alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016391034/danau-toba-tercemar-limbah-kotoran-babi
Danau Toba tercemar Limbah Kotoran Babi
Mudah-mudahan ngga Repost gan emoticon-I Love Indonesia (S)
Spoiler for norepost:


ETTSSS AYo di Rate emoticon-Rate 5 Star dulu gan emoticon-Big Grin
Danau Toba
Spoiler for gambar:


Namun sekarang berubah ketika perusahaan-perusahaan swasta menyerang dan menuangkan Limbahnya ke Danau Toba
Spoiler for limbah:

Spoiler for limbah:

Checkidot Beritanya gan

Medan, (Analisa). Anggota DPRD Sumut Sopar Siburian SH MKn kaget, bukan hanya PT Aquafarm ternak ikan keramba apung saja yang mencemari air Danau Toba, ternyata PT Allegrindo Nusantara lebih dahsyat lagi.

"Kalau Aquafarm ini membuang 100 ton pelet setiap hari, sementara PT Allegrindo Nusantara membuang kotoran ternak babi dalam bentuk limbah cair 1200 ton setiap hari. Kotoran tersebut berasal dari 40.000 ekor ternak, kemudian dengan tenaga 2 unit sumur bor limbah dibuang ke Danau Toba Desa Salbe melalui Sungai Silali, Desa Urung Pane, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun," ungkapnya kepada wartawan, Rabu (25/7).

Politisi Partai Demokrat ini mengaku telah menerima laporan dari masyarakat Simalungun tentang kondisi Danau Toba yang makin jorok, khususnya di kawasan Desa Urung Pane. Mereka heran kenapa permasalahan pencemaran luput dari perhatian Pemerintah seolah-olah PT Allegrindo diberi kekuasaan penuh untuk mengotori Danau Toba. Kalau dilakukan pembiaran, maka pinggiran Danau Toba di Desa Salbe akan terjadi pendangkalan dan pantai akan dipenuhi lumpur kotoran ternak yang berpotensi menimbulkan penyakit.

Menurut Sopar, peternakan tersebut dibangun di atas lahan seluas 46,8 hektar di areal register 44 dan sudah beroperasi selama 16 tahun memelihara 40.000 ekor babi setiap bulan. Sehingga selama 16 tahun itu sudah 7 juta ton lebih kotoran ternak babi mengotori air Danau Toba.

Padahal Surat Persetujuan Menteri Negara Penggerak Dana Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, nomor 454/I/PMDN/1996, waktu itu dijabat Sanyoto Sastrowardoyo 26 Juni Tahun 1996 izin yang diperbolehkan hanya 50.000 ekor per tahun dengan pakan 21.600 ton dan produksi daging babi olahan/dalam kaleng 6000 ton.

Dari 40.000 ekor, diperkirakan jumlah induknya minimal 10% (4000 ekor), konsumsi pakan per hari 60 ton dan menghasilkan limbah cair yang terdiri dari kotoran, sisa pembuangan minuman dan mandi ternak 1.200 ton dibuang ke danau. Dari jumlah 4000 ekor tersebut satu ekor babi menghasilkan anak rata-rata 18 ekor setahun (setahun dua kali melahirkan) atau rata-rata 1,5 ekor ternak hidup per bulan sehingga indukan menghasilkan 6000 ekor ternak potong seberat 90 Kg.

Kapasitas

Kapasitas tampung limbah adalah 10.145 ton yang terdiri dari bak equalisasi 26 m x 10 m x 3,25m untuk 845 ton. Kemudian bak pra sedimentasi 10 m x 2 m x 3 m sebanyak 60 ton, bak an aerob (11 m x 6 m) x 23 bak= 7.590 ton, bak aerasi 25 m x 10 x 3 m+750 ton dan bak penampungan akhir 20 m x 15 x 3 m = 900 on sehingga total kapasitas limbah 10.145 ton. Namun muatan limbah ini hanya bisa bertahan 8,45 hari sehingga dibuang 1.200 ton setiap hari. Dari hasil uji laboratorium kulaitas air limbah hanya 7 item yang lolos uji dari 21 item uji yang harus dipenuhi.

Disebutkannya, dari 21 baku mutu yang diwajibkan, PT Allegrindo tidak lulus uji 7 item diantaranya BOD sebagai O2 (bakteri) dan COD sebagai O2 (zat kimia). Standar baku mutu untuk BOD adalah 150mg/liter dan COD 300 mg/liter, namun yang dicapai PT Allegrindo adalah 2.790 mg/liter untuk BOD dan 5.914 mg/liter untuk COD. "Belum lagi limbah lulus uji mutu, sudah dibuang ke Danau Toba, kondisi ini sangat membahayakan bagi masyarakat sekawasan Danau terlebih yang berada di Kecamatan Purba, Simalungun," ucapnya.

Mengetahui kondisi parah tersebut, Sopar meminta Pemerintah harus meninjau izin perusahaan tersebut. Akibat PT Aquafarm dan PT Algrindo kondisi Danau Toba sudah masuk pada level yang sangat mengkhawatirkan. Selama ini PT Allegrindo luput dari perhatian Anggota Dewan dan Pemerintah, ternyata Danau kebanggaan bangsa itu diambang kehancuran, dan warga sekitar terancam menderita berbagai penyakit berbahaya, salah satunya kanker kulit .

Sengaja

Kenyataan yang menyakitkan ini menurut Sopar, sengaja dibuat oleh penanam modal untuk membuat Danau Toba yang indah menjadi tidak berharga.

Padahal Danau tersebut adalah anugerah Tuhan yang tiada duanya, tapi dirusak oleh pemodal besar hanya untuk mementingkan keuntungan pribadi.

Ironisnya pemerintah diam saja, tidak mampu menjaga pusaka Indonesia yang paling berharga tersebut dan membiarkan peraturan dan perundang-undangan dikangkangi begitu saja.

Pemerintah harus kerja keras untuk menyelamatkan Danau Toba dari pencemaran, permasalahan ini jangan dianggap main-main. Sangat mengherankan kalau Pemerintah melakukan pembiaran terhadap Allegrindo yang sudah mengotori Danau Toba selama 16 tahun tanpa kena teguran maupun sanksi. Pemilik peternakan secara terang-terangan membuat Danau Toba menjadi kubangan limbah, tapi tidak ditindak.

"Tidak mungkin Pemerintah tidak tahu terlebih Badan Lingkungan Hidup Pemprovsu dan Pemkab Simalungun. Apalagi PT Allegrindo tidak memberi kontribusi signifikan kepada daerah, meski ada PAD dan perekrutan sumber daya manusia dari pemuda setempat, namun Analisa Dampak Lingkungan (AMDAL) dan aturan lain yang ditetapkan Pemerintah sudah dilanggar. Pemerintah harus menindak tegas,," ungkapnya.


Sumbernya gan, biar ngga di bilang hoax emoticon-Big Grin
[Sumber Sudekat]
____________________________________________________
Update: BUMN berencana akan mengambil Aih PT yang bersangkutan
Spoiler for update berita:


[Sumber]
Tolong di Rate dan di Komen gan, kalau memang agan-agan Peduli dengan Danau kita emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

Mudah-mudahan engga di Bata emoticon-Blue Guy Bata (S), tapi kalo cendol emoticon-Blue Guy Cendol (L) boleh emoticon-Malu (S)


Spoiler for random comments:
parah banget...emang pemdanya ngapain aja sih
jadi kira2 salah babinya ya gan beol sembarangan emoticon-Mad:
wah sayang banget nih gan kalo keindahan danau toba sampe kecemar kotoran babiemoticon-Hammer2



Posted with kaskusBetaQR
Gimana sih? Kok yang kayak gini ga diambil tindakan sama sekali??



_______________________________________________________
.

Quote:Original Posted By sanglanceng
parah banget...emang pemdanya ngapain aja sih


baru baru ini baru denger gan, kalau ngga di tangani juga, pemerintah baru akan bertindak, dari BUMN dan akan mencoba menasionalisasikan PT tersebut/ambil alih.
Quote:Original Posted By Auto....Banned
jadi kira2 salah babinya ya gan beol sembarangan emoticon-Mad:


di baca dulu gan beritanya...
emoticon-Najisemoticon-Najisemoticon-Najis pdhal sbnernya danau toba indaaahh bgt...
daripada dibuang macam gitu mendingan diolah menjadi biogas...
sudah di update gan, semoga bermanfaat
serasa movie the simpson deh ya, limbah kotoran babi emoticon-Big Grin
babi nya kudu di beri pelajaran...

berak sembarangan..........

emoticon-Ngakak
danau toba jangan sampe rusak gara2 banyak limbah yg dibuang ke dalam danau..seharusnya danau dijaga kebersihannya,,karna danau adalah sumber air berharga untuk kehidupan orang banyak..
ayo..pemda dan pemprov nya jangan diam aja..hentikan pembuangan limbah oleh perusahaan..
Ah gila kalo gini mah, perusakan yang disengaja seharusnya kena pidana berat !! emoticon-Blue Guy Bata (L) Aset negara tuh soalnya.. Semoga pemerintah gak cuman ngomong buat memperhatikan lingkungan
iyagan, sayang kalau sampe rusak. Pantai Kuta saja sudah mulai kotor emoticon-Frown
lagi2 berita penuh konspirasi birokrasi pemda setempat emoticon-No Hope

giliran di blow up media baru komeng dah emoticon-Cape d...

moga aja di beri ksadaran dah,,kalo ga insaf ya moga aj skarat emoticon-Big Grin

moga HT dah
Quote:Original Posted By hudaefy
lagi2 berita penuh konspirasi birokrasi pemda setempat emoticon-No Hope

giliran di blow up media baru komeng dah emoticon-Cape d...

moga aja di beri ksadaran dah,,kalo ga insaf ya moga aj skarat emoticon-Big Grin

moga HT dah


jangan gitu gan, kita juga patut dukung untuk melestarikan keindahan Negara kitaemoticon-I Love Indonesia (S)

kalau bukan kita siapa lagi.
tailah yang buang limbah kesana

danau toba itu indaaaahhhhhhhh bgt

semoga cepat mati semua pihak yang terlibat
disana rata-rata batak sich, jd pada makan babi semua.. gw mah ogah kesono lg, walau kampung halaman gw cuma 2 jam dari sono. hotelnya ancur semua. mending ke brastagi emoticon-Big Grin
dasar babi gak sekolah..beol sembarangan buang emoticon-Ngakak
Itu pelet kan pakan ikan, apa sekarang disebut limbah ?