alexa-tracking

UU Baru, Gaji Sultan Yogyakarta Jadi Rp 500 Ribu.

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016413057/uu-baru-gaji-sultan-yogyakarta-jadi-rp-500-ribu
UU Baru, Gaji Sultan Yogyakarta Jadi Rp 500 Ribu.
Spoiler for sultan:


UU Baru, Gaji Sultan Yogyakarta Jadi Rp 500 Ribu.
Kawedanan Hageng Punokawan Widyobudoyo Keraton Yogyakarta, Gusti Bendara Pangeran Harya Yudhaningrat, yang juga adik Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan setelah adanya Undang-undang Keistimewaan Yogyakarta, akan ada anggaran keistimewaan sebesar Rp1,2 triliun setiap tahun. Dari jumlah itu, kata Yudhaningrat, Keraton dan Paku Alam hanya mengambil 20 persennya.

"Sisanya untuk kepentingan masyarakat Yogyakarta secara luas,” katanya, Selasa 11 September 2012.

Dana sebesar 20 persen dari Rp1,2 triliun, kata Gusti Yudha --panggilan Yudhaningrat, salah satunya akan digunakan untuk menyejahterakan abdi dalem dengan meningkatkan gaji mereka. Kemudian gaji para pangeran termasuk Sultan sendiri juga akan dinaikkan.

“Gaji para abdi dalem itu saat ini perbulannya hanya Rp5 ribu. Itu saja dipotong pajak. Ke depannya, dengan adanya dana keistimewaan, akan ditingkatkan menjadi Rp300 ribu per bulannya. Itu kenaikan yang sangat tinggi meski di bawah UMP,” katanya.

Sedangkan untuk gaji para pangeran, kata Gusti Yudha, disepakati perbulannya Rp500 ribu. “Ngarso Dalem itu saat ini gajinya sebagai Raja hanya Rp200 ribu per bulan dan Gusti Kanjeng Ratu Hemas sebagai Ratu itu hanya Rp17.500 per bulannya."

Gusti Yudha menyatakan 60 persen daria sisa dana keistimewaan itu nantinya diarahkan untuk kegiatan fisik dan 40 persennya untuk kegiatan nonfisik. “Dengan pembagian seperti itu, diharapkan dana yang sangat besar itu dapar terserap semuanya dan pelaporan penggunaan anggaran lebih transparan karena ini menyangkut uang negara bukan uang keraton,” katanya.(viva.co.id)
Spoiler for sumber:


wuih,, bagaimana tanggapan agan?

jgn lupa emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Star gan !!!
masak sih gaji sebulan 5.000 rupiah masih di potong pajak?

emangnya itu sudah melampaui Pendapatan Tidak Kena Pajak (PTKP) setaunnya

emoticon-Embarrassment
weleh2...gajinya kecil amat yakk..
5000 sebulan sekali makan di warteg aja..emoticon-Hammer2
KASKUS Ads
kebangetan ntu UU!!!!
walaupun sebernanya hdup d jogja itu murah...., tpi ya ga sgitunya kali.......
BERARTI yang banyak seserannya donk
Quote:


kok kebangetan gan??
dibaca ga tuh beritanya??
bagus lah klo dah lebbih baik mah.
repost banget gan emoticon-Cape d... (S)

tambahin dikit biar aman
Mendengar gaji tentang abdi dalam kesultanan, saya tidak kaget. Memang saya bukan masyarakat setempat, tapi teman saya ada yang jadi abdi dalem di sana. Pendidikan formalnya S1 lho ... dan merasa bangga dapat mengabdi untuk sultan walaupun gajinya sangat kontroversial. Itulah hebatnya sultan! emoticon-thumbsup:
"...... dadi menungso lan wongso jowo kuwi, kudhu nrimo...becik kethithik...olo ketoro...."emoticon-Sorryemoticon-Sorry
itu beneran ada yang gajinya lima rebu sebulan, dan masih belum dipotong pajak? emoticon-Hammer
sekali dipake makan aja langsung abis tuh uang gaji
Quote:


setuju karo sampeyan

tp aku rung iso iki....perasaan ijik kurang wae emoticon-Big Grin
truss idup pake duit dr mana donk?
masa gopek doank -.-"
Ah pencitraan doank niyyhh.. Mana ada raja gajinya segitu?!?

Mendingan ane jadi Gubernur DKI, harta ane milyaran emoticon-Angkat Beer emoticon-Big Grin
udahlah yogya merdeka aja .... udah penghinaan nih , masak raja digaji ... gajinya gedean gaji pembokat gue lagi emoticon-Big Grin ...
Quote:


ente ornag mana gan? emang keraton raja itu gubernuran apa. coba ente mane ke keraton keraton di jogja and di solo, tanay ke abdi dalem berapa gajinya. mereka itu mengabdi, bukan mencari gaji. an ega jauh dri salah satu keraton di solo

Thumbs up 

Quote:


inilah non integrasi ... sekali bacot langsung provokasi ...

jaga NKRI ...
beda banget khan sama yang katanya mewakili rakyat (anggota *ewan) dengan yang jadi junjungan rakyat (walo cman di jogja) emoticon-Blue Guy Peace
Emang bener segitu gan,, mereka mengabdi bukan mencari gaji.

dan biasanya yang menjadi abdi dalem malah orang2 yang udah punya usaha ato bisa dikatakan lebih dari cukup untuk menghidupi keluarganya.

dan setau ane tetangga ane yang jadi abdi dalem malah seneng bisa mengabdi kesana tanpa meninggalkan tanggung jawabnya kepada keluarganya.
Jika begini harus lebih transparan lagi. Jangan cuma transparan buat yang dicurigai korup, yang miris begini perlu ditransparanin juga. emoticon-Embarrassment
Quote:


gaji Sultan (sebagai raja) cuma Rp. 500 ribu yg diambil dari anggaran keistimewaan.

TAPI


Gaji Sultan sebagai Gubernur ( yg diambilkan dari dana APBD) berapa cuy ?


jumlah abdi dalem keraton dan paku alam dibandingkan jumlah penduduk DIY itu berapa persen coy...kok ngambil dananya 20% sendiri ?
DIY itu punya 6 kabupaten, artinya kalau dibagi rata dana keistimewaan tsb tiap kabupaten mendapat 16,666 %.

so...???
×