alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016383414/travelista-menyusuri-jejak-anak-krakatau
[Travelista] Menyusuri Jejak Anak Krakatau
Menyusuri Jejak Anak Krakatau

Gunung Krakatau yang dalam ejaan Inggrisnya: Krakatoa atau dalam ejaan lokal: Rakata pernah meletus pada 26 -- 27 Agustus 1883 yang termasuk letusan dahsyat sepanjang sejarah umat manusia. Betapa tidak kala itu sepertiga bagian bumi seakan 'mati' karena tertutup oleh awan hitam hasil erupsinya. Nyaris hampir 36 ribu jiwa menjadi korban. Pada awa ltahun 1927 mulai muncul puncak baru yang disebut dengan Anak Krakatau di pusat kaldera yang meletus pada 1883. Saya diberi kesempatan menyusuri jejak gunung yang terletak di Selat Sunda yang masuk Provinsi Lampung.

Perjalanan saya mulai dari Jakarta, tepatnya Slipi bersama rombongan sekitar pukul 20.00 hari Jumat. Kami menyewa bus sampai Merak kemudian menyebrang Selat Sunda dengan menggunakan Kapal Ferry milik ASDP. Perjalanan terasa lama karena kami harus menunggu antrian kapal yang ketika telah sampai pelabuhan Bakauheni waktu menunjukkan pukul 04.45. Sesampai di Bakauheni, lanjut menggunakan angkot sewaan menuju Dermaga Canti Kalianda dan ketika sampai waktu menunjukkan pukul 07.00. Kami pun beristirahat sejenak melepas lelah perjalanan. Pukul 09.00 kami lanjut menyebrang selat kecil menuju Pulau Sebesi menggunakan kapal motor tempel ala nelayan lokal sekitar 2 jam hingga waktu menunjukkan pukul 11.00.
Spoiler for krakatau:


Sesampai di Pulau Sebesi kami beramahtamah dengan penduduk sekitar sembari menyiapkan peralatan snorkelling. Selepas dzuhur kami berangkat menuju titik untuk menyelam hingga hari senja dan kami kembali ke penginapan berupa rumah warga yang disewakan bagi pengunjung. Saya sempatkan berkenalan dengan beberapa anakmuda di situ untuk kemudian lanjut untuk menyelam di beberapa titik penyelaman yang apik.


Spoiler for krakatau:


Esok harinya yakni Sabtu selepas subuh kami langsung menuju ke TKP yakni Pulau Rakata yang bersebelahan langsung pusat puncak Anak Krakatau yang memakan waktu sekitar 1 jam lebih dari Pulau Sebesi. Sesampai di TKP kami sarapan nasi dan lauk ala kadarnya

Spoiler for krakatau:


kemudian kami mendaki pulau Rakata yang langsung bersebelahan dengan Anak Krakatau

Spoiler for krakatau:


pada waktu menjelang dzuhur kami kembali ke Pulau Sebesi dan saya memilih untuk mandi di salah satu rumah warga yang juga kepala sekolah SD di Pulau Sebesi, beliau menuturkan betapa sulitnya akses fasilitas sekolah di pulau terpencil. Prihatin memang saya mendengar nasib guru setempat yang dituturkan oleh beliau sendiri.

Spoiler for krakatau:


Malam hari Minggu saya kembali menginap dan pada esok hari kami kembali ke Jakarta selepas dzuhur. Semoga pendidikan sekalipun di pulau terpencil atau bahkan di gunung agar menjadi perhatian pemerintah dan semoga Anak Krakatau selalu berdiri kokoh menjembatani Selat Sunda menggantikan induknya Krakatau yang telah pergi mendahului. Terimakasih saya haturkan buat Ujay Sebesi sang penghuni asli Pulau Sebesi yang telah menjadi pemandu untuk saya yang mau direpotkan untuk sekedar numpang mandi dan bertamu, secangkir teh hangat darimu tak pernah saya lupa. Semoga cita-citamu jadi sarjana terlaksana emoticon-coffee

Itinerary (Courtessy of Langkah Kaki):

Hari I (Jumat 3 Juni 2011)
20.00-23.30 Meeting point di Slipi dan Berangkat Menuju Ke Merak
23.30-04.00 Berlayar menuju ke pelabuhan Bakauheuni

Hari ke II (Sabtu 4 Juni 2011)
04.00-06.00 Menuju ke dermaga Canti - Kalianda
06.00-08.00 Bersih-bersih di dermaga Canti,Sarapan, mandi dan yang mau beli cemilan monggo
08.00-09.00 Tiba di pulau Sebuku Kecil untuk bersnorkeling
09.00-11.00 Snorkeling di pulau Sebuku Kecil
11.00-12.30 Sampai di Pulau Sebesi , kemudian di lanjut makan siang, sholat dzuhur
02.00-17.00 Snorkeling di Pulau Umang-Umang, Pulau Sawo dan Cianas
18.00-23.00 Makan malam,seru-seruan di pantai, api unggun dan acara bebas

Hari ke III (Minggu 5 Juni 2011)
04.00-06.00 Berangkat menuju Gn.Krakatau melihat Sunrise di puncak gunung Krakatau
06-00-08.00 Berfoto-foto ria di Gn.Krakatau, dan mendaki anak Gn.Krakatau
08.30-10.30 Berangkat menuju Lagoon Cabe dan bersnorkeling di lagoon Cabe
12.00-13.30 Makan siang, bersih-bersih, dan beres-beres menuju pulang
14.00-16.00 Sampai di dermaga Canti
16.00-17.30 Sampai di merak dan siap menuju pulang ke Jakarta
21.00-23.00 Sampai di Jakarta

Wajib Di Bawa :
- Senter (listrik di sebesi kurang memadai)
- Sandal Gunung
- Lotion Anti nyamuk
- Alat Snorkeling
- Obat-obatan Pribadi
- Sunblock

Tips:
-Berhubung listrik kurang memadai di Pulau Sebesi alangkah baiknya untuk mengenal warga sekitar, seperti sekedar numpang mandi. Mereka amat ramah pada pendatang dan tidak sungkan untuk menjamu para tamu yang datang.
- Jangan lupa untuk mencoba kelapa muda khas Pulau Sebesi, karena rasanya berbeda dari yang lain.

[Travelista] Menyusuri Jejak Anak Krakatau
reserved for upd
mantappp emoticon-Recommended Seller

kapan2 ajak dong emoticon-Malu (S)
viewnya keren emoticon-Recommended Seller
ditunggu updatenya emoticon-Angkat Beer
itu ceweknya bening amat emoticon-Malu
sebesi emoticon-Matabelo
sekarang kl ngak salah waspada sdah statusny emoticon-Embarrassment
ituuttt.
mo dong. emoticon-Big Grin
kyaaaa
ada om-om mendaki gunuung
ga sakit pinggang om??
pengen bertualang ke sana emoticon-Kaskus Banget
nggak ngajak2 emoticon-Mad:

OSLO OSLO emoticon-Ngakak (S)
jalan jalan di anak krakataauu [Travelista] Menyusuri Jejak Anak Krakatau
mantapp kakak...ikut donk sekali2 emoticon-Malu (S)
kapan kesana lagi emoticon-Mewek
wuiiih mantap masbro emoticon-2 Jempol
ane dulu juga pernah kesini.. 2 tahun lalu kalo gak salah...
emang gokil pemandangannya Krakatau...
cuman harus pinter2 pantau musim, takut ombak gede...

btw, pulau sebesi udah lumayan kece ya?
dulu rada gak terawat soalnya...

nice thread gan! emoticon-I Love Indonesia (S)
Sekarang statusnya lg siaga kayanya... Btw nice info gan...n_n
wuiih indah banget yah pemandangannya emoticon-I Love Indonesia (S)
keren gan udah pernah ke krakatau emoticon-Matabelo
udah pernah takhlukin gunung slamet di banyumas blm gan?
klo blm cobain deh seru bngt loch gan emoticon-Add Friend (S)
makasih untuk semua komen dan ratenya emoticon-Mewek


Quote:Original Posted By ferico666
ane dulu juga pernah kesini.. 2 tahun lalu kalo gak salah...
emang gokil pemandangannya Krakatau...
cuman harus pinter2 pantau musim, takut ombak gede...

btw, pulau sebesi udah lumayan kece ya?
dulu rada gak terawat soalnya...

nice thread gan! emoticon-I Love Indonesia (S)

makasih gan iya sekarang udah agak mendingan lebih bersih dan terawat emoticon-Salaman
Quote:Original Posted By kasihelia
kyaaaa
ada om-om mendaki gunuung
ga sakit pinggang om??
gak dong tante
kan masih muda dan kuat emoticon-Cool

Quote:Original Posted By angel.kidz
keren gan udah pernah ke krakatau emoticon-Matabelo
udah pernah takhlukin gunung slamet di banyumas blm gan?
klo blm cobain deh seru bngt loch gan emoticon-Add Friend (S)


makasih masgan
nanti kalau eyke ke banyumas mampir tempatmu emoticon-Kiss
weleeehhhh emoticon-Belo
ada igo naik gunung juja emoticon-Genit:
wah mendakinya bareng igo emoticon-Genit:







mr.qoeniepemoticon-Cool