alexa-tracking

Muhaimin Berjanji Akan Perbaiki Sistem 'Outsourcing'

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016433388/muhaimin-berjanji-akan-perbaiki-sistem-039outsourcing039
Thumbs down 
Muhaimin Berjanji Akan Perbaiki Sistem 'Outsourcing'
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar berjanji akan memperbaiki sistem tenaga lepas atau outsourcing dan memperjuangkan hak-hak buruh.

Hal ini disampaikan dalam sambutannya pada acara Konsolidasi dan Halalbihalal Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) pada Kamis (13/9/2012) di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat. Dalam sambutannya Muhaimin sempat meminta maaf karena datang saat acara sudah berakhir. Namun, kedatangannya cukup memunculkan antusiasme bagi para ribuan buruh yang hadir.

"Kami dari pemerintah akan terus berupaya agar cita-cita untuk menyejahterakan buruh melalui sistem outsourcing yang tidak merugikan buruh harus kita tegakkan," ujar Muhaimin.

Ia menambahkan bahwa dirinya akan mengeluarkan aturan baru untuk menindaklanjuti keputusan Mahkamah Konstitusi agar nasib para pekerja outsourcing dapat teratasi serta menuju kesejahteraan yang sama, seimbang, dan adil. Muhaimin juga mengimbau agar Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia membaca secara cermat draf yang diajukan olehnya agar draf tersebut bisa diterima semua pihak dan dapat diterapkan secepat mungkin.

Ia menyampaikan, tema yang diangkat dalam acara konsolidasi tersebut, yakni "Stop Outsourcing dan Bayar Upah Layak" juga merupakan agenda nasional. "Juga merupakan agenda pemerintah agar upah buruh adalah upah yang menyejahterakan dan memakmurkan para pekerja di Indonesia," katanya.

Muhaimin menambahkan bahwa keberhasilan pembangunan ekonomi harus terjaga dan salah satu yang dapat menjaga kestabilan dan keberlangsungan ekonomi tersebut adalah dengan cara seluruh kebutuhan hidup layak dan standar kesejahteraan pekerja harus terpenuhi.

Seusai menyampaikan sambutan, Muhaimin menerima lembar pernyataan sikap dan tuntutan SPSI yang disampaikan oleh Ketua Umum Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Yoris Raweyai.

Selain Muhaimin, acara ini juga dihadiri oleh Kapolda Metro Jaya Untung Suharsono Rajab dan ribuan pekerja ataupun buruh se-Jabodetabek. Para buruh menuntut penyesuaian sikap pemerintah menyambut keinginan seluruh pekerja Indonesia. Buruh juga menyampaikan fakta bahwa pendapatan per kapita Indonesia terus tumbuh, tetapi tidak seimbang dengan upah buruh. Para buruh juga meminta pemerintah merevisi Permenakertrans No.17 Tahun 2005 tentang Kompomen Hidup Layak (KHL). Buruh juga meminta penghapusan outsourcing yang dinilai merupakan pola perbudakan era modern yang dipermanenkan oleh pemerintah.


http://nasional.kompas.com/read/2012...em.Outsourcing

HALAH, Muhaimin tuh ga jaguh jadi mentri, pantesnya jadi tukang dongeng..
ga bisa diandelin tuh orang..
Apa lidahnya muhaimin bertulang .... ???

Kalo ndak , mana bisa dipegang janjinya.
rakyat minta di hapus min... bukan di perbaiki.....





dengar gak min??? oii miinn.....
setuju banget tuh komentar TS,

yang uda terlanjur pama di atas susah buat liat kebawah,,

mati aja lu cak imin,,



Lindungi hambamu dari Domba-Domba yang tersesat
buruh2 ini gampang diprovokasi dan kadang2 mitanya yang aneh2 wae,pernah dulu gw lihat trit yang minta UMR 4 - 5 jetiemoticon-Cape d... (S)

bukan main,nggak sadar2 seberapa banyak temennya yang ngangguremoticon-Berduka (S)
dihapus baru bener cak imin...bejemane sich!!!!
Quote:



ente kurang tepat bro,, nganggur tuh karena apa?
males??

ente uda kena doktrin buku SD yg bilang Indonesia tuh negara yg kaya sumber daya alam.. mana??

itu teori tolol yg bikin WNI jadi malesss..
outsourcing di Indonesia emang aneh!

sebenarnya konsep outsourcing itu sendiri bagus : pemberdayaan SDM yang sesuai dengan levelnya dan efisiensi biaya produksi. artinya dengan kata lain SDM-SDM yang memang malas ya ga usah dikasi kerja, apalagi roadmap Indonesia menuju APEC 2015. kalau level SDM kita masih seneng 'disuapi' bisa habis ntar pekerjaan kita dibabat sama orang luar atau orang yang lebih capable

tapi konsep ini malah dipake sama pihak manajemen perusahaan untuk memeras tenaga kerja secara terselubung. bener-bener ga mau rugi sedikitpun untuk tenaga kerja (labor force) sebagai bagian dari sistem produksi mereka. apalagi banyak yang gw denger kalau sistem remunerasinya bener-bener tertutup dan cuma pihak manajemen dengan perusahaan outsourcing aja yang tahu. buntutnya gaji berapa bulan menunggak ga dibayar, atau ga dibayar dengan rendah sekali

dilema memang
antara persaingan di dalam dunia (pencari) kerja dan penyalahgunaan konsep outsourcing oleh pihak pemberi kerja
Quote:


emoticon-Shakehand2

setubuh gan,, ini perkara pemerintah niat atau tidak dalam masalah perburuhan, penyelsaian instan yaitu membuka banyak lapangan kerja baru, dengan cara mulai mengapresiasi para pengusaha yang bisa export barang jadi, bukan barang mentah lagi, cara apresiasinya bisa subsidi mesin, pinjaman bunga ringan, tanpa melupakan investor asing..
Jangan cuma diperbaiki kalo perlu dihapuskan!!! Biar para buruh kita menjadi makmur.
Naikkan lah kompetensi dan kualitas individu dari pencari kerja. Kadang2 buruh2 masih suka "lupa". Jadi dr sisi pengusaha kalau mereka menaikkan gaji, apakah jamin buruh tambah rajin dan loyal?
Quote:


setidaknya sudah banyak buktinya gan klo buruh yg nggerakin bangsa,,
bukan para PNS gendut yg kerjanya cuma absen masuk-absen pulang, dibayar pake duit negara lagi

emoticon-Cape d... (S)
emoticon-I Love IndonesiaHidup Buruh emoticon-I Love Indonesia

saya yakin semua yang merasa dirinya buruh akan menolak sistem kerja outsourching maupun PKWT seperti pada post yang saya buat disini. selama ini pemerintah hanya berjanji akan mensejahterakan buruh dengan janji manisnya. janji tinggallah janji hidup buruh pun tidak pernah sejahtera kami lelah menunggu pemerintah menepati janjinya.
Sistem out sourcing sebenarnya tidak jelek banget koq, tapi gajinya harus besar dong. Kalau buruh dikenakan sistem ini dengan bayaran UMR ... entar hari tua nya bagaimana? Apakah manusia tidak dihargai lagi nilainya?
Harusnya bukan diperbaiki,tapi dihilangkan.
Quote:


emoticon-2 Jempolane setuju banget gan emoticon-2 Jempol
Quote:

ga nyambungemoticon-fuck2

satu...dua...tiga... empik...emoticon-Ngacir
Quote:


dicina gajinya malah jauh lebih parah gan,
Jadi kalau mau menyalahkan salahkanlah cina

merekalah yang telah merusak harga produksi,mau nggak mau kta harus ngurangin porsi gaji untuk bersaing dengan mereka
Quote:


ane setuju kalo di hapus, diperbaiki blum tentu dihapusemoticon-Cape d... (S)
alah, menetri DOGOL kayak si imin ini bisa apa? emoticon-Najis