ALASANNYA??????? LOKAL APANYA, mana argumen klo itu kearifan lokal????


emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
wahh sayang banget

wong rejeki kok dilempar

piye toh lee?
Quote:Original Posted By INCUBATOR
kearifan lokal NDASMU!!!!!! mikir lagi klo komentar


Beeeuh... nih orang Galak bener... emoticon-Ngacir
Ada-ada aja ritualnya, nasi koq di lempar
kan masih banyak rakyat yang kekurangan
Quote:Original Posted By INCUBATOR
kearifan lokal NDASMU!!!!!! mikir lagi klo komentar


sabar donk gann,, haha emoticon-Ngakak
setuju...budaya yg tak patut untuk dilestarikan

dibelahan indonesia lain..masih banyak rakyat terpaksa harus makan nasi akingemoticon-Berduka (S)
ritual yang ga penting dan ga guna, banyak orang yang ga bisa makan, ini malah dibuat lempar2an
andai vbot ada disana pasti pada disunat tu orangemoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By cool parker
sabar donk gann,, haha emoticon-Ngakak


biasa berita ga dibaca, buru2 komentar....

mau arif lokal kek mau ga arif klo BUDAYA GA SESUAI KEMANUSIAAN , BILANG AJA NDASMU LOKAL!!!!!
Quote:Original Posted By Kimak.Kaw
Beeeuh... nih orang Galak bener... emoticon-Ngacir


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

padahal tadinya nggak pingin komen emoticon-Ngakak (S)
wah di tempat lain masih banyak orang kelaparan,eh ni ada nasi malah buat berantem... kayaknya jadi mubadzir deh tu...
emoticon-Turut Berduka
ada ada saja nih ritual. ane baru tau ttg ritual ini, padahal rumah ane tdak bgtu jauh dari kabupaten tersebut emoticon-Blue Guy Smile (S)


Ritual Aneh, Ratusan Warga Perang Lempar Nasi
×