alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016419902/pemerintah-ditjen-perkeretaapian-tutup-ribuan-perlintasan-sebidang
Pemerintah (Ditjen Perkeretaapian) Tutup Ribuan Perlintasan Sebidang
Quote:Pemerintah akan menutup secara bertahap ribuan perlintasan sebidang atau perpotongan sebidang pelintasan jalur kereta api dengan jalan, terutama yang liar guna menekan angka kecelakaan di lokasi itu yang belakangan ini makin meningkat.

Direktur Keselamatan Perkeretapian Ditjen Perkeretapian, Kementerian Perhubungan, Hermanto Dwi Atmoko mengatakan jumlah perlintasan sebidang itu secara nasional tercatat sebanyak 5.211 perlintasan kereta api, dan sekitar 4.000 diantaranya tidak dijaga.

“Secara bertahap perlintasan yang tidak dijaga akan ditutup dengan mempertimbangkan jarak antar perlintasan, selain itu apablia tidak ditutup akan dijadikan tidak sebidang,” ujarnya disela sosialisasi dan lokakarya ‘Peningkatan Keselamatan Perkeretaapian di Perlintasan Sebidang, di Semarang, hari ini.

Menurutnya, saat ini banyak perlintasan sebidang liar yang bermunculan dan jaraknya berdekatan antar perlintasan, sehingga tingkat kerawanan terjadinya kecelakaan juga semakin tinggi.

“Jarak perlintasan kereta standarnya tidak boleh kurang dari 800 meter dengan perlintasan lainnya, sehingga sejumlah perlintasan yang jaraknya kurang dari itu akan ditutup secara bertahap, terutama yang liar dan tidak dijaga,” ujarnya.

Menurutnya, penutupan perlintasan sebidang liar tidak dijaga itu seiring dengan peningkatan frekuensi kereta api yang melintas dalam setiap harinya, apalagi pengerjaan proyek double track Jakarta-Surabaya bakal segera selesai otomatis intensitas kereta yang lewat bakal semakin sering.

“Di Jatim, sepanjang Wonokromo-Waru, sudah mulai ditutup, dan sebagai gantinya dibuatkan jalan disisi rel kereta yang bisa digunakan masyaratat untuk jalur memutar melewati perlintasan sebidang yang dijaga,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya secara bertahap, perlintasan sebidang itu juga akan dijadikan tidak sebidang, terutama jalur padat, dengan cara dibuatkan underpass atau flyover. “Namun, untuk mewujdukan itu bukan hal mudah, karena memerlukan waktu dan biaya besar yang harus dikeluarkan,” tuturnya.

Dia mencontohkan, untuk pembuatan satu underpass diperlukan dana sekitar Rp5 miliar – Rp10 miliar, dan untuk flyover sekitar Rp50 miliar. Sementara, perlintasan sebidang di Indonesia mencapai ribuan, di Jateng aja terdapat 614 perlintasan sebidang, dan yang dijaga hanya 17% atau 268 titik.

“Kalau untuk jalur utara, dari sisi kondisi geografis tanahnya juga sulit, yakni datarannya rendah, dekat dengan laut, sehingga muka air tinggi, jadi misalkan kalau dibuat underpass takutnya tergenang air, akalu flyover biayanya sangat besar,” ujarnya.

Namun begitu, lanjutnya hingga kini sedikitnya sudah membangun 26 underpass di jalur antara Purwokerto-Cirebon, yang dalam realisasinya dibiayai dari proyek double track.

Kabid Perkeretaapian dan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Dishubkominfo Jateng, Prasetyo Kentjono mengatakan perlintasan kereta api sebidang yang sangat rawan terjadinya kecelakaaan memang paling banyak ada di daerah Daop IV Semarang.

“Saat ini frekuensi kereta api yang melintas di Daop IV Semarang sudah sebanyak 71 kereta api per hari, dengan rincian kereta argo, eksekutif, bisnis masing-masing delapan kali per hari, kereta ekonomi sebanyak 10 kali per hari, kereta lokal 12 kali per hari, serta kereta barang 25 kali per hari,” ujarnya.


http://www.bisnis-jateng.com/index.p...asan-sebidang/

kalau ada yang nekat bikin perlintasan liar mending dikarungi sajalah.....
mencerminkan budaya masyarakat yang nggak disiplin, demen jalan pintas, males ngantri, dan hobby maen serobot aje....emoticon-Nohope



good KAI...emoticon-Angkat Beer
tapi juga harus buatin jalan untuk muternya, atau solusi yang lain

yang mau ngakak abis klik disisni
Ane setuju dengan rencana ini. Perlintasan sebidang rawan kecelakaan dan itu sebenarnya membahayakan juga bagi warga.
tapi banyakan masyarakat yg susah diatur pak,
tar ditutup satu bakalan nongol lagi yg lainnya.
orang2 kita kan senengnya yg cepet2 meski kagag aman.
makanya tar klo dah ditutup harus terus dicek jangan sampai dibuka paksa lg atau dibikin perlintasan baru ama masyarakat disana.
jangankan perlintasan liar,perlintasan berpalang aja masih sering ada yg nerobos emoticon-Big Grin

terutama motoremoticon-Big Grin ga tau tuh pengendara motor pada pengen buru2 padahal udah dtutup palangnya,masih aja bisa nyelip

mereka buru2 karna kebelet berak kali tuh si kunyuk2 emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By rockbenk
mencerminkan budaya masyarakat yang nggak disiplin, demen jalan pintas, males ngantri, dan hobby maen serobot aje....emoticon-Nohope



good KAI...emoticon-Angkat Beer


anu, ini kerjaannya Kementerian Perhubungan kok....

Quote:Original Posted By ammargading
tapi juga harus buatin jalan untuk muternya, atau solusi yang lain

yang mau ngakak abis klik disisni


sudah pasti dibuatkan, tapi kan namanya masyarakat ya seperti itu tingkahnya...

Quote:Original Posted By ** SENSOR **SENSOR
Ane setuju dengan rencana ini. Perlintasan sebidang rawan kecelakaan dan itu sebenarnya membahayakan juga bagi warga.


memang bener, kalau bisa dibuatkan overpass dan underpass

Quote:Original Posted By masmomon
tapi banyakan masyarakat yg susah diatur pak,
tar ditutup satu bakalan nongol lagi yg lainnya.
orang2 kita kan senengnya yg cepet2 meski kagag aman.
makanya tar klo dah ditutup harus terus dicek jangan sampai dibuka paksa lg atau dibikin perlintasan baru ama masyarakat disana.


butuh kesadaran semua pihak...

pemerintah harus rutin melakukan pemeriksaan, masyarakat harus mau diatur....

Quote:Original Posted By .SEMAR.
jangankan perlintasan liar,perlintasan berpalang aja masih sering ada yg nerobos emoticon-Big Grin

terutama motoremoticon-Big Grin ga tau tuh pengendara motor pada pengen buru2 padahal udah dtutup palangnya,masih aja bisa nyelip

mereka buru2 karna kebelet berak kali tuh si kunyuk2 emoticon-Big Grin


itu kunyuk2 pingin mencicipi rasanya boker di alam kubur barangkali emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By japek


itu kunyuk2 pingin mencicipi rasanya boker di alam kubur barangkali emoticon-Big Grin


ente tinggal dijakarta apa diluar jakarta pek ?
liat aja deh perlintasan setelah stasiun jatinegara,luaaar biasa emoticon-Big Grin

apalagi perlintasan jl.pramuka lebih parahnya lagi nyebrang perlintasan udah ketutup masih aja nyelonong dan posisinya mereka ngelawan arah emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By .SEMAR.
ente tinggal dijakarta apa diluar jakarta pek ?
liat aja deh perlintasan setelah stasiun jatinegara,luaaar biasa emoticon-Big Grin

apalagi perlintasan jl.pramuka lebih parahnya lagi nyebrang perlintasan udah ketutup masih aja nyelonong dan posisinya mereka ngelawan arah emoticon-Big Grin


ane tinggal di luar jakarta mar

tapi ane sudah sering lihat yang ente ceritakan di Jatinegara, waktu dulu masih kerja di sana (serkarang sih ane cari nafkah di daerah) emoticon-Big Grin

memang pada gila-gila orang-orang di situ

jangankan di Jatinegara & jl. pramuka, di Pasar Turi saja banyak yang tingkahnya macam gitu, gak hanya motor, tapi angkot juga.....

bahkan yang di sekitar pasar turi sampai ada ababil disemprot ibu-ibu penjual es degan (tempat ane biasa mampir) karena kepergeok seenaknya menerobos perlintasan....
Quote:Original Posted By .SEMAR.


ente tinggal dijakarta apa diluar jakarta pek ?
liat aja deh perlintasan setelah stasiun jatinegara,luaaar biasa emoticon-Big Grin

apalagi perlintasan jl.pramuka lebih parahnya lagi nyebrang perlintasan udah ketutup masih aja nyelonong dan posisinya mereka ngelawan arah emoticon-Big Grin


Di gunung sahari juga noh gan. Udah ditutup masih dilewatin juga. Lawan arah pula emoticon-Hammer2 Udah pada kurang kesabarannya.
Quote:Original Posted By .SEMAR.
ente tinggal dijakarta apa diluar jakarta pek ?
liat aja deh perlintasan setelah stasiun jatinegara,luaaar biasa emoticon-Big Grin

apalagi perlintasan jl.pramuka lebih parahnya lagi nyebrang perlintasan udah ketutup masih aja nyelonong dan posisinya mereka ngelawan arah emoticon-Big Grin


di bintaro juga gitu emoticon-Big Grin

palang dah ditutup, sirine dah nguing-nguing, motor masi tetep aja nyelonong

sampe penjaga palangnya teriak pake toa "kereta mau lewat jalur 1 dari arah kebayoran, motor stop!! motor stop!!" udah kaya di stasiun aja emoticon-Nohope

usul... di tiap perlintasan maunya ditaruh tv plasma segede gaban buat muterin video2 dp korban ketabrak kereta... kali aja manjur emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Everslow
Di gunung sahari juga noh gan. Udah ditutup masih dilewatin juga. Lawan arah pula emoticon-Hammer2 Udah pada kurang kesabarannya.


Quote:Original Posted By MonyetGunung
di bintaro juga gitu emoticon-Big Grin

palang dah ditutup, sirine dah nguing-nguing, motor masi tetep aja nyelonong

sampe penjaga palangnya teriak pake toa "kereta mau lewat jalur 1 dari arah kebayoran, motor stop!! motor stop!!" udah kaya di stasiun aja emoticon-Nohope

usul... di tiap perlintasan maunya ditaruh tv plasma segede gaban buat muterin video2 dp korban ketabrak kereta... kali aja manjur emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin


bagi yang suka melakukan pemotretan pic DP sebaiknya pergi ke lokasi-lokasi tersebut emoticon-Big Grin
Kecelakaan ya akibat dari sifat manusianya yg selalu mau buru2, kurang hati2. Selang bbrp detik nyawa bisa lewat.
biar kereta makin lancar
demi keamanan dan kenyamanan bersama segera saja ditutup.
cara yang ditempuh KAI emang sebaiknya begitu... tutup aja,,,
untuk masyarakat yang nekat nerobos.. sebaiknya tiap lintasan dijaga aja ma polisi ato camera jadi kan bisa ditilangin tuh.. supaya berbudaya tertib gitu.. hehehe..
Quote:Original Posted By krupukalengan
Kecelakaan ya akibat dari sifat manusianya yg selalu mau buru2, kurang hati2. Selang bbrp detik nyawa bisa lewat.


dan tetap saja banyak supir/ pengendara idiot yang gak kapok-kapok.....
Quote:Menurutnya, penutupan perlintasan sebidang liar tidak dijaga itu seiring dengan peningkatan frekuensi kereta api yang melintas dalam setiap harinya, apalagi pengerjaan proyek double track Jakarta-Surabaya bakal segera selesai otomatis intensitas kereta yang lewat bakal semakin sering.

panteslah ditutup.
karena semakin padat jadwal keretanya, ya semakin besar rawan kecelakaannya.