alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016404762/ada2-saja-salat-039039selamat-tinggal039039-jamaah-syiah-di-sampang
[ada2 saja] Salat ''Selamat Tinggal'' Jamaah Syiah di Sampang
Salah satu penyebab kerusuhan di Sampang, Madura pada akhir agustus lalu karena ajaran Syiah di Dusun Nangkernang, Kecamatan Omben dinilai sesat oleh warga yang mayoritas ''berpaham'' Sunni.

Salah satu tuduhan itu didasarkan pada tata cara salat warga Syiah yang dinilai berbeda dari warga mayoritas.

Bagaimana sebenarnya tata cara salat jamaah Syiah Nangkernang. Selasa 11 September 2012, Tempo mengamati tata cara salat pengungsi Syiah di Gelanggang Olah Raga (GOR) Sampang, Madura.

Seperti salat pada umumnya, jamaah salat Syiah menghadap kiblat. Setelah membaca niat salat dzuhur, mereka mengangkat tangannya sejajar dengan telinga.

Kemudian kedua tangannya tidak bersedekap atau lurus ke bawah. Berbeda dengan cara salat orang Sunni di mana setelah takbir lalu tangan mereka menyilang di antara perut dan dada.

"Ini yang membuat beda dengan orang Sunni," kata Marnoto, salah satu jamaah yang solatnya diamati Tempo.

Saat akan ruku, Marnoto mengucap takbir lalu mengangkat tangan lagi, ketika I''tidal sekali lagi dia mengangkat tangan. Selanjutnya saat akan sujud dia kembali mengangkat tangan, bangun dari sujud pun dia mengangkat tangan.

"Pokoknya dalam Syiah, setiap takbir dalam salat angkat tangan. Inilah yang dibilang orang Sunni di Karang Gayam kalau salat kami pakai lambaikan tangan seperti orang bilang selamat tinggal," tuturnya.

Abdul, warga syiah lainnya menuturkan, dalam bacaan juga ada perbedaan. Pada bacaan ruku dan sujud, penganut syiah menambahkan bacaan sholawat nabi. Kata Abdul, syiah juga membaca qunut dalam setiap kali melaksanakan salat apa pun.

"Bacaannya sama, cuma kami tambahi sholawat nabi, selebihnya sama, tidak beda. Apa itu keliru?" katanya balik bertanya.

Mestinya, kata Abdul, perbedaan ini jangan dijadikan masalah. "Saat di Makkah, cara salat tiap orang berbeda, kenapa mereka tidak mengamuk di sana," ungkapnya.

http://www.tempo.co/read/news/2012/0...iah-di-Sampang

berusaha untuk tidask mengomentari terlalu jauh hal ini, cuma pengen berdiskusi bgm agan2 menyikapi hal ini emoticon-Bingung (S)
With or Without a religion there are Good people doing Good things and Bad people doing Bad things, but for a Good People doing Bad things, that may because of a religion

emoticon-No Sara Please
Selama didalam syahadatnya ada pengakuan Ketauhidan dan Pengakuan Nabi Muhammad sebagai Rasulullah, maka pembaca syahadat itu Islam. Dari jaman Nabi hingga sekarang, untuk memeluk Islam seseorang tinggal mengucapkan kalimah syahadat. Seaneh apapun (aneh menurut kita) pandangan dan tatacara ibadah dia selama dia mengucapkan kalimah syahadat itu, maka dia adalah Islam dan berhak tinggal dalam keluarga besar dan persaudaraan Islam
lebay

gw sering liad di mesjid ga ya di kampus ga ya di dkt studio abis baca niad trs lanjut nyebut Allauhakbar dgn kedua tangan dkt kuping itu, trs tangannya lurus ke bwh, ngga disilangkan depan perut ya jg byk. Malah ada yg naro tangannya pinggang sebelah kiri ya jg ada

ya bener jg, klo kita ibadah haji pasti banyak yg gaya sholatnya beda2, kenapa ga da yg brani matiin tu org yg gaya sholatnya beda di sana? takut ? munafik semua emg kbykan org Indonesia
Quote:Original Posted By Gran_Turismo
With or Without a religion there are Good people doing Good things and Bad people doing Bad things, but for a Good People doing Bad things, that may because of a religion

emoticon-No Sara Please


so? secara ga langsung bilang "agama lw salah" gitu?

yang salah ya tetap orangnya karena "belajar tapi fanatik buta"
kayak paling suci saja mereka.....,

sudahlah damai saja
apa susahnya menghargai perbedaan..? toh perbedaan itu indah kok bahkan kita ga pernah tau mana islam yang benar2 di akui Tuhan di hari akhir nanti
oh emang gitu yah baru tau nih
kembalikan saja ke cara rasulullah sholat, ikuti......bereskan gan.

yg bikin rusuh itu adalah yg sedikit ilmu tapi banyak aksi.
emoticon-No Hope cara bisa beda2. yang penting keyakinannya tetep sama.
maaf ya buat agan2 dan aganwati yang muslim sekalian

saya gak bermaksud sara ataupun menghina agama2 tertentu, ane cinta keragaman,

tapi saya cuma pengen tanya aja sama yang mempermasalahkan tentang sunni atau syiah,.... apakah cara sholat yang berbeda itu berpengaruh dengan doa yang dinaikan dengan tulus ikhlas..???

apakah cara sembahyang dengan cara dari salah satu aliran itu malah gak di terima doanya...??

sekali lagi nubie minta maaf kalau nubie lancang dan terkesan sok tahu, nubie cuma mau belajar aja dari para sesepuh di sini, nubie menghormati keberagaman karna nubie cinta indonesia

mohon penjelasannya


emoticon-No Sara Please
Hebat sekali Indonesia ini... hanya karena gerakan shalat beda kemudian dibully?? Bingung juga?? Memangnya seperti apa sih gerakan shalatnya kaum syiah itu?? Apakah ketika mereka takbir kemudian mereka ngebor?? Hanya karena mereka tidak bersedekap kemudian jadi alasan untuk dibunuhi?? Biadab guoblogh...

Agama diciptakan agar kehidupan manusia menjadi teratur dan tertata baik. Tapi tidak berarti peraturan dan tatanan yang berbeda itu harus dibunuhi bukan??
Dlm islam soal ibadah sdh ada pakemnya/dasarnya. untuk masalah sholat “Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat.” (HR. Al-Bukhari, CMIIW).
'aku' disini tentu mengacu pada diri Nabi Muhammad. rujukannya ada, silakan dicari. jadi kalo menyelisihi jelas salah.

Mari blajar kembali agar kita tau sdh benarkah shalat kita. sehingga bisa menyadari apakah shalat syiah itu salah ato benar shg tak perlu berdebat berkepanjangan.
Ya ampyuuunnn.... Orang Sunni juga banyak yang sholat seperti ini.....!!!!
agama di lihat BUKAN dari cara ibadah ataupun bentuk pemujaan tetapi agama berfungsi untuk mengatur pikiran & tindakan kita menjadi orang yg beriman yg berkelakuan baik & berkata-kata dgn baik pula.apapun agama atau keyakinan yg di anut,jika mampu merubah umat nya menjadi manusia yg baik maka itulah agama atau keyakinan yg baik.
Quote:Original Posted By siera84
Dlm islam soal ibadah sdh ada pakemnya/dasarnya. untuk masalah sholat “Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat.” (HR. Al-Bukhari, CMIIW).
'aku' disini tentu mengacu pada diri Nabi Muhammad. rujukannya ada, silakan dicari. jadi kalo menyelisihi jelas salah.

Mari blajar kembali agar kita tau sdh benarkah shalat kita. sehingga bisa menyadari apakah shalat syiah itu salah ato benar shg tak perlu berdebat berkepanjangan.


ane mau bertanya sedikit kepada agan, jika misal ente berangkat ke kota A melalui jalan utama tetapi terjadi kemacetan panjang berarti ente tetap akan mengikuti kemacetan tersebut walaupun berjam-jam menunggu dalam kemacetan atau ente mencari jalur alternatif untuk mencapai kota A dgn jalur lain???
Quote:Original Posted By tanggung
maaf ya buat agan2 dan aganwati yang muslim sekalian

saya gak bermaksud sara ataupun menghina agama2 tertentu, ane cinta keragaman,

tapi saya cuma pengen tanya aja sama yang mempermasalahkan tentang sunni atau syiah,.... apakah cara sholat yang berbeda itu berpengaruh dengan doa yang dinaikan dengan tulus ikhlas..???

apakah cara sembahyang dengan cara dari salah satu aliran itu malah gak di terima doanya...??

sekali lagi nubie minta maaf kalau nubie lancang dan terkesan sok tahu, nubie cuma mau belajar aja dari para sesepuh di sini, nubie menghormati keberagaman karna nubie cinta indonesia

mohon penjelasannya


emoticon-No Sara Please


"Apapun makanan nya yang penting minum nya The Bottle SO*RO".
U know what I meant ???
Gus Mus (KH Mustofa Bisri, Rembang)

-
-
Allahu Akbar !
-
Pekik kalian menghalilintar.-


Membuat makhluk-makhluk kecil tergetar.
-
Allahu Akbar ! Allah Maha Besar !
-
Urat-urat leher kalian membesar meneriakkan Allahu Akbar.
-
Dan dengan semangat jihad nafsu kebencian kalian membakar apa saja yang kalian anggap mungkar.


Allahu Akbar, Allah Maha Besar !
-
Seandainya 5 milyar manusia penghuni bumi sebesar debu ini sesat semua atau saleh semua, tak sedikit pun akan mempengaruhi Kebesaran Nya.-


Melihat keganasan kalian aku yakin kalian belum pernah bertemu Ar-RahmanYang kasih sayangNya meliputi segalanya.
Bagaimana kau begitu berani mengatasnamakanNya ketika dengan pongah kau melibas mereka yang sedang mencari jalan menujuNya ?
-
Mengapa kalau mereka memang pantas masuk neraka tidak kalian biarkan saja Tuhan mereka yang menyiksa mereka.
–
Kapan kalian mendapat mandat dan wewenang dariNya untuk menyiksa dan melaknat ?

-
Allahu Akbar !

-
Syirik adalah dosa paling besar.
-
Dan syirik yang paling akbar adalah mensekutukanNya dengan mempertuhankan diri sendiri.

-
Dengan memutlakkan kebenaran sendiri.

-
Laa ilaaha illallah !
–
=== OOO ===
Quote:Original Posted By ECOMO


"Apapun makanan nya yang penting minum nya The Bottle SO*RO".
U know what I meant ???


Bisa bermakna ganda gan emoticon-Embarrassment

U know what I meant ???
ni media mana sih yang bikin berita nya ??

uda pada tau belom kalo Abu Bakar di anggap kafir oleh syiah, dan Nabi Muhammad bukan Nabi Terakhir ??