alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016392671/mantabznaskah-kuno-keraton-yogyakarta-dibuat-versi-digital-nya-gan
Thumbs up 
icon-hot-thread
[MANTABZ]Naskah Kuno Keraton Yogyakarta Dibuat Versi Digital-nya Gan!
[MANTABZ]Naskah Kuno Keraton Yogyakarta Dibuat Versi Digital-nya Gan!

Sedikitnya 300 naskah kuno milik Keraton Yogakarta telah selesai didigitalisasi, yakni dengan membuat salinan naskah dalam bentuk digital ini. Dengan digitalisasi, warisan budaya nusantara tidak akan musnah atau hancur.

Kalaupun naskah-naskah aslinya rusak karena usia, warisan budaya adiluhung itu masih bisa dipelajari melalui versi digitalnya.

Demikian dikatakan Dr. Oman Fathurahman, ketua Masyarakat Pernaskahan Nusantara, saat mengikuti Simposium Internasional XIV Masyarakat Pernaskahan Nusantara di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri( PPKH ) UGM, Selasa (11/9/2012). Lebih lanjut Oman mengatakan upaya digitalisasi naskah-naskah kuno nusantara itu sangat penting dilakukan, karena kondisinya sudah sangat tua, bahkan banyak di antaranya yang sudah rusak.

"Selain digitalisasi, kita juga melakukan restorasi dengan menjilid ulang naskah-naskah kuno itu. Naskah asli kita kembalikan ke tempat penyimpanan semula. Sementara hasil digitalilasasi nantinya akan kita simpan di Museum Nasional," kata Oman.

Selain 300-an naskah dari Keraton Yogyakarta, lanjut Oman, saat ini setidaknya sudah ada 5.000-an naskah kuno dari berbagai keraton yang sudah didigitalisasi. Misalnya dari Keraton Cirebon, Banjar, Padang dan sebagainya

"Naskah-naskah itu sudah amat tua, bahkan ada yang berasal dari abad 14 dan masih menggunakan huruf Palawa. Namun ada juga yang belum terlalu tua seperti karya-karya pujangga besar Ronggowarsito," lanjut Oman.

Upaya digitalisasi naskah-naskah kuno ini merupakan kerjasama Masyarakat Pernaskahan Nusantara dan Universitat Leipzig, Jerman. Selain dengan teknik foto, digitalisasi juga dilakukan dengan teknik memindam atau scan.

"Upaya penyelamatan naskah-naskah tersebut sangat penting karena sebagian besar naskah itu belum sempat dikaji secara mendalam sebagi sumber kearifan lokal berbangsa dan bernegara," pungkas Oman.


SUMBER

salah satu upaya utk melestarikan warisan budaya nusantara....emoticon-I Love Indonesia (S)

Silahkan Mampir ke Trit ane yg lain:

[HOT INFO]DKI Terapkan Peraturan Gedung Hijau di 2013
Wali Kota Termuda Usia 15 Tahun Terinspirasi Soekarno
Burung Albatross Jadi Inspirator Pesawat Masa Depan
Empat Pulau Di Indonesia Dikaji Untuk Bandar Antariksa
[BERITA MUSIK]Noah Luncurkan Album Perdana di Dua Benua
[PARAH]Selain Juara Korupsi, Indonesia Juga Juara Merokok!
Bekasi dan Bandar Lampung Kota Terkotor se-Indonesia
Bebas Plagiarisme, Perpustakaan ITS Jadi Nomor 1
[PARAH]Bakso Ayam Tiren Sudah Dijual Di Yogya Sejak 1996


Jika berkenan mohon sumbangan emoticon-Rate 5 Star -nya
Syukur2 dihujani emoticon-Blue Guy Cendol (L)
salah satu temnya adalah krmt?

emoticon-Ngacir


Porsche vs Ferrari Comparison
Sangat bagus, semoga semua naskah kuno bisa didigitalisasi
fak sejarah bakal girang ....


wak carik kasih tempat duduk ya...
kalau yang naskah asli nya ga ada yg pernah tau, buat apa dibuat digital ?
no offence ya emoticon-Smilie
waaah mantap nih, semoga HT gan emoticon-Big Grin
yaaa...

pasti bakal rusak siih itu naskah...........

wong dari kertas ..........

paling top juga dari daun lontar .........

emoticon-Big Grin
ya semoga saja memang memberi dampak yang bagus untuk kelestarian budaya dan sejarah Indonesia emoticon-thumbsup
asyikk bisa donlot gratis dong yah..
wah mantab nieh.. bisa jadi bukti sejarah yg akan terus dipelajari..
keistimewaannya jg akan selalu bisa dibuktikan dg mudah.. emoticon-thumbsup:
jaga dan lestarikan gan
bisa dilihat umum kapan tuh gan?/
Quote:Original Posted By agungjim
waaah mantap nih, semoga HT gan emoticon-Big Grin


terimakasih atas doanya gan....semoga bisa jadi HT....emoticon-Big Grin
keknya bentar lg ada di app store ni gan emoticon-I Love Indonesia (S)
udah wajar lha di zaman modern seperti ini, media digital relatif lebih tahan lama dibanding media kertas

hitung cetak brosur murah
ya inilah guna new media gan, hal2 yg masih di dalam olaha old media di konversi ke new media dengan tujuan mempermudah segala hal emoticon-Smilie







bangsepcrazy
baguss deh.. emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup
Biar warisan msh diingat, smpe cucu buyut kita..
Naskah yg dibawa Belanda & Inggeris jg sdg diupayakan untuk di duplikasi emoticon-thumbsup

Banyak sekali naskah" Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat yg diangkut pada masa kolonial
Semakin canggihnya teknologi semakin banyak cara aja nih
emoticon-Hot News [QUOTE=Alexa.N90;747653408]Naskah yg dibawa Belanda & Inggeris jg sdg diupayakan untuk di duplikasi emoticon-thumbsup