alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016435625/cara-jk-sukseskan-konversi-minyak-tanah
Cara JK Sukseskan Konversi Minyak Tanah


VIVAnews - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla berkesempatan menjadi keynote speaker pada acara World LPG Forum ke-25 di Nusa Dua, Bali. Dalam kesempatan itu, JK --sapaan akrabnya-- didapuk untuk menceritakan kesuksesan pemerintah menjalankan program konversi minyak tanah ke gas elpiji.

Menurut JK, ada beberapa hal yang ia lakukan. Pertama, pemerintah melakukan studi keuntungan. Penggunaan minyak tanah ada beberapa masalah seperti pada lingkungan hidup.

"Pada saat yang sama, kesulitan yang kami dapat adalah minyak tanah biasanya berkaitan dengan rumah tangga miskin," kata JK, Kamis 13 September 2012.

Karena itu, langkah selanjutnya adalah melakukan penelitian terhadap masalah sosial akibat dampak konversi. Sebab, pada 2005, awal konversi itu dilakukan, ada 50 juta rumah tangga yang menggunakan minyak tanah.

Lalu, pemerintah menjalankan studi teknis. "Saya melakukan studi di rumah. Saya meminta pembantu rumah untuk membandingkan penggunaan minyak tanah dan elpiji, baru kami lakukan penelitian di laboratorium," ujar JK.

Masa sulit konversi terjadi pada tahap awal, sebab minyak tanah disubsidi pemerintah, sehingga harganya sangat murah. "Mereka yang menggunakan elpiji kelas atas, komposisinya tak sampai 10 persen. Sisanya, 90 persen, baru pengguna minyak tanah," tuturnya.

Konversi menemukan momentum ketika harga minyak dunia melonjak tajam. Semua berubah ketika harga minyak meningkat. "Dalam pemikiran pemerintah kala itu, kami tak akan menaikkan harga dan mensubsidi mereka," katanya.

Solusi yang diambil pemerintah kala itu adalah memperbaiki harga energi dan mencabut subsidi harga minyak tanah. "Awal 2006, kami berpikir, ini subsidi sangat tinggi," kata dia.

"Hal yang memberatkan, yaitu minyak tanah. Karena, 60 persen subsidi untuk minyak tanah dan kami tak bisa meningkatkan lebih tinggi lagi. Kami akan mengubah cara memasak 50 juta pengguna minyak tanah," tutur mantan ketua umum Partai Golkar itu.

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara mengonversinya. Akhirnya, pemerintah membuat keputusan tidak mengubah penggunaan uang masyarakat.

"Kami pelajari bagaimana cara masyarakat menghabiskan uangnya. Rata-rata mereka membeli 5 sampai 7 liter minyak tanah dalam satu minggu," terang dia.

Hal lain yang dipikirkan adalah berapa lama konversi itu bisa dilakukan. Pemerintah lalu memutuskan membuat tabung sesuai dengan 7 liter minyak tanah. "Itu sama dengan 3 kilo elpiji. Ini sama dengan pembelian minyak tanah selama satu minggu, tapi harganya lebih murah," ujarnya.

Setelah semua tahapan itu dilalui, JK memikirkan bagaimana caranya mengubah cara pandang masyarakat. "Saya katakan kepada masyarakat bahwa ini gratis. Saya ditanya oleh DPR, kenapa harus gratis. Saya katakan kepada mereka harus membayar?"

Tahapan itu kemudian berjalan hingga kini. "Sejak 2006, konversi resmi dimulai dan berhasil," kata JK. (art)
http://bisnis.news.viva.co.id/news/r...i-minyak-tanah
hebat bisa hemat 22 t setiap tahunemoticon-thumbsup
dulu dengan kontroversinya konversi mitan ke gas.. tapi pemerintah akhirnya tetep memaksa harus konversi... jadinya masyarakat mau ga mau ya ngikut... harusnya pemerintah juga maksa hapus subsidi bbm... mau ga mau ya rakyat ngikut ... emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By black_
dulu dengan kontroversinya konversi mitan ke gas.. tapi pemerintah akhirnya tetep memaksa harus konversi... jadinya masyarakat mau ga mau ya ngikut... harusnya pemerintah juga maksa hapus subsidi bbm... mau ga mau ya rakyat ngikut ... emoticon-Hammer


perlu kepemimpinan yang kuat dan konsisten plus sosialisasi yang baik.

masalahnya sekarang, adakah kepemimpinan yang kuat??

yang sekarang, terlalu sering ambil langkah aman.
akhirnya pusing sendiri.
Ada teman di sini yang keluarganya masih pakai minyak tanah.
Alasannya simpel: takut pakai elpiji, takut meledak.
untung rakyat indonesia sudah tau betul kalo ini program JK. emoticon-Big Grin

kalo ndak... bisa jadi bahan pencitraan pemimpin palsu. emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By Pi-One
Ada teman di sini yang keluarganya masih pakai minyak tanah.
Alasannya simpel: takut pakai elpiji, takut meledak.


Hihiihi... gila kaya banget temen ente gan, setau ane kerosin udah mahal dan jarang pula..

ketakutan akan meledak nya gas sebenernya karena ke kurang tahuan mereka akan bagai mana cara penggunaan yang baik dan benar...
selain itu banyak agen2 GUOBLOG yang kadang suka se enaknya aja saat unloading mereka main lempar2 aja itu tabung kebawah emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By fothermucker
Hihiihi... gila kaya banget temen ente gan, setau ane kerosin udah mahal dan jarang pula..

ketakutan akan meledak nya gas sebenernya karena ke kurang tahuan mereka akan bagai mana cara penggunaan yang baik dan benar...
selain itu banyak agen2 GUOBLOG yang kadang suka se enaknya aja saat unloading mereka main lempar2 aja itu tabung kebawah emoticon-Cape d... (S)

Soal kekurangtahuan, emang benar. Lagian orang tuanya lumayan tua, jadi agak sulit juga.
Kalau dia sih sudah mulai belajar makai kompor gas, mulai dari kompor gas portable...
wahhhh sekarang pada muji2 yah...padahal sebelum berhasil gak sedikit anggota dewan, mahasiswa dan masyarakat yang mencela kebijakan konversi ini kepada pemerintah...

lah sekarang malah si JK yang ketiban duren...!!!



bener2 dah bud...pantes gak maju2...^^
JK-Jokowi-DI kalo digabung semua kayaknya bakalan seru tuh...
Quote:Original Posted By fothermucker


Hihiihi... gila kaya banget temen ente gan, setau ane kerosin udah mahal dan jarang pula..

ketakutan akan meledak nya gas sebenernya karena ke kurang tahuan mereka akan bagai mana cara penggunaan yang baik dan benar...
selain itu banyak agen2 GUOBLOG yang kadang suka se enaknya aja saat unloading mereka main lempar2 aja itu tabung kebawah emoticon-Cape d... (S)


Ane juga dirumah masak masih pake mitan emang harganya lumayan 10rb / ltr, itupun kadang2 susah dapetnya, ane pernah nyari mitan sampai ke kota tetangga, alasan ane masih pake mitan, ane trauma soalnya tabung gas elpiji ane pernah bocor, untungnya saat itu gak ada sumber api, tapi traumanya masih berbekas sampai sekarang,....
Quote:Original Posted By ajacid
wahhhh sekarang pada muji2 yah...padahal sebelum berhasil gak sedikit anggota dewan, mahasiswa dan masyarakat yang mencela kebijakan konversi ini kepada pemerintah...

lah sekarang malah si JK yang ketiban duren...!!!



bener2 dah bud...pantes gak maju2...^^


ini lah negerin INDONESIA yang kita CIntai gan emoticon-Ngakak
caranya ya menghilangkan minyak tanah dari peredaran
Quote:Original Posted By asnug1125
Ane juga dirumah masak masih pake mitan emang harganya lumayan 10rb / ltr, itupun kadang2 susah dapetnya, ane pernah nyari mitan sampai ke kota tetangga, alasan ane masih pake mitan, ane trauma soalnya tabung gas elpiji ane pernah bocor, untungnya saat itu gak ada sumber api, tapi traumanya masih berbekas sampai sekarang,....


Yg bocor itu bukan dari tabung nya gan, kalaupun ada kemungkinan sanga sangat kecil, biasanya kebocoran itu ada di ujung penyambung antara regulator dengan tabung, karena banyak agen nakal yg suka nyongkelin karet nya...

kenapa tabung kecil kemungkinan bocornya? karena pada saat pengisian ulang di depot, semua tabung gas di cek kembali dan ada beberapa tahap yg harus di lewati sampai akhirnya si tabung dinyatakan aman dan bisa dilepas ke agen, nah pengawasan dan pemeliharaan di agen ini yang bener2 jauh dari kata memuaskan...



Quote:Original Posted By Pi-One
Soal kekurangtahuan, emang benar. Lagian orang tuanya lumayan tua, jadi agak sulit juga.
Kalau dia sih sudah mulai belajar makai kompor gas, mulai dari kompor gas portable...



wajar kalo sudah tua... tapi ya hebat tidak mengandalkan subsidi... emoticon-Big Grin
salut...
Quote:Original Posted By fothermucker
Hihiihi... gila kaya banget temen ente gan, setau ane kerosin udah mahal dan jarang pula..

ketakutan akan meledak nya gas sebenernya karena ke kurang tahuan mereka akan bagai mana cara penggunaan yang baik dan benar...
selain itu banyak agen2 GUOBLOG yang kadang suka se enaknya aja saat unloading mereka main lempar2 aja itu tabung kebawah emoticon-Cape d... (S)


harga minyak tanah tiap daerah kan tidak sama emoticon-Embarrassment

harga minyak tanah di luar jawa relatif lebih murah di banding pulau jawa emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By BL4CK.D1CK
harga minyak tanah tiap daerah kan tidak sama emoticon-Embarrassment

harga minyak tanah di luar jawa relatif lebih murah di banding pulau jawa emoticon-Embarrassment


Oh jelas, tapi untuk beberapa provinsi di sumatera sudah pakai gas kok...
kalo kalimantan dan irian jaya ane kaga tau deh... emoticon-Big Grin
gara2 konversi minah, citra jk di mata rakyat kecil malah jelek,
krn di warung2 ada "oknum" yg kampanye : minah langka, itu krn jk


padahal pak beye di untungkan dengan program minah ini
pemaksaan yang lumayan cukup berhasil

walau banyak kekurangan kanan kiri

emoticon-linux2
Quote:Original Posted By fothermucker
Oh jelas, tapi untuk beberapa provinsi di sumatera sudah pakai gas kok...
kalo kalimantan dan irian jaya ane kaga tau deh... emoticon-Big Grin


negara ini bukan cuma jawa ama sumatra lho emoticon-Embarrassment

seharusnya pola fikirnya "wilayah lain belum berhasil, how come? jadi benarkah klaim kesuksesan konversi minyak tanah tersebut?" ........ emoticon-Embarrassment

keadilan sosial eh emoticon-Roll Eyes (Sarcastic):
Quote:Original Posted By BL4CK.D1CK
negara ini bukan cuma jawa ama sumatra lho emoticon-Embarrassment

seharusnya pola fikirnya "wilayah lain belum berhasil, how come? jadi benarkah klaim kesuksesan konversi minyak tanah tersebut?" ........ emoticon-Embarrassment

keadilan sosial eh emoticon-Roll Eyes (Sarcastic):


terus solusinya apa? arah postingan ente maksudnya kemana nih?
kalo berhasil ato enggak berhasil, data tepatnya ane gak tau masbro..

tapi yang gue tau harga kerosine itu mahal.. dan harga gas itu jauh dibawah harga kerosine.. emoticon-Smilie

menurut ane udah bagus lah, beberapa daerah sudah bisa menggunakan gas, dan semoga yang lain menyusul.. emoticon-shakehand:
Quote:Original Posted By fothermucker
terus solusinya apa? arah postingan ente maksudnya kemana nih?
kalo berhasil ato enggak berhasil, data tepatnya ane gak tau masbro..


cuma berkomentar soal berita yg menyebut konversi tersebut sukses emoticon-Embarrassment

tapi susah deh... negara ini udah terlalu banyak salah urus, pejabatnya juga tukang bikin masalah, bukan menyelesaikan masalah emoticon-Nohope

Quote:Original Posted By fothermucker
tapi yang gue tau harga kerosine itu mahal.. dan harga gas itu jauh dibawah harga kerosine.. emoticon-Smilie


udah tau dari dulu kalok soal itu, bahkan jauh sebelum ribut2 soal konversi minyak tanah emoticon-Malu

dulu sempet kerja di penyulingan minyak bumi emoticon-Malu

Quote:Original Posted By fothermucker
menurut ane udah bagus lah, beberapa daerah sudah bisa menggunakan gas, dan semoga yang lain menyusul.. emoticon-shakehand:


seharusnya lebih objektif dalam memaparkan keberhasilan dan tidak cepat puas emoticon-Malu