alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016442298/ekonomitahun-ini-indonesia-masih-impor-garam-konsumsi-495000-ton
[Ekonomi]Tahun Ini Indonesia Masih Impor Garam Konsumsi 495.000 Ton
[URL="http://finance.detik..com/read/2012/09/14/130508/2019133/1036/tahun-ini-indonesia-masih-impor-garam-konsumsi-495000-ton?f9911023"]Tahun Ini Indonesia Masih Impor Garam Konsumsi 495.000 Ton[/URL]

Jakarta - Kementerian Perdagangan merilis realisasi impor garam konsumsi (non industri) Januari-Juni 2012 mencapai 495.073 ton atau turun dibandingkan tahun lalu yang sempat tembus 923.000 ton.

Impor garam konsumsi 495.073 ton merupakan realisasi impor garam konsumsi dari kuota impor yang diizinkan mencapai 533.000 ton.

"Tahun 2012 dilakukan perhitungan (kebutuhan), garam untuk kosumsi sebesar 1,4 juta ton sedangkan garam Industri 1,8 juta ton. Khusus tahun ini kita telah hitung, melalui usulan dari Dirjen Manufaktur Kemenperin dan dihitung, kita masih butuh 533.000 ton garam kosumsi dan itu dengan impor," ungkap PLH Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Gunaryo saat ditemui di Kantornya Jl Ridwan Rais, Jakarta, Jumat (14/09/12).

Selama ini pasar dalam negeri membutuhkan 2 jenis garam yaitu garam yang diperuntukan untuk kosumsi dan industri. Garam kosumsi dengan NACL sebesar 94,7% digunakan tidak hanya digunakan untuk kosumsi tetapi untuk pengasinan dan untuk kosumsi makanan manusia dan ternak.

Sedangkan untuk garam Industri dengan kadar NACL 97% banyak digunakan untuk industri kulit dan tekstil. Kebutuhan garam untuk industri 100% harus impor, sedangkan untuk kebutuhan garam kosumsi dilakukan lebih pada penyerapan garam lokal sisanya impor.

"Kita bagi dalam 2 tahap impor (garam konsumsi) tahap pertama bulan Maret-April sebesar 290.500 ton realiasasi 266.641 ton. Tahap kedua bulan Mei - Juni 242.500 ton realisasi 228.432 ton (total 495.073 ton)," paparnya.

Realisasi impor garam konsumsi hanya dibatasi hingga tanggal 30 Juni 2012 dengan realisasi 495.073 ton. Menurut Gunaryo kebijakan Ini dilakukan secara koordinasi dan telah disepakati oleh Menteri Koordinasi bidang Perekonomian, Dirjen Manufaktur Kemenperin.

Kebijakan kementerian perdagangan soal impor garam, menyatakan bahwa impor garam tak boleh dilakukan 1 bulan sebelum hari raya panen garam dan 2 bulan setelah hari panen raya garam dalam negeri.

"Kebijakan ini kita perbarui ke Permendag No 58/2012. Ini kewajiban terhadap hak importasi dan harus ada penyerapan garam petani lokal," tutupnya.

Tahun lalu pemerintah memberikan izin impor garam konsumsi kepada 8 importir produsen sebanyak 1.040.000 ton. Namun karena terjadi kontroversi akhirnya realisasi impor garam konsumsi hanya 923.000 ton. Berdasarkan perkiraan tahun 2011 ini kebutuhan garam konsumsi mencapai 1,6 juta ton.

Sementara itu berdasarkan catatan BPS selama semester I-2012, volume impor garam (konsumsi dan industri) Indonesia selama 6 bulan pertama 2012 mengalami penurunan sekitar 27%.

Selama Januari-Juni 2012 impor garam Indonesia hanya 1,3 juta ton sementara periode yang sama tahun lalu mencapai 1,8 juta ton.Sementara itu total impor garam (konsumsi dan industri) Januari-Juni 2011 mencapai 1,8 juta ton dengan nilai US$ 95,42 juta.
-------------------------------
Industri Garam...yang tak lagi dilirik petani...ketika pemerintah lebih peduli IMPORT...demi kalangan tertentu.... emoticon-Embarrassment
sebelum nganjing anjingin pemerintah, yang komeng dibawah gw ada yang tertarik jadi petani garam ga?
Quote:Original Posted By kabei
sebelum nganjing anjingin pemerintah, yang komeng dibawah gw ada yang tertarik jadi petani garam ga?


Karena kebijakan pemerintah yang tidak memihak industri garam dalam negeri sehingga banyak orang ogah jadi petani garam.
Satu lagi potensi industri Indonesia yang disia-siakan negara emoticon-Cape d... (S)
menyalahkan pemerintah emang paling gampang..makanya negara ini gak maju2,rakyatnya tukang mewek. emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By Aryqi
Karena kebijakan pemerintah yang tidak memihak industri garam dalam negeri sehingga banyak orang ogah jadi petani garam.
Satu lagi potensi industri Indonesia yang disia-siakan negara emoticon-Cape d... (S)


masak sih???
kenapa yu ga jadi petani garam trus coba jadi eksportir garam???
Quote:Original Posted By kabei
masak sih???
kenapa yu ga jadi petani garam trus coba jadi eksportir garam???


Laut di indonesia diprediksi mengandung gula bei, bukan garam..
maka dari itu petani tebu pun diproyeksikan akan banyak yg gulung tikar.. emoticon-Big Grin

Laut endonesa kurang asin mungkin sodara2, sehingga harus imfort garemnya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By kabei
sebelum nganjing anjingin pemerintah, yang komeng dibawah gw ada yang tertarik jadi petani garam ga?


emoticon-Ngakak

Pabrik Garam di Madura sudah lama ditutup om....padahal pada waktu itu yang membangun pabrik garam adalah Belanda....emoticon-Embarrassment

tragisnya bangsa Indonesia..ketika memimpin negeri sendiri malah diasingkan... emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By fothermucker
Laut di indonesia diprediksi mengandung gula bei, bukan garam..
maka dari itu petani tebu pun diproyeksikan akan banyak yg gulung tikar.. emoticon-Big Grin

Laut endonesa kurang asin mungkin sodara2, sehingga harus imfort garemnya emoticon-Big Grin


Betul om fother........emoticon-Embarrassment....Laut di nusantara sudah tak asin lagi....emoticon-Hammer

udah banyak kandungan GULA.....
Quote:Original Posted By tyrani
emoticon-Ngakak

Pabrik Garam di Madura sudah lama ditutup om....padahal pada waktu itu yang membangun pabrik garam adalah Belanda....emoticon-Embarrassment

tragisnya bangsa Indonesia..ketika memimpin negeri sendiri malah diasingkan... emoticon-Embarrassment


ya sama kek petani padi lah, coba aja mampir ke kampung kampung, tanyain ke anak muda tuh kampung mau ga jadi petani???
Quote:Original Posted By kabei
ya sama kek petani padi lah, coba aja mampir ke kampung kampung, tanyain ke anak muda tuh kampung mau ga jadi petani???


Surem...mendingan jadi TKI...ke malaysia walaupun ilegal, tapi...ya itulah...masih keren...1 tahun nabung udah bisa beli Satria150cc.... emoticon-Embarrassment

Jadi inget waktu KKN didaerah Magetan, hampir semua penduduknya yang masih muda menjadi Tenaga Kerja di Malaysia.... emoticon-Embarrassment

Kembali lagi...bagaimana industri pertanian bisa menarik bagi para tenaga kerja muda?.....PR besar bagi pemerintah... emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By kabei
ya sama kek petani padi lah, coba aja mampir ke kampung kampung, tanyain ke anak muda tuh kampung mau ga jadi petani???


kalo petani2 pendahulu hidupnya makmur sejahtera pasti yg muda2 sekarang juga dengan sendirinya mau kok jadi petani

hukum alam
contoh kalo anak muda yg orang tua nya berprofesi tani hidup layak dan makmur dengan sendiri anaknya akan meneruskan profesi orang tua emoticon-Big Grin

yg ada pemerintah sedikit2 impor bukannya memberdayakan petani dan manfaatkan SDA di negeri ini

toh,di negeri ini apa aja yg di tanam pasti tumbuh
Quote:Original Posted By Cirque
kalo petani2 pendahulu hidupnya makmur sejahtera pasti yg muda2 sekarang juga dengan sendirinya mau kok jadi petani

hukum alam
contoh kalo anak muda yg orang tua nya berprofesi tani hidup layak dan makmur dengan sendiri anaknya akan meneruskan profesi orang tua emoticon-Big Grin

yg ada pemerintah sedikit2 impor bukannya memberdayakan petani dan manfaatkan SDA di negeri ini

toh,di negeri ini apa aja yg di tanam pasti tumbuh


ah ga juga, abegeh sekarang mah orangnya gengsian emoticon-Stick Out Tongue
mending kerja kantoran gaji UMR daripada jadi petani meski penghasilan lebih gede emoticon-siul:

*ilustrasi, harga gula mahal, petani tebu seneng tapi kenyataannya apakah semua anak petani tebu berminat jadi petani tebu????......
indonesia kan banak lautnya, apa tidak ada yag memproduksinya yaemoticon-Cape d... (S)
garam aja import?????
apa kata dunia????


GUSDUR:
” Kita ini celaka, 70 persen tanah air kita laut, tetapi garam saja import, bodoh sih ngga papa, Tapi kalau sengaja dibuat bodoh?”


PEMERINTAH SBY Memang paling gagal, ngurusi tempe sama garam aja ga becus...
Biar seimbang beritanya...

Quote:[URL="http://finance.detik..com/read/2012/09/13/143640/2017428/4/pemerintah-gelontorkan-rp-15-triliun-untuk-bangun-madura"]Source[/URL]

Jakarta - Pemerintah pada tahun ini hingga tahun depan merencanakan percepatan pembangunan di kawasan Madura. Sejumlah program akan dilakukan dengan anggaran sekitar Rp 1,5 triliun.

Demikian disampaikan Menko Perekonomian Hatta Rajasa saat ditemui di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (13/9/2012).

"Untuk quick win-nya itu ada sekitar Rp 1,5 triliun. Di 2013, sebagian kita jalankan ke 2012, menteri-menteri sudah ada alokasinya kita percepat saja. Di 2013 di atas Rp 1 triliun yang harus kita adakan, itupun diatas dana yang ada di kementerian-kementerian," ujarnya.

Hatta menyebutkan dari 5 kabupaten termiskin di Jawa Timur, sebanyak 4 kabupaten berada di Madura. Untuk itu, akan dilakukan beberapa tindakan mempercepat pembangunan di sana, salah satunya pembangunan infrastruktur, seperti infrastruktur elektrifikasi, air, dan jalan. Untuk elektrifikasi, target pemerintah bisa memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Madura.

"Saya sudah minta agar elektrifikasi di Madura dinaikkan dengan cepat, sekarang sudah 48,67 persen elektrifikasinya di bawah rata-rata nasional," ujarnya.

Kemudian, lanjut Hatta, perbaikan infrastruktur air bersih sehingga harga air per liter bisa ditekan seminimal mungkin. Pemerintah juga akan membangun infrastruktur jalan, seperti jalan pedesaan.

"Ada 3 sumber air yang kita pecahkan segera dalam 2 tahun lalu. Yang pertama air baku, Waduk sudah ada apa yang akan dibangun embung, yang kedua air tanah dalam pompanisasi, dan ketiga air laut dalam proses desalinasi, ini sudah berhasil disalah satu pulau. Oleh sebab itu ini mengurangi, sampai saat ini masyarakat membeli itu hampir Rp 1.500 per liter, dengan desalinasi drop Rp 500, bahkan dengan teknologi baru drop di bawah Rp 500, jadi rakyat bisa terbantu di air," jelasnya.

Selain pembangunan infrastruktur, Hatta juga akan membangun ekonomi kerakyatan, seperti stabilisasi harga garam sehingga petani garam tidak dirugikan dengan harga murah yang dibeli terlalu murah.

"Tidak bisa begini terus garam produksi rakyat harga jatuh, nanti garam nggak ada garam impor, ini nggak bisa terus-terusan terjadi. Oleh sebab itu saya mengusulkan tersebut dengan stabilisasi harga garam, agar rakyat membeli dengan harga yang ditentukan. Kan harga ditetapkan dengan kualitas tertentu Rp 750," ujarnya.

Untuk menjaga harga garam tersebut, Hatta menyatakan akan memberdayakan BUMN PN Garam guna membeli garam dari produsen. Sekitar Rp 500 miliar anggaran yang dibutuhkan membeli garam di Madura yang produksinya sekitar 400 ribu ton lebih dari produksi keseluruhan Jawa Timur yang produksinya 500 ribu ton.

"Dan PN garam ini harus harus diberdayakan agar membeli garam rakyat jangan serba sebentar-bentar impor. Garam rakyat jadi stabilisasi harga garam produksi dibeli sehingga PN Garam membeli anggarannya sekitar Rp 500 miliar saja untuk buffer stok shingga bisa melakukan pembelian," ujarnya.

Kemudian, lanjut Hatta, pengamanan garam rakyat ini juga melalui program PUGAR (pemberdayaan usaha garam rakyat). Pemerintah juga akan menjaga sektor pertanian seperti tebu, jagung, dan tembakau di Madura, sektor perikanan dan industri kreatif, juga meningkatkan fungsi UMKM dan akses masyarakat ke perbankan nasional.

"UMKM dan akses dengan kredit usaha rakyat ini program-program penting, ini dilakukan 2 tahun ini," katanya.



Berita terkait lainnya mengenai isu garam nasional.

NTT Didorong Jadi Sentra Garam Nasional

China Tertarik Investasi Industri Garam di NTT

Pelan2 tapi pasti ya.. butuh waktu dan ga bisa instan swasembada emoticon-Ngacir
buset negara pinggir lautan semua..masih aja ngimpor garam..emoticon-Cape d... (S)
Sudah termasuk garam yang kemarin dipakai bikin hujan buatan toh. emoticon-Big Grin
negeri maritim, tapi garamnya,
bukannya malah ngekspor, malah ngimpor
sungguh sangat disayangkan..
REPUBLIK dagelan emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)

garis pantai salah satu yg paling panjang di dunia ms ngimpor garam emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By kabei
ah ga juga, abegeh sekarang mah orangnya gengsian emoticon-Stick Out Tongue
mending kerja kantoran gaji UMR daripada jadi petani meski penghasilan lebih gede emoticon-siul:

*ilustrasi, harga gula mahal, petani tebu seneng tapi kenyataannya apakah semua anak petani tebu berminat jadi petani tebu????......


bener juga sih
gengsi yg jadi musuh besar anak muda jaman sekarang

tapi ini tetep salah pemerintah buat saya,coba kalo pemerintah berusaha lebih keras sosialisasi dan lebih merhatikan petani lokal,bukan hal gak mungkin anak muda akan berubah haluan

oh iya gan bukti pemerintah gak serius dengan petani salah satunya subsidi pupuk dan benih tahun 2012 turun daripada tahun kemaren
×