alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016436848/ketua-pbnu-rakyat-harus-berhenti-dulu-bayar-pajak
Ketua PBNU: Rakyat Harus Berhenti Dulu Bayar Pajak
Ketua PBNU: Rakyat Harus Berhenti Dulu Bayar Pajak
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar (dua kanan) berbicara dengan Ketua PBNU Said Aqil Siradj (tiga kiri) saat acara tasyakuran hari lahir ke 14 PKB di kantor DPP PKB Jakarta Pusat, Senin (23/7/2012). Acara ini juga diisi dengan memberikan santunan kepada anak kurang mampu dan buka bersama kader serta simpatisan PKB. TRIBUNNEWS/HERUDIN


Quote:

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj berpendapat, sebaiknya kewajiban masyarakat membayar pajak untuk sementara dihentikan (moratorium) sampai pemerintah bisa membuktikan tidak ada kebocoran dari sektor penerimaan pajak.

"Menurut saya pribadi, sebaiknya memang kewajiban rakyat membayar pajak dihentikan dulu, sampai bisa dibuktikan pajak dikelola dengan baik, amanah, dan digunakan untuk kemaslahatan rakyat," kata Said Aqil, Jumat (14/9/2012).

Menurut Said Aqil, secara hukum agama, kewajiban membayar pajak berbeda dengan kewajiban membayar zakat.

"Tidak ada kewajiban bagi umat Islam untuk membayar pajak, yang ada hanya membayar zakat," kata kiai bergelar doktor lulusan Universitas Ummul Qura, Mekkah, Arab Saudi tersebut.

Menurut Said Aqil, kewajiban membayar pajak bagi rakyat lebih terkait pada keharusan mematuhi seluruh aturan pemerintah, termasuk di dalamnya membayar pajak.

"Di sini persoalannya. Kalau pajaknya dikorupsi, dan itu bukan rahasia lagi, apa kita masih wajib membayarnya?" katanya.

Dalam kondisi yang demikian, lanjut Said Aqil, kewajiban rakyat untuk membayar pajak bisa ditinjau ulang.

Berbagai kasus korupsi yang terungkap di institusi perpajakan dan
pengalaman masyarakat terhadap lembaga tersebut telah menyebabkannya menjadi institusi yang rawan korupsi.

Uang rakyat yang dibayarkan kepada negara yang seharusnya digunakan untuk kepentingan umum ternyata dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi oknum-oknum perpajakan.

Berpijak dari fakta itu, NU melalui forum Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar (Munas dan Konbes). yang akan berlangsung di pesantren Kempek, Cirebon, Jawa Barat, 15-17 September mendatang akan membahas apakah masyarakat masih wajib membayar pajak jika hasilnya dikorupsi.

Karena itu, dimungkinkan terjadinya pembangkangan sosial sebagai protes
masyarakat atas uang rakyat yang ternyata dikorupsi untuk kepentingan pribadi.




Ane yg rakyat biasa jadi bingung dah pak kiai ... emoticon-Cape d... (S)
Semoga pemerintah sadar ya pak kiai, duit rakyat kudu kembali ke rakyat
kadang entah otaknya ada dimana ini orang
Ketua PBNU: Rakyat Harus Berhenti Dulu Bayar Pajak

If you like, you can add a score for this thread.
"Di sini persoalannya. Kalau pajaknya dikorupsi, dan itu bukan rahasia lagi, apa kita masih wajib membayarnya?"

dalam banget kata2nya, hanya orang NU saja yg bisa menafsirkan...yang lain jadi wacana aja ya!!!!!

(secara ane orang NU gt loh, klo gak setuju ya sudah ga usa mewek....)

KETAWA SAMBIL MINUM KOPI AH...........

Quote:Original Posted By Mr.Kravchenko
Terus yang membayar polisi dan membayar tentara yang kerja 24 jam pake apa????


otak dipake dong...

jangan lu pake standar Arab sono kemari... gak cocok. emoticon-Cape d...


Kalo ada sampai saat ini masih mikir kalo si gayus mencuri uang pajak yg dibayar WP, beneran lu itu goblok!
mantra anti vibot activated!


EH TONG, klo komentar jangan pake GOBLOK2 KENAPA??? ini ketua NU TAU, massa nya banyak lho... kenapa ga mikir jernih??? said agil ga se ekstrem itu kaleee,

INI KRITIKAN HALUS BUAT BRANTAS KORUPSI
saya setuju dengan pak kyai....emoticon-Ngacir


vbot setuju ga?emoticon-Peace





mikiro lan makaryo ojo muk sendiko
katanya ini kyai titipan BIN/pemerintah ... kok kritis?! emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By tusvlos
katanya ini kyai titipan BIN/pemerintah ... kok kritis?! emoticon-Big Grin


ya biar ga disangka titipan lagi
permainan psikologi
emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By tusvlos
katanya ini kyai titipan BIN/pemerintah ... kok kritis?! emoticon-Big Grin


katanya????? mau bergosip pagi2????

ini SANTRI nya GUSDUR !!!!! kalau ga punya ilmu agama yg kuat jangan asal bicara sama sesepuh NU
Quote:Original Posted By INCUBATOR
katanya????? mau bergosip pagi2????

ini SANTRI nya GUSDUR !!!!! kalau ga punya ilmu agama yg kuat jangan asal bicara sama sesepuh NU


bukan itu pointnya ... cuma ngelitikin pihak-pihak yang gemar nuding said aqil gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By tusvlos
bukan itu pointnya ... cuma ngelitikin pihak-pihak yang gemar nuding said aqil gan emoticon-Big Grin


o...kirain ente KONTRA AMA PB.....daripada ormas lain, ga BRANI BERSIKAP EKSTREM KAYAK KANG AGIL.....pemikirannya ekstrem kayak gurunya gus dur
aseeek... gak usah bayar pajak aaahhh
tumben nih orang omongannya agak beneran dikit emoticon-Blue Guy Smile (S)
horeeee

emoticon-Angkat Beer

SPP termasuk pajak bukan ya

emoticon-Bingung
wah asik juga kalo umat islam dibebasin ga usah bayar pajak???

tapi kasian umat yg laen dong???
Quote:Original Posted By INCUBATOR


katanya????? mau bergosip pagi2????

ini SANTRI nya GUSDUR !!!!! kalau ga punya ilmu agama yg kuat jangan asal bicara sama sesepuh NU


bener bro, kalo ngk tahu apa2, mending diem saja deh, dari pada salah ngomong dan kelihatan "dung-dung".
Zakat wajib dibayar, kalo pajak kan cuman aturan negara dan kalo dikorupsi, dan ini sudah jadi rahasia umum, mending ngk usah bayar pajak sekalian.
pajak = haram
jalan raya = hasil dari pajak = haram juga
gaji pns = hasil dari pajak = haram
sekalian ditambah fatwa : " warga NU jangan menggunakan jalan raya hasil dari uang haram dan warga NU yang jadi PNS harus keluar karena gajinya dari pajak yang haram"

tapi berani gak ya ??
absolute agree , kadang eneg bin gedeg, udah bayar pajak , berita korupsi mulu

fasilitas umum rakyat, amburadul.
Quote:Original Posted By dulkemut
pajak = haram
jalan raya = hasil dari pajak = haram juga
gaji pns = hasil dari pajak = haram
sekalian ditambah fatwa : " warga NU jangan menggunakan jalan raya hasil dari uang haram dan warga NU yang jadi PNS harus keluar karena gajinya dari pajak yang haram"

tapi berani gak ya ??


elo ini manusia apa komputer logika biner doang yang dipakai, nggak ada hukumnya dalam agama nggak lantas berarti haram. itu cuma berarti tanda bintang "syarat dan ketentuan berlaku"... bisa jadi wajib kalo memang justru memberikan kebaikan buat umat. yang disoroti si aqil ini kan kesenjangan antara yang seharusnya dengan praktik di lapangan emoticon-Big Grin
Bukannya mengikuti peraturan & pemerintahan ada dalam islam ya?
atau tafsirnya beda? emoticon-Bingung (S)
Ane bayar pajak,tapi ane niatnya Zakat...gimana tuh gan hukumnya ? emoticon-Bingung