alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016386259/ini-039oleh-oleh039-dpr-hasil-kunjungan-kerja-dari-brasilmau-tahu-lihat-dong
Ini 'oleh-oleh' DPR hasil kunjungan kerja dari Brasil..mau tahu, lihat dong
Anggota Pansus RUU Desa telah selesai melakukan kunjungan kerja ke Brasil untuk belajar tentang desa. Mereka belajar desa ke Brasil dari tanggal 26 Agustus hingga 1 September kemarin.

Ketua Rombongan Pansus RUU Desa Budiman Sudjatmiko mengatakan, kunjungan pansus bermaksud untuk mempelajari bagaimana negara lain dalam menata pedesaan dan mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat. "Secara umum untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kualitas tata kelola pemerintahan dan kapasitas daerah pedesaan," kata Budiman.

Budiman menambahkan, dalam kunjungan selama satu pekan tersebut, Pansus RUU Desa telah mengajukan 22 pertayaan ke pihak Brasil termasuk beberapa tempat yang dikunjungi. Ia mengaku, rombongan Pansus RUU Desa juga mengunjungi Parlemen Komisi Pemerintah Daerah Brasil, Kementerian Perkotaan Brazil, Sekretariat Kantor Kepresidenan Brazil dan pejabat Kota Foz da Iguacu.

"Kami mendapatkan masukan kalau di Brasil, komunitas di bawah tingkat kota mencakup perkotaan dan pedesaan yang diorganisir dalam bentuk dewan-dewan yang berbasis kelas sosial dan fungsional," kata Budiman.

Menurutnya, ada beragam jenis dewan di Brasil yaitu Dewan Pembelaan HAM, Perjuangan Penghapusan Diskriminasi Hak-hak Lanjut Usia, Solidaritas Ekonomi, Kesetaraan Ras, dan Pembangunan Pedesaan Berkelanjutan.

Selain itu, pengaturan tentang desa di Indonesia bisa menerapkan seperti yang ada di Brasil yaitu membentuk semacam Majelis Permusyawaratan Rakyat Desa (MPRDes).

"Mereka (MPRDes) memegang kedaulatan tertinggi rakyat desa. Setelah itu pimpinan MPRDes tadi memberi mandat kepada kepala desa untuk memimpin desa itu beserta perangkatnya," jelas Budiman.

"Saat ini tim kunker ke Brasil sedang menyelesaikan laporan resmi secara detail yang akan disampaikan ke publik via website DPR. Laporan sudah 80 persen selesai," ujar dia.

Sebelumnya, sebanyak 13 anggota Pansus RUU Desa melakukan kunjungan kerja ke Brasil. Rombongan ini diketuai oleh Budiman Sudjatmiko dari FPDIP dengan anggota antara lain Abdul Gaffar Patappe, Nanang Samodra KA, Subyakto, Eddy Sadeli dari FPD, Nurul Arifin dan Taufiq Hidayat dari FPG, Arif Wibowo dari FPDIP, Yan Herizal FPKS, Totok Daryanto FPAN, A.W Thalib dari FPPP, Bachruddin Nasori dari FPKB, Miryam S. Haryati FPHanura.

http://www.merdeka.com/peristiwa/ini...ri-brasil.html

memang makanan khas/souvenir khas brasil apa y? (maaf OOT) emoticon-Bingung (S)

asal jgn ini saja oleh2nya
Spoiler for oleh2 khas brasil:
plesiran di balik kunjungan kerja emoticon-Berduka (S)
ke brasil hanya utk mengajukan 22 pertanyaan tentang pedesaan ??? emoticon-Blue Guy Bata (S) emoticon-Cape d... (S)

Quote:Budiman menambahkan, dalam kunjungan selama satu pekan tersebut, Pansus RUU Desa telah mengajukan 22 pertayaan ke pihak Brasil termasuk beberapa tempat yang dikunjungi.

mbok nanya nya kedesa simbah ane aja di kaki gunung lawu....(klo cuman 22 pertanyaan)
telusur di internet + telekonferensi gk sampe 1 juta aja udah dapet tuh kalo cm info gituan wan emoticon-Cape d...
maklumlah nama'y jga anggota HEWAN emoticon-Ngakak
memang desa di brasil apa hebatnya dengan desa di indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)
weew, cuman itu doang yah hasilnya emoticon-Big Grin

bulan depan kalo perlu kunker ke planet mars aja sekalian emoticon-Hammer
kenapa sih anggota DPR poelangnjah ke Indonesia selaloe selamet sampe toedjoewan ????
Quote:Original Posted By KolorBerenda
telusur di internet + telekonferensi gk sampe 1 juta aja udah dapet tuh kalo cm info gituan wan emoticon-Cape d...


yes bro... couldn't agree more...
gw langganan inet sebulan 368.500 rupiah.
udah bisa buat macem2x
bahkan waktu gw harus training ke shanghai, sangat membantu untuk vid call sama anak dan suami.... jernih....
alah bilang aja cuma mau jalan-jalan, hasilnya juga nanti belon tentu diterapin dimari emoticon-Mad:
Quote:Original Posted By wongdjadoel
kenapa sih anggota DPR poelangnjah ke Indonesia selaloe selamet sampe toedjoewan ????


kalau orang baik biasa di cepet dipanggil Tuhan Gan...
Quote:Original Posted By wongdjadoel
kenapa sih anggota DPR poelangnjah ke Indonesia selaloe selamet sampe toedjoewan ????


Tuhan sayang sama penumpang lain yg satu pesawat dg para anggota itu gan...makanya selamat sampai tujuan emoticon-Add Friend (S)
pikir kerjasama membangun sepakbola dalam negeri k brasil, tahunya cma bwt pedesaan emoticon-Cape d... (S)
k jepang jga bagus tuh, d sana tertata rapi dak usah jauh2 k brasil
Spoiler for Quote:


di Indonesia dulu ada LKMD, sekarang namanya LMD (lembaga Masyarakat Desa). Mau tau fungsinya? Silahkan para anggota dewan melakukan kunjungan kerja ke desa saya.

Quote:Original Posted By dwijako
Spoiler for Quote:


di Indonesia dulu ada LKMD, sekarang namanya LMD (lembaga Masyarakat Desa). Mau tau fungsinya? Silahkan para anggota dewan melakukan kunjungan kerja ke desa saya.


betuil gan ngingetin dulu wktu sekolah diajar struktur desa. ngomong2 kemana y lembaga itu
si budiman emang udah lupa daratan....lupa ma perjuangannya yg dl
ke brazil ini kan kunjungan kedua setelah ke china dlm membahas ruu desa yah?

tau ngga hasil kunjungan brasil ini?
ternyata berdasar hasil wawancara , peemrintah brasil dlm mengelola pemerintahan desanya itu belajar dari afrika...


berdasar fakta tsb, anggota hewan sedang mengajukan proyek studi banding ke africa utk memfollow up hasil studi banding ke brasil tadi......


sstttt... ini rahasia kita aja yah, ternyata africa dlm mengelola desanya itu belajar dari timor leste........ jadi nanti habis dari africa anggota hewan itu juga akan mengajukan studi banding ke timor leste emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By keciput
betuil gan ngingetin dulu wktu sekolah diajar struktur desa. ngomong2 kemana y lembaga itu


mungkin "dilupain" Gan, karena gak ada "duitnya" di situ emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By dwijako
Spoiler for Quote:


di Indonesia dulu ada LKMD, sekarang namanya LMD (lembaga Masyarakat Desa). Mau tau fungsinya? Silahkan para anggota dewan melakukan kunjungan kerja ke desa saya.


lkmd ama lmd itu dua lembaga yg berbeda gan...... dua dua nya masih eksis......... sebentar lagi baru akan di ganti setelah hasil kunjungan anggota hewan itu di selesaikan laporannya
Quote:Original Posted By ViWekzz
pikir kerjasama membangun sepakbola dalam negeri k brasil, tahunya cma bwt pedesaan emoticon-Cape d... (S)
k jepang jga bagus tuh, d sana tertata rapi dak usah jauh2 k brasil


wah agan telat ngasih usulannya kl jepang bagus...

tp ga papa deh.... buat melengkapi hasil kunjungan ini kita usulkan spy studi banding ke jepang......

kl ada bocoran jepang belajar dari negara lain jangan di sampein dulu yah