alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016447677/tahun-depan-90-seleksi-masuk-ptn-lewat-jalur-undangan
Tahun Depan, Seleksi PTN Lewat Jalur Undangan bs 50%, 60% & 90% yg bnr yg mn ya??
Bismillahirrohmanirrohim..

no repost..
asli barusan dapet dari kompas nih..

rate 5 deh kalo beritanya bagus..
yg mo kasih cendol, ane ga nolak .. emoticon-Blue Guy Cendol (L)
yg penting jgn kasih bata aja

Quote:

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) secara nasional mulai tahun 2013 diutamakan lewat jalur undangan. Sebanyak 90 persen kursi di PTN diperbeutkan lewat seleksi nasional jalur undangan yang terbuka bagi semua siswa kelas 3 di jenjang pendidikan menenga.



"Untuk tahun depan, penerimaan mahasiswa baru yang seleksi nasional mencapai 90 persen. Kuota itu ditujukan untuk siswa yang berada di kelas tiga SMA/SMK atau sederajat pada tahun 2013. Adapun siswa yang lulus tahun lalu bisa ikut lewat ujian tulis yang jatahnya 10 persen," kata Idrus Paturusi, Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia, Senin (10/9/2012).



Menurut Idrus yang juga Rektor Universitas Hasanuddin, Makassar, pada awalnya penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) hendak diubah seluruhnya lewat jalur undangan saja. Penerimaan mahasiswa baru dengan mempertimbangkan nilai raport selama belajar di pendidikan menengah dan nilai ujian nasional (UN).



"Namun, ada masukan supaya tetap ada kesempatan bagi lulusan tahun lalu yang mau ikut ujian lagi. Mereka bisa lewat ujian tulis yang diselenggarakan tiap PTN," ujar Idrus.

Bobot UN



Dengan berubahnya sebagian besar penerimaan mahasiswa baru PTN lewat jalur undangan, pendaftaran menjadi terbuka buat semua siswa kelas 3 di jenjang pendidikan menengah. Sebelumnya, seleksi nasional lewat jalur undangan dikhususkan bagi siswa berprestasi yang direkomendasikan tiap sekolah, yang jumlahnya bergantung pada akreditasi sekolah.



Selain pendaftaran terbuka bagi semua siswa, biaya pendaftaran pun ditanggung pemerintah. Perubahan ini sejalan dengan ketentuan pada pasal 73 ayat 1 dan 2 Undang-undang No 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.



Pada pasal itu disebutkan bahwa penerimaan mahasiwa baru PTN dapat lewat pola penerimaan mahasiswa baru secara nasional dan bentuk lain. Pemerintah menanggung biaya calon mahasiswa yang akan mengikuti pola penerimaan mahasiswa baru secara nasional.



Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan beban masyarakat untuk pendaftaran ujian masuk PTN selama ini cukup tinggi. Selain itu, di tingkat akhir siswa SMA/SMK juga menjadi stress karena dibebani UN dan berbagai tes masuk ke PT.



"Pemerintah memikirkan supaya ada satu cara penerimaan yang bisa berlaku untuk semuanya. Biaya pendafataran yang ditanggung masyarakat akan ditanggung pemerintah," kata Nuh.


http://edukasi.kompas.com/read/2012/...Jalur.Undangan


Quote:JAKARTA, KOMPAS.com - Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan yang selama ini terbatas bagi siswa berprestasi, pada tahun 2013 nanti terbuka untuk semua siswa SMA sederajat.

Perubahan ini terkait dengan kebijakan pemerintah tentang seleksi mahasiswa baru perguruan tinggi negeri secara nasional, yang bebas biaya pendaftaran alias gratis.

Djoko Santoso, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemneterian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) di Jakarta, Minggu (8/7/2012), mengatakan, sebelumnya kuota 60 persen ini diisi melalui SNMPTN jalur undangan bagi siswa berprestasi, dan SNMPTN jalur tertulis yang terbuka bagi semua siswa.

Djoko menambahkan, biaya operasional panitia SNMPTN dibiayai pemerintah. Dengan demikian, pendaftar tidak dikenai biaya pendaftaran yang besarnya Rp 150.000-Rp 175.000.

Seperti diketahui, SNMPTN jalur undangan selama ini ditujukan bagi siswa yang berprestasi konsisten selama di bangku SMA/SMK sederajat. Siswa yang mendaftar harus direkomendasikan sekolah, dan jumlahnya sesuai status akreditasi sekolah.

Pada SNMPTN jalur undangan tahun ini, ditetapkan sekolah dengan akreditasi A bisa mengirim 50 persen siswa terbaiknya, yang berakreditasi B sebanyak 30 persen, dan berakreditasi C sebanyak 15 persen. Adapun sekolah baru yang belum terakreditasi, dibatasi hanya lima persen siswa terbaiknya.

"Nanti untuk yang kuota di SNMPTN jalur undangan terbuka buat semua siswa, tidak lagi dibatasi sesuai akreditasi sekolah. Cara ini supaya lebih banyak calon mahasiswa yang ikut jalur undangan," kata Akhmaloka, Ketua Bidang Penerimaan Mahasiswa Baru Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia. http://edukasi.kompas.com/read/2012/...uka.dan.Gratis


Quote:
JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Djoko Santoso mengatakan, tahun 2013 seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) dapat menentukan mekanisme penerimaan mahasiswa baru yang dibuka melalui jalur undangan. Menurutnya, sebagai bentuk otonomi PTN, para rektor berhak menjadikan nilai sekolah (rapor) sebagai salah satu indikator penilaian atau tidak.

"Kan sudah otonomi, maka itu menjadi kewenangan dan diatur oleh masing-masing rektor di PTN," kata Djoko saat ditemui Kompas.com, di sela-sela rapat kerja Kemdikbud bersama Komisi X DPR, Kamis (12/7/2012).

Djoko mengimbau, agar semua rektor PTN dapat menggunakan hak otonomi kampusnya dengan baik dan bijaksana. Hal itu ia ungkapkan agar pelaksanaan SNMPTN tahun depan dapat berjalan tanpa cela.

"Menggunakan nilai sekolah atau tidak yang penting otonomi PTN dapat dimanfaatkan dengan baik," ujarnya.

Seperti diberitakan, setelah jalur ujian tulis dihapus, otomatis jalur undangan menjadi satu-satunya pintu masuk dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun depan. Atas dasar itu, ratusan ribu siswa lulusan SMA sederajat akan berkompetisi memperebutkan satu kursi di PTN yang menjadi pilihannya.

Hal ini juga diatur dalam Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) yang segera akan disahkan. Di mana RUU tersebut mengatur porsi untuk jalur undanagn sebesar 50 persen, jalur ujian mandiri 40 persen, dan sisanya diperuntukkan bagi mereka para siswa lulusan tahun 2011-2012.

http://edukasi.kompas.com/read/2012/...ewenang.Rektor


Quote:JAKARTA - Rencananya, mulai tahun depan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur tertulis akan ditiadakan. Sebagai gantinya, porsi penerimaan mahasiswa baru diperbesar melalui jalur undangan sebesar 60 persen.

Dirjen Dikti Djoko Santoso menyampaikan hal tersebut dalam jumpa wartawan terkait pengumuman SNMPTN jalur tulis 2012. “Pola SNMPTN tahun depan, kami berharap penerimaan mahasiswa baru secara nasional dilakukan lewat jalur undangan sebesar 60 persen. Tapi masih akan dirumuskan dulu mengenai mekanisme penerimaannya,” ujar Djoko di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (6/7/2012).

Menurut Djoko, dengan memperbesar daya tampung melalui jalur undangan, tentu hasil Ujian Nasional (UN) menjadi faktor penilaian utama. Namun, dia menambahkan, masih diperlukan beberapa faktor lain yang harus diperhatikan.

“Hasil UN harus ditambah parameter lain sesuai kebutuhan masing-masing PTN. Misalnya, untuk prodi olahraga ada ujian ketrampilan maupun persyaratan tertentu,” ungkapnya.

Kebijakan ini, lanjut Djoko, sejalan dengan keinginan pemerintah untuk menyerap semua lulusan SMA. “Kami menginginkan semua lulusan SMA bisa disaring. Dan pemerintah menyediakan pembuiayaan untuk proses penyaringan itu,” tukas Djoko.(mrg)(rhs)
http://www.dikti.go.id/?p=2906&lang=id

gimana gan beritanya...
entah berita gembira atau tidak..

yang sudah kelas 3 sma, yang rajin belajarnya, pemerintah udah kasih tuh 90% jalur undangan...
dan yang tahun kemarin ga lulus ujian tulis, masih ada kesempatan 10% tuh buat nyoba lagi...

jadikan negeri ini lebih lagi.. emoticon-I Love Indonesia
kemungkinan yang akan terjadi:
- kualitas pendidikan di universitas menurun atau diturunkan
- atau akan lebih banyak mahasiswa dari jalur undangan drop out atw kualitas (ipk-nya) jauh ketinggalan dibandingkan dengan yang masuk melalui jalur test, ..

i love emoticon-I Love Indonesia
sama aja kayak jalur PMDK dulu dong ya emoticon-Bingung (S) yang secara kualitas, gitu deh emoticon-Big Grin jadi inget dulu temen sekolah yang nilainya serba dikatrol dapet pmdk ke PTN, sekarang jualan pulsa di depan toko
Quote:Original Posted By anarsakus
kemungkinan yang akan terjadi:
- kualitas pendidikan di universitas menurun atau diturunkan
- atau akan lebih banyak mahasiswa dari jalur undangan drop out atw kualitas (ipk-nya) jauh ketinggalan dibandingkan dengan yang masuk melalui jalur test, ..

i love emoticon-I Love Indonesia


ia gan.. entahlah apa yg terjadi dengan pendidikan indonesia masa depan..
bingung dengan jalan pikiran pemerintah..
Quote:Original Posted By bretpitt
sama aja kayak jalur PMDK dulu dong ya emoticon-Bingung (S) yang secara kualitas, gitu deh emoticon-Big Grin jadi inget dulu temen sekolah yang nilainya serba dikatrol dapet pmdk ke PTN, sekarang jualan pulsa di depan toko


ia gan...
sebenernya sih undangan ato tulis sih ga masalah..
ane sih prefer ke tulis.. soalnya di test & diketahui masing2 kemampuannya..

kalo pmdk / undangan kan tergantung nilai unas & raport semester 3,4,5..
yg sekolahnya ga ada kecurangan sih ga masalah.. la yg skolah ngasih nilai sembarangan ke muridnya, kan keenakan...

tapi jaman sekarang ujian aja banyak jokinya gan.. ya yg unaslah snmptn lah..
pasti ada aja yg gitu -_-
Quote:Original Posted By bretpitt
sama aja kayak jalur PMDK dulu dong ya emoticon-Bingung (S) yang secara kualitas, gitu deh emoticon-Big Grin jadi inget dulu temen sekolah yang nilainya serba dikatrol dapet pmdk ke PTN, sekarang jualan pulsa di depan toko


jadi, ... kemungkinan besar yang dapat diharapkan menjadi bibit unggul anak bangsa ini ya yang 10% itu dong gan, ... ???

i love emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By anarsakus
jadi, ... kemungkinan besar yang dapat diharapkan menjadi bibit unggul anak bangsa ini ya yang 10% itu dong gan, ... ???

i love emoticon-I Love Indonesia


ya ga gitu juga lah gan..
kan ga semua yg ikut undangan itu jelek..

disitu juga pasti ada yg baiknya juga..
kaya ada yg menang lomba2 nasional, OSN atau olimpiade yang kejuaraan dunia, mereka kan ga perlu ditest, karena memang sudah membanggakan indonesia..

yg penting positive thinking aja
kasihan kali nasib 2013.....
mudah-mudahan ganti menteri.....
seperti biasa ganti menteri ganti kebijakan
oh hebat deh kalau begitu emoticon-Embarrassment
kasusnya semirip dengan penerimaan siswa SMA dengan hanya berdasar nilai UN emoticon-Embarrassment
bedanya yang ini masih ada quota ujian tertulisnya dan jalur undangannya ditambah nilai rapor juga
Quote:Original Posted By fakepath
oh hebat deh kalau begitu emoticon-Embarrassment
kasusnya semirip dengan penerimaan siswa SMA dengan hanya berdasar nilai UN emoticon-Embarrassment
bedanya yang ini masih ada quota ujian tertulisnya dan jalur undangannya ditambah nilai rapor juga


ie bener banget gan...
ckckck...

gak semua PMDK gtu lho gan...

saya kira ya gak bsa digeneralisir semua yg PMDK gak berprestasi lho gan, yg ane rasa hampir org sekitar ane yg PMDK IPK nya 3.4 keatas...tergantung ama prestasi SMA nya beneran pa kagak n waktu kuliah kayak apa orangnya ngejalanin. kalo asoeloele...ya emoticon-Blue Guy Bata (S) deh...
Quote:Original Posted By fanmoe
saya kira ya gak bsa digeneralisir semua yg PMDK gak berprestasi lho gan, yg ane rasa hampir org sekitar ane yg PMDK IPK nya 3.4 keatas...tergantung ama prestasi SMA nya beneran pa kagak n waktu kuliah kayak apa orangnya ngejalanin. kalo asoeloele...ya emoticon-Blue Guy Bata (S) deh...



setuju ama agan yg diatas..
emg yg jalur pmdk itu emg buat siswa yg berprestasi kok gan..
jadi tergantung siswanya aja nantinya...

kalo kuliahnya bener.. ya ipk bisa jadi 3.4 keatas..
kalo kuliahnya ecek2 ya.. -_- sama aja boong
kita lihat sejauh mana benarnya berita ini, kayaknya pemerintah kalo membuat peraturan selalu labil kan Gan

coba aja beneran apa gak , tapi kalo beneran ya kasihan banget yang ga dapet undangan yaa
bagus ini. bakal meningkatkan peluang bagi murid2 yang benar2 pinter. hahaha..maju terus pendidikan indonesia emoticon-I Love Indonesia
saya pusing kalau mikirin pendidikan d indonesia...emoticon-Cape d... (S)







mikiro lan makaryo ojo muk sendiko
mau pake seleksi apapun, semoga yang mau masuk PTN bener' orang yang ada niat buat kuliah
g masuk akal ane gan..... bisa aja ini hanya kabar burung.... buat nyenengin orang sementara aja... Skrg kampus di suruh cari uang sendiri, skrg malah mau trima mahasiswa 90% dari undangan?? kontradiksis bgt......
wah ini ukung2nya duit emoticon-Cendol (S)
Quote:Original Posted By irvanjatmiko
g masuk akal ane gan..... bisa aja ini hanya kabar burung.... buat nyenengin orang sementara aja... Skrg kampus di suruh cari uang sendiri, skrg malah mau trima mahasiswa 90% dari undangan?? kontradiksis bgt......


Lebih tepatnya :
Quote:Original Posted By jeroanayam
http://edukasi.kompas.com/read/2012/...alur.Undangan.

jd bisa di tulis spt ini komposisi SNMPTN untuk tahun 2013.

  1. 60 % SNMPTN
    • 90% SNMPTN Undangan
    • 10% SNMPTN Tulis

  2. 40% Mandiri




Jadi, pemerintah masih "berbaik hati" untuk menyelenggarakan SNMPTN tertulis, biar persentase kelulusannya menurun. Universitas masih tetep mencari dana lewat jalur mandirinya masing2.
Bahkan mungkin tahun 2014 bisa jadi sudah tidak ada lagi yg namanya tes tertulis, dengan pemerintah beralih "siswa gak perlu ikut ujian 2 kali".
Meskipun bagus, tapi jalur2 undangan ini bisa jadi lahan cari duit oknum2 gak bertanggung jawab. Kenapa gak pakai tertulis aja, terlalu besar menurut gw sampai 90%.