alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016377817/masalah-pembuktian-bleh-saat-dicek-tidak-ada-perhiasan-rp-29-m-di-bagasi-pesawat
(Masalah pembuktian bleh) Saat Dicek, Tidak Ada Perhiasan Rp 2,9 M di Bagasi Pesawat
Jakarta Maskapai penerbangan swasta nasional terbesar Lion Air mengatakan advokat Umbu S Samapaty tidak memiliki bukti dan landasan hukum menggugat ke pengadilan. Dalam gugatannya, Umbu mengaku membawa bagasi tas merek Polo yang berisi perhiasan dengan total Rp 2,9 miliar yang dititipkan di bagasi pesawat dalam penerbangan Manado-Kupang.

"Kami menolak replik penggugat. Alasannya, gugatan penggugat tidak berdasarkan barang bukti dan landasan hukum. Saat dicek tidak ada satu pun barang bukti dari penggugat kehilangan bagasi berisi perhiasan Rp 3 miliar," ujar kuasa hukum Lion Air, Nusirwin, Senin (10/9/2012)

Hal itu dikatakan Nusirwin menanggapi sidang dengan agenda replik di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) siang ini.

Menanggapi tudingan ini, kuasa hukum Umbu, Manuarang Manalu membantah sebaliknya. Pihaknya yakin memiliki bukti kehilangan bagasi berisi perhiasan.

"Itu kita buktikan saat pembuktian nanti," ujar Manuarang usai sidang.

Manuarang juga mengatakan, selain mengaku memiliki bukti, pihaknya juga akan menyiapkan sejumlah saksi yang melihat perhiasan itu dibundel plastik dan dimasukkan ke dalam koper sebelum kliennya terbang dengan rute Manado-Jakarta-Kupang pada Oktober tahun lalu.

"Kita akan siapkan saksi juga. Dia melihat perhiasan itu masuk koper," Manuarang.

Seperti diketahui pada penerbangan 8 Oktober 2011 dari Manado-Jakarta-Surabaya-Kupang, Umbu mengaku koper merek Polo miliknya hilang. Di dalam kopor tersebut berisi perhiasan dan pakaian dengan nilai total Rp 2,9 miliar.

Apa saja isi koper Umbu tersebut? Berikut daftar isi koper menurut berkas gugatan Umbu yang didaftarkan ke pengadilan:

1. Tiga cincin berlian seharga Rp 400 juta
2. Sebuah cincin Rp 120 juta
3. Dua cincin berlian cokelat seharga Rp 90 juta
4. Dua cincin blue ruby warna cokelat seharga Rp 160 juta
5. Dua cincin red ruby seharga Rp 220 juta

6. Cincin merah delima seharga Rp 450 juta
7. Dua cincin giok besar sebesar Rp 40 juta
8. Satu cincin kecubung seharga Rp 20 juta
9. Sebuah cincin hijau lumut seharga Rp 100 juta
10. Tiga cincin blue safir seharga Rp 240 juta

11. Sebuah cincin cat eyes seharga Rp 225 juta
12. Sebuah cincin oval seharga Rp 30 juta
13. Sebuah jam tangan Rolex gold seharga Rp 120 juta
14. Sebuah jam tangan Guess seharga Rp 12 juta
15. Dua buah kepala sabuk model kepala kuda berlingkar berlian seharga Rp 60 juta

16. Sebuah kepala sabuk Montblanc white gold seharga Rp 9 juta
17. Sebuah gelang white full diamond seharga Rp 380 juta
18. Sebuah jam Rolex old gold seharga Rp 110 juta
19. Dua buah pena white gold Montblanc seharga Rp 14 juta
20. Dua buah pena emas kuning Montblanc seharga Rp 20 juta

21. Lima pasang anting white berlian seharga Rp 70 juta
22. Sepasang anting white berlian seharga Rp 17 juta
23. Tiga helai Batik Keris sutera seharga Rp 18 juta
24. Sehelai batik sutera gambar kepala orang seharga Rp 2 juta
25. Dua pasang sepatu merek Bally seharga Rp 12 juta

26. Enam potong pakaian pria seharga Rp 10 juta
27. Empat potong celana panjang pria seharga Rp 4 juta
28. Dua pasang celana pendek pria seharga Rp 1 juta.

Atas gugatan ini, Lion Air menggugat balik Umbu sebesar Rp 503 miliar. Yaitu Rp 3 miliar untuk kerugian materiil dan Rp 500 miliar untuk kerugian immateril.

Saat ditemui detikcom, Umbu mengaku memasukkan kopor berisi perhiasan itu ke bagasi pesawat karena terburu-buru dan percaya kepada Lion Air. Pengusaha bijih besi asal NTT itu juga tidak kapok bepergian dengan maskapai berlambang kepala singa bersayap itu.
---------
[URL="http://news.detik..com/read/2012/09/10/162536/2013837/10/lion-air-saat-dicek-tidak-ada-perhiasan-rp-29-m-di-bagasi-pesawat?9922032"]sumber[/URL]
---------
kalo memang benar semua yg disebutkan diatas hilang di pesawat.. ceroboh banget yah bleh ...
Jangan2 dia mimpi tapi ngira itu kenyataan emoticon-Malu (S)


_______________________________________________________
KunciPintuDigital*com

makanya.. apa dia bisa buktikan kalo dia bawa itu semua ????
bisa jadi yah emg tidak ada kehilangan... mgkin karena :

1. Pgn jatuhin nama maskapai
2. pengen cri duit lwt kasusu ini...


klo cuma saksi smua org juga bsa dbkin jdi saksi bukanya , apalagi dibayar... IMO janggan krn seorg pengusaha bsa bgtu bodoh membawa perhiasan 2,9 M di dalam bagasi... apakah dia org kaya baru sampai menggunakan cra itu bawa brg2 yg sedemikian berharga ???
susah ngebuktiinnya secara formal....

emang ada tanda terima yg menyatakan dan merinci isi bagasi? ngga ada ..

trus gimana ngebuktiinnya? saksi? emang ada yg ngeliat perhiasan di masukin koper dan koper di masukin bagasi?
bikin sensasi aja nich orang,,,,,
bodoh amat pengacara yang menggugat lion air, kalau tidak ada bukti yang kuat yang menunjukkan isi tas yg disinyalir berisi perhiasan yang dimaksud, mana bisa menang gugatannya, kecuali hakimnya disogok, atau dijanjikan sekian persen bila gugatannya dimenangkan.
Quote:Original Posted By beibeh18
makanya.. apa dia bisa buktikan kalo dia bawa itu semua ????


Di samping itu, pembuktian tidak ada gunanya, karena menurut peraturan yang ditentukan oleh pihak maskapai, bahwa penumpang dilarang meletakkan barang-barang berharga dalam bagasi, dan bila terjadi kehilangan, bukan menjadi tanggung-jawab pihak maskapai.

Ini sudah cukup jelas koq. Orang hukum seharusnya mengerti dong tentang aturan ini.
wkwkwkwkwk.........gak tau goblog atau kebayakan duit tuh
Lha yg goblok ya bawa perhiasan, trus ditaruh di bagasi. Dah gitu gk lapor lagi.
nyari sensasi nih orang. mana ada orang yg berani ninggalin barang segitu mahalnya di bagasi, alamak pasti hilang.
Lion air diatas angin. Kalopun sipenggugat main gila sama hakim, lihat saja, banyakan duit siapa ? Duit si penggugat atau lion air. Endingnya ane dah nebak gan, itu si penggugat bakal kencing darah, digugat ganti untung sama lion air gan
terlepas daei siapa yang menang...ane mah bingung..masa iya bawa perhiasan segitu banyak ditaro dibagasi