alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016411881/ancol-kami-tidak-melanggar-gugatan-agar-pantai-ancol-dibuka-untuk-umum
Ancol: Kami Tidak Melanggar (Gugatan agar pantai Ancol dibuka untuk umum)
Ancol: Kami Tidak Melanggar (Gugatan agar pantai Ancol dibuka untuk umum)


Pihak Taman Impian Jaya Ancol menyatakan tidak melanggar aturan hukum atas penarikan tarif masuk ke kawasan pantai Ancol. Hal ini disampaikan dalam jawaban resmi persidangan perdata di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (12/9/2012).

Kuasa Hukum Ancol Imran Nating mengatakan, pemungutan tarif masuk dilakukan karena Ancol termasuk kawasan wisata. "Pengelolaan dilakukan secara profesional dan pengelola berhak menentukan tarif," kata Imran seusai sidang.

Jawaban ini, menurut Imran, berdasarkan Undang-undang Kepariwisataan, Perda Kepariwisataan, serta RTRW Jakarta 2030.

Gugatan agar pantai Ancol dibuka untuk umum tanpa dipungut retribusi masuk ini diajukan warga. Mereka mendasari aturan bahwa pantai termasuk ruang publik, bukan ruang privat sehingga seharusnya bisa diakses gratis. Sidang akan dilanjutkan pekan depan.

Sementara itu :

Menteri PU dan Kelautan Tak Hadir, Sidang Pantai Ancol Ditunda

Sempat tertunda empat jam, sidang gugatan perdata menjadikan Pantai Ancol sebagai pantai publik akhirnya dimulai pukul 13.30 WIB. Sidang yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Dwi Sugiarto ini mengagendakan pembacaan gugatan.

Namun sidang ini hanya berlangsung sekitar 30 menit. Hakun kemudian menunda pembacaan gugatan pada pekan depan, Rabu (19/9/2012). Sebab, dua pihak tergugat, yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Menteri Kelautan tidak hadir dalam persidangan.

Menurut kuasa hukum PT Pembangunan Jaya Ancol Imran Nating, penggelolaan Taman Jaya Ancol tidak melanggar hukum, malahan sebaliknya, gugatan tersebut tidak berlandaskan hukum.

"Keberadaan Ancol legal, baik berdasarkan Undang-undang Pariwisata maupun Perda kepariwisataan, keberadaan Ancol sesuai hukum. Kita lihat nanti pembuktiannya. Justru gugatan ini tidak berdasarkan hukum," jelasnya usai persidangan.

Irman juga menerangkan bahwa pengelolaan Taman Jaya Ancol sudah cukup profesional, yakni dengan memasang tarif masuk sesuai dengan anggaran pemeliharaan kawasan Pantai Ancol.

"Karcis masuk Rp 15.000 itu digunakan untuk pengembangan dan pelayanan di sana. Coba anda bayangkan berapa ton sampah yang berserakan di sana jika pantai ini dibuka tanpa pengawasan. Jadi di atas semua itu ada dasar hukumnya," jelas Irman.

Dalam sidang ini yang menjadi pihak tergugat yakni, Pemprov DKI Jakarta sebagai tergugat I, PT Taman Impian Jaya Ancol sebagai tergugat II dan PT Pembangunan Jaya Ancol sebagai tergugat III. Adapun para pihak yang turut tergugat yaitu Kementerian Perikanan dan Kelautan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pekerjaan Umum.

Sedangkan yang menggugat tiga warga Jakarta yang menggugat komersialisasi Pantai Ancol ialah Ahmad Taufik, Abdul Malik Damrah, dan Bina Bektiati.

Fahmi Syakir, kuasa hukum penggugat, mengatakan, sidang lanjutan ini digelar setelah mediasi antara penggugat dan tergugat gagal Mediasi dilakukan pada 29 Agustus.

"Di hadapan mediator, pihak tergugat tetap bersikukuh menutup akses publik terhadap Pantai Ancol. Mediasi sudah berakhir. Pihak Ancol meminta penundaan, tetapi para penggugat minta sidang langsung dilanjutkan. Dengan gagalnya media itu, persidangan di ruang sidang berlanjut dengan agenda mendengarkan jawaban dari para tergugat," papar Fahmi.

Para penggugat berpegang bahwa pengelolaan pantai merupakan bagian dari wilayah pesisir yang diatur dalam Pasal 3 Undang-undang Nomor 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil. Peraturan diperkuat oleh Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 40 Tahun 2007, yang menyatakan aksesibilitas dan kemudahan dalam menikmati fasilitas publik berupa panorama, ruang terbuka publik, termasuk laut, pantai, dan ruang terbuka hijau.

Komentar dan Harapan : Dikelola masih kotor apalagi jadi tempat umum, ya terserah wong jakarte aje dech bejemane baiknyee emoticon-I Love Indonesia (S)

Sumber : LINK
dibuka untuk umum,alamat bakalan jd pantai sampah,indonesia gitu loh...buang sampah sembarang tempat hal biasa.
wah kalo ga gratsi lewat belakang aja
lewat muara angkeemoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
kalo 15ribu x 100rb orang tiap hari = Rp 15000000000 x 30 hari = Rp 450.000.000.000 gan. emang gaji bersihin sampah segitu ya ??? ane mau jadi tukang sampahnya kalo gaji segitu
Quote:Original Posted By ivan_snada
kalo 15ribu x 100rb orang tiap hari = Rp 15000000000 x 30 hari = Rp 450.000.000.000 gan. emang gaji bersihin sampah segitu ya ??? ane mau jadi tukang sampahnya kalo gaji segitu


semoga pihak terkait baca keluhan agan, dan dimasukkan agenda!!!! emoticon-Blue Guy Peace
biar di kasih tarif untuk biaya masuk tetap saja ancol gak jernih airnya emoticon-Embarrassment
makin lama makin butek emoticon-Hammer (S)
Siapa sih Gubernurnya... ? emoticon-Mad:



satu dua tiga ampek... emoticon-Ngacir
Kalo ancol pantai nya dibuka buat umum & ga ditarik biaya mah ntar bisa ramai orang, eh ramai juga yang jualan emoticon-Hammer apalagi sampah emoticon-Hammer lagian tempat s
sampah nya juga harus dibanyakin juga dong biar orang ga buang sembarang tempat...


#ngimpipantaiancolbisagratis emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By KimaxKaw
Siapa sih Gubernurnya... ? emoticon-Mad:



satu dua tiga ampek... emoticon-Ngacir


sekarang FOKE, sebelumnya sutiyoso, dst dech gans...... emoticon-Blue Guy Peace ini kuis ya??? atawa? apaan ne?
Quote:Original Posted By sarymin
dibuka untuk umum,alamat bakalan jd pantai sampah,indonesia gitu loh...buang sampah sembarang tempat hal biasa.


minta petugas kebersihanke foke dong
Udah pantainya banyak sampah, kalo malem buat orang pacaran emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By tongkola
minta petugas kebersihanke foke dong


FOKE JOKOWI mulu ne, otak politikus BP....trit ane rusak ne!!!!! hening sejenak gak bahas FOKE JOKOWI kenapa?!!!! GAK BISA???? emoticon-Cape d... (S)
kalo menurut ane ancol sekarang saja kita bayar tidak terlalu bersih dan airnya kotor dan berminyak. apalagi kalo sampai di gratiskan masuk makin rusak dech itu pantai.
tapi ane seneng kok kalo ancol gratis he he...
Siapa yang punya foto pantai Ancol waktu sepi dan bersih??? share dimari...






ane cari di google kagak dapet tengkyu
wah jangan dikasih gratislah, bisa kacau ntar, malah makin jorok, bayar aja jorok, apalagi gratis
Quote:Original Posted By INCUBATOR
Siapa yang punya foto pantai Ancol waktu sepi dan bersih??? share dimari...






ane cari di google kagak dapet tengkyu


gimana mau sepinya om.
ane pernah jam 2 malam ke ancol malah ada yang piknik beberapa keluarga dipantainya. sambil gelar tiker, anaknya berenang dipantai.

ke utara lagi banyak mobil goyang yang ada.
Quote:Original Posted By ivan_snada
kalo 15ribu x 100rb orang tiap hari = Rp 15000000000 x 30 hari = Rp 450.000.000.000 gan. emang gaji bersihin sampah segitu ya ??? ane mau jadi tukang sampahnya kalo gaji segitu


ente mungut darimana itu angka?

ancol itu rata2 pengunjungnya cuma 20rb orang per pekan. kemaren lagi untung aja libur lebaran seminggu bisa dapet 1,1jt pengunjung..
ngurus area seluas 5 hektar, blm pajak, blm biaya perbaikan ini itu, blm gaji orang, blm nyetor kepemda. emang cukup 1,5 milyar sebulan?

ada yang ngurus aja masih kaya gitu apalagi klo ga ada yang ngurus?
mau itu ancol jadi pantai versi bantar gebang? emoticon-Nohope
gratis apa nggak sama aja


Wak carik koemntar, ijin duduk ya para bp s
buset dah tuh ancol pan airnya campur ama aer kali ciliwung emoticon-Busa:

ihhh jijik gw mandi d sono cukup sekali ngerasain...emoticon-Busa: