alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016394401/inovasi-baru-kampus-ubaya-temukan-sistem-pemadam-kebakaran-kendaraan
[inovasi baru] Kampus Ubaya Temukan Sistem Pemadam Kebakaran Kendaraan
Ada yang membanggakan dari Universitas Surabaya (Ubaya), Jawa Timur. Tim dosen Jurusan Teknik Manufaktur kampus tersebut menemukan sistem pemadam kebakaran dalam kendaraan secara otomatis. Tak terbatas pada mobil dan bus, tapi juga buat kereta api maupun kapal.

"Sistem pemadam kebakaran otomatis itu terdiri dari alat kontrol panas, alat kontrol asap, alat semprot (nozzle) dan tangki gas likuid, serta remote manual dan sistem," kata ketua tim dosen penemu, Yuwono Budi Pratiknyo ST. MT. di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (11/9).

Dalam simulasi solusi sistem pemadam kebakaran yang disaksikan dosen dan mahasiswa Ubaya itu, ia menjelaskan alat kontrol panas dan asap itu dalam tingkat panas dan asap tertentu akan mengeluarkan alarm.

"Mendengar alarm itu, sopir dan penumpang kendaraan bisa bertindak untuk menjalankan nozzle (alat semprot) yang sudah dipasang pada fire zona seperti mesin, bagasi, tempat duduk penumpang, dan sebagainya," paparnya.

Nozzle bisa dijalankan dengan dua langkah yakni manual dan sistem. "Cara manual dapat dilakukan dengan menombol remote sesuai fire zona yang terbakar untuk menggerakkan nozzle ke arah zona kebakaran itu," tuturnya.

Namun, lanjutnya, bila sopir dan penumpang panik atau pingsan, maka sistem pemadam kebakaran akan bekerja secara sistem atau secara otomatis untuk menggerakkan "nozzle" ke seluruh zona kebakaran, tanpa dipilih.

"Gas likuid yang disemprotkan nozzle itu akan langsung memadamkan api kebakaran dalam hitungan detik atau menit dan dalam radius 2,5 meter persegi. Gas likuid itu tidak mengikat oksigen, sehingga saat disemprotkan tidak akan membahayakan penumpang. Gas likuid itu memang gas khusus untuk memadamkan api," paparnya.

Menurut dia, sistem pemadam kebakaran dalam kendaraan yang sudah dipatenkan itu akan disimulasikan di hadapan Direktur Keselamatan Transportasi Darat Ir Hotma Simanjuntak dan Randall Hart selaku penemu bahan-bahan kebakaran serta sejumlah pengusaha otobus di Jatim pada Rabu (12/9).

"Harga sistem itu minimal Rp3 juta hingga Rp7 juta sesuai dengan jumlah nozzle yang dipasang dalam kendaraan. Kalau mobil pribadi mungkin butuh 1-2 nozzle, tapi kalau bus atau kereta api tergantung dengan panjangnya kendaraan, asalkan dalam radius 2,5 meter persegi untuk satu nozzle," ujarnya.

Ia menambahkan sistem pemadam kebakaran dalam kendaraan itu juga bisa dilakukan secara nonmodular atau dipasang bersamaan proses pembuatan bus itu. "Kalau modular ya dipasang saat kendaraan sudah ada. Yang jelas, ide yang mendasari penemuan sistem itu memang berawal dari seringnya kendaraan yang terbakar habis akibat kecelakaan atau tiba-tiba terbakar dengan sendirinya," katanya

http://www.metrotvnews.com/read/news...n-Kendaraan/11

semoga bermanfaat dan terimplementasi
bekas tempat kaampus ane gan emoticon-Malu

tapi jancok! uang semesterane ga kiro2, bikin miskin emoticon-Marah
wah mahal amat tuh alat

asal jangan dibebanin aja ke mhsw emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By .b.a.n.g.s.a.t.
bekas tempat kaampus ane gan emoticon-Malu

tapi jancok! uang semesterane ga kiro2, bikin miskin emoticon-Marah


berapa? 8 juta yak?

univ banyak biaya emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By black.september


berapa? 8 juta yak?

univ banyak biaya emoticon-Ngakak (S)


8 jeti ? emoticon-Matabelo

jaman gua waktu kuliah dulu.
kalau lewat jalur spmb tuh duit bisa dipakai ampe lulus kuliah emoticon-Ngakak
tapi sekarang gak lagi keknya
kena spp apa itu namanya. progresif ? emoticon-Big Grin
terlepas dari rahasia umum kalo SPP nya selangit, bagus inovasinya

kalo mesin2 truk dan bis eropa kan cuma ada pemadam kebakaran di mesin
kalo yg ini bs seluruh bagian ter cover ya......
wah bagus juga inovasi kampus ane,,,tapi inovasi yg paling bagus dari dlu sampai sekarang adalah kemampuan menyerap duit ortu ane gan,,masuknya gampang tapi lulusnya susah,udh gitu mahal pula sppnya.emoticon-Matabelo
bangga ama kampus ane, emoticon-Big Grin .......,, semoga innovasi ini bisa segera dipakai di seluruh dunia emoticon-Big Grin
wuih mantap nie inovasinya emoticon-thumbsup
kampus ane kapan yah pny prestasi kek gini emoticon-Frown
Bagusan inovasi kampus ane gan , ga ikut test ujian masuk aja bisa lulus tapi keluarnya susah.. emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By .b.a.n.g.s.a.t.
bekas tempat kaampus ane gan emoticon-Malu

tapi jancok! uang semesterane ga kiro2, bikin miskin emoticon-Marah


wkwkwkkwkw .... kampus bagus ada harga broww ....

ckckkcck jaman ane masih rasahin uang semeseter 1,6 jt .. awal 2000 emoticon-Big Grin
padahal kampus laen masih 400 ribu emoticon-Cape d... (S)

mantaps anak ubaya ....
Quote:Original Posted By .b.a.n.g.s.a.t.
bekas tempat kaampus ane gan emoticon-Malu

tapi jancok! uang semesterane ga kiro2, bikin miskin emoticon-Marah


Biasa lah itu gan,uang semesteran mahal tapi kan kwalitas pengajarannya bagus.paling tidak dengan biaya yg tinggi mahasiswa juga terpacu untuk lebih serius menjalani masa kuliah..
Quote:Original Posted By black.september
berapa? 8 juta yak?

univ banyak biaya emoticon-Ngakak (S)


wah ane baru tahu singkatan kampus itu emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)

tapi kalo penemuannya bagus, kita apresiasi aja
Kalau pemadam kebakarannya di kabin mobil apa nggak tambah membahayakan? Kan penumpang jadi susah untuk evakuasi saat pemadam kebakaran diaktifkan. Lagipula untuk memadamkan api dari listrik dan minyak kan nggak boleh pakai air, jadi harus pakai halon atau bahan kimia kering, kalau disemprot ke kabin apa nggak bikin teler tuh ke penumpang.

Oh ya, kalau dari definisinya, inovasi itu adalah penemuan yang telah dipasarkan. Kalau baru seperti yang dijelaskan seperti ini namanya bukan inovasi tapi penemuan.
wah kampus ane nih gan emoticon-siul
Quote:to be the first university in heart and mind
sak iki per semester 9 jt yo ?? emoticon-Big Grin
iku diluar biaya gedung


untung mbiyen wes lulus emoticon-Stick Out Tongue
tapi bener2 spaneng kuliah nang kene emoticon-Ngakak
jaman ane kuliah dulu cuman 358 ribu per semester emoticon-Blue Guy Peace
Teknologi zaman sekarang sudah sangat maju sekali ya..

udah program untuk pemadam kebakaran, semoga ke depannya dapat menjadi alat bantuan untuk pemadam kebakaran dalam melaksanakan tugasnya.. hehehe
emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By kharismaoi
bangga ama kampus ane, emoticon-Big Grin .......,, semoga innovasi ini bisa segera dipakai di seluruh dunia emoticon-Big Grin


dunia akhirat juga gan??emoticon-Big Grin

semoga terus berinovasi kedepannya..emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
semoga bermanfaat bagi nusa n bangsa emoticon-Ngakak

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia