alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016385259/singkawang-layak-kereta-api-rel-lintasi-bengkayang-dan-sambas
Singkawang Layak Kereta Api Rel Lintasi Bengkayang dan Sambas
Quote:Sesuai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Kalbar, akan dibangun rel kereta api (KA) untuk memperkaya transportasi darat. Kota Singkawang salah satu wilayah yang akan dilintasi KA dan itu memang layak.

“Selain melintasi Singkawang, juga Kabupaten Sambas dan Bengkayang. Di Kota Singkawang ini telah dilakukan survei dan memang layak untuk dibangun rel KA,” kata Drs Sumastro MSi, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Singkawang ditemui di DPRD Kota Singkawang, baru-baru ini.

Sumastro menjelaskan, pembangunan rel KA tersebut merupakan segmen utama, terutama untuk pendistribusian produk agar tidak merusak jalan dan jembatan. Misalnya untuk mengangkut CPO, BBM, atau produk-produk lainnya.

“Mengenai realisasinya, sesuai rencana akan dilakukan secara bertahap. Tetapi jika dilihat, sektor pengangkutan itu bukanlah sebuah khayalan belaka, kalau industri semakin berkembang, terus pertanian maju, sarana transportasi seperti itu sangat dibutuhkan sekali,” kata Sumastro.

Pembangunan rel KA yang akan melintas Kecamatan Singkawang Selatan dan Timur itu juga masuk dalam RTRW Kota Singkawang. Seperti yang disampaikan anggota DPRD Kota Singkawang, Paryanto SE. “Rencana pembangunan jalur KA itu masuk dalam RTRW Kota Singkawang 2012-2032,” katanya.

Dari RTRW Singkawang yang sudah disahkan, pada pasal 25 ayat (2) menyebutkan rencana pengembangan jalur KA melintasi kecamatan Singkawang Selatan dan Timur. “Selanjutnya pada ayat (3)-nya termuat rencana stasiun kereta api di Kelurahan Pajintan,” jelasnya.

Rencana pembangunan rel dan stasiun KA diharapkan segera terealisasi, mampu menggerakkan serta meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Singkawang terutama menyangkut distribusi barang dan jasa.

“Kami mengucapkan selamat kepada Camat dan warga Kecamatan Singkawang Selatan dan Singkawang Timur, khususnya kepada Lurah dan warga Kelurahan Pajintan yang bakal dilintasi jalur dan menjadi stasiun Kereta Api,” kata Paryanto.

Keberadaan jalur KA nantinya ini juga berkaitan erat dengan rencana pengembangan pelabuhan pengumpul untuk kepentingan bongkar-muat peti kemas dan terminal khusus untuk kepentingan industri di Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan.

Melalui berbagai alat transportasi ini diharapkan dapat mengembangkan sektor-sektor unggulan di Kota Singkawang seperti pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan nonsawit, industri, dan pariwisata.

Sebagai informasi, rencana pembangunan jalur atau rel KA di Kalbar ini bukan barang baru. Jauh hari sebelumnya, tepatnya ketika Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2010 di Jakarta, seluruh gubernur di Kalimantan sepakat mengusulkan pembangunan rel KA melintasi Pulau Kalimantan.

Jalur KA itu untuk mendukung kelancaran pengangkutan sumber daya alam seperti hasil pertambangan dan perkebunan yang membutuhkan sarana dan prasarana angkutan massal.

Wacana pembangunan rel KA ini dikenal dengan sebutan Trans Borneo Railway yang sudah lama terdengar. Bahkan pada 2000, Departemen Perhubungan sudah melakukan studi kelayakan. Tetapi tidak diketahui perkembangannya.

Pembangunan rel KA ini digadang untuk mengantisipasi perkembangan kawasan industri skala besar Samatan, Serawak, Malaysia, Mega Proyek Gas Alam Natuna, serta pembukaan Kawasan Otorita Paloh dan Sajingan di Kabupaten Sambas.

Rencana pembangunan rel KA itu meliputi jalur Pontianak-Singkawang-Sambas-Paloh-Aruk Sajingan-Bengkayang-Landak sepanjang 515 kilometer untuk Rute I. Sedangkan Rute II meliputi Pontianak-Tayan-Sanggau-Sintang-Putussibau sepanjang 600 kilometer. (dik)


Sumber

Tinggal bagaimana koordinasi dengan pemerintah pusat dan gubernur di propinsi lain di Kalimantan.....
wih singkawang, gudangnya cewe cakep n putih emoticon-Genit:
Quote:Original Posted By j1store
infrastrukstur nya ud mulai dibangun nih, mantapp.. wlopun kalimantan blm macet kaya jakarta. apalaagi lintas propinsi. kalo ud jadi,kasian juga sih bus bus AKAP pada sepi. cz lebih enak naik kereta.

Spoiler for bikin gadget keren!!:


lihat saja nanti, tapi semua sudah ada pasarnya sendiri,....


Quote:Original Posted By kabei
wih singkawang, gudangnya cewe cakep n putih emoticon-Genit:


seperti yang di bawah ini ya mbah? emoticon-Big Grin

Singkawang Layak Kereta Api Rel Lintasi Bengkayang dan Sambas

Singkawang Layak Kereta Api Rel Lintasi Bengkayang dan Sambas
amoy singkawang naek kereta api...tut...tut....tuuuut...
kebijakan pembatasan tiket 100% seat disingkawang ga usah ajah
sapa tau gue kesana sekali2 gue mau nyobain naek kereta desek2an bareng amoy singkawang ,sapa tau bisa "pegang2" emoticon-Wowcantik
Quote:Original Posted By kabei
wih singkawang, gudangnya cewe cakep n putih emoticon-Genit:


tapi disananya mah udah sepi

udah pada hijrah semua
Quote:Original Posted By JungleKeeper
bullshit lahhhhhh

mana ada, udah 2012 blum ada rel kereta nya kok


baca dulu beritanya dengan lengkap gan.....
Quote:Original Posted By japek
baca dulu beritanya dengan lengkap gan.....


yang biayain sapa, investor darimana om ?
yang sering terdengar kan cuma yg Kalteng-Kalsel-Kaltim aja yg mo dibangun Rel KA dalam waktu dekat emoticon-Embarrassment
secara struktur tanah bengkayang singkawang itu tanah keras dan berbukit jadi masi bisa untuk dibangun rel, dengan alasan bengkayang sebagai tujuan lintas negara ke malaysia sebagai bording nya, patut dipertimbangkan juga jalur dari pontianaknya boz. pontianak singkawang lewat mempawah 4 jam lama bro belum lagi ke bengkayangnya, mending dari pontianak - bengkayang lewat anjungan cuma 5 jam. ahah cuma jalan mobilnya kecil banget
Quote:Original Posted By .SEMAR.
amoy singkawang naek kereta api...tut...tut....tuuuut...
kebijakan pembatasan tiket 100% seat disingkawang ga usah ajah
sapa tau gue kesana sekali2 gue mau nyobain naek kereta desek2an bareng amoy singkawang ,sapa tau bisa "pegang2" emoticon-Wowcantik


SEMAR KOPLAK GENIT TAK potong potong jadi 2
Quote:Original Posted By Uthe18
yang biayain sapa, investor darimana om ?
yang sering terdengar kan cuma yg Kalteng-Kalsel-Kaltim aja yg mo dibangun Rel KA dalam waktu dekat emoticon-Embarrassment


kalau dilihat dari berita di Antara juli kemarin nampaknya JSC Russian Railways yang bakal jadi investor

http://www.antarakalbar.com/berita/3...api-kalimantan
Quote:Original Posted By .SEMAR.
amoy singkawang naek kereta api...tut...tut....tuuuut...
kebijakan pembatasan tiket 100% seat disingkawang ga usah ajah
sapa tau gue kesana sekali2 gue mau nyobain naek kereta desek2an bareng amoy singkawang ,sapa tau bisa "pegang2" emoticon-Wowcantik


eiiiiih, gk boleh, kami bukan untuk d pegang2emoticon-Marah
huhhh
ane setuju banget nih...
soalnya mang cocok bt dibangun rel kereta...
jadi kangen singkawang,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
ke bengkayang keknya susah deh. kan tanahnya agak tinggi.
Singkawang Layak Kereta Api Rel Lintasi Bengkayang dan Sambas
lewatin gunung poteng bagaimana emoticon-Bingung (S)
belum lagi daerah serukam...

kalau kesambas bisalah.


Quote:Original Posted By kabei
wih singkawang, gudangnya cewe cakep n putih emoticon-Genit:


Quote:Original Posted By japek


lihat saja nanti, tapi semua sudah ada pasarnya sendiri,....
seperti yang di bawah ini ya mbah? emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By .SEMAR.
amoy singkawang naek kereta api...tut...tut....tuuuut...
kebijakan pembatasan tiket 100% seat disingkawang ga usah ajah
sapa tau gue kesana sekali2 gue mau nyobain naek kereta desek2an bareng amoy singkawang ,sapa tau bisa "pegang2" emoticon-Wowcantik


WANTED... pengemar KOPANG ne... emoticon-Malu (S)....emoticon-Ngacir
Jadi kangen pengen ke singkawang lagi nih emoticon-Big Grin....asekk asekk asekkk kalo dah ada kereta maen lagi ahhh ke singkawang emoticon-Big Grin
belanda waktu itu lupa bikin kali ya.. di jawa kalo nggak dibikinin belanda juga ngga ada kereta kali
sudah saatnya kalimantan punya transportasi massal macam kereta api ini
biar semakin mudah distribusinya
semoga cepat terealisasi...
ane bantu emoticon-Rate 5 Star gan,,
jangan cuma wacana kapan realisasinya
hihihi, kapan neh mulai peletakan batu perdananya ? emoticon-Big Grin