alexa-tracking

Karya Siswa SMK, Kulit Durian Bisa Jadi Baterai

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016456199/karya-siswa-smk-kulit-durian-bisa-jadi-baterai
Thumbs up 
Karya Siswa SMK, Kulit Durian Bisa Jadi Baterai
Karya Siswa SMK, Kulit Durian Bisa Jadi Baterai


Selama tiga hari, ratusan siswa SMK dari 38 kota dan kabupaten di Jatim unjuk kreativitas dan inovasi, dalam Gelar Karya dan Pameran SMK dan Perguruan Tinggi di Jatim Expo, Jumat (14/9/2012).

Dalam pameran, ditampilkan berbagai karya siswa yang memiliki keunggulan inovatif dan belum ada di dunia industri. Salah satunya, adalah sepeda motor berbahan bakar elpiji karya siswa SMKN Bangkalan.

Adapula sepeda motor yang ditambah dengan retrofit sebuah penggerak motor yang ramah lingkungan. Tidak hanya itu, ada juga karya paling inovatif, menciptakan bahan baterai dari bahan kulit durian. Inilah karya siswa SMKN 1 Cerme, Gresik.

"Baterai ini bisa kita buat dengan memanfaatkan kulit bagian dalam durian. Selain tahan lama, baterai ini sangat ramah lingkungan dan mudah pembuatannya," ucap Nurlaili Chodriyah, siswa SMKN 1 Cerme.

Cara membuatnya, baterai bekas dikeluarkan isinya. Kemudian diisi dengan kulit durian bagian dalam yang sudah diblender. Setelah itu ditutup dan bisa digunakan. Bateri ini diberinama nice batteray dry cell.

"Inspirasinya, saat kami mencari informasi dari internet dan diketahui kalau kulit durian bagian dalam mengandung kalium dan natrium. Zat inil merupakan kandungan dalam baterai," tambah Nurlaili.

Pameran ini dibuka oleh Sekdaprov Rasiyo. "Siswa SMK perlu ajang untuk mewadahai dan mengapresiasi karyanya dengan pemeran seperti ini. Kami sangat mengapresiasi," kata Rasiyo.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Harun menuturkan, sudah banyak lulusan SMK yang langsung ditawari kerja di industri karena memiliki skill. "Kita juga gandeng perguruan tinggi untuk bisa berinteraksi dengan siswa," ujarnya.


SUMBER

semoga acara2 serupa lebih sering digelar...agar karya2 inovatif siswa SMK dapat tersalurkan dan diketahui publik....emoticon-2 Jempol

Silahkan Mampir ke Trit ane yg lain:

Akibat Konsumsi Narkoba, 50 Orang Tewas Setiap Hari di Indonesia
The Rainbow Troops[Laskar Pelangi Edisi Internasional]Sudah Bisa Dipesan di Amazon
Google dan BNPB akan Kerja Sama Publikasikan Data Bencana
Atlet Ini Dedikasikan Emasnya untuk Korban Banjir Bandang
[HOT INFO]DKI Terapkan Peraturan Gedung Hijau di 2013
Wali Kota Termuda Usia 15 Tahun Terinspirasi Soekarno
Burung Albatross Jadi Inspirator Pesawat Masa Depan
Empat Pulau Di Indonesia Dikaji Untuk Bandar Antariksa
[PARAH]Selain Juara Korupsi, Indonesia Juga Juara Merokok!
Bekasi dan Bandar Lampung Kota Terkotor se-Indonesia
Bebas Plagiarisme, Perpustakaan ITS Jadi Nomor 1

Jika berkenan mohon sumbangan emoticon-Rate 5 Star -nya
Syukur2 dihujani emoticon-Blue Guy Cendol (L)
semoga bermanfaat dech suatu hari nanti emoticon-I Love Indonesia (S)
hebat gan emoticon-thumbsup
masih banyak generasi anak bangsa yg kreatip emoticon-thumbsup:
Waduh ... sepertinya pohon durian kian langka nih. Mudah2an dengan adanya inovasi ini, kian menggairahkan para petani untuk menanam durian.
Quote:


bukannya beginian dah lama ya ?
dulu gw gi SMP juga praktek beginian kok, cuma bedanya dulu gw pake kulit pisang emoticon-Big Grin
rincian prosesnya gmana dah lupa, maklum dah belasan tahun lalu emoticon-Malu
Quote:

emang udah lama gan, dulu ane malah pake jeruk beberapa biji dijadikan baterai sederhana
Wih smk emang selalu kreatif yah gan ?
Quote:


Quote:


kentang juga bisa, <<< udah 3 kata kan?

pibot bisa nyetrum juga gak?
^
^

kok ane baru denger ya?
oh iya ane kan kagak sekolah emoticon-Hammer

jaman skrg SMK lebih ngacir beritanya daripada sekolah sederajat ya
pelajaran gw jaman sd dulu nih..
kalau beberapa buah2an bisa ngasilin listrik..tapi dulu cuma praktek sederhana doank....yang ini udah tingkat lanjut...emoticon-Embarrassment



bagus deh yang penting ber-inovasi..emoticon-thumbsup:
semua dilakukan dengan langkah kecil emoticon-Cool
jis, trus lu mo pake kulit duren buat ngcharge batre henpon?
klo soal gituan sih apa aja bisa,apel, jeruk, kentang, aer garem, kencing manusia-kencing babi dst
ini baru anak sekolah yang mau pinter, nyari informasi yang berguna di internet, bukan nya malah donlot bokep sama main PB... emoticon-thumbsup
layak jadi HT neee..sekalian kasi tutorialnya gann
penemuan canggih ini ndukemoticon-Embarrassment

nanti kantor PLN dirobohken saja lalu diganti pohon durenemoticon-Angkat Beer
bekas karyawan PLN nanti ditugasken nyirami sehari 32x ndukemoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassment
Quote:


wah...hati2 gan....entar banyak kaskuser yg tersindir...emoticon-Hammer2
nice thread gan emoticon-thumbsup

kira2 bisa jadi HT kagak ya? emoticon-Bingung (S)
sekedar nambahin beberapa link,dari bermacam macam sumber di internet mengenai kulit durian yang dijadikan sumber energi :
Sumber 1
sumber 2
sumber 3
sumber 4
sumber 5
sumber 6
sayangnya bahan bakunya mahal emoticon-Turut Berduka

apa lg pohon2 udah pada ditebangin emoticon-Frown