alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016427293/ekonomisubsidi-listrik-mal-dan-rumah-mewah-akan-dicabut
Cool 
[Ekonomi]Subsidi Listrik Mal dan Rumah Mewah Akan Dicabut
Subsidi Listrik Mal dan Rumah Mewah Akan Dicabut


Spoiler for Yang di Subsidi...yang dicabut:


TEMPO.CO, Jakarta–Pemerintah berencana mencabut subsidi listrik untuk pusat belanja dan rumah mewah. Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Rudi Rubiandini mengatakan pemerintah mengusulkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat untuk mencabut subsidi pelanggan dengan daya di atas 6.600 watt. Usul akan diajukan bersamaan dengan pembahasan kenaikan tarif tenaga listrik.

Menurut Rudi, ada empat golongan yang diusulkan tidak mendapat subsidi. Keempatnya tersebar pada kelompok pelanggan rumah tangga, instansi pemerintah, dan bisnis. "Mal, hipermarket, dan rumah mewah yang bisa punya kolam renang tidak akan disubsidi lagi," ujarnya Rabu 12 September 2012.

Saat ini, pelanggan rumah tangga dan bisnis dengan daya 6.600 ke atas membayar tarif Rp 1.330 per kilowatt hour (kWh). Adapun tarif untuk instansi pemerintah dan penerangan jalan umum dengan daya 6.600 watt adalah Rp 1.200 per kWh.

Usul itu disampaikan karena biaya pokok pembangkit listrik tahun depan naik Rp 11 per per kWh dari Rp 1.152 menjadi Rp 1.163 per kWh. Total biaya yang harus dikeluarkan tahun depan naik dari Rp 192,64 triliun menjadi Rp 212,07 triliun.

Menurut Rudi, kenaikan BPP tidak bisa dihindari meski penggunaan bahan bakar minyak oleh PLN menyusut. "Biaya naik karena biaya pembelian listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik yang meningkat," tuturnya.

Pemerintah mengusulkan kenaikan tarif tenaga listrik tahun depan. Dalam Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan Belanja Negara dan Nota Keuangan 2013, kenaikan tarif diusulkan sekitar 10 persen sepanjang 2013. Jika mendapat restu DPR, kenaikan akan dilakukan bertahap setiap triwulanan.

Meski pemerintah mengusulkan kenaikan tarif, Rudi menyatakan pelanggan industri masih menikmati subsidi listrik karena tidak membayar tarif berdasarkan harga keekonomian. "Subsidi untuk industri 26,8 persen atau sebesar Rp 19,4 triliun, bisnis 6,4 persen sebesar Rp 4,68 triliun dan pemerintah disubsidi 1,7 persen sebesar Rp 1,3 triliun," ujarnya.

Begitu pula konsumen rumah tangga dengan daya 450 watt dan 900 watt. Rudi berjanji, tarif listrik untuk kedua golongan itu tidak akan dinaikkan. "Kelompok rumah tangga masih menikmati subsidi terbesar, sekitar 47,2 persen dari anggaran subsidi," Rudi menambahkan.


Pada 2013, pemerintah membutuhkan dana pengadaan listrik sebesar Rp 226,91 triliun. Pemerintah berasumsi penjualan listrik akan tumbuh 9 persen, susut jaringan 8,5 persen, dan keuntungan 7 persen bagi PLN. Keuntungan bagi pabrik setrum negara ini bertujuan memperluas jaringan dan akses listrik kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Handaka Santosa meminta pemerintah mendorong PLN meningkatkan efisiensi sebelum menaikkan tarif listrik. Selain itu, PLN meminta agar pencuri listrik ditindak tegas. "Kebocoran hingga 8,5 persen masih besar," tuturnya.

Bila subsidi listrik pusat belanja dicabut, menurut Handaka, tak ada jalan lain bagi pengusaha selain menaikkan biaya sewa dan pengelolaan gedung. Ia juga keberatan bila kebocoran listrik dibebankan kepada pelanggan.

Wakil Ketua Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Achsanul Kosasih mengatakan pemerintah harus berhati-hati ketika memutuskan menghapus subsidi listrik. "Penghapusan subsidi harus dilakukan untuk konsumen kelas menengah, jangan sampai berimbas pada konsumen kelas bawah," katanya kemarin.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo menyatakan jika usul kenaikan tarif listrik ditolak, defisit negara akan membengkak. Tahun depan pemerintah memperkirakan defisit sebesar 1,62 persen dari produk domestik bruto (PDB) atau sebesar Rp 150,2 triliun. “Kalau listrik tidak jadi naik, akan ada tambahan defisit sebesar Rp 11 triliun, jadi diperkirakan defisit menjadi 1,64 persen,” katanya, Selasa lalu.
-------------------------------
emoticon-Cape d... (S) ane baru tahu...ternyata rumah-rumah mewah menikmati tarif listrik subsidi...termasuk...MALL... emoticon-Embarrassment

Ternyata pemerintah oot....emoticon-Cape d... (S)

Ada juga.....orang kaya disubsidi....emoticon-Embarrassment
Apa apa sekarang di cabuti ,

Cewek cabutan ,
BBM cabutan ,
Listrik cabutan ...

Dasar , pemerintahan cabutan emoticon-Metal:
kalo mo cabut ya cabut aja, kebanyakan rencana ga ada realisasi emoticon-Busa:
kalau ga segera dicabut ntar jadi
kok baru sekarang ?... rumah mewah itu di mulai dari tipe brapa...
DPR gak kasih litrik naik, pemerintah cabut subsidi listrik rumah dpr. emoticon-Big Grin
Biaya pokok Rp 1.152, Dijualnya Rp 1.330....... Subsidinya ada dimana ya?

dan saya yakin itu harga pokok utk listrik dari diesel..... Emang smua listrik dari diesel? yang dari plta dan batubara kan murah banget, cuma ratusan perak
buset gue baru tau kalo mall juga dapat subsidi listrik



otaknya dimana sih emoticon-Nohope
Quote:Original Posted By bung.kus
Biaya pokok Rp 1.152, Dijualnya Rp 1.330....... Subsidinya ada dimana ya?

dan saya yakin itu harga pokok utk listrik dari diesel..... Emang smua listrik dari diesel? yang dari plta dan batubara kan murah banget, cuma ratusan perak


kemane aja om bung.kus..... emoticon-Big Grin

lama kita tak jumpa..... emoticon-Angkat Beer
gak masuk akal ... kl mall ama perumahan mewah yg dayanya di atas 10rb watt itu masih di subsidi ... krn rumah gw yang cuma ala kadarnya aja tagihan listrik bulanannya bikin sakit kepala .... dan gw yakin banget ini gw gak disubsidi ama negara .... emoticon-Nohope


mungkin maksudnya .... mau naekin harga ama biaya abonemen kaleeee ... karena tarif yg sekarang dirasa kurang gede .... emoticon-Malu emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By bung.kus
Biaya pokok Rp 1.152, Dijualnya Rp 1.330....... Subsidinya ada dimana ya?

dan saya yakin itu harga pokok utk listrik dari diesel..... Emang smua listrik dari diesel? yang dari plta dan batubara kan murah banget, cuma ratusan perak


ya gitu deeehhhh .... maklum .... lagi pada ngeles nyari pembenaran ... sama nipuin rakyat yang masih bloon .... emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By tyrani
kemane aja om bung.kus..... emoticon-Big Grin

lama kita tak jumpa..... emoticon-Angkat Beer


halo bos tyrani.... Apa Kabar? :beer
Quote:Original Posted By bung.kus
Biaya pokok Rp 1.152, Dijualnya Rp 1.330....... Subsidinya ada dimana ya?

dan saya yakin itu harga pokok utk listrik dari diesel..... Emang smua listrik dari diesel? yang dari plta dan batubara kan murah banget, cuma ratusan perak


emoticon-Big Grin klo ente punya temen yg kerja di PLN coba tanyain bener berapa harga listrik klo make diesel. Klo harga listrik diesel cuma di angka 1200, ane bantu jualin ke rekanan ane dah emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By bung.kus
halo bos tyrani.... Apa Kabar? :beer


Baik aja om....masih sering main ke cawang pojokan? atau udah pindah ke lapangan banteng? emoticon-Malu (S)


Quote:Original Posted By raynasution
emoticon-Big Grin klo ente punya temen yg kerja di PLN coba tanyain bener berapa harga listrik klo make diesel. Klo harga listrik diesel cuma di angka 1200, ane bantu jualin ke rekanan ane dah emoticon-Big Grin


nah tuh...om bung.kus...dijabarin gih...ane belum paham masalah subsidi pln...emoticon-Malu (S): emoticon-Embarrassment
masa mall dapat subsidi?

LWBP kalo lewat bukannya bayar lebih besar?
Subsidi dari mana?
Malah kena pajak lampu penerangan jalan, padahal lamp penerangan jalan jarang dinyalain emoticon-Busa:
saya kerja di Mall emoticon-Malu
klo listrik mall tambah naek, berarti ntar sewa stand juga tambah mahal dong? emoticon-Takut:
Subsidi di Cabut... Jadi Rawan Pencurian Listrik dong gan... emoticon-Takut

1 AC Pake Listrik Berbayar... 4 AC Listrik Colongan... emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By Abbykung
Subsidi dimaksudkan agar daya beli masyarakat menjadi cukup tinggi...hal ini seperti buah simalakama bagi pemerintah (dihapuskan masyarakat nggak mampu beli, dipertahankan maka pemerintah yang kolaps...). Kesalahan Indonesia dalam hal ini menurut saya adalah saat pergantian Orde Baru ke Demokrasi Murni (1998), seharusnya subsidi untuk kebutuhan migas segera dihapuskan...memang banyak yang dirugikan namun sebagaimana hakikatnya manusia yang mampu beradaptasi, maka daya beli masyarakat akan dapat menyesuaikan diri sembari pemerintah mengalihkan pos subsidi tersebut untuk meningkatkan upah/gaji perindividu...
salah gan..... Justru keputusan orde baru yg menggantungkan listrik indonesia dari tenaga diesel adalah sumber dari bencana subsidi yg kita hadapi saat ini

coba kalau pejabat2 orde baru saat itu berpikiran cukup panjang melihat proyeksi jauh kedepan dg membangun pltu dan pltgu.... Sekarang subsidi listrik gak akan seperti ini..... Untung ada reformasi
pecatin aja para PNS yg ga berguna,
lumayan buat mengurangi pengeluaran negara emoticon-Amazed

tapi, gw setubuh utk tarif listrik khusus utk mall dan rumah mewah
Quote:Original Posted By raynasution
emoticon-Big Grin klo ente punya temen yg kerja di PLN coba tanyain bener berapa harga listrik klo make diesel. Klo harga listrik diesel cuma di angka 1200, ane bantu jualin ke rekanan ane dah emoticon-Big Grin


Beneran nih bos ente bisa kasih ane harga 1200? please pm me ya.... Serius!