alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016433572/lecehken-seniman-bibit-waluyo-dituntut-minta-maa
Lecehken Seniman, Bibit Waluyo Dituntut Minta Maa
BELASAN seniman di Banyumas sedang melakukan aksi simpatik terkait pernyataan gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo yang menyebutkan kesenian Jaran Kepang atau Kuda Lumping sebagai kesenian terjelek di dunia.*

PURWOKERTO, (PRLM).-Pernyataan Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo yang menyebutkan kesenian Jaran Kepang atau Kuda Lumping sebagai kesenian terjelek di dunia mendapat reaki keras dari belasan seniman di Banyumas Jawa Tengah dalam aksi simpatik yang digelar di alun-alun Purwokerto Rabu (12/9).

Aksi unjuk rasa dengan membawa jaran kepang atau ebeg sejumlah seniman dan komunitas jaran kepang berjalan dari Pendopo Wakil Bupati menuju ke Alun-alun. Mereka juga membentangkan spanduk bertuliskan 'Bibit Tidak Layak Menjadi Pemimpin Jateng'.

Aksi protes para seniman sebagai reaksi dari pernyataan Gubernur Jateng Bibit Waluyo dalam sambutannya pada acara The 14th Merapi and Borobudur Senior's Amateur Golf Tournament Competing The Hamengku Buwono X Cup di Borobudur International Golf and Country Club Kota Magelang, Minggu (9/9) lalu.

"Kesenian jaran kepang adalah kesenian yang paling jelek sedunia. Memalukan, wali kota Magelang menampilkan kesenian itu untuk acara seperti ini," kata Bibit Waluyo saat itu.

Kesenian kuda kepang yang tampil dari Kelompok Kesenian Jathilan Kartika Harapan dari Rejowinangun, Kota Magelang.

Koordinator aksi, Surya Esa mengatakan, apa yang dilakukan beberapa seniman Banyumas sebagai wujud keprihatinan terkait pernyataan Bibit.

"Tidak sepantasnya pernyataan itu dikatakan oleh pejabat pemerintah, Kejadian tersebut menunjukkan Gubernur Jateng tidak menghargai budaya sendiri,"kata seniman Surya Esa dalam aksi unjur rasa .

Menurut Esa, seharusnya Bibit meminta maaf kepada para seniman. Di saat banyak kebudayaan diklaim negara lain semisal Malaysia, seharusnya pemerintah mendorong kesenian berkembang. Lagi pula selama ini kesenian ebeg bertahan karena ada komunitasnya mereka hidup dari swadaya masyarakat, bukan dari pemerintah.

Esa yakin, jika Bibit tidak paham dengan filosofi, ebeg simbol untuk mengendalikan hawa nafsu, dan pemersatu masyarakat melalui kesenian. "Ebeg atau Jaran Kepang, atau Jathilan bukan agama akan tetapi laku seni budaya nenek moyang,"terangnya.

Sehingga seorang Gubernur Bibit tidak pantas mengatakan itu, pernyataannya telah melecehkan dan melukai hati para seniman dan budayawan. Sehingga seharusnya dia meminta maaf kepada para seniman Ebeg," kata Surya.

Wakil Bupati Banyumas Achmad Husain mengatakan ia sangat mengapresiasi apa yang dilakukan para seniman itu. Ia akan menyampaikan permasalahan itu kepada bupati.

"Saya menampung apa yang akan diinginkan para seniman, nanti akan saya sampaikan kepada pak bupati aspirasi para seniman," terang Achmad.


http://www.pikiran-rakyat.com/node/203167
Tidak sepantasnya pemimpin berbicara begitu gan... Wajib klarifikasi ini...
Mulut bibit perlu di kepang juga ,

Bila perlu ndas'e bibit slentikno nyang jaran.
pemimpin sekarang makin aneh, perlu disertifikasi

jangan cuma guru aja yang disertifikasi.
keseleo lidah nih tampaknya . .
mulutmu harimaumu pak bibt Lecehken Seniman, Bibit Waluyo Dituntut Minta Maa
orang ini, kan satu trah dng foke kan keknya?

jadi ingat pelajaran pancasila waktu sd "hargai hasil karya orang lain"
wis rak ono sing bener iki,,

duit makin akeh, kelakuan makin edan,,
wess,,

TIJI TIBEH,mati siji, mati kabeh


Lindungi hambamu dari Domba-Domba yang tersesat
Habis ngomong walikota solo bodoh, trus ngomong kaya gini lagi???? jangan harap untuk jadi gub untuk yg kedua kalinya, say no to bibit
Cermati kalimat ini

Quote:
Lagi pula selama ini kesenian ebeg bertahan karena ada komunitasnya mereka hidup dari swadaya masyarakat, bukan dari pemerintah.


udah ga diperhatikan, dihina pula.... emoticon-Nohope emoticon-Hammer


ooo ini orang yg dulu ngingetin esemka biar ga nubruk kebo ya ?
kualitas otak para tukang jilat pantat kebo ya gitu itu, ga beda jauh dengan si ruhut atau batuginjal yg asal njeplak

nih orang yg ngacak2x pdip di jateng
ini pejabat sarapan pake jack daniels tiap pagi ap ya ? cangkeme dudu cangkem sekolahan, podo karo silit e.
Dah dari dulu si bibit kalo ngomong ga pernah pake etika. Pantas lah. Apa yg keluardari mulutnya itulah sebenarnya kualitas otaknya.
bibit sendiri kalau dibilang gubernur paling jelek sedunia, pasti bakalan marah emoticon-Malu (S)
ketauan bgt ni orang punya jabatan cuma karena nyogok duit doank, bukan karena kredibilitas dan kecerdasannya emoticon-Cape d... (S)
Bibit nggak salah lah.. Kalo jelek ya harus dibilang jelek emoticon-Malu

Ane aja kalo nggak suka akan ane bilang nggak suka emoticon-Angkat Beer
minta mangap, atau minta maa
terima kasih pak, sangat memberikan motivasi dan semangat kepada para pelestari kesenian tradisional ini, moga moga besok besok tidak punah..emoticon-Cape deeehh
ga cukup dengan minta maaf aja, turun dari jabatan ente bro kalo jantan emoticon-Cool
walaaaaahhhh bibit meneeehhhhh.......rung pernah diamuk jaran kepang.....