alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016380621/dokter-rs-sengaja-amputasi-tanpa-izin-pasien
Dokter RS Sengaja Amputasi Tanpa Izin Pasien
Kaki Diamputasi Sepihak, Sujianto Akan Somasi RSIA Pusura Tegalsari

Merasa didzalimi, Sujianto yang kakinya diamputasi secara sepihak oleh dokter Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Pusura Tegalsari Surabaya, akan menuntut keadilan. Pria 40 tahun ini akan membawa kasus yang menimpanya ke ranah hukum. Sujianto mengaku tidak mencari sensasi mengingat kasusnya sudah terjadi 4 bulan yang lalu.

"Kenapa baru sekarang, karena sekarang ini kondisi saya sudah mulai enak. Kemarin-kemarin saya masih tersiksa dengan sakit di kaki saya bekas amputasi," kata Sujianto kepada detiksurabaya.com di Jalan Tegalsari, Senin (10/9/2012).

Sejak awal Sujianto meminta agar kakinya tidak diamputasi tetapi diobati. Itu sudah dikatakan kepada seluruh keluarganya dan Nur ALi. Nur Ali adalah seorang petugas kesehatan yang berdinas di TNI AL Surabaya. Nur ALi adalah tetangga Sujianto di Trenggalek. Nur Ali pula lah yang merekomendasikan dan membawa Sujianto datang ke RSIA Pusura. Jika pun tidak bisa diobati, dokter yang menangani tidak boleh melakukan amputasi tanpa persetujuan dirinya dan keluarganya.

"Saya ingin berobat, bukan diamputasi. Keluarga saya tahu itu semua," tambah Sujianto.

Sujianto tetap hendak menuntut keadilan karena bukti surat persetujuan amputasi sama sekali tidak ada. Kakak ipar Sujianto, Paini (50), yang saat itu masuk ke ruang operasi sesaat sebelum Sujianto diamputasi juga mengaku tak disodori surat pernyataan tersebut.

"Saat saya ditanyakan hal itu (amputasi). Saya tidak bisa memutuskan karena akan dirundingkan dulu dengan keluarga," ujar Paini.

Paini melanjutkan, saat itu dirinya memang ditawari akan dibuatkan surat pernyataan. Tetapi hingga kaki Sujianto selesai diamputasi, surat itu tak pernah ada. Sujianto sendiri menerangkan bahwa yang akan dilakukan pertama kali mungkin adalah melakukan somasi. Jika tidak berhasil, maka langkah hukum akan dilakukan dengan melaporkannya ke polisi.

Sementara itu, pihak RSIA Pusura Tegalsari mengaku belum tahu adanya kasus tersebut. Human Resources Department (HRD) RSIA Pusura Tegalsari, Erly Kenya, mengaku akan mencari tahu kebenaran dugaan malpraktik itu.

"Kami belum dengar. Dan kami tidak berani bicara karena direktur rumah sakit sedang tidak ada di tempat," ujar Erly.

[URL="http://surabaya.detik..com/read/2012/09/10/193746/2014105/466/kaki-diamputasi-sepihak-sujianto-akan-somasi-rsia-pusura-tegalsari?y991102465"]SUMBER[/URL]

Sungguh tragis melihat berita ini....
"Saya ingin berobat, bukan diamputasi. Keluarga saya tahu itu semua," tambah Sujianto.

dari komntr pasien,Seharusnya RS atau Dokter harus ada izin dari pasien atau keluarga....walaupun itu hal yang sangat mendesak.
Kalau tidak ada izin sudah mengarah Malpraktik....emoticon-Sorry

komentar dari anak kedokteran
Quote:Original Posted By RyoEdogawa
Nah FYI, klo di RS, apalagi urusan tindakan di kamar operasi, biasanya sih dokter spesialisnya kasih info dulu ttg tindakan ke keluarga pasien. Nah kemudian yang menyiapkan inform consent (persetujuan tindakan) adalah petugas lain dibawahnya, klo ada resident (dokter yg sedang menempuh pendidikan spesialis) ya resident yg ngurus, klo RSnya ada coassnya ya coassnya yg ngurus ke keluarga pasien, klo gak ada resident ato coass brarti mungkin perawat kamar operasi yg ngurus. Jadi biasanya emang dokter spesialis itu memang tinggal order (memberi perintah/petunjuk) resident/coass/perawat ttg inform consent tsb. Jadi semuanya punya perannya masing2 gan emoticon-Big Grin.

Untuk masalah di berita ini, wa gak tau errornya dimana emoticon-Hammer. Cuman yang jelas klo dari berita, keluarga pasien udah mendapat penjelasan ttg amputasi dari dokter dan udah disarankan utk tanda tangan persetujuan tindakan, yg jadi masalah ternyata surat inform consentnya blom ditandatangani emoticon-Hammer emoticon-Berduka (S)



:


Weleh weleh...kok bisa gitu gan ? main potong anggota badan orang seenaknya aja, dipikir motong kambing kali ya bisa dijual gitu anggota badannya yang dipotong emoticon-Cape d... (S)
mencari kesempatan dalam kesempitan pihak RS menurut gue emoticon-Big Grin
lagian pake alasan gimana tuh ya pihak RS pas melakukan operasi ?
buset dah
otongnya diamputasi emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By muhas14
buset dah
otongnya diamputasi emoticon-Berduka (S)


bukan otong tapi kaki....
dokternya apa ga ingat sumpah dokter yaaa...emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By milatherosa
dokternya apa ga ingat sumpah dokter yaaa...emoticon-Cape d... (S)


Mungkin Dokternya lagi dikejar target ama manajemen RS.....jadi dia gak ingat sumpahnya
wah kagag pakek inform consent langsung maen potong aja ni dokter,
jelas bakal kena pasal malpraktek tuh gan.
makin kaya negri koboy aja nih gan Indonesia....

udah main potong aja emoticon-Cendol (S)
parah banget itu dokternya. kasian pasiennya jd ga ada kaki
semoga cepat beres kasusnya, biar ga nambah mslh dan ribut.
Quote:Original Posted By suryonet
makin kaya negri koboy aja nih gan Indonesia....

udah main potong aja emoticon-Cendol (S)


negara koboi.... negara yang gak tau aturan ya gan...
itu kaki woi maen potong seenak jidat
Quote:Original Posted By xiphius
itu kaki woi maen potong seenak jidat


nah kalau maen potong ...kasihan pasiennya
uda 4 bulan nih orang baru ngomong,emoticon-Cape d... (S)
dokter kuliah gan bukan org bego,pasti dia taulah kudu ada suratnya,benerkan? emoticon-Bingung (S)
Kalo terbukti malpraktik ,



Yaa .... gantian saja amputasi kaki dokternya.

Plus minta bonus ,

Di kebiri juga anunya dokternya.
Quote:Erly Kenya, mengaku akan mencari tahu kebenaran dugaan malpraktik itu.

"Kami belum dengar. Dan kami tidak berani bicara karena direktur rumah sakit sedang tidak ada di tempat," ujar Erly.


setiap kali ada kasus, selalu ini jawbannya, kayak orang ga sekolah, bin goblok aja, itu kaki orang, kue tart aja kalo pengen motong, nunggu yang punya acara, ini kaki, maen potong aja.. mampusin aja dokternya, kaki dibalas kaki.. emoticon-Mad:
dokter guoblokkkk!!!!
cabut aja tuh ijin prakteknya emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By Khoontol
Kalo terbukti malpraktik ,



Yaa .... gantian saja amputasi kaki dokternya.

Plus minta bonus ,

Di kebiri juga anunya dokternya.

wah cadas komennya om khoontol emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

tapi gua setuju emoticon-thumbsup:
wah ea kasihan banget pasienya ,pingin berobat malah diamputasi,
kalo diamputasi khan rs dan dokternya dapet duit.

sekolah kedokteran itu modalnya gadang khan.