alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016422372/dpr-lebih-setuju-tdl-dinaikkan
DPR Lebih Setuju TDL Dinaikkan
DPR Lebih Setuju TDL Dinaikkan

WASPADA ONLINE

JAKARTA Usulan kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) tahun 2013 oleh pemerintah mendapat lampu hijau dari Dewan Perwakilan Rakyat. Berdasarkan usulan dari kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), usulan kenaikan TDL itu adalah 15% atau 4,3% per tiga bulan.

Menurut Ketua Komisi VII Sutan Bhatoegana, alasan rencana kenaikan TDL merupakan hal yang wajar. Sebab, menurutnya, masyarakat lebih baik membayar harga TDL dengan sedikit lebih tinggi namun mendapat pelayanan listrik yang lebih baik. Dengan kenaikan TDL ini diharapkan masyarakat akan mendapatkan pelayanan listrik yang lebih baik dari Perusahaan Listrik Negara.

Sutan menjelaskan, kenaikan TDL ini adalah upaya pelayanan yang lebih baik dari PLN. Karena, biaya perawatan yang dibutuhkan untuk produksi listrik memang tinggi. Karena itu, jika perbedaan harga antara listrik subsidi dengan harga produksi listrik tinggi, akan membebankan anggaran pemerintah berupa membengkaknya biaya subsidi listrik.

"Biaya pokok PLN tinggi, selain itu dana perawatan juga tinggi. Karena itu, jika disparitas ongkos produksi listrik dengan harga listrik subsidi besar, tentu akan semakin bengkak beban negara," ungkap Sutan.

Namun dikatakan, pihaknya masih akan membahas opsi kenaikan TDL ini pada Senin (17/9) mendatang. Menurut Sutan, pihaknya terlebih dahulu akan mempertimbangkan faktor penting antara kenaikan TDL atau penambahan kuota Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Kami akan memilih antara penambahan kuota atau kenaikan TDL. Kami akan memilih di antaranya, mana yang urgensinya lebih tinggi. Kami akan menilai, jika BBM kuotanya naik, maka TDL tidak akan naik, atau juga sebaliknya," kata Sutan.

Sebelumnya, Kementerian ESDM mengusulkan kenaikan TDL sebesar 15% atau sebesar 4,3% per tiga bulan. Asumsi kenaikan TDL sebesar 15% itu, maka subsidi listrik dalam RAPBN 2012 diajukan sebesar Rp 78,63 triliun. "Jika DPR menolak rencana kenaikan TDL itu, maka anggaran yang harus disediakan adalah Rp 93,52 triliun," kata Rudi.

Menurutnya, jika ada kenaikan TDL tahun 2013, maka penghematan subsidi untuk listrik sebesar Rp 14,89 triliun bisa digunakan untuk pos lain selain subsidi listrik. Rudi bilang, kenaikan sebesar 15% itu bisa dilakukan dengan dua mekanisme yakni kenaikan langsung 15% atau bertahap sekitar 4,3 % setiap triwulan. Rudi optimistis usulan pemerintah itu disetujui oleh DPR.

sumber : IYAA.com
_____________________
dasar DPR giliran bebanin rakyat ajah lu setuju..kapan ente bisa nyenengin rakyat indonesia emoticon-Mad (S)
YANG MUDA MABOOK yang TUA KORUP

MABOOK TERUS korup terus....
ya iya lah jelas DPR setuju,wong hidup mereka rakyat yang nanggung,coba kebutuhan hidup DPR tanggung masing2 bisa teriak2 kalo bbm dan TDL dinaekin terus..kalo kinerja DPR maksimal si gak masalah kebutuhannya ditanggung oleh rakyat,tapi klo kinerjanya gk ada apa gunanya emoticon-Cape d... (S)
kalo ane setuju gaji naik
udah sering banget tdl naik tp tingkat pelayanannya ga naik2 emoticon-Cape deeehh
mendingan studi banding luar negeri yang dikurangin emoticon-Cape d...

enak bener tuh pada jalan2 terus...
Kalau anggota dpr yang memberikan opini ... khususnya orang yang berasal dari partai yang sedang berkuasa, saya tidak heran. Inilah hebatnya para politikus kita yang bukan menjadi corong rakyat, tapi corong pimpinan yang sedang berkuasa. Mungkin dia takut kehilangan kursinya yang empuk, dan mati-matian membela pimpinannya agar ia tetap dapat duduk di kursi empuk dengan berbagai fasilitas negara. emoticon-Nohope
naik mulu,udah mahal bertambah mahal,kesian rakyat kecil pak,sekarang jaman serba susah makin nambah susahemoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By INCUBATOR
YANG MUDA MABOOK yang TUA KORUP

MABOOK TERUS korup terus....


Ya itulah gan realita di negara kita...

emoticon-Mewek emoticon-Mewek emoticon-Mewek
kalau DPR setuju
kalau aku tidak setuju gan emoticon-I Love Indonesia (S)

beda pendapat boleh kan emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By admińistrator
kalo ane setuju gaji naik


ane kurang setuju, yang ane mau

GAJI NAIK HARGA TURUN

emoticon-Big Grin
kampret ni DPR, hasil nyata studi banding aja gak ada bisa2nya dia kayak gini
alasannya mah gini mulu tarif naik pelayanan ditingkatkan
asal ga byar pet byar pet aja sih ga masalah emoticon-Smilie
asal jangan tinggi-tinggi jga emoticon-Smilie
ane udah kehabisan kata kata buat si bathoegana ini,ampun dewa deh kenapa negara ini punya warga negara seperti dia emoticon-Cape deeehh
ya udah yang dibawah 900 subsidi full, dibawah 1300 subsidi sedikit, yang gede kek rumah orang2 kaya ga usah subsidi
iyalah TDL di naikin.
buat modal minta uang studi banding dan uang tunjangan.
semoga aja azab menghampiri kalian yg membuat rakyat menderita.
aminn..
Kalo TDL naik, pasti ga lama disambung tunjangan dpr naik
Quote:Original Posted By admińistrator
kalo ane setuju gaji naik


atuh iya gan ane juga stuju bener ama ente emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Lo mah enak nyet, listriknya kita2 yang bayarin
ane lebih setuju dpr diserbu trus disembelih atu2.