alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016416729/berita-ringansagu-berpotensi-gantikan-nasi
Thumbs up 
[BERITA RINGAN]Sagu Berpotensi Gantikan Nasi
[BERITA RINGAN]Sagu Berpotensi Gantikan Nasi
Bubur sagu mutiara

Pemerintah terus mengembangkan teknologi industri sagu. Pasalnya, sagu diyakini bisa menjadi alternatif pangan yang potensial menggantikan nasi.

"Sagu sangat potensial untuk menggantikan nasi, karena itu teknologi industri sagu harus dikembangkan," kata Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Marzan A Iskandar di Jakarta, Rabu (12/9).

Marzan mengungkapkan, BPPT dan PT Austindo Nusantara Jaya Agri Papua (PT ANJ) telah sepakat mengembangkan dan memasyarakatkan teknologi industri sagu. "Saya harap kerja sama ini dapat menjadi salah satu solusi mengatasi masalah keterbatasan pangan dan dapat mendorong pengembangan teknologi pangan," tutur Marzan.

Lebih jauh Marzan menjelaskan melalui penandatanganan ini akan dilakukan pengembangan dan pemanfaatan teknologi industri berbasis sagu untuk mendukung ketahanan pangan. Secara teknis, tambah dia, akan dikembangkan desain dan rancang bangun peralatan produksi pasta dari tepung sagu.

"Kami juga akan kembangkan desain dan rancang bangun proses dan peralatan 'bleaching' tepung sagu," tukasnya.

Selain itu, BPPT dan PT ANJ juga akan mengembangkan desain dan rancang pemanfaatan limbah biomassa industri sagu untuk energi listrik. Akan dikembangkan pula teknologi industri pengolahan sagu dan produk pangan hilir.

"Kami akan melakukan pembinaan dan pemasyarakatan UKM pengolahan pati sagu dan produk hilirnya," ujar Marzan menjelaskan.

PT ANJ Agri Papua saat ini merupakan satu-satunya investor di Papua. Mereka telah menata hutan sagu seluas 40 ribu hektare.


SUMBER

wow...limbah sagu juga bisa utk energi listrik...emoticon-2 Jempol

Silahkan Mampir ke Trit ane yg lain:

Wali Kota Termuda Usia 15 Tahun Terinspirasi Soekarno
Burung Albatross Jadi Inspirator Pesawat Masa Depan
Empat Pulau Di Indonesia Dikaji Untuk Bandar Antariksa
[BERITA MUSIK]Noah Luncurkan Album Perdana di Dua Benua
[PARAH]Selain Juara Korupsi, Indonesia Juga Juara Merokok!
[MANTABZ]Naskah Kuno Keraton Yogyakarta Dibuat Versi Digital-nya Gan!
[BERITA SOSIAL] 2 Juta Rumah di Indonesia Tak Layak Huni
Demi Pancasila, Seorang Pemuda Rela Keliling Indonesia
Bekasi dan Bandar Lampung Kota Terkotor se-Indonesia
Bebas Plagiarisme, Perpustakaan ITS Jadi Nomor 1
[PARAH]Bakso Ayam Tiren Sudah Dijual Di Yogya Sejak 1996


Jika berkenan mohon sumbangan emoticon-Rate 5 Star -nya
Syukur2 dihujani emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Ntar Nasi Bungkus bisa di Ganti Sagu Bungkus dong... emoticon-Ngacir
kan memang di beberapa daerah di indonesia makanan pokoknya itu sagu emoticon-Big Grin
harus dibiasakan, karena tradisi makan nasi di indonesia membuat ukuran baik orang indonesia kalah bersaing dengan orang barat dan arab .....emoticon-Ngacir
saya suka makan sagu apalagi kalo di ubah jadi sinonggi, tinggal campur kuah ikan/ayam, lombo biji + jeruk, hmm apalagi pakai ikan bakar,...hmmppp nyam2...emoticon-Genit:
Quote:Original Posted By Pongasi
saya suka makan sagu apalagi kalo di ubah jadi sinonggi, tinggal campur kuah ikan/ayam, lombo biji + jeruk, hmm apalagi pakai ikan bakar,...hmmppp nyam2...emoticon-Genit:


Kayaknya sih enak Oom Pong... emoticon-Genit:


[BERITA RINGAN]Sagu Berpotensi Gantikan Nasi[BERITA RINGAN]Sagu Berpotensi Gantikan Nasi
banyak alternatif pangan yang disediakan ,
tinggal masyarakatnya,
mau mangan atau nggak alternatif itu.
Dicoba dulu sama pejabat yang suruh makan sagu tuh, sebulan sekeluarga makan sagu sanggup gak.

Gak semua orang bisa makan sagu, yang gak biasa makan bisa muntah, soalnya kayak makan lem.
Alternatif makanan pokok banyak. Tapi, untuk merobah pola konsumsi tiap orang tidaklah semudah seperti membalikan telapak tangan.

Ubi pun bisa jadi makanan pokok emoticon-Peace emoticon-Big Grin
bikinn mie ato ruti darri sagu bisa ndak y?

kalli2 bisa ngurangin ketergantungan sama mie gandum
kalo memang bermanfaat dan tidak mengganggu kesehatan kenapa tidak
dari pada uang begitu banyak hanya untuk beli beras dari luar negri
berasa belum makan kalo belum makan nasi
Anggota DPR Menteri dan perangkat pemerintahan aja deh yang makan sagu
kami rakyat jelata lebih memilih nasi
kenapa?

Nasi mudah di dapat.
Nasi ga bosen
ga ada lauk makan nasi doang bisa tinggal pake kecap + garam= jadi deh nasgor

ane pernah tinggal di ternate 1 tahun. sagu itu ada 2 , keras ama yg kayak lem....kalau yg keras makannya dicelupin ke sesuatu yg cair kayak teh / kopi.

kalau yg lem, biasanya digunakan dengan sayur yg berkuah.... emoticon-I Love Indonesia (S)

kayaknya pengganti nasi, ENGGAK DECH KAKAK!!!!!
waduh emoticon-Cape d... (S)
ane sih ogah gan
nasi lebih enak dari sagu soalnya
tapi kalo dijadiin roti boleh juga tuh
Indonesia memang memiliki beraneka ragam tanaman pangan....

TERLALU BERBAHAYA KALAU HANYA TERGANTUNG SAMA BERAS....

sumber karbohidrat ada ubi jalar, sagu, jagung, keladi, ganyong, kentang serta sukun..

sebenarnya kalau pemerintah sukses mengembangkan itu semua, gak bakalan kelabakan kalau stok beras sedang menipis......
Bukannya sagu memang menggantikan nasi di papua semenjak ribuan tahun yg lalu?
Quote:Original Posted By bung.kus
Bukannya sagu memang menggantikan nasi di papua semenjak ribuan tahun yg lalu?


selain sagu juga ubi jalar....

tapi sayangnya sejak jaman mbah Harto keanekaragaman pangan seolah lenyap, seluruh Indonesia dipaksa mengkonsumsi beras.....
Quote:Original Posted By japek
selain sagu juga ubi jalar....

tapi sayangnya sejak jaman mbah Harto keanekaragaman pangan seolah lenyap, seluruh Indonesia dipaksa mengkonsumsi beras.....


maksudnya kan baik bos.... Pingin nguwongke uwong

kebudayaan nasi itu bukan cuma milik jawa.... Tapi milik seluruh asia termasuk china, jepang, korea yg peradabanya sudah berrumur ribuan tahun

padahal dinegara 4 musim spt china itu beras cuma tumbuh dikusim panas.... Tetep aja mereka maksain jd konsumen beras terbesar didunia
Quote:Original Posted By robert789

Gak semua orang bisa makan sagu, yang gak biasa makan bisa muntah, soalnya kayak makan lem.


betul. gue masih bisa kalo suruh makan ubi, singkong dan sejenisnya buat pengganti nasi. tapi gak yakin kalo sagu. kecuali kalo dipadatkan dulu
Quote:Original Posted By bung.kus
maksudnya kan baik bos.... Pingin nguwongke uwong

kebudayaan nasi itu bukan cuma milik jawa.... Tapi milik seluruh asia termasuk china, jepang, korea yg peradabanya sudah berrumur ribuan tahun

padahal dinegara 4 musim spt china itu beras cuma tumbuh dikusim panas.... Tetep aja mereka maksain jd konsumen beras terbesar didunia


tapi tetap saja sejumlah daerah juga gak bisa dipaksa menikmati beras....

Papua tetap setia dengan sagu dan ubi jalar...

Maluku dengan sagu...

Madura dengan jagung...

Buton mengolah singkong menjadi pengganti nasi, mereka sudah lama gak tergantung dengan nasi....

apa yang salah dengan ubi jalar dan masakan non beras???

sementara pada kenyataannya nutrisi ubi jalar dan makanan non beras lain GAK KALAH dengan beras...