alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016397741/bakrie-mulai-bangkrut
Bakrie Mulai Bangkrut
Gelombang Badai Utang Bakrie

TEMPO.CO, Jakarta - Gosip panas itu menyebar cepat melalui pesan pendek telepon seluler di kalangan pelaku pasar modal sejak dua pekan lalu. Dalam pesan itu tertera daftar utang sepuluh perusahaan Grup Bakrie yang jatuh tempo tahun ini. Jumlahnya fantastis dan membuat mata mendelik. Demikian terungkap dalam laporan majalah Tempo edisi 10 September 2012 berjudul "Tsunami Utang Bakrie".

Tak dinyana, awal pekan lalu, Bursa Efek Indonesia melakukan penghentian sementara alias suspensi perdagangan saham dan obligasi BTEL, kode untuk Bakrie Telecom. Penyebabnya, perusahaan operator telepon seluler Esia yang berbasis CDMA itu gagal melunasi utang obligasi BTEL I 2007 yang jatuh tempo.

"Penghentian sementara akan dilakukan mulai awal perdagangan efek pada Selasa ini hingga penjelasan lebih lanjut," kata Kepala Divisi Penilaian Perusahaan Surat Utang Bursa Efek Indonesia Saptono Adi Junarso, Selasa pekan lalu. Utang yang jatuh tempo itu Rp 650 miliar, sedangkan Bakrie Telecom hanya memiliki dana Rp 250 miliar. Esok harinya, suspensi dicabut setelah perusahaan membayar utang pokok berikut bunganya.

Pekan sebelumnya, lantai bursa juga berguncang keras setelah Bumi *Resources Tbk, perusahaan batu bara andalan Grup Bakrie, mengumumkan rugi US$ 322 juta pada semester pertama 2012. Padahal, pada periode yang sama tahun lalu, mereka masih menangguk untung US$ 232 juta.

Pengumuman itu membuat nilai saham Bumi rontok hingga Rp 630 per lembar. Bumi mengaku rugi akibat transaksi derivatif US$ 145,83 juta karena kejatuhan harga saham dan kemerosotan nilai opsi prepayment pinjamannya ke China Investment Corp (CIC) sebesar US$ 1,3 miliar.

Gagal bayar BTEL dan kerugian Bumi bak membuka kotak pandora. Gelombang tsunami utang yang jatuh tempo terbukti mengintai perusahaan-perusahaan Grup Bakrie. Kendati jumlahnya tak seperti disebut dalam pesan pendek yang beredar di kalangan pelaku bursa, tetap saja nilainya membuat lutut gemetar.

Total utang sepuluh perusahaan yang jatuh tempo pada 2012 mencapai Rp 9,67 triliun. Mereka adalah PT Bakrie & Brothers Tbk, Bumi *Resources Tbk, Bumi *Resources Minerals, Bakrieland Development, Energi Mega Persada, Bakrie Sumatera Plantations, Bakrie Telecom, Berau Coal, Visi Media, serta Darma Henwa. Bumi *Resources Tbk, contohnya, mesti membayar utang sekitar Rp 573 miliar. Tahun depan, perusahaan-perusahaan itu masih harus melunasi tagihan belasan triliun.

Seorang sumber Tempo menyebutkan belitan utang terjadi akibat Bumi merugi serta buah dari praktek gadai saham yang ditengarai menjadi modus pencarian dana Grup Bakrie. Bumi, yang paling "berdaging" dibandingkan dengan perusahaan lainnya, kini kosong kantongnya. "Likuiditas perusahaan Bakrie sudah akut," ucapnya.

Padahal likuiditas menjadi kunci menghadapi utang yang jatuh tempo akibat gadai saham. "Ini soal momen. Kalau jatuh tempo tak ada uang, ya, semua perusahaan kena." Menurut dia, Grup Bakrie mencari dana dari berbagai lembaga keuangan dengan cara gadai saham meski dibe*bani bunga tinggi. Cara ini ditempuh karena tak ada akses ke perbankan. "Gadai saham bisa bikin Grup Bakrie kehilangan Bumi," katanya.

Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan Bumi, Dileep Srivastava, menolak perusahaannya disebut berada di ambang kebangkrutan. "Bagaimana bisa bangkrut jika dalam setiap kuartal kinerjanya meningkat?" ujarnya kepada Satwika Movementi dari Tempo akhir Agustus lalu.

Dileep juga mengklaim pemasukan perusahaan meningkat 9-10 persen dibanding tahun lalu. Dia menjelaskan pula, "Kami masih memiliki aset cadangan sekitar tiga miliar ton batu bara dan nonbatu bara." Namun profesional berkewarganegaraan India ini mengiyakan soal adanya kemungkinan penjualan aset untuk membayar utang. "Jika harganya tepat," katanya.

sumber




Quote:Utang Bakrie Rp 21,4 triliun dan US$ 5,7 miliar
TEMPO.CO, Jakarta -Lembaga analis independen, Kata Data mencatat, utang rupiah 10 perusahaan terafiliasi dengan Bakrie Brothers hingga kuartal 1 2012 mencapai Rp 21,4 triliun, dengan utang jatuh tempo pada 2012 sebesar Rp 7,1 triliun. Adapun utang dalam dolar mencapai US$ 5,7 miliar dan jatuh tempo pada 2012 sebesar US$ 275 juta.

Direktur Eksekutif Kata Data, Metta Dharmasaputra mengungkapkan Bakrie berisiko gagal bayar (default) atas utang-utangnya. Hal ini disebabkan penurunan tajam harga batubara dunia. Harga batubara merosot dari kisaran US$ 140 per ton pada awal 2011 menjadi di bawah US$ 90 per ton. "Aset tiga perusahaan Bakrie (pemilik utang terbesar) batubara," ucapnya.

Metta menjelaskan, menurut laporan keuangan kuartal 1 2012, ada tiga perusahaan Bakrie dengan utang terbesar, yakni Bakrie and Brothers, Tbk memiliki total utang Rp 8,6 triliun dengan total jatuh tempo 2012 Rp 2,3 triliun. Bumi Resources Tbk tercatat berhutang US$ 3,69 miliar dengan total jatuh tempo pada 2012 US$ 62 juta. Bumi Resources Mineral, Tbk berhutang US$ 295 miliar dengan total jatuh tempo US$ 12 juta.

Tingginya rasio utang membuat harga saham sejumlah perusahaan Grup Bakrie di Bursa Jakarta dan London terus tertekan sejak awal 2011. Kata Data mencatat PT Bumi Resources, tbk turun sebanyak 77 persen dan PT Bakrie and Brothers turun 29 persen. Sementara itu, harga saham Bumi Plc. di London merosot 74 persen, dan PT Bumi Resources Mineral Tbk sebesar 36 persen.

Menurut Metta, Bakrie telah beberapa kali menghadapi ancaman default. Pada 2011, Bakrie melakukan pembayaran sebagian dari total utang senilai US$ 1,35 miliar. Bakrie menjual separuh kepemilikan Bumi ke Borneo Lumbung Energi dan Metal. Pada 2012, Credit Suisse Group meminta Bakrie Group membayar US$ 100 juta. "Tambahan jaminan (top up), setelah nilai saham Bumi Plc yang dijadikan jaminan untuk pinjaman Bakrie anjlok di bursa London," ucapnya. Total utang ke Credit Suisse yang tersisa sebesar US$ 440 juta.
sumber


Pantes kemarin Bumi Resource di Suspend, kemudian menyusul Bakrie Telecom yang di Suspend, bahkan tahun 2011 hampir default (gagal bayar). sebelumnya Bakrie life sudah bangkrut (baca :bakrie life bangkrut. )

Tunggu kalo Bakrie jadi Presiden, Kebangkrutan Bakrie akan dijadikan bencana nasional seperti bencana lupur Lapindo, sehingga dibayari dengan APBN





Tambahan dari kaskuser yang mengerti dunia usaha dan persahaman
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...1&postcount=45
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...4&postcount=44
Kalo bangkrut gitu ,

Pembayaran ke warga lapindo akan dihanguskan ... ? emoticon-Amazed
bakrie =pengusaha asli pribumi) bangkrut pada senang semua banyak bakrie haters dikaskus..
tapi klo perusahaan seperti freeport n bumn di kuasai para haters jg berteriak2 tolak asing
haters=idiot2 yg kaga bisa apa2..bisa bisa teriak2 doankemoticon-Big Grin
kalo perusahaannya pada bangkrut kok masih kpengen jadi presiden? kampanye mahal lho pak!
Quote:Original Posted By Khoontol
Kalo bangkrut gitu ,

Pembayaran ke warga lapindo akan dihanguskan ... ? emoticon-Amazed


bukankah pembayaran ke korban lapindo sudah dilakukan dengan menggunakan uang rakyat (APBN), itu sebabnya Sri Mulyani mengundurkan diri, males dengan perilaku Bakrie.
nanti kalau gagal jadi presiden tambah bangkrut nh emoticon-Embarrassment
Katanya nyawanya bakri itu ada 9 gan, yang mati baru 5, artinya bakri tidak akan benar-benar bankrut
mesakke bakri...moga ga jadi gelandangan...wkwkwkemoticon-Blue Guy Bata (S)emoticon-Blue Guy Bata (S)emoticon-Blue Guy Bata (S)
Quote:Original Posted By warrent buffet
bakrie =pengusaha asli pribumi) bangkrut pada senang semua banyak bakrie haters dikaskus..
tapi klo perusahaan seperti freeport n bumn di kuasai para haters jg berteriak2 tolak asing
haters=idiot2 yg kaga bisa apa2..bisa bisa teriak2 doankemoticon-Big Grin



gan, ente pernah mengenyam sekolah gak sih??
hati2 ngomong istilah pribumi dan non pribumi, ada PP yg ngatur
jadi kalo pribumi boleh ya menyusahkan bangsa Indonesia pada umumnya dan korban Lapindo pada khususnya???? hayo jawabemoticon-Cape d... (S)

ente bisa apa gan?? berita tentang bakrie gak ada yg ngerti, kemana aja ente ketika korban lapindo menderita?
ente tim sukses dagumen ya?
Waduh kalo jadi presiden bisa2 semua proyek di pegang relasinya semua nih..buat bayar utang2nya emoticon-Frown
terus yen bakrie bangkrut dadi gelandangan, mantune sing pemain sinetron minggat sisan....KKKKKKKKKK
Quote:Original Posted By leyhendra
bukankah pembayaran ke korban lapindo sudah dilakukan dengan menggunakan uang rakyat (APBN), itu sebabnya Sri Mulyani mengundurkan diri, males dengan perilaku Bakrie.



Ooo ... gitu ya Ley . emoticon-Belo

Aku jadi kangen dengan centurinya ning Sri Mulyani , Ley.
Quote:Original Posted By Buzzonly
Katanya nyawanya bakri itu ada 9 gan, yang mati baru 5, artinya bakri tidak akan benar-benar bankrut


kayak kucing gan.. punya nyawa 9 emoticon-Big Grin
kalo yag ini spesialis kucing garong emoticon-Nohope
Quote:Original Posted By Khoontol
Ooo ... gitu ya Ley . emoticon-Belo

Aku jadi kangen dengan centurinya ning Sri Mulyani , Ley.


century dagangannya bakrie di DPR ya....emoticon-Malu (S)
tanya SBY aja, yg mimpin rapat, kalo pimpinan parpol kongkalikong, sipil netral tak berdosa selalu dikorbankan khoon

gak usah kuatir, si Bambang Susatyo yg dulu getol teriak centuri, sekarang musuhan sama dagumen.
dagumen hanya memakai jasa bambang untuk jatuhin SM aja, sekarang SM sudah gak jadi menkeu, garong APBN jalan lagi, BS gak dibutuhkan lagi.
Quote:Original Posted By leyhendra
century dagangannya bakrie di DPR ya....emoticon-Malu (S)


Hahahah ..... emoticon-Ngakak (S)

Sip , siiip en nice answers , Ley. emoticon-thumbsup:
woow... bener2 fantastis...Blm jd Presiden aj ud bs bkn pemerintah ganti rugi korban lumpur Lapindo.. Apalagi klo jd presiden? APBN or jual pulau buat bayar utang Grup Bakr*e kah? atau negaranya skalian di gadai??? emoticon-No Hope
Quote:Original Posted By LoE_Seifer
kalo perusahaannya pada bangkrut kok masih kpengen jadi presiden? kampanye mahal lho pak!


Abis jadi presiden baru abis2 - an keruk uang negara biar ga jadi bangkrut dan makin kayaemoticon-Big Grin
Dari saat dia cukup patriotis ndepak Rotschild dari BUMI newbie sudah tau dia bakalan jatuh kok emoticon-Embarrassment....

Cuma masalah waktu dan masalah momen dan sebab aja....

Golkar bakal ada Capres baru, itu partai emang paling kenceng dalam hal khianat mengkhianati . Tar kalo bangkrut beneran kan dikudeta si Dagumen emoticon-Ngakak:...
lingkaran utang perusahaan besar, gali lubang tutup lubang, lama lama lubangnya semakin besar, semakin banyak tanah untuk menutupi, ketika persediaan tanah sudah tidak memadai, terjadilah hal seperti yang terjadi pada bakrie grup ini.

Mangkanya mending buka warung tanpa utang, cari makan sehari, enjoy bebas pikiran dari utang.

Sedih 
Idiot

Quote:Original Posted By warrent buffet
bakrie =pengusaha asli pribumi) bangkrut pada senang semua banyak bakrie haters dikaskus..
tapi klo perusahaan seperti freeport n bumn di kuasai para haters jg berteriak2 tolak asing
haters=idiot2 yg kaga bisa apa2..bisa bisa teriak2 doankemoticon-Big Grin



Ente bahkan JELAS lebih idiot lagi... karena ente ngatain kita2 orang2 lain idiot gak bisa berbuat apa apa buat merubah & mengubah negara menjadi lebih baik tapi cuma bisa jual bacot koar ngemeng doank... TAPI ENTE SENDIRI CUMA BUAT MENCARI REPUTASI DI KASKUS DENGAN CARA BENER SESUAI ATURAN KASKUS FORUM INTERNET DI INDO DOANK AJA ENTE UDAH GAK BECUZ MENAATI

LEBIH IDIOT LAGI... semua orang cerdas juga tahu la bahwa orang idiot perlu dikasih contoh dulu gimana caranya yg bener LA TERUS MANA TUH CONTOH NYATA ACTUAL BERMUTU DARI ENTE ? gak ada kan ? nihil kan ? nope tuh !

Berarti ente juga SAMA IDIOT nya bahkan LEBIH IDIOT lagi sampe sampe ente aja gak tahu & CUMA JAGO KOAR KOAR DOANK juga !

PLUS KENAPA BAWA BAWA PRIBUMI ????
GAK ADA URUSAN AMA BUMIPUTERA NON BUMIPUTERA SEBAB NEGARA INI BUTUH ORANG YG CINTA NUSA BANGSA NUSANTARA INI gak peduli bumiputera gak bumiputera !

Maybe malah sebenarnya jauh lebih tragis karena kalau Tembagapura gak dikuasai asing or BUMN kita diakusisi asing... malah hasilnya bisa jadi tetep tidak TAMBAH profesional bahkan MALAH BANJIR KKN DIMANA MANA makanya sampe akhirnya harus dikontrakkan ke pihak asing or terpaksa harus dilego ke pihak asing tuh !
Liat aja tuh Pertamina... kebanyakan KKN sampe akhirnya bablas disalip Petronas...

Makanya... klo dah biasa makan duit si Bakrie... OTAK JANGAN DIBIARKAN MEMBEKU... biar ente gak tambah idiot aja sudi bela2in tokoh yg KORUP & BIANG BENCANA LUMPUR NASIONAL tsb dengan cara membabi buta & IDIOT gini !

Dia maybe bisa menciptakan lapangan kerja bagi 10 juta orang di dunia sementara gue cuma baru ciptain lapangan kerja baru cuma buat ratusan orang doank, emang kroco kecil gak mutu banget... TAPI AT LEAST, GUE GAK PERNAH MENCIPTAKAN BENCANA LUMPUR YG BARU SURUT 50 THN MENDATANG LAGI & KALA MENJADI MENKOKESRA BUKANNYA BAWA KESEJAHTERAAN NASIONAL MALAH BAWA BENCANA NASIONAL !

En gak pernah tuh cuma demi nafsu bayarin utang & gedein perusahaan... bela belain ngotot mau jadi presiden ! emoticon-Busa: emoticon-thumbdown

NGURUSIN BISNISNYA SENDIRI DOANK TANPA NGUTANG EDAN EDAN AN AJA GAK BECUZ KOK SOK MAU NGURUSIN INDO NEGARA 1.234.567.890 MASALAH... GAK SALAH APEEE YEEE ? emoticon-Busa: