alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016404736/penambang-pasir-temukan-altar-peribadatan
Penambang Pasir Temukan Altar Peribadatan
Quote:Quote:
Spoiler for pict:
TRIBUNNEWS.COM, TEMANGGUNG — Penambang pasir di kompleks Situs Liyangan di Desa Purbosari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, kembali menemukan bagian bangunan situs tersebut.

Anggota masyarakat peduli Situs Liyangan, Budiyono, di Temanggung, Senin, mengatakan, bangunan yang diduga berupa pelataran peribadatan (altar) tersebut ditemukan di sebelah utara candi induk yang terletak di Kecamatan Ngadirejo itu.

"Temuan bagian situs ini di luar tanah yang telah dibeli Pemkab Temanggung. Kebetulan pemilik tanah mengizinkan masyarakat melakukan penambangan, dan bangunan ini ditemukan," katanya.

Bagian yang baru terlihat di bangunan yang diduga altar tersebut adalah dinding sisi selatan dengan panjang sekitar 10 meter dan tinggi 1,5 meter.

"Kami belum mengetahui luasan altar ini karena baru kelihatan sebagian, sedangkan bagian lainnya masih tertimbun tanah dan pasir," katanya.

Sugiyanto, seorang warga Liyangan yang ikut menjaga kompleks Situs Liyangan, mengatakan bangunan tersebut belum diketahui secara pasti.

Hingga saat ini, katanya, masyarakat hanya menduga bahwa bangunan tersebut merupakan altar. Dugaan tersebut didasari pada pengamatan bentuk bangunan.

Selain itu, katanya, batuan yang digunakan untuk bangunan memiliki wujud yang sama dengan pelataran candi yang ditemukan sebelumnya. "Batunya sama, susunannya juga, tetapi ini baru terlihat sedikit," tambahnya.

Ia mengatakan, didorong rasa penasaran, warga kemudian melakukan penggalian secara mandiri sekalian untuk mendapatkan pasir.

"Meskipun kami menggali, tetapi kami tidak merusak bangunan, kami sangat berhati-hati," katanya.

Ia mengatakan telah melaporkan temuan tersebut kepada Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Temanggung, Balai Arkeologi Yogyakarta, serta Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah (BP3 Jawa Tengah).

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Temanggung Subekti Prijono mengatakan, untuk proses ekskavasi Situs Liyangan, saat ini sedang dilakukan proses pengalihan dari pemerintah daerah kepada pemerintah pusat.

Ia mengatakan, pengalihan dilakukan karena dana yang dimiliki oleh pemerintah kabupaten untuk proses ekskavasi tidak mencukupi karena akan memakan banyak anggaran.

Sumber
bagian tengah pulau jawa sepertinya memang pusat peradaban dan kerajaan
dari sana kekuasaan tersebar
dari masa kerajaan apa ya???

para arkeolog bakal sibuk dengan penemuan ini dong....
TACATA BRO!!!

Eh maksud ane Lanjut gan!!! Semoga situs2 budaya jawa bs terungkap semua emoticon-Matabelo
apakah ntar ada yang teriak-teriak 'ini kapir punya?' emoticon-Big Grin

kita tunggu posting selanjutnya
Quote:Original Posted By dataman
apakah ntar ada yang teriak-teriak 'ini kapir punya?' emoticon-Big Grin

kita tunggu posting selanjutnya


yang teriak-teriak kafir punya mending gak usah jadi WNI saja, mending gabung sama Taliban.......

semoga saja kita bisa segera melihat situs tersebut dan semoga gak ada orang-orang goblok yang seenaknya saja melakukan pengrusakan....
Lanjutkan..asal jgn brenti ditengah jalan aja
Weee mantap. Ane mau liat gambar altarnya dung bos TS emoticon-Matabelo
Wedew, banyak juga peninggalan sejarah yang terbenam.
Seperti ada bencana dahsyat yang mengubur satu generasi.
Pengen liat bangunannya bisa sampe utuh....
Moga2 nanti batu/ artefaknya kaga dijual, gan.
Biasa klo orang kesulitan ekonomi, ada aja caranya..
Wah ... ada sit us baru lagi.
Tapi bakal diurus atau diperhatiin pemerintah ga ya? Trutama masalah pendanaan.. emoticon-No Hope
jujur ane bangga bgt gan jd bangsa Indonesia. di ibu pertiwi kita ini banyak bgt mengandung sejarah. NEGARA DAN BANGSA YG BESAR ADALAH BANGSA YG MENCINTAI SEJARAHNYA. klo dipikir2 seperti bangsa Amerika misalnya, ane pikir mereka tidak memiliki sejarah sebanyak negara kita. jd sebagai generasi muda kita juga harus menghargai dan mengetahui sejarah negara kita ini.

Miris gan liat anak sekolah sekarang yg minim bgt pengetahuan tentang sejarah bangsanya sendiri
Quote:Original Posted By dataman
apakah ntar ada yang teriak-teriak 'ini kapir punya?' emoticon-Big Grin

kita tunggu posting selanjutnya


Challenge acceptedemoticon-Cool

INI PASTI BIKINAN ORANG KAPIR, YANG SUKANYA NYEMBAH THOGUT2 (walopun ane kagak ngerti apa itu thogut)...
MENDING DISINGKIRIN AJA SITUS KAYAK GINI DARI REPUBLIK INDONISTAN!!!!emoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marah


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
ikut bangga juga ane emoticon-thumbsup
semoga aja makin memperkaya pengetahuan arkeologi Indonesia... emoticon-Malu
Quote:Original Posted By qew
Wedew, banyak juga peninggalan sejarah yang terbenam.
Seperti ada bencana dahsyat yang mengubur satu generasi.


ada bencana ato emang sengaja di kubur gan?emoticon-Bingung
soalnya,kyaknya ko tuh peninggalan terkubur sempurna gitu y posisinya.
Temuan budaya bangsa yang luar biasa emoticon-thumbsup:

Harus tetep di teruskan penggaliannya.
wah mantap nih,semakin mengungak kekayaan budaya indonesia khusus nya jawa





SOLUSI MENGATASI PANAS KETIKA BERSEPEDA MOTOR



MOBIL MURAH TATA NANO
kayak kuburan doang bentuknya??
Quote:Original Posted By DennisJr02
ada bencana ato emang sengaja di kubur gan?emoticon-Bingung
soalnya,kyaknya ko tuh peninggalan terkubur sempurna gitu y posisinya.


Terkubur sih, soalnya borobudur aja terkubur bentuknya masih 80% utuh.
Kayanya karena erupsi dari gunung sekitar situ, seperti merapi dan merbabu.