alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016448717/travelista-mendaki-gunung-sebagai-alternatif-wisata-keluarga
[Travelista] Mendaki Gunung Sebagai Alternatif Wisata Keluarga
[Travelista] Mendaki Gunung Sebagai Alternatif Wisata Keluarga

[Travelista] Mendaki Gunung Sebagai Alternatif Wisata Keluarga

Quote:“Mendaki gunung lewati lembah”

Melihat penggalan lagu di atas pasti mengingatkan agan kepada film kartun berjudul ninja hatori. Kegiatan favorit ninja hatori yaitu berpetualang mendaki gunung ini, cocok dengan tema travelista kali ini yaitu wisata pegunungan. Kali ini ane tidak akan membahas mengenai ninja hatori, tetapi ane akan membahas mengenai wisata pegunungan sebagai alternatif wisata keluarga.
Mendaki gunung atau yang lebih dikenal dengan naik gunung bukan hanya milik para pecinta alam, bukan hanya milik anak muda dengan fisik yang kuat, bukan juga milik ninja hatori, tetapi semua orang baik orang tua, anak-anak, kakek nenek juga dapat menikmati pesona keindahan alam dari ketinggian. Terdapat dua lokasi wisata pegunungan yang menurut ane sangat cocok sebagai tujuan wisata bersama seluruh keluarga, yaitu Gunung Papandayan dan Gunung Galunggung. Kedua gunung ini memiliki panorama alam yang sangat mempesona, selain itu keduanya memiliki keunikan-keunikan yang memiliki daya tarik tersendiri yang sayang apabila dilewatkan. Langusng saja CEKIDOT…..


1. Gunung Papandayan
Quote:
Lokasi yang pertama adalah Gunung Papandayan. Gunung Papandayan terletak di Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut Jawa barat. Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan air laut ini merupakan gunung berapi yang masih aktif.
Spoiler for G. Papandayan:


Gunung papandayan memiliki panorama alam yang sangat indah. tidak hanya itu, keanekaragaman hayati serta udara yang bersih dan sejuk menjadikan gunung ini menjadi lokasi wisata favorit baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Gunung ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh gunung berapi kebanyakan, yaitu letak kawahnya. Letak kawah gunung papandayan terletak di bagian lereng gunung, yang menjadikan gunung ini menarik untuk didaki adalah, ketika agan menuju puncak gunung, agan akan ditemani oleh aktifitas kawah yang menarik. Dalam beberapa menit sekali kawah-kawah sepanjang lereng gunung akan mengeluarkan letupan-letupan kecil dari dalamnya serta asap berwarna putih dengan bau belerang yg cukup menyengat. Selain itu terdapat banyak lubang-lubang kawah berbagai ukuran, ada yang besar dan ada yang kecil.
Spoiler for kawah:

Spoiler for kawah:

Spoiler for kawah:

Spoiler for kawah:


Untuk mencapai lokasi kawah membutuhkan waktu tiga puluh menit perjalanan dari pos pendakian. Dalam waktu kurang dari satu jam setelah melewati lereng kawah, agan akan mencapai alun-alun pertama. Untuk mencapai alun-alun pertama trak yang dilalui tidak terlalu berat. Selain itu lokasi ini memiliki lahan yang datar sehingga cocok untuk berkemah bersama anak-anak dan keluarga. Lokasi ini disamping memiliki panorama yang indah, juga memiliki berbagai jenis flora dan fauna yang dapat digunakan sebagai sarana belajar anak-anak mengenai keindahan alam dan mengapa harus melestarikan alam. Tidak usah khawatir mengenai sumber air, karena di laun-alun pertama ini memiliki sumber air yang membentuk parit dengan air yang jernih, dingin dan sejuk.

Beranjak dari alun-alun pertama, dengan memakan waktu kurang lebih tiga jam agan akan sampai di alun-alun kedua. Alun-alun kedua Gunung Papandayan ini memiliki daya tarik yang hanya bisa ditemukan diketinggian, yaitu taman bunga edelweiss. Bunga yang lebih dikenal dengan nama bunga abadi ini, selalu menjadi daya tarik para pecinta alam pegunungan. Bunga abadi ini tumbuh subur beralaskan rumput liar dan berbingkai pemandangan yang sangat indah. Selain itu terdapat sungai kecil yang membelah taman bunga abadi, menambah nilai eksotis dari alun-alun kedua Gunung Papandayan.

Untuk mencapai kawasan wisata Gunung Papandayan, agan dapat menggunakan mobil pribadi langsung menuju pos pendakian yang terletak di Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut. Apabila menggunakan angkutan umum, agan langsung menuju terminal Garut, naik angkutan menuju ke Cisurupan. Dari Cisurupan menggunakan angkutan kolt (angkutan bak terbuka) menuju pos pendakian. Sarana dan prasarana di pos pendakian juga cukup lengkap. Tempat parker yang luas, mushola, kamar mandi, dan menyediakan oleh-oleh khas Gunung Papandayan.
Spoiler for kawah dari parkiran:

Spoiler for parkiran:


lanjutan di post 1 gan .......
2. Gunung Galunggung
Quote:
Spoiler for wisata galunggung:

Lokasi yang kedua adalah Gunung Galunggung. Gunung berapi yang dikenal dengan nama macan tidur ini terletak di Kabupaten Tasikmalaya dengan ketinggian 2.167 meter di atas permukaan air laut.
Letusan Gunung Galunggung membentuk sebuah cekungan kawah yang saat ini menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan local maupun mancanegara Terdapat kemiripan antara Gunung Galunggung dengan Gunung Papandayan yaitu letak dari kawah yang berada di lereng gunung.
Spoiler for kawah:

Spoiler for kawah:

Hal yang paling berkesan ketika mengunjungi objek wisata Gunung Galunggung adalah, ketika menikmati indahnya panorama alam dari tebing kawah gunung, sambil menyantap hidangan pisang goreng hangat dan ditemani oleh segelas besar kopi panas, setelah lelah mendaki kawah Gunung Galunggung. Jangan khawatir, agan tidak perlu membawa gorengan pisang hangat dan kopi panas dari rumah, karena terdapat warung-warung lesehan yang menyediakan hidangan untuk menikmati indahnya pemandangan alam Gunung Galunggung. Terdapat dua jalur pendakian menuju kawah, yang pertama jalur wisatawan yang berupa tangga, dan yang kedua adalah jalur petualang yang berupa pasir dan bebatuan. Kedua jalur ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jalur wisatawan merupakan jalur yang sangat mudah karena hanyaberupa tangga biasa namun jumlahnya cukup untuk membuat nafas terengah-engah. Sedangkan untuk jalur petualang memberikan sensasi tersendiri, tidak hanya jalurnya yang licin dan berbatu, jalur ini juga mudah longsor karena jalur ini berupa pasir gunung. Ada cara untuk dapat menikmati kedua jalur ini, yaitu dengan naik menggunakan jalur petualang dan turun menggunakan jalur wisatawan, maka agan dapat menikmati kedua sensasi dari masing-masing jalur pendakian Gunung Galunggung.
Spoiler for jalur wisatawan:

Spoiler for jalur petualang:

Spoiler for mushola:


Daya tarik wisata di kawasan Gunung Galunggung tidak hanya sebatas pemandangan kawah. Ada satu lokasi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan yaitu pemandian air panas. di pemandian air panas ini terdapat kolam-kolam renang serta bak-bak air panas yang dapat digunakan untuk berendam melepas lelah setelah mendaki kawah Galunggung. Terdapat beberapa kolam renang yang berbeda tergantung suhu airnya. Untuk kolam renagn dibagian bawah lokasi memiliki suhu air yang relative hangat, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, sangat cocok untuk melepas lelah. Sedangkan untuk kolam bagian atas lokasi wisata memiliki suhu air yang cukup tinggi. Kolam renang ini sangat cocok bagi seseorang yang memiliki gangguan penyakit kulit dan rematik, karena selain suhunya yang tinggi, kolam ini juga mengandung belerang yang dapat menyembuhkan penyakit kulit. Apabila agan masih kurang merasa panas agan bisa berendam di sumber mata air panas secara langsung, berupa aliran sungai air panas.
Setelah selesei memanjakan diri agan di kolam air panas, perut agan pasti keroncongan, tetapi jangan khawatir disekitar lokasi terdapat beberapa warung makan yang menyediakan hidangan khas sunda. Nasi liwet, pepes ikan, ikan asin, sambal, dan lalapan segar, pasti pas dengan selera agan dan dapat mengobati rasa lapar yang melanda. Selain itu jangan lupa untuk melihat-lihat oleh-oleh khas objek wisata gunung Galunggung.
Spoiler for hidangan:


untuk mencapai lokasi wisata Gunung Galunggung, agan dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan jarak sekitar 30 km dari pusat kota Tasikmalaya, atau menggunakan kendaraan umum yang tersedia. Cukup menuju terminal tipe A kota Tasikmalaya agan bersama dapat menikmati semua atraksi yang terdapat di kawasan wisata Gunung Galunggung.


Quote:Berikut dua lokasi yang mungkin dapat menjadi referensi tujuan wisata agan bersama keluarga.
Terakhir pesan dari saya, ketika agan akan berwisata cek terlebih dahulu berita terkini dari lokasi yang akan anda tuju, cek kondisi kendaraan yang akan digunakan, dan berhati-hatilah dijalan, dan jangan lupa berdoa sebelum berangkat.
Saya ucapkan selamat berwisata “happy traveller”
Spoiler for bonus:


seru juga tuh mendaki bareng keluarga
Quote:Original Posted By Apeglie
seru juga tuh mendaki bareng keluarga


pastinya dong gan

makanya ayo jalan-jalan ke Gunung papandayan ma gunung galunggung
wah kudu dicoba nih gan sama keluarga emoticon-Salaman
Quote:Original Posted By kasihelia333
wah kudu dicoba nih gan sama keluarga emoticon-Salaman


harus gan, soalnya memiliki kesan dan kenangan tersendiri kalo mendaki bersama keluarga
Nice Inpo ..
Ide bagus tuh gan
Quote:Original Posted By Loe.Joe
Nice Inpo ..
Ide bagus tuh gan


terimakasih `gan
kalo anaknya <10 taon keknya gak bisa deh..

emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By yandhi_gila'
kalo anaknya <10 taon keknya gak bisa deh..

emoticon-Big Grin


bisa kok gan tapi harus didampingi
Bisa juga ke gunung tangkuban perahu.
Anak gunung krakatau juga bisa skalian hoping island dan nikmati bawah laut skitar gunung krakatau.
emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By nitipPup
mantap gan infonya..yg galunggung udah pernah..tgal yg papandayan, bkin ngiler..hahah..

ia gan papandayan jg ga kalah asik dari galunggung

Quote:Original Posted By MasCojack
Bisa juga ke gunung tangkuban perahu.
Anak gunung krakatau juga bisa skalian hoping island dan nikmati bawah laut skitar gunung krakatau.
emoticon-Big Grin

wah kemaren cuma ke papandayan ma galunggung gan

tar kalo kesana ta tambahin info nya... hehe
wah pasti seru sarapan pagi di gunung makan sarapan buatan mamak







sekolah percepatan
lama gak pernah mendaki, kayaknya seru tuch kalo mendaki disana emoticon-thumbsup
tempatnya kering banget yah, seru tuh kayaknya mendaki
nice info neh emoticon-thumbsup
seru tuch kayaknya dikelilingi asap dari tanah emoticon-Big Grin
daki gunung, haarus siapin kondisi fisik & mental..
lumayan jg, bs jd alternatif liburan keluarga..
good2..

mampir nyok:
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=16625538
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=16589577
Wisata alam bareng keluarga yaa gan emoticon-Smilie
klo ngajak anak2 perlu pengawasan yg ekstra gan, maklum anak2 biasanya banyak gerak emoticon-Big Grin
Tapi klo ngecamp sekeluarga keren jg yaaa emoticon-Embarrassment
anak sy masih setahun nih, blm bs jalan. gempor juga kalo gendong2 di jalan terjal emoticon-Hammer2