alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016420215/veteran-perang-dunia-ii-napak-tilas-di-pulau-morotai
Veteran Perang Dunia II Napak Tilas di Pulau Morotai
Veteran Perang Dunia II Napak Tilas di Pulau Morotai
Sejumlah Veteran Perang Dunia II meletakkan karangan bunga sebagai bagian dari napak tilas perjalanan masa lalu (sumber: JG Photo)


Quote:

Para tentara veteran Perang Dunia II telah tiba di Pulau Morotai setelah melakukan perjalanan dari Kota Ternate

Sejumlah veteran Perang Dunia II yang tiba di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, akan melakukan napak tilas dalam memeriahkan pelaksanaan Sail Morotai 2012.

Kepala Dinas Pariwisata Pulau Morotai Revi Dara mengatakan di Daruba, ibu kota Kabupaten Pulau Morotai, hari ini, para tentara veteran Perang Dunia II telah tiba di Pulau Morotai setelah melakukan perjalanan dari Kota Ternate.

"Jumlah veteran yang datang sebanyak 46 orang ditambah tim peneliti yang jumlahnya 100 orang," katanya.

Untuk di Morotai nantinya, napak tilas akan dilakukan mulai dari tempat tinggal mereka di penginapan dan fasilitas yang akan menjadi kebutuhan mereka.

Menurut dia, para veteran PD II yang akan datang berasal dari beberapa negara di antaranya Australia, Jepang, Amerika Serikat, dan veteran dari Indonesia.

Aktivitas yang akan dilakukan para veteran antara lain pada 13 September 2012 napak tilas di sejumlah tempat yang dulunya pernah mereka datangi pada saat terjadi Perang Dunia II.

Selain itu, untuk jalur laut saat napak tilas nantinya mereka akan menggunakan Kapal Baruna Jaya.

Pada pada 14 September, akan melakukan penelitian di sejumlah tempat di antaranya Pulau Zum-Zum, Air Kaca, museum PD II dan tempat-tempat lain yang dulunya adalah tempat dimana terjadi PD II.

"Itu agenda mereka, jadi pemerintah daerah akan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik," katanya. Penulis: Antara/ Ayyi Achmad Hidayah




(Morotai Pulau Kenangan) Mengenang Perang Pasifik di Morotai

Veteran Perang Dunia II Napak Tilas di Pulau Morotai

Quote:

JAKARTA, KOMPAS.com — Jika Anda menyukai sejarah, tak ada salahnya mengunjungi Morotai. Pulau Morotai adalah salah satu dari gugusan pulau yang berada di bibir Samudra Pasifik. Letaknya di utara Pulau Ternate, Maluku Utara.

"Sebagian orang menyebut Morotai dengan 'Mutiara di Bibir Pasifik'. Ada pula yang menyebutnya Morotai The Memory Island (Morotai Pulau Kenangan) karena pernah diduduki oleh tentara Jepang dan Sekutu," kata Syamsul Bahri Rajab, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Selasa (7/12/2010) di Jakarta.

Saat ditemui dalam acara Indonesia Blue Revolution 2010 di Cendrawasih Room, Jakarta Convention Center, Syamsul mengungkapkan, dalam periode Perang Pasifik (Perang Dunia II), Morotai dua kali mengalami pendudukan tentara asing. Pertama, oleh tentara Jepang di bawah pimpinan Jenderal Kawashima pada 1942 dan, kedua, oleh tentara Sekutu pada 1944 di bawah komando Jenderal Douglas McArthur.

Menurut dia, benda-benda peninggalan Perang Dunia II sangat menarik untuk dikunjungi, baik di darat maupun di bawah permukaan laut. "Pengunjung bisa memainkan senjata yang pelurunya berkaliber 12,8 mm dan memakai topi tentara sehingga merasakan bagaimana tentara Sekutu berperang," kata Syamsul.

"Bahkan, Anda dapat berkesempatan menyelami dasar laut sekitar Morotai untuk menyaksikan benda-benda peninggalan PD II," imbuh pria yang biasa dipanggil Aziz ini.

Ia menjelaskan, sebagian besar benda peninggalan sejarah itu awalnya diangkut tentara Jepang dengan kapal tongkang untuk dibawa pulang ke tanah air mereka pada 1944. Benda-benda itu antara lain senjata perang, panser, tank, dan pesawat tempur. Saat berada di lepas pantai, tentara Sekutu menjatuhkan bom di atas kapal tongkang sehingga muatannya terpendam di dasar laut.

Oleh sebagian warga, benda-benda itu diangkut ke daratan dan disatukan dengan benda-benda lainnya. "Sejak 1950 banyak orang sudah mulai mendatangi Pulau Morotai untuk melihat benda-benda langka ini," kata Syamsul.




FOTO -2 PERANG DI MOROTAI

Spoiler for :

Morotai World War II Relics

Spoiler for :


Veteran Perang Dunia II Napak Tilas di Pulau Morotai
.
bagus ya pemandangan alamnya.. serasa kayak di luar negeri emoticon-Smilie
wah dulu jaman perang ya gan emoticon-Matabelo

moga hot tred emoticon-Big Grin

vbotygbaikjagandiapusyapostanemuahhhhh
bisa dibayangkan serdadu serdadu tua itu, dimana dulu mereka mungkin saling berhadapan dengan kemungkinan dibunuh atau membunuh, namun sekarang mereka saling beriringan bagai saudara yang lama tidak berjumpa,...
wah, kok ada gambar tank tiger nyelip di P morotai ya?? emoticon-Bingung (S)